Diskusi Tugas: 14. PERKEMBANGAN JANIN MANUSIA

BAYI TABUNG

BAYI TABUNG

by Salim Widono -
Number of replies: 7

Jika pada tanaman ada istilah kultur jaringan, yaitu menumbuhkan sedikit bagian tanaman (sel atau jaringan) pada media yang tepat sehingga mampu tumbuh dan berkembang menjadi banyak tanaman yang sempurna atau lengkap.  Pada ddunia binatang atau hewan ada istilah KAWIN SUNTTIK, dan pada kehidupan kita manusia ada istilah BAYI TABUNG.  Saya berikan kesempatan kepada 2 peserta untuk menjelaskan perbedaan dari ketiganya, dan peserta lainnya boleh merespon pendapat dari peserta yang sudah menjawab petanyaan diskusi di atas.

In reply to Salim Widono

Re: BAYI TABUNG

by Dian Kurnia -

Saya Dian Kurnia Warastri Wening (F0117038), izin menjawab

Kultur jaringan tanaman adalah suatu teknik untuk menumbuhkan sel, jaringan ataupun irisan organ tanaman di laboratorium pada suatu media buatan yang mengandung nutrisi yang aseptik (steril) untuk menjadi tanaman secara utuh.

 Kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (sperma atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut ‘insemination gun‘.

Bayi tabung adalah suatu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh wanita, tepatnya di dalam sebuah tabung pembuahan. Setelah sel telur berhasil dibuahi dan ada dalam fase siap, maka akan dipindahkan ke dalam rahim. Secara medis proses bayi tabung disebut dengan in vitro fertilization (IVF).

Terima Kasih

In reply to Dian Kurnia

Re: BAYI TABUNG

by Luvi Khasanah -

F0117068 - Luvi Khasanah

Ijin menambahkan,

Kuktur jaringan bertujuan untuk memperbanyak jumlah tanaman dan untuk memperoleh tanaman dengan kualitas unggul seperti induknya dengan mengambil salah satu bagian dari tumbuhan, seperti sel. Tidak ada pembuahan.

Inseminasi bertujuan untuk  meningkatkan jumlah sperma yang mencapai saluran tuba (bagian dari sistem reproduksi berupa pipa yang menjadi jalur perjalanan sel telur dari indung telur/ovarium ke rahim). Ketika sperma sudah diletakkan dalam rahim, hal itu meningkatkan kemungkinan pembuahan. Inseminasi memberikan keuntungan pada sperma untuk menuju rahim. Meski begitu, sperma tetap harus bergerak mencapai dan menuju sel telur sendiri. Artinya pembuahan tetap terjadi secara alami di dalam rahim.

Bayi Tabung merupakan teknologi reproduksi dengan proses pembuahan  mengekstrak telur dan mengambil sampel sperma. Kemudian menggabungkan telur dan sperma di piring laboratorium. Setelah digabungkan, embrio ditransfer ke rahim. Program ini dianjurkan bagi pasangan yang mengalami masalah produksi sperma dan sel telur. Hal ini terkait kualitas sperma. Kualitas sperma yang baik dilihat dari jumlah, bentuk, dan gerakan. Pada pasangan dengan kondisi jumlah sperma tidak normal, tapi bentuk sperma baik masih bisa dilakukan proses bayi tabung. Artinya pembuahan terjadi diluar rahim dengan bantuan teknologi.

In reply to Dian Kurnia

Re: BAYI TABUNG

by Yayang Afta Pratama -
izin menambhakan pendapat dari dian 

jadi yang menjadi pembeda antara Kultur jaringan, Kawin Suntik, dan Bayi tabung adalah jika kawin suntik dan bayi tabung terdapat proses pembuahan (fertilisasi) sementara dalam kultur jaringan tidak terjadi pembuahan karena prosesnya mengambil jaringan atau sel dari tumbuhan. namun proses pembuahan kawin suntik dan bayi tabung berbeda jika kawin suntik pembuahan itu terjadi didalam rahim sementara bayi tabung proses pembuahannya terjadi diluar rahim
In reply to Salim Widono

Re: BAYI TABUNG

by Yofna Daniel Theodorus Mordekai -

Saya Theo F0117119 izin menjawab

Inseminasi buatan: teknik reproduksi dg cara menyuntikkan sperma ke dlm alat reproduksi betina hewan ternak.

Kultur jaringan: teknik perbarui tanaman secara vegetatif dg mengambil sebagian jaringan muda dr, kemudian dikembangkan dlm media atau kultur agar-agar yang membutuhkan nutrisi.

Bayi tabung: bayi yang merupakan hsl pembuahan yang berlangsung di dalam tabung.

In reply to Yofna Daniel Theodorus Mordekai

Re: BAYI TABUNG

by Sally Ishaya -

saya Sally (F0117102) ingin menambahkan 

INSEMINASI BUATAN:

Pada proses inseminasi,  sperma ditempatkan di dalam rahim untuk pembuahan. inseminasi bertujuan meningkatkan jumlah sperma yang mencapai saluran tuba (bagian dari sistem reproduksi berupa pipa yang menjadi jalur perjalanan sel telur dari indung telur/ovarium ke rahim).

Ketika sperma sudah diletakkan dalam rahim, hal itu meningkatkan kemungkinan pembuahan. Inseminasi memberikan keuntungan pada sperma untuk menuju rahim. Meski begitu, sperma tetap harus bergerak mencapai dan menuju sel telur sendiri.


BAYI TABUNG:

Program bayi tabung (in vitro fertilization/IVF) adalah teknologi reproduksi dengan proses pembuahan  mengekstrak telur dan mengambil sampel sperma. Kemudian menggabungkan telur dan sperma di piring laboratorium. Setelah digabungkan, embrio ditransfer ke rahim.

KULTUR JARINGAN:

Kultur jaringan/Tissue Culture /Kultur In Vitro adalah sebuah teknik untuk mengisolasi suatu sel, jaringan, protoplasma, dan organ. Lalu  menumbuhkan bagian tersebut pada nutrisi yang mengandung zat pengatur tumbuh tanaman pada kondisi aseptik,sehingga bagian-bagian tersebut dapat memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi tanaman sempurna kembali.

In reply to Yofna Daniel Theodorus Mordekai

Re: BAYI TABUNG

by Faris Alfiansyah -

Faris Alfiansyah (F0117047), izin menambahkan terkait perbedaan inseminasi buatan dan bayi tabung

Jadi perbedaan yang paling kentara antara dua proses dari bayi tabung dan inseminasi buatan,  yaitu pada inseminasi buatan, pembuahan tetap terjadi dalam tubuh induk/ibu sedangkan pada bayi tabung, pembuahan dilakukan di laboratorium.

Terimakasih.

In reply to Salim Widono

RANGKUMAN DISKUSI

by Salim Widono -

Kultur jaringan tanaman adalah suatu teknik untuk menumbuhkan sel, jaringan ataupun irisan organ tanaman di laboratorium pada suatu media buatan yang mengandung nutrisi yang sesuai/cocok dan aseptik (steril) untuk menjadi tanaman secara utuh.  Teknik ini termasuk dalam perkembangbiakan vegetatif atau aseksual, sehingga akan menghasilkan keturunan yang sama persis dengan induknya.

Kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (sperma atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut ‘insemination gun‘.  Sedangkan Bayi tabung adalah suatu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh wanita, tepatnya di dalam sebuah tabung pembuahan.  Setelah sel telur berhasil dibuahi dan ada dalam fase siap, maka akan dipindahkan ke dalam rahim.  Secara medis proses bayi tabung disebut dengan in vitro fertilization (IVF).  Keduanya yaitu kawin suntik dan bayi tabung termasuk dalam teknik perkembangbiakan secara seksual sehingga akan menghasilkan keturunan yang tidak persis sama dengan induknya, tetapi memiliki gabungan sifat dari kedua induknya.