Diskusi 12

Kelompok 6

Kelompok 6

by Chairul Huda Atma Dirgatama -
Number of replies: 8


Diskusikan mengenai bahasan tata ruang yang didapatkan oleh kelompok, analisis penerapan tata ruang tersebut dan contoh implementasinya. Semangat pagi, selamat berdiskusi

Tata Ruang Gabungan


In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Kelompok 6

by Sheli Pungki Ashari -
Tata ruang kantor gabungan atau mixed office layout merupakan perpaduan antara konsep tata ruang kantor terbuka dan tertutup. Konsep penataan ini cukup populer di kalangan korporasi masa kini yang membutuhkan kenyamanan lebih dan efisiensi kinerja yang tinggi. Dengan menerapkan tata ruang kantor gabungan terbuka dan tertutup, organisasi perusahaan bisa saling berkolaborasi, berkomunikasi, dan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan lebih fleksibel.
In reply to Sheli Pungki Ashari

Re: Kelompok 6

by Satria Rio Kurniawan -
Berdasarkan ruang lingkupnya, tata ruang kantor gabungan seperti ini dapat dibedakan menjadi bagian-bagian berbeda, yaitu:

1. Ruang Pribadi

Dalam penataan ruang kantor gabungan, biasanya terdapat beberapa ruang privat terpisah yang nantinya akan ditempati oleh karyawan dengan status lebih tinggi, entah itu manager, supervisor, maupun pimpinan divisi.

2. Ruang Antar Bagian

Ruang kantor gabungan antar bagian ditempati oleh anggota tim dan sebagian besar karyawan lainnya. Di dalamnya terdapat beberapa meja untuk masing-masing karyawan, atau bisa juga dengan menerapkan sistem kubikel sederhana untuk beberapa orang sekaligus.
In reply to Satria Rio Kurniawan

Re: Kelompok 6

by Siti Nuraisyah -
● Keunggulan tata ruang kantor gabungan:
1. Dapat menyerap keunggulan dari jenis jenis tata ruang kantor yang lain
2. Tampilan terlihat lebih dinamis dan tidak kaku
3. Bebas mendesain ruang kantor sesuai keinginan perusahaan.
In reply to Siti Nuraisyah

Re: Kelompok 6

by Tri Wahyuning Tyas -
● Kekurangan tata ruang kantor gabungan:
1. Biaya perawatan dan pembangunan kantor lebih mahal
2. Desain ruang kantor jadi tidak jelas dan kurang tertata
3. Fungsi dari masing-masing ruang jadi kurang jelas
In reply to Satria Rio Kurniawan

Re: Kelompok 6

by Vina Amanda Oktavira -
Salah satu contoh tata ruang kantor gabungan adalah kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Pangandaran. Menurut penelitian yang berjudul "penerapan tata ruang kantor di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Pangandaran" oleh Dina Nuraeni, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangandaran menggunakan sistem tata ruang gabungan karena didalamnya terdapat penataan ruang kantor berkamar dan tata ruang terbuka. Dimana 3 ruangan tertutup digunakan oleh kepala dinas, sekertaris dinas, dan kasubbag. Sementara itu ruangan besar terbuka untuk para pegawainya.
In reply to Vina Amanda Oktavira

Re: Kelompok 6

by Sakilla Adinda Sephiana -
Ada juga ciri-ciri dari tata ruang gabungan, yaitu: Yang pastinya rapi, bersih, semua ruang di perusahaan digabung dari meja pegawai/karyawan semuanya ada dididalam, beberapa bentuk tata ruang gabungan yaitu ruang kantor tertutup, ruang kantor terbuka, dan ruang kantor berhias
In reply to Sakilla Adinda Sephiana

Re: Kelompok 6

by Wulan Lestari -
Penataan ruang gabungan membawa manfaat dan energi positif bagi pegawai agar terhindar dari stress.