Topic outline

  • Pendidikan Pancasila-Pendidikan Akuntansi-Kelas B

    Pengampu: Wijianto.


  • Pertemuan 1. Pengantar, orientasi mata kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan urgensi Pendidikan Pancasila setelah menyimak video.

    2. Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan yang menunjukkan pentingnya mata kuliah Pendidikan Pancasila setelah mempelajari .ppt

    3. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi setelah      

       mempelajari  e book.


  • Pertemuan 2.Konsep dan Urgensi Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan alasan diperlukannya Pancasila dalam kajian sejarah Bangsa Indonesia setelah       

       menyimak penjelasan melalui video.

    2. Mahasiswa dapat menganalisis konsep dan urgensi Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa
       Indonesia melalui diskusi pada kelas.

    3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tantangan terhadap Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara melalui   

       diskusi pada  kelas.



  • Pertemuan 3. Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia

    Tujuan Pembelajaran:

    1.  Mahasiswa dapat menjelaskan konsep negara dengan benar setelah mengikuti penjelasan melalui youtube

    2. Mahasiswa dapat menganalisis unsur yang menjadi syarat mutlak bagi adanya negara dengan lengkap setelah menyimak penjelasan dosen

    3. Mahasiswa dapat menganalisis tujuan negara dengan benar setelah mempelajari .ppt dan penjelasan melalui youtube

    4. Mahasiswa dapat menjelaskan sumber Yuridis, Historis, Sosiologis, dan Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dengan mengisi lembar kerja LK 3.



  • Pertemuan ke 4. Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara

    Tujuan Pembelajaran:

    1. mahasiswa dapat menganalisis tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang pemerintahan dengan berdiskusi.

    2. mahasiswa dapat menganalisis tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang kehidupan masyarakat dengan berdiskusi.



  • Pertemuan Ke 5. PANCASILA sebagai IDEOLOGI NEGARA

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ideologi menurut para ahli setelah menyimak penjelasan melalui youtube.

    2. Mahasiswa dapat menganalisis urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara setelah mempelajari e book.

    3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Ideologi Negara setelah mempelajari .ppt

    4. Mahasiswa dapat mengevaluasi tantangan terhadap Pancasila sebagai Ideologi Negara setelah diskusi pada forum diskusi.



  • Upload Tugas

    Digunakan jika spada Indonesia gangguan, informasinya melalui telegram grup

  • PERTEMUAN KE-15. REFLEKSI

  • PERTEMUAN KE-16 UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

  • 17. Remidi Ujian/ Tugas