Diskusi UI Green Matric (23)

Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Dwi Nopitasari -
Number of replies: 7

Secara umum, UI GreenMetric memakai konsep lingkungan yang berkelanjutan yang mempunyai 3 komponen yakni lingkungan, ekonomi dan sosial (Gambar 1). Aspek lingkungan meliputi penggunaan SDA, menejemen lingkungan dan pengendalian polusi dimana aspek ekonominya meliputi keuntungan dan efisiensi. Sedangkan aspek sosialnya meliputi pendidikan, masyarakat dan keterlibatan sosial. Tiga aspek tersebut digunakan sebagai kriteria UI GreenMetric.

UNS sendri dalam UI Green Matric meraih peringkat 7 tingkat Nasional di tahun 2021. dalam meningkatkan kesadaran dengan cara menilai dan membandingkan sejauh mana usaha yang dilakukan dunia pendidikan terhadap pembangunan yang berkelanjutan, riset yang berkelanjutan, penghijauan kampus dan pengaruh sosialnya. UNS membuat adanya bebas emisi duaminggu satu kali, ini dilakukan agar mengurangi populasi udara ditambah juga UNS banyak skali pohon yang membuat suasana kampus menjadi leih hijau dan asri. 

FMIPA sendiri ada vertikal garden yang baru baru ini selesai dibuat hal ini bertujuan :

  • Menciptakan ruang hijau meskipun di area yang terbatas.
  • Menciptakan lingkungan yang lebih indah dan alami.
  • Mengurangi panas dari polusi udara.
  • Meningkatkan kadar oksigen.
  • Membantu meredam kebisingan perkotaan.

Dari hasil simulasi kebisingan vertical garden dapat mengurangi kebisingan 15%. Data ini didapat dari https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87007

Semakin jauh jarak pengukuran dari sumber suara, tingkat kebisingan semakin menurun. Luas tanaman pada vertical graden mempengaruhi tingkat kebisingan yang tereduksi. Tidak terjadi penurunan suhu dan kelembaban yang signifikan dengan menggunakan media vertical garden dan tidak ada nilai yang berada pada zona nyaman. Disisni vertical garden hanya sedikit ekali mengurangi kebisinga, dlama meningkatkan kadar oksigen dll. 

Kekurangan dalam vertical garden sendiri mengenai biaya yan cukup tinggi. 


In reply to Dwi Nopitasari

Re: Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Sheila Agustina -
izin bertanya, terkait "UNS sendri dalam UI Green Matric meraih peringkat 7 tingkat Nasional di tahun 2021." apakah ada informasi laman website yang bisa disertakan untuk memperkuat hal tersebut, saya menemukan informasi menurut uns.ic.id bahwa Tahun 2018, UNS menempati peringkat 7 UI GreenMetric The Most Sustainable Campus in Indonesia.
In reply to Sheila Agustina

Re: Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Syifaa Khuluqi Fitriani -
Izin menjawab, menurut website medcom.id , UNS meraih peringkat ke-7 UI Green Metric Award University Ranking 2021 tingkat nasional dan meraih peringkat ke-79 UI Green Matic Award University Ranking 2021 dari 956 perguruan tinggi di seluruh dunia. Pada tahun tersebut, UNS menjadi tuan rumah digelarnya UI Green Metric 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 28 - 29 Juli 2021, yang dilaksanakan dengan media aplikasi Zoom dan Youtube Live Streaming . Saya menemukan informasi tersebut diwebsite uns.ic.id
In reply to Dwi Nopitasari

Re: Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Andina Riswandari Zulhiznaniyah -
izin bertanya, terkait penyataan "Dari hasil simulasi kebisingan vertical garden dapat mengurangi kebisingan 15% " apakah data yang didapatkan IPB hasilnya akan sama dengan simulasi kebisingan vertical garden di uns, sedangkan di uns sendiri untuk vertical garden ini baru saja selesai dibuat dengan luasan yang berbeda dengan yang dimiliki oleh IPB?
In reply to Andina Riswandari Zulhiznaniyah

Re: Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Dwi Nopitasari -
Tentu tidak, karena seperti yang dijelaskan diatas luas tanaman vertical garden mempengaruhi reduksi atau besarnya pengurangan tingkat kebisingan
In reply to Andina Riswandari Zulhiznaniyah

Re: Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Syifaa Khuluqi Fitriani -
Izin menjawab, karena dalam penentuan penurunan besarnya kebisingan, bergantung dengan luas tanaman pada vertical graden yang akan mempengaruhi tingkat kebisingan yang tereduksi. IPB memiliki luas vertikal garden yang lebih besar daripada UNS sehingga memungkinkan adanya dampak yang besar yaitu 15% terhadap tingkat kebisingan dan lingkungan, menurut data yang didapat dari https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87007. Sedangkan luas vertikal garden yang ada di UNS belum cukup besar dibanding IPB, maka vertikal garden yang ada di UNS baru dapat mengurangi kebisingan kurang dari 15%.
In reply to Dwi Nopitasari

Re: Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Elsa Eriyani -
Izin bertanya, apakah letak dari vertikal garden yang ada di FMIPA UNS ini efisien mengurangi kebisingan? Dan apakah menghasilkan oksegen yg cukup banyak?
In reply to Elsa Eriyani

Re: Implementasi UI GREEN MATRIC di UNS

by Dwi Nopitasari -
Menurut saya adanya vertical garden di FMIPA karena baru saja selsai pembangunan oksigen yang dihasilkan masih sedikit mungkin hanya berapa persen saja. Dan kalau efektif atau tidaknya itu kembali lagi tergantung luasan vertical gardennya. Semakin lebat tumbuhannya pasti oksigen yang dihasilkan akan banyak dan dalam mengurangi kebisingannya juga akan besar.
Tanaman dapat mengurangi kebisingan karena menghalangi suara berfrekuensi tinggi dan batang membantu mengurangi kebisingan berfrekuensi rendah.
Tanaman vertical berperan sebagai isolasi tambahan yang mengandung lapisan udara antara dinding dan tanaman. Mereka mengurangi tingkat kebisingan dengan menyerap, membiaskan dan memantulkan energi suara