Diskusi hasil pengamatan vidio

Hasil pengamatan video

Hasil pengamatan video

by Riris Dewi Safitri -
Number of replies: 0
Keinginan adalah sesuatu yang ingin kita miliki atau kita capai, akan tetapi apabila keinginan ini tidak terpenuhi maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidup kita Misalnya saja kita ingin pergi ke luar negeri, tetapi jika keinginan pergi ke luar negeri tidak terpenuhi maka keinginan ini tidak akan mempengaruhi atau mengganggu kelangsungan hidup kita. 


Kebutuhan adalah sesuatu yang mutlak harus dipenuhi, karena jika tidak dipenuhi akan mengganggu kelangsungan hidup kita, mengganggu kualitas hidup kita, bahkan mengancam kehidupan kita. Misalnya saja kebutuhan makan, makan merupakan kebutuhan bukan keinginan. Bila kita tidak memenuhi kebutuhan makan kita maka akan mengganggu kelangsungan hidup kita misalnya saja kita bisa sakit Kebutuhan ini harus dipenuhi, caranya ialah dengan bekerja keras.

Berdasarkan intensitas kegunaannya (mecakup seberapa penting dan seringnya digunakan atau dibutuhkan), kebutuhan dapat dibedakan menjadi :

 1. Kebutuhan primer (kebutuhan dasar) Berasal dari bahasa latin yakni 'primus' yang artinya pertama, sehingga kebutuhan primer dapat diartikan sebagai kebutuhan pertama yang harus dipenuhi oleh manusia guna kelangsungan hidupnya. Disebut juga dengan kebutuhan alamiah, manusia dituntut secara alamiah memenuhi kebutuhan ini. Yang termasuk kebutuhan primer adalah sandang (pakaian), pangan (makanan), papan (tempat tinggal), kesehatan, dll. 

 2. Kebutuhan sekunder (kebutuhan pelengkap atau kebutuhan kultural) Berasaldaei bahasa latin 'secondus' yang berarti kedua. Kebutuhan sekunder ini akan muncul setelah terpenuhinya kebutuhan pertama, yang artinya setelah seseorang memenuhi kebutuhan pertamanya maka ia akan berusahaa memenuhi kebutuhan keduanya guna kenyamanan hidupnya. Misalnya saja kebutuhan sekunder ialah tv, radio, alat tulis. Kebutuhan sekunder ini disebut kebutuhan kultural karena akan terus berkembang mengikuti budaya setempat, seiring dengan tingkat kepuasan manusia. Kebutuhan sekunder tidak begitu penting untuk dipenuhi karena tidak terlalu mengganggu kelangsungan hidup. 

 3. Kebutuhan tersier (kebutuhan lux atau kebutuhan akan kemewahan) Berasal dari kata 'tertius' yang berati ketiga. Kebutuhan tersier ini akan muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan tersier ini maksudnya adalah kebutuhan yang hanya dipenuhi oleh orang orang dengan tingkat ekonomi tinggi. Misalnya saja kebutuhan membeli mobil bernilai miliaran, liburan keliling dunia, dll Kenutuhan ini hanya bersifat untuk menjaga 'nilai' seseorang ditengah masyarakat.

 Batas antara kebutuhan primer, sekunder, tersier tiap manusia berbeda beda hal tersebut tergantung oleh kedudukan dan strata ekonomi manusia ditengah masyarakat. Misalnya saja berlian bagi masyarakat desa dianggap kebutuhan tersier, tapi bagi artis atau pejabat berlian merupakan kebutuhan primer. Ukuran mewah ini bersifat relatif artinya barang pada satu waktu atau satu tempat bisa disebut mewah, tapi pada waktu dan tempat lain tidak termasuk barang mewah.