Diskusi 12

Kelompok 5

Kelompok 5

by Chairul Huda Atma Dirgatama -
Number of replies: 16

Diskusikan mengenai bahasan tata ruang yang didapatkan oleh kelompok, analisis penerapan tata ruang tersebut dan contoh implementasinya. Semangat pagi, selamat berdiskusi

Tata Ruang Berpanorama

In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Kelompok 5

by Regina Aprillia -
halloo selamat siang temen - temen, masih pada semangat kan yaa
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Kelompok 5

by Regina Aprillia -
wahh alhamdulillah masih pada semangatt, hari ini kita mau bahas tentang tata ruang berpanorama nih gaiss, kaliann bisaa ni kasih penapat kalian tentang tata ruang berpanorama
In reply to Regina Aprillia

Re: Kelompok 5

by Queentanti Wahyu Safitri -
Aku mau mengawali dari pengertian nih. Berdasarkan yang tadi telah dijelaskan di kelas, aku menyimpulkan pengertian tata ruang kantor berpanorama adalah tata ruang kantor yang di hiasi oleh taman, dekorasi, dan hiasan lainnya. Jadi pada pengaplikasiannya terdapat banyak ornamen-ornamen penghias yang sedap dipandang mata. Seperti pepohonan, bunga, dan lainnya. Sehingga kesan perkantoran tidak terlalu kaku dan monoton.
In reply to Queentanti Wahyu Safitri

Re: Kelompok 5

by Regina Aprillia -
nah pengertian tata ruang berpanorama sudah, selanjutnya saya mau nambahin tujuan dari tata ruang berpanorama. Tujuan tata ruang kantor berpanorama diberikan berbagai ornamen hiasan yaitu karena pegawai diharapkan dapat lebih nyaman, produktif,serta efisien dalam mengerjakan pekerjaannya. Selain itu juga bertujuan memberikan kemudahan yang optimum bagi arus komunikasi kerja serta memberikan kondisi yang baik bagi setiap orang sehingga timbul kepuasan kerja para karyawan.
In reply to Regina Aprillia

Re: Kelompok 5

by naomi silaban -
entar aku lanjut ini elemennya Tata ruang kantor berpanorama bisa dibilang sebagai konsep ruang kantor yang paling unik.
Pasalnya, tata ruang ini mengaplikasikan ornamen bunga-bunga dan dekorasi lain untuk memperindah ruangannya.
Oleh karena itu, tata ruang kantor yang satu ini banyak diaplikasikan oleh perusahaan agency dan kreatif.
Bagi pegawai yang menginginkan suasana kerja dinamis dan tidak monoton, mengaplikasikan tata ruang kantor berpanorama bisa menjadi langkah yang tepat.
Dengan tata ruang kantor berpanorama pula, suasana kantor yang tadinya kaku dapat berubah menjadi lebih menyenangkan.
Produktivitas pegawai pun diklaim lebih baik karena desainnya yang kreatif tersebut.
In reply to naomi silaban

Re: Kelompok 5

by Risky Ajeng Stepfani -
Nah dari aku sendiri juga nambahin kelebihan dari tata ruang berpanorama, yang antara lain:
1.Kantor terlihat lebih segar dan asri
2.Stigma kantor yang kaku jadi lebih menyenangkan
3.Dapat meningkatkan kreativitas pegawai
In reply to Risky Ajeng Stepfani

Re: Kelompok 5

by Okyliana Eka Listya Putri -
Disini aku juga mau nambahin Kekurangan tata ruang kantor berpanorama:
1.Biaya perawatan dan renovasi kantor mahal
2.Desain yang tidak sesuai malah membuat ruangan terlihat aneh
3.Banyak ornamen-ornamen yang sebenarnya tidak perlu
In reply to Okyliana Eka Listya Putri

Re: Kelompok 5

by Nanda Nugraheni -
Selanjutnya aku mau nambahin studi kasus nih..
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) di Kabupaten Boyolali merupakan kantor dinas pemerintahan yang bergerak dalam mengurusi mulai dari dana pembangunan sekolah, dana pendidik, hingga seluk beluk pendidikan di seluruh Kabupaten Boyolali. Sebagai salah satu kantor dinas yang mempunyai peranan penting dalam mengurusi berbagai kepentingan-kepentingan pendidikan, DIKPORA dituntut agar selalu memberikan pelayanan terbaik terutama untuk pendidik yang sering memerlukan kantor ini untuk kepentingannya dalam menjadi seorang pengajar. DIKPORA juga dituntut untuk memberikan kenyamanan bagi para pegawainya, karena dengan pegawai yang merasa nyaman akan menambah semangat kerja
sehingga tercipta efektivitas dan efisiensi kerja pegawai.
Pada saat penulis melakukan Praktek Magang di Kantor DIKPORA Boyolali terlihat kondisi kantor bahwa setiap pagi di kantor tersebut selalu dilakukan apel pagi dan ada beberapa pegawai yang terlambat atau ijin dinas luar, padahal seharusnya walaupun dinas luar harus absen terlebih dahulu ke kantor. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya fasilitas dalam sistem presensi yang masih manual sehingga menyebabkan pegawai menyepelekan sistem presensi tersebut.
Fenomena lain pada saat peneliti melakukan observasi ke kantor DIKPORA Boyolali terlihat beberapa pegawai tidak berada ditempat. Hal tersebut dikarenakan pegawai merasa tidak nyaman dengan kondisi ruangan yang penuh dengan barang-barang sehingga terlihat sempit. Barang-barang yang ada di kantor-kantor tidak hanyak peralatan, perlengkapan, dan furnitur kantor tetapi juga tumpukan-tumpukan dokumen yang sangat banyak. Adanya banyak barang membuat ruangan menjadi sempit dan berimbas pada ruang gerak pegawai yang kurang leluasa sehingga membuat pegawai tidak nyaman untuk berlama-lama di dalam ruang kerjanya.
Penataan ruang kantor yang baik menyesuaikan kebutuhan para pegawainya. Namun terlihat sekali bahwa terlalu banyak terdapat meja yang tidak terpakai dalam setiap ruang kerja yang ada di kantor DIKORA Boyolali ini. oleh karena itu, ruangan yang luas akan tetap terlihat sempit dengan adanya kelebihan furnitur kantor seperti itu dan membuat pegawai merasa kurang nyaman dengan sempitnya ruang kerjanya. Selain itu dalam penataan meja kerja untuk pegawai yang memiliki pekerjaan sejenis atau sering bekerja sama hendaknya ditata berdekatan. Namun di kantor DIKPORA Boyolali ini belum terkelola dengan baik penataan meja kerja yang berhubungan dengan asas-asas tata ruang kantor.
Memperhatikan fenomena- fenomena yang telah diuraikan diatas, terlihat bahwa Kantor DIKPORA sedang menghadapi pemasalahan ketidaknyamanan
pegawai dengan adanya kondisi tata ruang dan fasilitas yang tersedia.
Permasalahan seperti ini segera ditindak lanjuti agar pelayanan dalam bidang pendidikan dapat dimaksimalkan. Oleh karena itu hal seperti ini dicari jalan keluarnya dengan menyelesaikan permasalahan seperti penataan tata ruang kantor yang sesuai dengan standar yang ditentukan serta pemberian fasilitas kantor yang memadai. Hal tersebut dapat menciptakan suasana yang nyaman untuk pegawai dan menimbulkan keadaan yang lebih kondusif sehingga pegawai tidak merasa jenuh dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai suatu organisasi masyarakat yang harus memberikan pelayanan terbaik dalam bidang pendidikan.
In reply to Regina Aprillia

Re: Kelompok 5

by Ningrum Fitria -
Jadi kita menyimpulkan bahwa tata ruang paranorma Tata ruang kantor berpanorama bisa dibilang sebagai konsep ruang kantor yang paling unik.
Pasalnya, tata ruang ini mengaplikasikan ornamen bunga-bunga dan dekorasi lain untuk memperindah ruangannya.akan tetapi tata ruang paronama memiliki keunggulan dan kekurangan juga di antaranya yaitu
1.Kantor terlihat lebih segar dan asri
2.Stigma kantor yang kaku jadi lebih menyenangkan
3.Dapat meningkatkan kreativitas pegawai
Kekurangan tata ruang kantor berpanorama:
1.Biaya perawatan dan renovasi kantor mahal
2.Desain yang tidak sesuai malah membuat ruangan terlihat aneh
3.Banyak ornamen-ornamen yang sebenarnya tidak perlu.
Kurang lebih seperti itu teman teman tentang kesimpulan tata ruang paranorma.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Kelompok 5

by Chairul Huda Atma Dirgatama -
Alhamdulillah sudah dipahami dan diskusinya bagus sekali mengenai tata ruang berpanorama dan Terima kasih atas partisipasi aktif teman-teman semua. Terima kasih