Produk Fermentasi oleh Bakteri Asam Laktat

Labneh

Labneh

by Firdania Apriliani -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020a

Concentrated yoghurt merupakan pasta krim putih yang memiliki tekstur halus, dengan rasa campuran seperti krim hambar dan keju serta memiliki karakteristik flavor yang tajam yang secara besar dengan di modulasikan oleh asam yang diproduksi selama fermentasi. Concentrated yoghurt ini di daerah timur tengah terutama Turki sering disebut Labneh. Labneh merupakan salah satu produk olahan susu yang fungsional bagi kesehatan  masyarakat karena didalamnya terkandung bakteri probiotik. Labneh memiliki pH 3,59 dan mengadung protein 17,67%, lemak 20,00%, garam 4,83%, total padatan 46,48% (% berat basah) dibandingkan dengan yogurt yang mempunyai kandungan protein 4% dan lemak 3,8 % (Rosenthal et al., 1980). Labneh memiliki kadar asam lebih dari 2 % dengan pH sekitar 4,0 sedangkan yogurt memiliki total padatan sebesar 12-13% dengan kadar asam laktat sekitar 1,5 % dengan pH 4,6-4,7.

Cara membuat Labneh yaitu pertama kedalam mangkuk sedang, campurkan yogurt dan garam. Lalu tempatkan campuran di tengah kain katun besar. Bawa sisi kain katun itu bersama-sama, buat kantong. Ikat "kantong" dengan dasi tali atau dasi.

Gantungkan kulkas selama 12-24 jam dengan mangkuk di bawahnya untuk menangkap whey. Anda bisa mengikat kantong itu ke rak di kulkas dan meletakkan mangkuk di rak di bawah untuk menangkapnya.