2.3 Diskusi

Membandingkan model-model desain pembelajaran menggunakan matrix

Membandingkan model-model desain pembelajaran menggunakan matrix

by faizun wildan alfarobbi -
Number of replies: 3
Picture of Kelas A Picture of Kelompok-6

Topik pembahasan tentang perbandingan antar model model desain pembelajaran

In reply to faizun wildan alfarobbi

Re: Membandingkan model-model desain pembelajaran menggunakan matrix

by Arsyad Ginkha Aryana -
Picture of Kelas A Picture of Kelompok-6
Perbandingan antar model desain pembelajaran sudah cukup bagus dan lengkap, setiap desain model sudah ada kelebihan maupun kekurangan, serta persamaan dan perbedaan anatara model satu dengan yang lain. Disini saya ingin menambahkan mengenai persamaan dan perbedaan model Dick and Carrey dan ASSURE. Persamaan Keduanya sama-sama melakukan pengulangan review apabila ada pebelajar yang belum memenuhi kemampuan prasyarat.
Baik Dick and Carey dan ASSURE memiliki banyak komponen dalam pembelajaran. Perbedaan:
Model Dick and Carey susah untuk diadaptasikan ke tim dengan banyak anggota dan beberapa sumber yang berbeda sedangkan ASSURE desain sistem pembelajaran yang bersifat praktis dan mudah diimplementasikan untuk mendesain aktivitas pembelajaran, baik yang bersifat individual maupun klasikal
Kemudian alangkah baiknya dicantumkan sumber referensi, supaya dapat dipertanggungjawabkan
In reply to faizun wildan alfarobbi

Re: Membandingkan model-model desain pembelajaran menggunakan matrix

by HANIF LUGMAN ASROF -
Picture of Kelas A Picture of Kelompok-8
Matriks perbandingan antar model desain pembelajaran yang disampaikan oleh Faizun Wildan sudah baik, mudah dipahami dan jelas. Dalam matriks tersebut disampaikan persamaan dan perbedaan antara satu model desain pembelajaran dengan desain model pembelajaran yang lain. Selain perbedaan dan persamaan, di matriks tersebut juga menjelaska kelebihan dan kelemahan model desain pembelajaran.
Saya disini akan menambahkan kelebihan dan kelemahan model desain pembelajaran ASSURE
Kelebihan ASSURE sebagai berikut: (Wardani, 2011)
1. Lebih banyak komponennya dibandingkan dengan model materi ajar. Komponen tersebut di anataranya analisis pebelajar, rumusan tujuan pembelajar, strategi pembelajar, sistem penyampaian, penilaian proses belajar dan penilaian belajar.
2. Sering di adakan pengulangan kegiatan dengan tujuan Evaluate and Review. selain itu model ini mengedepankan pembelajar, ditinjau dari proses belajar, tipe belajar, kemampuan prasyarat.
3. Turut mengutamakan partisipasi pembelajar dalam Poin Require Learner Participation, sehingga di adakan pengelompokan-pengelompokan kecil seperti pengelompokan pebelajar menjadi belajar mandiri dan belajar tim dll. Serta penugasan yang bertujuan untuk memicu keaktifitasan peserta didik.
4. Menyiratkan untuk para guru untuk menyampaikan materi dan mengelola kegiatan kelas
5. Pada poin Select methods Media and Materials serta Utilize Media and Materials membuat guru atau pendidik aktif untuk menemukan dan memanfaatkan, bahan dan media yang tepat dan memanfaatkan secara optimal media yang telah ada model ini dapat diterapkan sendiri oleh guru (Randa, 2011).
Kekurangan model ASSURE:
1. Tidak mencakup suatu mata pelajaran tertentu.
2. Walau komponen relatif banyak, namun tidak semua komponen desain pembelajaran termasuk di dalamnya (Randa, 2011).
In reply to faizun wildan alfarobbi

Re: Membandingkan model-model desain pembelajaran menggunakan matrix

by Christian Dwi Anugerah -
Picture of Kelas A Picture of Kelompok-3
Perbandingan model-model desain pembelajaran yang sudah disampaikan oleh faizun menurut saya sudah lengkap, sistematis, dan mudah dipahami, disini saya iji bertanya dari apa yang sudah saudara faizun sampaikan, menurut anda model desain pembelajaran apa yang cocok digunakan dalam pendidikan yang dilakukan secara daring saat ini?