Selamat Datang di Mata Kuliah Agroteknologi
STAF PENGAJAR
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ||
---|---|---|---|---|---|
Prof. Dr. Ir. Sulandjari, M.S. | Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P | Dr. Ir. Puji Harsono, M.P. | Prof.Dr.Ir. Maria Theresia Sri Budiastuti, M.Si. | ||
![]() | ![]() | ![]() | |||
Dr. Ir. Supyani, M.P. | Salim Widono, S.P.,M.P. | Dwiwiyati Nurul S, S.Si.,M.Si. | |||
Mata kuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar budidaya tanaman meliputi dalam pengadaan pangan dan energi mulai dari bahan pertanaman, perbiakan tanaman, pengolahan tanah, pengairan lahan dan pemupukan, sistem pertanaman, pengendalian hama terpadu, hasil panen dan penanganan hasil panen. CPMK 1: Menjelaskan pengertian budidaya tanaman secara umum beserta peranannya dalam pertanian berkelanjutan; CPMK 2: Memahami proses-proses fisiologi tanaman serta bagian-bagian tanaman yang berperan dalam produksi tanaman CPMK 3: Menguasai teknik budidaya, cara budidaya tanaman secara tepat dan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi saat kegiatan budidaya CPMK 4: Memahami kriteria panen dan bagian-bagian tanaman yang dapat dipanen serta penanganan pasca panennya
Mata kuliah pada prodi Agroteknologi dan Penyuluhan Komunikasi Pertanian dengan 3 sks di semester genap (2). Dengan demikian terdapat sedikit perbedaan secara teknis dalam PBM mengingat bahwa capaian pembelajaran yang tidak sama. Namun secara umum matkul ini membahas upaya budidaya tanaman untuk mencapai produksi optimum.
Dosen dan mahasiswa menyepakati kontrak kuliah sebagai rambu-rambu dalam proses pembelajaran, Kontrak kuliah berisi satuan acara perkuliahan per minggu dan segala konsekuensi yang harus diterima apabila mahasiswa lalai dan tidak menepati kontrak tersebut. Namun demikian, kontrak kuliah ini bersifat luwes, dinamis, sesuai kondisi yang ada. Pertemuan pertama mengingatkan kembali peran manusia melalui teknologi budidaya dalam mencukupi kebutuhan pangan, pakan, papan, sandang dan energi. Mahasiswa menganalisis pengertian Agro dan teknologi agar terbuka wawasan pengetahuan tentang peran teknologi pertanian menghasilkan kebutuhan dasar hidup. Hal ini perlu ditekankan kepada para calon sarjana pertanian bhwa tidak sekedar mengelola tanaman namun mengelola tanaman dengan mengedepankan keselarasan hubungan antar komponen budidaya.
Sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan, sandang, pakan dan energi serta kebutuhan sekunder lain (estetika, keindahan) maka sangatlah penting bagi mahasiswa untuk mempelajari upaya budidaya yang benar (Good Agricultural Practises). Dalam pertemuan kedua ini, mahasiswa diajak mendalami makna teknologi budidaya yang mengutamakan prinsip-prinsip keberlanjutan atau kontinyuitas. Teknologi demikian mengedepankan konsep interaksi selaras seimbang antar komponen pendukung keberhasilan tanaman