Topic outline

  • Pengantar Pembelajaran

    Teknik Pengukuran Tanah

    Fase E DPIB Semester Ganjil

    SMK Negeri 2 Surakarta




    Barda Geniusa Wildatama

    NIM : S812202004

    email : bardageniusa@student.uns.ac.id



    Deskripsi Mata Pelajaran



    Istilah kata ukur tanah atau pengukuran tanah merupakan terjemahan dari Bahasa Inggris, yaitu surveyingPengertian secara umum tentang Ilmu ukur tanah adalah cabang dari ilmu geodesi yang khusus mempelajari sebagaian kecil dari permukaan bumi dengan cara melakukan pengukuran-pengukuran guna mendapatkan peta. Pekerjaan survey dan pemetaan merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi sehingga dibutuhkan peralatan yang menunjang keberhasilan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu pekerjaan utama dalam ukur tanah adalah mengukur jarak dan sudut dan berdasarkan ini pula, maka alat-alat ukur tanah adalah alat-alat yang dipersiapkan untuk mengukur jarak dan atau sudut. Alat-alat yang digunakan ada yang tergolong sederhana dan ada yang tergolong modern. Sederhana atau modernnya alat ini dapat dilihat dari sederhana cara menggunakannya dan sederhana komponen alatnya.


    Kompetensi Dasar (KD)


    KD.3.16

    KD.4.16

    Memahami prinsip dasar dari survei dan pemetaan

    Menerapkan  dan Mengoperasi-kan prosedur peralatan  survey dan pemetaan


    Tujuan Pembelajaran


    1. Memahami prinsip dasar dari survey dan pemetaan

    2. Menerapkan prosedur penggunaan meteran rol, bak ukur dan kompas

    3. Menerapkan prosedur penggunaan theodolit

    4. Mendemonstrasikan penggunaan rol, bak ukur dan kompas

    5. Mendemonstrasikan penggunaan theodolit


    Sumber Belajar


    1. Astanto,TB. 2004. Buku Pekerjaan Dasar Survey : Balai Pustaka, Jakarta.
    2. Budiono, M.dkk. 2017. Ilmu Ukur Tanah : Angkasa, Bandung


    Prosedur Penilaian


    No

    Aspek yang dinilai

    Teknik Penilaian

    Waktu Penilaian

    1.

    Sikap

    1. Disiplin
    2. Jujur
    3. Santun
    4. Toleransi

    Pengamatan

    Selama pembelajaran dan saat diskusi

    2.

    Pengetahuan

    1. Memahami prinsip dasar dari survey dan pemetaan
    2. Menerapkan prosedur penggunaan meteran rol, bak ukur dan kompas 
    3. Menerapkan prosedur penggunaan theodolit

     

    Pengamatan dan tes tertulis

     

    Penyelesaian tugas individu dan kelompok

    3.

     

    Keterampilan

    1. Aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan saat proses diskusi kelas
    2. Tepat dan terampil dalam Mendemonstrasikan penggunaan rol, bak ukur dan kompas
    3. Tepat dan terampil dalam Mendemonstrasikan penggunaan theodolit

     

    Pengamatan dan tes praktek

     

     Praktek



    Bobot Penilaian

    No.

    Aspek Penilaian

    Bobot

    1.

    2

    3

    Kognitif / Pengetahuan

    Psikomotorik / Keterampilan

    Afektif / Sikap

    40%

    50%

    10%



  • Pertemuan I : Orientasi Pembelajaran

  • Pertemuan II : Prinsip Dasar Survey dan Pemetaan

  • Pertemuan III : Pengenalan Alat Survey dan Pemetaan

  • Pertemuan IV : Evaluasi Materi Alat Survey dan Pemetaan