14.2 Diskusi persiapan membuat makalah kelompok

Elya Ayu Arisa

Elya Ayu Arisa

by Elya Ayu Arisa -
Number of replies: 1

1. Identifikasi  permasalahan dan hambatan dalam implementasi nilai-nilai PKn

Salah satu hambatan implementasi Pkn yaitu terkait dengan nilai nasionalisme. Tantangan nasionalisme Indonesia saat ini adalah adanya globalisasi. Hal ini membuat masyarakat Indonesia semakin individual dan melupakan nasionalisme yang ada. Selain itu, kesadaran nasionalisme masyarakat Indonesia mulai berkurang seiring berjalannya waktu dan dengan kemajuan teknologi yang pesat.

2. Identifikasi alternatif solusi permasalahan terkait nilai nasionalisme

- Cara untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai nasionalisme yang telah ada dalam diri masyarakat Indonesia. Kemudian membatasi atau selektif terhadap arus globalisasi yang dapat memudarkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia. 

- Contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk untuk mempertahankan dan meningkatkan rasa nasionalisme adalah dengan terus merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan hal-hal yang mengingatkan masyarakat akan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Selain itu juga dengan mengadakan acara-acara kebudayaan dan kesenian asli Indonesia yang dimiliki masing-masing daerah sehingga rasa nasionalisme tersebut tetap terpelihara melalui kebudayaan dan kesenian.

In reply to Elya Ayu Arisa

Re: Elya Ayu Arisa

by Ester Florensia Wardhana -
Globalisasi juga bisa mempengaruhi sifat karakter pribadi sesorang seperti menjadi lebih konsumtif dan individualis. Dengan cara yang sudah disebutkan diatas kita bisa menangkal globalisasi dengan cara menyeleksi budaya globalisasi yang benar-benar cocok untuk di terapkan di kehidupan sehari-hari.