Fermentasi tradisional

Pembuatan kue apem

Pembuatan kue apem

by Niken Kundari -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020b

Produk fermentasi tradisional yaitu Pembuatan kue apem. Dengan cara yang pertama menyiapkan bahan2 berupa ; tepung terigu, gula pasir, gula jawa, vanili, bakteri fermentasi menggunakan fermipan/tape singkong, telur dan air secukupnya.

Setelah itu campurkan tepung terigu gula pasir, vanili, telur dan fermipan/ tape singkong. Aduk hingga merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga benar-benar kalis. Setelah adonan benar benar kalis, di inkubasi (diamkan) kurang lebih 1-2 jam hingga mengembang. Saat di inkubasi tutup adonan dengan serbet kain. Adonan siap di goreng. Dan kue apem siap disajikan.


Nah hal yang sangat perlu diperhatikan agar fermentasi berhasil yaitu waktu dan proses inkubasi yang cukup. Serta penambahan fermipan yang cukup dan merata. 


Hal yang harus dihindari supaya pembuatan kue apem berhasil yaitu pada saat inkubasi harus dalam keadaan benar benar tertutup dan disimpan yang terjamin aman dengan suhu ruang yang stabil. Tidak boleh sering dibuka tutup karena dapat menghambat pengembangan pada kue apem tersebut dan dalam pembuatan kue apem harus menggunakan alat2 yang terjamin bersihnya supaya tidak terjadi kontaminasi dalam kue tersebut.