Presentasi Proposal

Tahukah Anda Cara Membawakan Presentasi Proposal Skripsi yang Baik?

Hai sahabat pembaca semuanya! Tiba lagi saatnya saya menulis untuk writing challenge yang kedua. Saya ingin membuktikan nih terutama pada diri saya sendiri bahwa saya bisa menulis lagi selama 30 hari berturut – turut! Hehe…

Sekarang hari kedua dan inilah lanjutan dari challenge nya. Hari kedua jujur ini lebih menantang, karena apa? Hari ini saya harus menguji proposal skripsi mahasiswa saya di Teknik Industri UI! Jam 8 pagi saya harus sudah di kampus untuk menguji skripsi mereka, dan saya tidak punya waktu sama sekali untuk menulis.

Namun untunglah saya punya waktu istirahat setelah menguji dan saya meluangkan waktu saya selama 15 menit untuk menulis ini. Karena hari ini saya menguji proposal skripsi dari para mahasiswa, maka pada tulisan kali ini saya terinspirasi untuk menuliskan tentang bagaimana cara membawakan presentasi proposal skripsi PLUS BONUS contoh file presentasi saya sewaktu presentasi proposal skripsi pada tahun 2013.

Bagaimana Cara Membawakan Presentasi Proposal Skripsi yang Baik?

Ada banyak sekali versi bagaimana caranya agar kita bisa membawakan proposal skripsi yang baik. Berikut ini adalah tips dan trik buat Anda yang ingin membawakan presentasi proposal skripsi pertama Anda. Oh ya, perlu diingat juga bahwa cara membawakan proposal skripsi ini dilihat dari sudut pandang dosen. Jadi, mudah – mudahan ini bisa bermanfaat buat Anda para mahasiswa yang ingin tahu bagaimana membawakan presentasi proposal yang oke.

Dua Aspek Penilaian : Kejelasan Penelitian dan Teknik Presentasi

Saat Anda membawakan presentasi proposal skripsi Anda, ketahuilah bahwa ada sekurang – kurangnya dua hal yang akan sangat dinilai : Kejelasan Penelitian dan juga Teknik Presentasi Anda. Setiap dosen atau kampus memberikan bobot yang berbeda – beda untuk hal ini. Namun menurut saya pribadi, kedua hal ini sama pentingnya.

Presentasi proposal skripsi adalah presentasi di mana Anda memaparkan rencana penelitian Anda dan berusaha untuk meyakinkan penguji bahwa topik Anda layak untuk diteliti. Bagi mereka yang gagal meyakinkan penguji, maka biasanya akan diminta untuk membuat proposal penelitian ulang atau istilahnya ganti topik. Tentu Anda tidak mau kan, kalau proposal penelitian skripsi yang sudah Anda cari dan buat dengan susah payah ternyata diganti topiknya?

Nah, bagaimana ya caranya agar kita bisa ‘selamat’ dari presentasi skripsi ini dan membuat topik yang kita ajukan tembus untuk dapat dikerjakan menjadi tugas akhir? Berikut ini adalah beberapa tipsnya untuk Anda.

Tips 1 – Kuasai Urgensi Penelitian serta Masalah yang Anda Ajukan

Saat Anda ingin mengajukan topik penelitian, pastikan bahwa Anda memahami urgensi penelitian atau setidaknya memastikan bahwa apa yang Anda teliti itu penting dan berdampak (bukan hanya sekedar menyontek dari skripsi – skripsi sebelumnya). Anda juga harus mengetahui apa tujuan yang ingin Anda dapatkan dari penelitian tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk mengajukan topik penelitian:

  • Penelitian tersebut memiliki nilai kebaruan atau aktual dengan kondisi saat ini (latar belakang nya aktual)
  • Penelitian tersebut secara jangka panjang dapat memberikan hasil atau manfaat yang besar
  • Penelitian tersebut menjelaskan dengan lengkap unsur 5 W + 1 H
  • Penelitian tersebut memiliki esensi yang jelas dan Anda tahu apa esensi penelitian tersebut (bukan hanya sekedar meniru yang sudah ada sebelumnya)

Tips 2 – Pahami Alasan Anda Memilih Metodologi Peneltian Anda

Ketika Anda sudah mendapatkan topik yang meyakinkan, maka selanjutnya jawaban yang harus Anda siapkan adalah jawaban dari pertanyaan, “Mengapa Anda menggunakan metodologi penelitian tersebut?”. Mengapa tidak menggunakan metodologi lainnya? Apa kelebihan dan kekurangan dari metodologi penelitian Anda?

Seringkali saya menemukan mahasiswa yang tidak nyambung antara masalah yang diajukan dengan metodologi penelitian atau pendekatan yang digunakan. Bahkan, ada juga yang sebenarnya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan pendekatan lebih sederhana. Namun, karena dia tidak memahami pendekatan yang dipilihnya, akhirnya dia menggunakan cara yang lebih rumit. Ini sama juga namanya dengan mencoba menembak burung dengan tank.

Maka, dalam presentasi proposal skripsi Anda, pastikan Anda sudah benar – benar paham dan mengetahui mengapa Anda menggunakan metodologi atau pendekatan pemecahan masalah tersebut.

Tips 3 – Pikirkan Gambaran Keluaran atau Hasil Penelitian Anda

“Begin in the end of mind”.

Pastikan saat Anda mengajukan proposal penelitian skripsi, Anda dapat menggambarkan dengan jelas seperti apakah hasil atau keluaran dari penelitian Anda. Pastikan juga bahwa hasil penelitian tersebut dapat menjawab dan memenuhi tujuan penelitian yang telah ditetapkan.

Banyak mahasiswa yang saat mengajukan proposal penelitian masih bingung terkait dengan seperti apa hasil akhir dari penelitian tersebut. Nah, saran saya coba Anda sudah mempersiapkan sebelumnya kira – kira seperti apa hasil penelitian Anda nantinya. Apakah berupa rekomendasi, apakah berupa perangkat lunak, apakah berupa metode baru, atau apa? Ini yang perlu Anda siapkan dalam presentasi proposal skripsi Anda.

Ketiga hal di atas merupakan tips dan trik untuk aspek bagaimana membuat kejelasan penelitian yang Anda ajukan meningkat.

Selain aspek kejelasan penelitian, Anda juga perlu untuk mengasah keterampilan membawakan presentasi Anda. Ingat, apabila penelitian Anda sudah jelas, namun anda tidak bisa membawakan presentasi Anda dengan jelas, maka sebagus apapun content nya, pada akhirnya audience atau dosen penguji Anda tidak bisa mencernanya dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan delivery atau bagaimana cara Anda mempresentasikan proposal penelitian skripsi Anda.

Tips 4 – Buat First Impression yang Baik

Pastikan bahwa penampilan Anda bisa memberikan first impression yang baik. Di kampus saya, membawakan presentasi skripsi merupakan sebuah hal yang dilakukan secara formal. Oleh karena itu, biasanya para mahasiswa dibiasakan untuk menggunakan dresscode formal kemeja dan jas.

Namun, yang perlu diperhatikan bukan hanya pakaian saja, tetapi juga perhatikan penampilan Anda lainnya seperti rambut, kuku, bau badan (gunakan parfum), wajah yang cerah dan antusias menjadi nilai tambah Anda untuk membuat first impression Anda menjadi lebih baik.

Tips 5 – Berlatih untuk Memperlancar Presentasi Anda

Persiapkan diri Anda untuk membawakan presentasi skripsi dengan cara berlatih dan membuat script atas apa yang ingin Anda bawakan. Umumnya, Anda memiliki waktu terbatas untuk membawakannya (biasanya hanya berkisar 10 menit). Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda bisa membawakan presentasi Anda secara lancar, sistematis, dan tepat waktu.

Bagaimana cara berlatihnya? Anda bisa mencoba untuk presentasi secara pribadi atau mandiri (rehearse) sambil melihat berapa lama waktu yang Anda habiskan. Kemudian Anda bisa berlatih lagi untuk menambahkan beberapa materi apabila waktu presentasi Anda terlalu cepat, atau mengurangi beberapa kata atau materi apabila terlalu lambat.

Tips 6 – Munculkan Antusiasme dan Kepercayaan Diri Anda

Ini adalah nasihat dahsyat yang saya dapatkan dari guru saya : seorang yang berhasil adalah mereka yang bukan ‘mempunyai motivasi dan antusiasme’, tetapi adalah mereka yang bisa ‘menghasilkan motivasi dan antusiasme.

Saya begitu terpengaruh dengan kalimat di atas. Ternyata, orang – orang yang hebat tidak akan meungkin beralasan tidak punya semangat dan rasa antusiasme.

‘I don’t have enthusiasm, but I GENERATE enthusiasm”.

Mengapa saya meletakkan tips ini? Seringkali saya sebagai penguji melihat bahwa mahasiswa tidak memiliki ‘antusiasme’ dalam memberikan presentasi penelitian mereka. Mereka tidak enjoy membawakan topik mereka sendiri. Nasihat saya : keluarkan rasa enjoy dan antusias Anda saat membawakan proposal skripsi Anda tersebut. Sampaikan dengan cara riang gembira, maka nantinya getaran semangat dan gembira itu pun akan menjalar ke lingkungan Anda.

Sumber : https://arryrahmawan.net/cara-membawakan-presentasi-proposal-skripsi-yang-baik-dalam-bentuk-ppt-writing-challenge-2/