Forum Diskusi Kelas 6 A

Konsep Ilmu Gizi

Konsep Ilmu Gizi

by Ayustya Nur Faiza -
Number of replies: 0

1. Ilmu gizi merupakan ilmu yang menjelaskan segala sesuatu tentang asupan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. meliputi kebutuhan makanan, pemberian makanan yang tepat, kualitas makanan, penjagaan makanan untuk golongan dan aktivitas tertentu.

2. Ruang lingkup ilmu gizi yaitu berhubungan dengan kesehatan yang terdiri dari ketersediaan energi, peningkatan dan penjagaan jaringan tubuh yang mengatur proses kehidupan dalam tubuh. Selain dari kesehatan, ilmu gizi juga mencangkup yaitu ilmu bahan asupan seperti cara produksi pangan (penyediaan, pengalokasian, dan pembuatan pangan), konsumsi makanan serta pemanfaatan makanan oleh tubuh. Informasi gizi diberikan kepada masyarakat meliputi gizi individu, keluarga, dan masyarakat serta gizi institusi dan gizi olahraga.

3. Kebutuhan gizi : 

a. karbohidrat (yang dapat ditemukan dalam nasi, umbi-umbian, pati, dll)

b. lemak (daging, susu, alpukat, dll)

c. protein (daging, ikan, kacang-kacangan, dan jamur). 

d. serat (yang dapat ditemukan di sayur-sayuran dan buah-buahan)

e. vitamin dan mineral (sayur-sayuran, buah-buahan, air, dan banyak lainnya).

4. Gangguan gizi pada fungsi tubuh meliputi gizi lebih, gizi kurang, dan gizi buruk. Gizi lebih terjadi ketika konsumsi makanan melebihi kebutuhan. Gizi kurang terjadi karena konsumsi gizi yang tidak mencukupi kebutuhan dalam waktu tertentu. Gizi buruk terjadi ketika kondisi gizi kurang berlangsung lama, dan semakin parah tingkat kekurangan gizinya.  

Secara umum kekurangan gizi menyebabkan gangguan pada proses pertumbuhan anak-anak yang tidak optimal, daya tahan tubuh yang melemah, produksi tenaga menjadi berkurang, terganggunya perkembangan struktur dan fungsi otak, dan menyebabkan perilaku yang kurang baik. Gizi yang berlebihan dapat menyebabkan kegemukan yang memicu munculnya berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, kantung empedu, jantung coroner, dan hati.

5. Pangan merupakan istilah untuk semua bahan yang dapat dijadikan makanan.  Pangan dan gizi berkontribusi untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sistem pangan dan gizi adalah rangkaian masukan, proses, dan keluaran sejak pangan masih dalam produksi (berupa bahan pokok atau olahan) yang pemanfaatannya dalam tubuh diwujudkan oleh status gizi. Subsistem pangan dan gizi termasuk penyediaan pangan (produksi bahan pangan, pascapanen, perdagangan bahan pangan, teknologi pangan), distribusi pangan, dan konsumsi pangan.

Ayustya Nur Faiza (K819010)