Produk Fermentasi oleh Bakteri Asam Laktat

Yakult

Yakult

by Meutia Puspita Arum -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020b

Yakult (Yakuruto) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. 

Yakult adalah probiotik yang tersedia dalam bentuk susu fermentasi. Di dalam sebotol yakult yang mengandung lebih dari 6,5 miliar bakteri unik, yaitu bakteri  Lactobacillus casei Shirota strain. Lactobacilllus casei adalah galur unggul yang mudah dan cocok untuk dikembangbiakkan dalam minuman dasar susu. Selain bakteri ini mampu bertahan dari pengaruh asam lambung, juga mampu bertahan dalam cairan empedu sehingga mampu bertahan hidup hingga usus halus.

Yakult merupakan produk susu fermentasi dengan menggunakan starter tunggal yaitu Lactobacillus casei. Kecepatan pertumbuhan bakteri ini tergolong cukup lambat dibandingkan dengan  Dornic atau 0,5% asam laktat bakteri sejenisnya yaitu berkisar 50 setelah 48 jam. Bakteri Lactobacillus casei berbentuk batang tunggal dan termasuk golongan bakteri heterofermentatif, fakultatif, mesofilik, dan berukuran lebih kecil dari pada Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus acidophillus, dan Lactobacillus helveticus. Bakteri Lactobacillus casei akan merubah ribosa menjadi asam laktat dan asam asetat.
Pembuatan yakult adalah dengan cara disterilisasi terlebih dahulu pada suhu 140 selama 3 sampai 4 detik, kemudian ditanamkan Lactobacillus casei selama dua hari. Nilai gizi (Strain shirota) diinkubasi pada suhu 37 yakult yaitu protein 1,2%, lemak 0,1%, mineral 0,3%, karbohidrat 16,5%, air 81,9%, dan nilai kalori tiap 100 g.

Proses pembuatan yakult secara lengkap adalah:

- Rebus susu segar sebanyak 1 liter sampai mendidih selama 60 detik.

- Siapkan botol kaca, bersihkan dengan air dingin kemudian tutuplah ujung botol. Agar botol tersebut steril, maka rebuslah botol tersebut dalam air mendidih selama 60 detik.

- Angkatlah botol tersebut dari air panas, kemudian keringkan tanpa membuka tutup botol.

- Masukkan susu yang telah direbus, ke dalam botol. Biarkan hingga suhu botol dan susu tersebut kira-kira mencapai 45°C.

- Masukkan 200 ml yakult ke dalam 1000 ml susu.

- Tutup kembali botol tersebut, kemudian simpan dalam tempat tertutup dan hindari sinar matahari secara langsung.

- Setelah 24 jam, susu dalam botol telah berubah menjadi yakult.

- Tambahkan gula (kira-kira 1 sendok makan per 200 ml yakult). Yakult siap dikonsumsi.

- Yakult akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin atau ditambah es batu.