Elton Mayo oleh : Jeanne Dininni

Teori manajemen Elton Mayo dapat membantu Anda membangun tim yang lebih produktif.

Kontribusi Elton Mayo terhadap teori manajemen membantu membuka jalan bagi metode manajemen hubungan manusia modern.

Berdasarkan eksperimen Hawthornenya yang terkenal, teori manajemen Mayo tumbuh dari pengamatannya terhadap tingkat produktivitas karyawan di bawah kondisi lingkungan yang bervariasi. Eksperimennya menarik sejumlah kesimpulan tentang sumber motivasi karyawan yang sebenarnya, yang meletakkan dasar bagi pendekatan selanjutnya untuk pembentukan tim dan dinamika kelompok. Teori manajemen Mayo menyatakan bahwa karyawan lebih termotivasi oleh faktor relasional seperti perhatian dan persahabatan daripada oleh penghargaan moneter atau faktor lingkungan seperti pencahayaan, kelembaban, dll.

Elton Mayo mengembangkan matriks yang dia gunakan untuk menggambarkan kemungkinan bahwa tim tertentu akan menjadi orang yang sukses. Matriksnya menunjukkan peran yang dimainkan oleh berbagai kombinasi norma kelompok dan keterpaduan kelompok dalam efektivitas tim.

Berikut adalah empat kombinasi teori Mayo dan pengaruhnya terhadap dinamika tim:

1. Kelompok dengan norma rendah dan kekompakan rendah tidak efektif; mereka tidak berdampak, karena tidak ada anggota yang termotivasi untuk berprestasi, menurut teori Mayo.

2. Kelompok dengan norma rendah dan kekompakan tinggi berdampak negatif, karena sesama anggota mendorong perilaku negatif (mis., Geng).

3. Grup dengan norma tinggi dan kekompakan rendah memiliki dampak positif pada tingkat tertentu melalui pencapaian anggota individu.

4. Kelompok dengan norma tinggi dan kekompakan tinggi memiliki dampak positif terbesar, teori Mayo memprediksi, karena anggota kelompok mendorong satu sama lain untuk berprestasi.

Pahami konsep teori Mayo dan manfaatnya bagi Anda

Banyak situs web yang menyediakan informasi berharga tentang teori Mayo. Selain diagram, ringkasan, dan penjelasan prinsip-prinsip manajemen Mayo, Anda akan menemukan berbagai video dan materi instruksional yang dapat membantu Anda mengembangkan pengetahuan latar belakang dan keahlian praktis untuk menerapkan teori Mayo di perusahaan Anda.

Manfaatkan layanan konsultasi yang dapat membantu memberi Anda wawasan yang lebih luas tentang teori Mayo

Konsultan dengan pengetahuan dan pengalaman dalam teori manajemen Elton Mayo dapat memandu Anda dalam memaksimalkan manfaat prinsip-prinsipnya di lingkungan unik perusahaan Anda sendiri.

Manfaatkan sumber daya yang dirancang untuk membantu Anda memanfaatkan teori manajemen Mayo

Alat dan sumber daya online yang tersedia secara luas dapat membantu Anda menerapkan prinsip-prinsip manajemen Elton Mayo dengan lebih mudah. Video dan berbagai produk, informasi, dan layanan berbasis teori Elton Mayo memungkinkan Anda memilih sumber daya yang paling berharga untuk bisnis Anda.

Pertimbangkan banyak manfaat menerapkan teori manajemen Elton Mayo untuk bisnis Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakannya, mengapa tidak berusaha sekuat tenaga dan mempraktikkannya di semua area yang dapat ditangani secara efektif: kepemimpinan Anda sendiri di perusahaan, pengembangan manajer Anda, dan keterlibatan karyawan Anda.