Diskusi DNA

Replikasi DNA

Replikasi DNA

by Idham Nur Huda -
Number of replies: 3
Picture of Biologi A

Permisi bu, saya Idham Nur Huda dengan NIM H0921030, izin bertanya. Apa yang dimaksud dengan garpu replikasi dan perannya dalam replikasi DNA ? Bagaimana garpu replikasi terbentuk ? Terima kasih.

In reply to Idham Nur Huda

Re: Replikasi DNA

by Gamya Abi Putra Irawadi -
Picture of Biologi A
Permisi, saya Gamya Abi Putra Irawadi dengan NIM H0921027 ingin menjawab pertanyaan dari Idham Nur Huda. Garpu replikasi adalah struktur yang terbentuk saat replikasi DNA terjadi membentuk sebuah cabang berbentuk Y dari untaian DNA dan menjadi titik replikasi DNA terjadi. Proses terjadinya garpu replikasi adalah akibat dari enzim helikase yang memutus ikatan hidrogen yang menyatukan untaian DNA. Kemudia kedua untaian ini terpisah membentuk cabang seperti huruf Y. lalu masing-masing dari cabang itu menjadi cetakan untuk terbentuknya untaian DNA baru dari keduanya sesuai dengan nukleotida komplementernya.
In reply to Idham Nur Huda

Re: Replikasi DNA

by Anindya Dwi Kusuma Wijayanti -
Picture of Biologi A
Saya Anindya Dwi Kusuma dengan NIM H0921012 izin untuk menjawab pertanyaan dari Idham, Bu. Garpu replikasi merupakan percabangan DNA yang dibentuk karena peran enzim helikase yaitu memutus rantai ikatan hidrogen yang ada di dalam DNA. Peran garpu replikasi dalam replikasi DNA adalah dengan membelah rantai DNA menjadi DNA tunggal sehingga mampu untuk direplikasi oleh DNA polimerase. DNA polimerase membentuk untaian DNA baru dengan memperpanjang oligonukleotida yang diwujudkan oleh enzim primase dan dinamakan primer. Saya mohon untuk koreksinya nggih, Bu. Terima kasih
In reply to Idham Nur Huda

Re: Replikasi DNA

by Asyfina Syifa Dhialhusna -
Picture of Biologi A
Saya Asyfina Syifa dengan NIM H0921017 izin menjawab. Menurut sumber yang saya dapat, garpu replikasi merupakan struktur yang dapat terbentuk ketika DNA melakukan replikasi. Garpu replikasi berperan untuk membelah ikatan atau rantai DNA menjadi DNA tunggal. Terbentuknya garpu replikasi saat enzim helikase memutus ikatan-ikatan hidrogen yang menyatukan kedua untaian DNA sehingga menjadi dua cabang yang terdiri dari satu untaian tunggal DNA setiap cabangnya.
Mohon maaf jika ada kesalahan dan mohon koreksinya Bu. Terima kasih