Diskusi hasil pengamatan vidio

Sekar Nur Janah K5419075 Kelas C

Sekar Nur Janah K5419075 Kelas C

by sekar Sekar Nur Janah -
Number of replies: 0

Kebutuhan adalah suatu hal mutlak yang harus dipenuhi guna mencapai kualitas hidup tertentu. Apabila suatu kebutuhan tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda menyesuaikan dengan pola hidup dan strata ekonominya.

Kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaannya dibagi menjadi 3, yaitu : 

1. Kebutuhan Primer atau Kebutuhan Dasar adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi agar seseorang dapat hidup layak. Yang termasuk kebutuhan primer antara lain pangan/makan dan minum, sandang/pakaian, rumah atau tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Apabila kebutuhan primer tidak terpenuhi maka seseorang akan sulit melangsungkan kehidupannya.

2. Kebutuhan Sekunder atau Kebutuhan Pelengkap atau Kebutuhan Kultural muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder berperan sebagai penunjang. Contohnya apabila kebutuhan primer tempat tinggal sudah terpenuhi maka orang akan berpikir untuk mengisi rumah dengan perabotan. Kebutuhan sekunder berperan untuk menambah kenyamanan seseorang.

3. Kebutuhan Tersier atau Kebutuhan Luks atau Kebutuhan Mewah. Contoh dari kebutuhan kemewahan adalah membeli barang-barang mewah ternama, liburan keluar negeri, dan lain-lain.