Topic outline

  • Pendahuluan

    PROCEDURE TEXT


    Nama : Arifuddin Fathoni
    NIM : S812208002
    E-mail : arifuddinfathoni@student.uns.ac.id


    Deskripsi Materi

    What is procedure text? Procedure text is a text that explains, informs, or helps the reader on how to make or use something. Dalam bahasa Indonesia, definisi procedure text adalah teks yang memberikan instruksi, menginformasikan, atau membantu pembaca tentang bagaimana cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.

    Biasanya, jenis teks ini diawali dengan frasa “How to…”, misalnya “How to make a cup of tea” atau “How to operate an oven”. Procedure text banyak terdapat di buku resep masakan dan buku petunjuk (manual book).

    The purpose of procedure text is to show how something is made/used/done through sequence of steps. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, tujuan procedure text adalah untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat, dilakukan atau digunakan melalui langkah-langkah yang berurutan. 

    Dengan kata lain, procedure text digunakan untuk menguraikan satu per satu bagaimana sesuatu dapat dibuat atau dicapai. Melalui procedure text, kalian akan lebih mudah dalam memahami dan membaca petunjuk cara melakukan sesuatu dengan urutan yang benar.


    Kompetensi Inti (KI)

    KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

    KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


    Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 


    Tujuan Pembelajaran

    Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning:

    1. Peserta didik dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks prosedur terkait dengan resep makanan/ minuman dengan tepat;

    2. Peserta didik dapat mengevaluasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur terkait dengan resep makanan/ minuman dengan tepat;

    3. Pesert didik mampu membuat teks prosedur terkait resep makanan/ minuman pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar dan penuh tanggung jawab.

    4. Pesert didik mampu mempresentasikan teks prosedur terkait dengan resep makanan/minuman pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar dan penuh tanggung jawab.


    Materi Pembelajaran

    Terlampir: Procedure Text


    Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran

    Model : Problem Based Learning (PBL)

    Pendekaan : Student-centered approach, TPACK

    Metode : Tanya–jawab, diskusi, penugasan


    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar 

    Media Pembelajaran: 

    1. LKPD

    2. Gambar

    3. Slide PPT

    4. Video Youtube

    Sumber Belajar:

    1. Buku Peserta didik : Wachidah, Sitti.dkk. 2018. Bahasa Inggris Think Globally Act Locally. Jakarta: Kemendikbud.

    2. Buku Referensi : Saefurrahman. 2019. Pendalaman Materi Bahasa Inggris: English For Practical Use. Jakarta: Kemendikbud.


    Penilaian

    1. Penilaian Sikap : Observasi 

    2. Penilaian Pengetahuan : Tertulis 

    3. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja