analisis implementasi nilai-nilia pancasila dalam kehidupan sehari -hari

Lukluk Nur Hidayah_K4320047_B_Tindakan Semena-Mena Terhadap Orang Lain (Pembunuhan)

Lukluk Nur Hidayah_K4320047_B_Tindakan Semena-Mena Terhadap Orang Lain (Pembunuhan)

by Lukluk Nur Hidayah -
Number of replies: 0

Tema : Tindakan Semena-Mena Terhadap Orang Lain 

Kasus : Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang (18 Agustus 2021)

  • Latar Belakang

Kasus pembunuhan sampai saat ini masih menjadi sorotan karena pembunuhan merupakan kejahatan tingkat berat yang masih seringkali ditemukan hingga saaat ini. Pembunuhan merupakan salah satu tindak kejahatan yang termasuk dalam pelanggaran HAM berat. Pembunuhan merupakan suatu tindakan yang disengaja ataupun tidak disengaja untuk menghilangkan nyawa orang lain. Tindakan pembunuhan ini sangat bertentangan dengan nilai moral dalam kehidupan manusia. Selain itu, tindakan pembunuhan juga melanggar nilai-nilai pancasila dan termasuk penyimpangan hukum dan undang-undang yang berlaku. 

  • Pembahasan Kasus Pembunuhan

Kasus pembunuhan yang saat ini hangat dibicarakan adalah kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang. Kronologi dari pembunuhan tersebut adalah ditemukannya dua orang perempuan pada 18 Agustus 2021 ditemukan tewas di dalam mobil alphard yang ada di garasi rumahnya. Dua orang perempuan tersebut merupakan ibu dan anak. Pembunuhan ibu dan anak tersebut terindentifikasi diakibatkan adanya pukulan benda tumpul pada bagian tubuhnya. Korban pembunuhan ini awalnya ditemukan oleh suami dan bapak dari korban bernama Yoef ketika pulang dari rumah istri keduanya. Yoef menemukan banyak genangan darah dan bekas langkah kaki di garasi rumahnya. Kemudian warga dan Ketua RT setempat datang meunju lokasi kejadian bersama dengan Yoef melaporkan kejadian ini pada pihak yang berwenang. Kasus ini telah dilaporkan kepada pihak kepolisian dan sampai saat ini polisi masih mencari tersangka siapakah pembunuh ibu dan anak tersbut. 

Sumber: https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-702791873/kronologi-kasus-pembunuhan-ibu-dan-anak-di-subang-siapa-sebenarnya-pelaku-peristiwa-itu

  • Keterkaitan dengan Pancasila

Kasus pembunuhan melanggar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, pelanggaran tersebut meliputi:

  1. Sila Pertama; Pembunuhan melanggar nilai dari sila pertama karena pembunuhan merupakan tindak kejahatan berat yang berdosa, serta semua agama melarang tindakan pembunuhan karena tidak sesuai dengan norma agama
  2. Sila Kedua; Pembunuhan jelas melanggar nilai dari sila kedua karena pembunuhan merupakan tindakan semena-mena terhadap orang lain, tidak memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya, sereta melanggar HAM berat karena menghilangkan hak hidup dari korban yang dibunuh.
  3. Sila Kelima; Pembunuhan melanggar nilai dari sila kelima karena pada kasus pembunuhan, pelaku telah melanggar nilai-nilai keadilan karena telah membunuh korban secara brutal dan tidak mempunyai sikap adil bagi korban yang telah dibunuh. 

  • Solusi Kasus

Adapun solusi dari kasus pembunuhan yang sangat tidak manusiawi ini dapat dilakukan dengan cara:

  1. Menindak tegas pelaku pembunuhan sesuai dengan hukum 
  2. Menjatuhi hukuman yang setimpal terhadap pelaku, misalnya dipenjara belasan tahun atau pidana mati
  3. Memberikan sanksi sosial di masyarakat terhadap pelaku