analisis implementasi nilai-nilia pancasila dalam kehidupan sehari -hari

Muhammad Ilham F_K4320056_Penanggulangan Bencana sebagai Sarana Bersimpati dan Berempati kepada Sesama

Muhammad Ilham F_K4320056_Penanggulangan Bencana sebagai Sarana Bersimpati dan Berempati kepada Sesama

by Muhammad Ilham Faturrahim -
Number of replies: 0

Nama : Muhammad Ilham Faturrahim

Kelas/NIM : B/K4320056


1. Kasus yang diangkat

  • Indonesia merupakan negara yang terletak di cincin api dunia sehingga sering terjadi bencana alam seperti gunung meletus atau gempa bumi. Dua bencana tersebut sulit diprediksi secara akurat.
  • Meskipun ada tindakan mitigasi, dampak bencana alam sering di luar perkiraan. Sebagai contoh, tsunami Aceh pada 2004 merenggut ratusan ribu nyawa dan merusak aset pribadi maupun bersama yang nilainya jutaan rupiah. Ribuan korban lainnya terpaksa diungsikan. Contoh lainnya adalah pada erupsi Gunung Semeru yang terjadi baru-baru ini.
  • Sebagai makhluk sosial, manusia hendaknya saling bahu-membahu meringankan beban satu sama lain, khususnya ketika ada saudaranya yang terkena musibah.
  • Masyarakat Indonesia umumnya telah menerapkan perilaku berbagi pada sesama ketika kondisi seperti demikian. Bantuan yang diberikan dapat berupa donasi uang, makanan, pakaian, maupun barang lainnya. Bahkan, ada juga yang terjun ke lapangan menjadi relawan. Jika tidak, masyarakat juga memberikan simpati, seperti turut mendoakan korban

2. Keterkaitan terhadap Pancasila

  • Tindakan yang demikian mencerminkan pengamalan, khususnya Pancasila sila kedua, yakni tentang nilai kemanusiaan. Masyarakat membantu meringankan beban saudara sebangsa dan setanah airnya terlepas dari asal daerah, agama, maupun suku mereka.


Referensi Kasus

Anonim. (2005). Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa dan Tsunami di Aceh dan Sumut Mencapai 166.080 orang. NUOnline. Diambil dari https://nu.or.id/warta/jumlah-korban-tewas-akibat-gempa-dan-tsunami-di-aceh-dan-sumut-mencapai-166080-orang-1trnp

Bramasta, D. B. (2001). Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Guguran. Kompas.com. Diambil dari https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/04/165319865/gunung-semeru-erupsi-muntahkan-awan-panas-guguran.