Topic outline
Pengertian metode penciptaan dan metodologi penciptaan
Banyak yang masih salah dalam menggunakan kata antara metode dan metodologi. Seharusnya menggunakan kata metode, tapi malah kata metodologi yang digunakan. Begitu juga sebaliknya. Istilah antara metode dan metodologi memiliki pengertian yang berbeda di antara keduanya. Jika dilihat dari istilahnya saja sudah berbeda, metodologi jelas terdiri dari dua kata, method dan logos, yang artinya ilmu tentang metode. Berbeda dengan metode yang hanya terdiri dari satu kata, method, yang artinya metode atau cara.
Pengertian Metode Penciptaan
Metode (method), secara harfiah berarti cara. Metode atau metodik berasal dari bahasa Yunani, metha (melalui atau melewati), dan hodos (jalan atau cara), jadi metode bisa berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu. Penciptaan berasal dari kata “cipta” yaitu kemampuan pikiran untuk mengadakan sesuatu yang baru, atau mewujudkan angan-angan yang kreatif. “Menciptakan” berarti menjadikan sesuatu yang baru, membuat sesuatu yang baru (belum pernah ada). Metode penciptaan adalah tata cara menciptakan sesuatu yang baru guna mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks penciptaan, yang termasuk metode penciptaan adalah aktivitas penjelajahan menggali sumber ide, pengumpulan data & referensi, pengolahan dan analisa data, hasil dari penjelahan atau analisis data dijadikan dasar untuk membuat rancangan atau desain karya.
Ada satu istilah lainnya yang berkaitan dengan 2 istilah ini, yaitu teknik adalah cara yang spesifik dalam pemecahan masalah tertentu yang ditemukan dalam pelaksanaan prosedur.
Pengertian Metodologi Penciptaan
Secara harfiah istilah Metodologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “metodos” dan “logos”. Kemudian kata “metodos” terdiri atas 2 suku kata yakni “metha” yang artinya melewati atau melalui “hodos” yang artinya cara atau jalan.
Metode artinya sebuah jalan yang dilewati untuk mencapai tujuan. Sedangkan “logos” berarti ilmu. Jadi Metodologi adalah cara atau ilmu-ilmu yang dipakai untuk menemukan kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas apa yang dikaji.
Ilmu terdiri dari 4 prinsip yaitu:
- Orde (keteraturan)
- Determinisme (sebab-musabab)
- Parsimoni (kesederhanaan)
- Empirisme (pengalaman yang bisa diamati)
Dari prinsip-prinsip tersebut maka terdapat banyak jalan untuk dapat menemukan kebenaran. Metodologi adalah sebuah tata cara yang menentukan proses penelusuran apa yang ingin digunakan.
Metodologi penciptaan adalah sekumpulan kegiatan, peraturan serta prosedur yang dipakai untuk penciptaan suatu karya. Metodologi penciptaan juga merupakan suatu analisis teoritis tentang sebuah metode penciptaan atau caranya. Penciptaan merupakan sebuah penyajian yang sistematis dengan tujuan untuk menghasilkan suatu karya.
Metodologi terkait penelitian adalah analisis teoritis sistematis dari metode yang diterapkan pada bidang studi. Ini terdiri dari analisis teoritis dari tubuh metode dan prinsip-prinsip yang terkait dengan cabang pengetahuan. Biasanya, ini mencakup konsep seperti paradigma, model teoritis, fase dan teknik kuantitatif atau kualitatif.
Metodologi juga merupakan studi tentang metode, pertimbangan filosofis dan analitis dasar untuk, kesesuaian dan batas logis dari berbagai pendekatan dan perspektif pada penelitian atau penciptaan karya itu sendiri.
Perbedaan Metode dan Metodologi
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan secara ringkas perbedaan metode dan metodologi yaitu :
- Berdasarkan Etimologi
· Metode (method) berarti metode atau cara
· Metodologi terdiri dari dua suku kata yaitu method dan logos yang artinya adalah ilmu tentang metode
- Berdasarkan Pengertian
· Metode adalah “prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu.
· Metodologi adalah “prosedur ilmiah yang didalamnya termasuk pembentukan konsep, preposisi, model, hipotesis, dan teori, termasuk metode itu sendiri.
- Berdasarkan Sifat
· Metode bersifat khusus. Metode lebih berkaitan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi.
Metodologi bersifat umum. Metodologi merupakan sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat.1. Jelaskan pengertian metode dan metodologi penciptaan !
2. Buatlah paper tentang metode dan metodologi penciptaan yang saudara pahami berdasarkan pengalaman ketika membuat karya sesuai dengan minat / bidang seni rupa dan desain yang saudara tekuni (pilih salah satu : seni rupa, desain, kriya) !
Tahapan Eksplorasi dan Literature Review
Salah satu cara untuk memicu kreativitas adalah melalui eksplorasi. Menjelajah, menghadapi hal-hal baru, dapat menginspirasi. Saat menjelajah, mungkin menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu, atau hal baru yang akan dilakukan, tentunya yang lebih bagus. Terkadang hanya menemukan sedikit informasi yang sesuai dengan hal-hal yang telah dipikirkan sebelumnya dan dapat melengkapi (atau membantu melengkapi) gambaran yang telah dikembangkan dalam pikiran. Di lain waktu, mungkin menemukan alat, proses, atau pendekatan yang digunakan orang lain yang tidak ada hubungannya, tetapi masih dapat menginspirasi. “Jika mereka bisa melakukan, berarti saya pasti bisa melakukan juga!”
Eksplorasi bisa memicu kreativitas, namun apa sebenarnya arti "eksplorasi"?
Eksplorasi adalah tindakan mencari atau berkeliling suatu medan (termasuk luar angkasa , melihat eksplorasi ruang angkasa) untuk tujuan penemuan sumber daya atau informasi .
Dictionary.com memberikan definisi:
1. tindakan atau contoh mengeksplorasi atau mennyelidiki; pemeriksaan.
2. investigasi daerah yang tidak diketahui.
Untuk tujuan kreatif, sebut saja:
Mencari informasi melalui investigasi daerah baru.
Setelah sepakat menyetujui definisi, dapat menjelajahi beberapa metode eksplorasi yang berbeda.
Eksplorasi Perkotaan
Pergilah ke kota lain dan habiskan waktu dengan berjalan-jalan. Kunjungi toko lokal. Toko pakaian vintage dan bekas, toko barang antik, toko kerajinan, toko mainan, pasar loak, museum, dan galeri seni. Temukan taman, pantai, monumen, dan area pertemuan baru lainnya. Bicaralah dengan orang yang ditemui - mulailah percakapan dengan semua orang!
Kadang-kadang hal tersebut dapat membantu untuk serangkaian tujuan, guna memberikan beberapa struktur pada pengembaraan kreatif. Hal ini juga dapat dimulai untuk menemukan setidaknya 6 galeri seni baru (tanpa bantuan GPS atau peta), menjelajahi 2 museum baru, atau berbicara dengan setidaknya selusin pemilik toko yang belum pernah ditemui sebelumnya.
Salah satu eksplorasi kreatif terstruktur adalah perburuan fotografi. Bentuknya bisa bermacam-macam, dapat membuat karya foto sepenuhnya sendiri, berkolaborasi, atau dapat berbagi foto dengan teman atau grup media sosial. Saat melibatkan orang lain, diharapkan semua anggota grup dapat bekerja sama atau menjadikannya sebuah kompetisi. Perburuan itu sendiri bisa ringan atau liar sesuai imajinasi. Bisa juga dipersiapkan daftar objek yang berbeda untuk difoto (daftar yang sangat spesifik dan daftar yang sangat samar keduanya memicu kreativitas dengan caranya sendiri) atau memotret sebagian besar gambar dari satu jenis (kelompok foto rambu lalu lintas, obyek foto rumah dengan tanaman, kelompok foto grafiti, potret sepeda, dll.). Ada banyak cara lain untuk memainkan jenis eksplorasi berburu obyek kreatif!
Cara hebat lainnya untuk melihat bagian baru kota adalah dengan naik bus atau kereta api secara acak. Naiklah bus atau kereta yang belum pernah dinaiki sebelumnya dan cari tahu kemana perginya. Jika melihat sesuatu yang menarik, berhenti dan lihatlah, bicaralah dengan beberapa orang, lalu naik bus / kereta lain dan lakukan perjalanan lagi.
Banyak kota memiliki biro perjalanan yang sering kali dapat menjadi cara hebat lain untuk menikmati kota dengan cara baru.
Tentu saja ini tidak harus di kota sendiri.Cobalah menjelajahi kota baru sesering mungkin. Hal ini sering kali meningkatkan jumlah informasi baru yang dapat diperoleh.
Eksplorasi Pedesaan
Bentuk eksplorasi fisik sederhana lainnya adalah menyelidiki pedesaan di luar kota atau pinggiran kota. Seringkali sepeda lebih efisien daripada berjalan kaki karena jarak yang ditempuh. Saat berjalan atau berkendara melintasi pedesaan, dapat menggunakan banyak alat yang sama yang digunakan untuk menjelajahi kota. Bicaralah dengan semua orang yang ditemui! Carilah persawahan atau perkebunan. Lihat beberapa peralatan pertanian. Temukan toko atau warung di pedesaan, dan tentu saja, ambil banyak foto! Berburu foto, rekreasi, dan perjalanan semuanya merupakan cara yang menyenangkan untuk menjelajahi daerah pedesaan.
Eksplorasi Online
Dunia tanpa batas tidak lagi dibatasi pada alam fisik untuk eksplorasi. Berkat Internet dan World Wide Web, ada banyak jalur yang bisa dijelajahi tanpa harus meninggalkan rumah. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) memungkinkan penautan data dengan cara dan pada skala yang hanya bisa diimpikan oleh para ilmuwan sekitar 25 tahun yang lalu, dan web terus berkembang. Jadi manfaatkan itu! Berikut beberapa ide untuk memulai:
Ketik kata-kata acak ke dalam pencarian web, jelajahi tautannya
Ketik kata-kata acak ke dalam pencarian gambar, jelajahi situs yang menghosting gambar yang dihasilkan
"Mengikuti" profil media sosial teman (gambar, suka, pembaruan, dll.), Jelajahi hal-hal yang mereka sukai yang mungkin tidak disadari
Cari Twitter untuk hashtag acak atau bermakna, jelajahi orang-orang dan tautannya
Temukan aplikasi baru atau game baru untuk jelajahi web dengan cara baru, dengan alat baru
Eksplorasi Lainnya
Jelas tulisan ini tidak bisa menampung segala kemungkinan untuk eksplorasi kreatif, karena eksplorasi adalah kategori tindakan seluas kreativitas itu sendiri. Harapannya di sini bukan untuk membuat catatan lengkap tentang cara-cara mengeksplorasi secara kreatif. Sebaliknya, usahakan menjadikan eksplorasi sebagai pemicu kreativitas, dan memberikan beberapa contoh dan titik awal untuk eksplorasi kreatif sendiri.
Dengan pemikiran tersebut, dapat diperoleh daftar beberapa area lagi untuk eksplorasi kreatif:
Eksplorasi Musik: Musik baru adalah informasi baru dan bisa sama menginspirasi seperti melihat lukisan baru atau bisnis baru. Menjelajahi musik baru cukup mudah dengan semua alat online untuk mencari dan mendengarkan musik baru.
Menjelajahi Pengetahuan Manusia: Kedengarannya sangat tidak mungkin, dan memang demikian adanya, namun tidak serumit yang diperkirakan. Belajar sesuatu yang baru. Belajar bahasa baru. Dengarkan pembicara berbicara tentang topik yang tidak diketahui sebelumnya. Ikuti kelas di prodi lain. Hadiri lokakarya. Belajar mengikat 10 simpul berbeda. Merupakan upaya penjelajahan pengetahuan manusia.
Jelajahi Pikiran: Ini adalah salah satu yang sering terdengar lebih sulit daripada yang sebenarnya. Mulailah dengan melamun. Cobalah meditasi. Pikirkan tentang berpikir. Apa yang membuat tergerak? Apa harapanmu, Mimpi? Ketakutan? Apa yang dilakukan dengan baik? Apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik? Mulailah berlatih mengamati diri sendiri - akan belajar banyak, tentang diri sendiri.Pengertian Literatur Review
- Literatur Review adalah uraian tentang teori, temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian untuk menyusun kerangka pemikiran yang jelas dari perumusan masalah yang ingin diteliti
- Tujuan akhir Literatur riview adalah untuk mendapatkan gambaran yang berkenaan dengan apa yang sudah pernah dikerjakan orang lain sebelumnya
- Literatur review atau disebut juga tinjauan penelusuran pustaka merupakan langkah pertama untuk mengumpulkan informasi yang relevan bagi penelitian
- Penelusuran pustaka berguna untuk menghindari duplikasi dari pelaksanaan penelitian
- dengan penelusuran pustaka maka akan dapat diketahui penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya
- Literatur review berisikan ulasan rangkuman dan pemikiran penulis tentang beberapa sumber pustaka (dapat berupa artikel, buku, slide, informasi dari internet, dll) terkait dengan topik penelitian yang dibahas
- Literatur review yang baik haruslah bermafaat relevan, mutakhir dan memadai.
- Landasan teori, tinjauan teori dan tinjauan pustaka semuannya merupakan cara untuk melakukan tinjauan literatur
- Literatur review merupakan suatu cara untuk menemukan, mencari artikel artikel, buku- buku dan sumber-sumber lain seperti tesis, disertasi, prosiding,yang relevan pada suatu isi tertentu atau teori atau riset yang menjadi minat si peneliti
- Literatur review yang didapatkan biasanya masih bersifat umum atau general (general problem)
Literatur rwview merupakan diskusi dari pengetahuan tentang topik yang sedang dipelajari atau bisa juga berupa hasil pengetahuan yang didukung dengan literatur riset dan merupakan fondasi dari penelitian
2 Komponen Utama Literatur Review
- Kerangka teori (Theorical Freamwork)
- Kajian yang terkait dengan topik maupun tema penelitian
3 Aspek Utama melakukan Literatur Review
- Survey artikel yang terkait dengan isu yang diminati oleh peneliti
- Lakukan evalusai, ringkas gambaran gambaran yang ada
- Dapatkan masukan yang terkait dengan isu dari publikasi yang terbaru hingga publikasi terlama sehingga peneliti bisa mendapatkan gambaran penelitian secara umum dan kompherensif
Beberapa Hal Terkait Literatur Review
- Apa yang menjadi masalah dan kenapa masalah itu penting untuk dipecahkan?
- Apakah masalah tersebut telah berhasil dipecahkan/ dipecahkan oleh peneliti lain?
- Tetapkan permasalahan yang ada se simple/ sesederhana mungkin
- Apakah metodologi penelitian sudah sesuai dan sudah dimulai?
- Apakah kontribusi literatur review terhadap penelitian yang dilakukan?
- Apakah kesimpulan yang bisa diambil terkait dengan permasalahan?
- Apakah kesimpulan yang dibuat sudah cukup menjawab dari permasalahn yang ada?
Manfaat Literatur Review
- Identifikasi kesenjangan (identify gaps) penelitian
- Hindari pembuatan ulang (reinventing the wheel), sehingga bisa hemat waktu dan untuk hindari kesalahan kesalahan yang pernah dilakuakan orang lain
- Identifikasi metode yang pernah dilakukann dan yang relevan dengan penelitian yang dilakukan
- Meneruskan penelitian sebelumnya yang telah tercapai, sehingga penelitian yang akan dilakukan dapat dibangun diatas platform pengetahuan atau ide yang sudah ada
- Untuk mendapatkan informasi tentang orang lain yang melakukan penelitian di area/fokus riset sama, sehingga dapat bergabung didalam komunitas ynga dapat memberikan kontribusi penelitian yang berharga
Langkah langkah Literatur Review
Langkah 1: Formulasikan Permasalahan
- Pilihlah topik yang sesuai isu dan minat
- Permasalahan harus ditulis secara lengkap dan tepat
Langkah 2: Cari Literatur
- Cari literatur yang relevan dengan penelitian
- Dapatkan gambaran(overview) topik penelitian
- Sumber sumber penelitian sangan membantu bila didukung pengetahuan topik yang dikaji.
- Sumber sumber tersebut berikan gambaran/ringkasan penelitian sebelumnya
Langkah 3: Evaluasi Data
- Lihatlah kontribusi apa saja terhadap topik yang dibahas
- Cari dan temukan sumber data yang tepat sesuai kebutuhan guna mendukung penelitian
- Data bisa berupa data kualitatif, data kuantitatif maupun data yang berasal dati kombinasi keduanya
Langkah 4: Analisis dan Interpretasikan
- Diskusikan dan temukan serta ringkas literatur
Untuk review sebuah literatur dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti:
- Cara kesamaannya (compare)
- Cari ketidaksamaannya (contrast)
- Berikan pandangan (criticize)
- Banadingkan (synthesize)
- Ringkasan (summarize)
Tips!
- Hal terpenting dalam membuat literatur review adalah fitur utama dalam membangun teori, yaitu dengan bandingkan antara konsep, teori dan hipotesis dengan literatur yang ada
- Kunci utama dari proses ini adalah melihat sebanyak banyaknya literatur yang ada
- Kemudian cari persamaan dan perbedaan yang terjadi antara literatur yang satu dengan literatur lainnya. dan cari alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi
Sumber Sumber Literatur Review
- Publikasi paper dijurnal nasional dan internasonal
- Tesis (S2), penulis ilmiah yang sifatnya mendalam dan mengungkapkan suatu pengetahuan baru yang diperoleh melalui penelitian
- Disertasi (S3), merupakan penulisan ilmiah tingkat tinggi untuk dapatkan gelar Doktor Falsafah (ph.D). Disertasi berisi fakta berupa penemuan dari penulis berdasarkan metode dan analisis yang dapat dipertahankan kebenarannya
- Jurnal, Hasil hasil konferensi. Jurnal biasanya dihunakan sebagai bahan sitiran (sitasi) utama dalam penelitian karena jurnal memuat suatu informasi baru yang bersifat spesifikasi dan terfokus pada pemecahan masalah pada suatu topik penelitian
- Majalah, pamflet, kliping. majalah ilmiah merupakan sumber publikasi yang biasanya berupa teori, penemuan baru maupun berupa materi materi yang sedang populer dibicarakan dan diteliti
- Abstrak hasil penelitian
- Prosiding (proceedings). Pengambilan prosiding sebagai bahan literatur bisa memudahkan peneliti karena adanya kolaborasi antara peneliti dengan penulis prosiding yang mungkin berada astu Institusi, komuniti, peer group yang sama.
- Website yang memuat literatur ilmu komputer seperti, http://citeseer.nj.nec.com/cs, dan lainnya
Cycle Of Scientific Literature
Sitasi/Penyitiran
- Sitasi (citation) sangat penting dalam penulisan ilmiah, karena penulis memerlukan bahan pustaka (literatur review) untuk mendukung hasil tulisan pnelitiannya
- Sitasi menunjukan asal usul atau sumber suatu kutipan, mengutip pernyataan, atau salin.ulangi pernyataan seseorang dan mencantumkannya di dalam suatu karya tulis yang dibuat, namun tetap indikasikan bahwa kutipan tersebut merupakan pernyataan dari orang lain
- Suatu dokumen akan disitir apabila relevan dengan kegiatan penilisan karya ilmiah yang dilakukannya
- Penyitiran dokumen dilakukan dengan maksud membantu pengarang daptkan informasi tambahan guna memecahkan masalah yang diteliti
- Pada dasarnya, semua kalimat, ide atau hasil karya yang bukan karya sendiri harus disebutkan sumbernya
- Salah satu pemilihan dokumen yang disitir adalah kesesuaian topik dengan penelitian, namu ada juga yang menyitir dari dokumen yang berbeda dari topik penelitian, misalnya : untuk melihat analisa statistik/ analisa data lain yang mungkin bisa digunakan pada penelitian yang sedang dilakukan
- Tahun terbitan dokumen adalah hal penting karena dokumen yang terbitannya lebih terbaru atau termutakhir memuat informasi dan pengetahuan baru yang sedang berkembang saat itu
- Dokumen yang sifatnya lama.klasik juga masih bisa disitir, karena dokumen tersebut memberikan informasi yang masih relevan dengan keadaan saat ini, atau dokumen tersebut berisikan informasi awal perkembangan ilmu pengetahuan pada saat ini
Beberapa Refrensi dalam Mengacu Sumber Informasi :
1. IEEE (Institute of Electrical dan Electronics Enginers) Citation Style
Model IEE: Setiap refrensi diberi nomor berdasarkan urutan kemunculannya pada dokumen. ketika mengacu suatu refrensi dalam tulisan, digunakan nomor refrensi yang diapit oleh kurung siku [].2. Chicago Citation Style
Model Chicago: Berbeda dengan model acuan IEEE, pada model acuan chicago, refrensi refrensi diurutkan berdasarkan abjad pada daftar pustakaModel Lain Sitasi
1. APA Style ( American Psychological Association)
untuk rumpunan ilmu pisikologi, pendidikan dan ilmu ilmu sosial. contoh :2. MLA Style (Modern language Association)
untuk rumpun ilmu literature, seni, humanities. contoh:3. AMA Style ( American Medical Association)
How to Write an Art Review and Make a Good Impression
Sumber : https://answershark.com/writing/creating-review/how-to-write-art-review.htmlArt Review Definition
An art review is an evaluation of art that can include a rating to indicate the work’s relative merit. Works of art, which are exhibited for public viewing and evaluation, bring great pleasure to visitors of museums and exhibitions. Most of us need to receive joy, seeing what a creative person is capable of doing. Sometimes it can be difficult or, on the contrary, it is very easy to accept the point of vision of the surrounding world by this or that artist. And they themselves are interested in getting appreciation for their creativity and the impetus for the further development of their talent. This is greatly helped by an art review, which can be done by both professionals and ordinary connoisseurs of the art.
The Purpose of an Art Review
The artist’s exhibition is not only the viewing of works of art, but also the sale of paintings and the collection of reviews of visitors and connoisseurs of painting. The reviews help to open a new facet of the artist’s talent, to evaluate its expositions and to look in a new light on what has already been done and what is to be done in order to gain more admirers and reach world-level fame and popularity.
How to Prepare for Writing an Art Review
Before you start writing a review, you should remember that a detailed retelling of what is going on in the painting reduces the value of the review: first, it is not interesting to read the work itself; secondly, one of the criteria for a weak review is rightly considered substitution of analysis and interpretation of the text by retelling it. Every painting begins with a title that you interpret as you look at it. Next, after you are finished preparing for the writing, it is time to understand how to write an art review.
Questions to Ask Before Writing an Art Review
- What format should be followed while writing an art review?
- What is depicted in the painting?
- What did the author want to say by this painting?
- Which moments left an indelible impression on you?
- What is the artist famous for?
- What are other memorable works of the artist?
- What associations occurred during the viewing?
- Can you use epithets and other expressive means?
- How can your own view of what you see be translated into a review?
- Would you add, or, on the contrary, expel something from the painting?
Art Review Writing Steps
- A review of a work of art must consist of several points. In the first paragraph, give the general characteristics of the picture, its actual description, and specify in detail what you see in it. Make a special emphasis on the moments that are especially attracting attention and leave an indelible impression. For example: “The picture depicts a turquoise sea, the beautiful silvery sand attracts attention, the endless blue sky catches your eye, and there is a sense of silence, which is disturbed only by the sound of the surf and the distant outbursts of the oars.”
- Further, it will be helpful to sort out all the associations and thoughts that came to your mind from what you saw. For example: “The landscape of the painting is associated with the vacation, which the viewer wants so much to spend on the shores of the azure sea, far from the hustle and bustle of daily worries, plunging into peace and quiet.”
- In the next paragraph, describe all the feelings from what you saw. You can express admiration from the viewed work in rapturous form. For example: “delightful,” “amazing,” “cool,” “super,” and “I want to see such the picture daily, waking up in the morning.” Give an assessment that is closest to you in the conversation genre.
- Develop your own idea. Describe in detail what happened to you after what you saw. Describe what needs to be added, what detail the artist has missed, what impression the picture would have made if additional landscapes were added, and if the color of the paint was changed or the canvas was decorated in a different style.
- In the conclusion of the description, give a general description of the artist’s works and your description of the picture viewed. Give a direction for further creativity, indicate what style, what genre you would like to see in the future, and what products you plan to purchase for your own interior, collection, or as a gift. Summarize everything you described. For example: “Modern painting is increasingly pleased with burning and saturated works. Modern creativity overcame postmodernism and expressiveness, returning connoisseurs to the real world of reality, and young artists opened the entire brink of creative potential that had previously been inaccessible and shone with new colors.”
Art Review Sample Analysis
Thanks to the art review example presented below, your own review can become more impressive. You can see how the writer talks about the matter of color, design, and technique of painting. An art review sample contains a general assessment concerning all the artist’s works and, directly, the one about which he writes. It is appropriate to read through art samples if you don’t know where to start. You can find reviews on the picture that you need to write on and also art review examples presented on our site will be helpful.
Click the images to see their full size.
Tips for Writing an Art Review
- Remember and tell what you know about the life and work of the artist. Briefly describe the historical era and the peculiarities of his or her native country. Indicate the main milestones of the life of the painter, his creative achievements, and a special contribution to the development of art. List the most famous works of the master.
- Designate the genre of the painting, and note the technique of performance and other artistic features of the picture. Specify how typical it is for a particular artist. Perhaps you want to talk about the only self-portrait in the creative biography of the illustrator of fairy tales.
- Tell about the plot of the picture. Summarize its main theme, what it is devoted to. Note whether the picture is related to certain historical events, whether it is a continuation of any significant topic in the artist’s work, and whether it evokes associations with literary sources. Determine exactly what the painter wanted to express.
- Analyze the features of the composition of the picture. Pay special attention to what is depicted in the foreground and what is attributed to the background by the author. Describe in detail the various details: the number of characters in the picture, their poses and emotions, the presence of main and secondary actors, and their interaction among themselves. Tell how detailed the general background of the picture is, and whether additional details have been introduced to support the main idea.
- Draw a connection between the plot and the color scheme of the picture, and think on what effect the artist wanted to achieve using these very tones. Do not ignore the way the artist placed light accents on the canvas.
- Describe the novelties applied by the artist in this picture. Here you can talk about plot constructions that have no analogues among contemporaries, and about the nuances of the artist’s artistic manner.
- Express your own impression of the picture. Explain how exactly it impressed you, to what thoughts it pushed, and what memories and associations it caused. If your opinion does not coincide with the reaction of critics, explain why you took this picture in such a way, and not otherwise.
How to Write an Art Exhibition Review
To express your impressions of the exhibition, you can use the resources of two genres. In the review, you can focus on evaluating the works of art that you saw. The report gives an opportunity to create the impression of a “live” picture in the text.
- A review is designed to evaluate works of art. In the introduction, tell the reader about where the exhibition is held and what it is devoted to. Briefly introduce the concept of the event in the form in which it was formulated by the curators themselves – they usually provide such information at the time of the opening or afterward as an announcement on the site of the museum or gallery.
- Correlate the official concept with what you saw at the exhibition with your own eyes. You can move from general to particular and first describe the impression that you received from all the works in general. And only after this, speculate on the impressions that have developed. Or, use the method of induction. Stop in detail on all significant works. If this is important in this case, tell us about the creator of each object, its creative evolution, and favorite techniques. Give an assessment of each work, arguing it.
- Draw a conclusion: whether the organizers succeeded in translating the declared idea, and whether the average visitor could catch and feel it. In the finale of the text, briefly formulate your impressions of the exhibition. If you want to make the text more dynamic, “live,” use the form and techniques of reportage.
After reading through our post, you have learned how to write an art review. It doesn’t matter whether you need to write a review on a picture, painter, or exhibition, as we tried to cover all of these issues. Besides this guide, feel free to look through our samples. If you need to deal with other academic papers, visit our blog for finding the right guide for you. Also, check out our article review example.
1. Uraiakan masalah tahapan eksplorasi sesuai dengan minat / bidang seni rupa dan desain yang saudara tekuni (pilih salah satu : seni rupa, desain, kriya)
2. Buatlah paper / tulisan (mini research) dengan literature review dan art review tentang proyek karya seni / desain yang akan dibuat. Analogikan literature review pada konsep dan visualisasi karya guna mencari celah-celah untuk kebaruan karya (novelty)
Tahapan Rancangan
Secara sadar atau tidak, hasil teknologi telah mempengaruhi kehidupan manusia secara signifikan. Baik dari berpikir, berkehidupan, bersosial maupun bidang usaha dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia itu sendiri. Teknolog berkembang sangat pesat seiring dan relevan dengan kemajuan ilmu (science) dan pengetahuan (knowledge).
Konteks pembahasan dalam bab ini adalah memanfaatkan teknologi dalam karya seni. Secara harfiah, karya seni adalah ciptaan manusia yang dalam prosedur mencipta karyanya membutuhkan jasa dari teknologi, baik bersifat langsung maupun bersifat konsep. Dampak langsung teknologi terhadap prosedur penciptaan karya seni adalah pemanfaatan hasil teknologi berupa teknik, bahan atau alat. Sedangkan dampak konsep adalah prinsip dan konsep teknologi mempengaruhi cara berpikir dan sistem kerja.
Teknologi, merupakan istilah yang diperoleh dari Bahasa Yunani “Tekhne”, yang mengacu pada suatu seni atau keunikan dam mempunyai sistematika logis. Istilah ini untuk menyatakan proses yang berkaitan dengan penggunaan peralatan dan mesin guna mengubah alam atau lingkungan material untuk kemaslahatan manusia. Dengan kata lain, teknologi adalah suatu area studi tentang peralatan untuk mengubah secara harfiah menjadi fungsional melalui studi pengetahuan yang sistematis.
Teknologi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang: kemanfaatan, keteknikan atau peralatan, keunikan, maupun sistem kinerja, dan hasil Teknologi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang: kemanfaatan, keteknikan atau peralatan, keunikan, maupun sistem kinerja, dan hasil
Suatu karya seni mempunyai struktur, wujud atau kontur, isi, dan konteks. Wujud atau kontur karya seni merupakan bentuk visual karya, berupa gerak, suara, rupa yang berfungsi sebagai penampung gagasan dan ide. Dalam mewujudkan ide dan gagasan ini, seorang pencipta karya seni membutuhkan teknik, pendekatan, prinsip serta keterampilan berkarya. Isi adalah muatan pesan, cerita gagasan, imajinasi dalam karya seni. Isi dikembangkan dalam karya seni untuk memberi tekanan, nuansa, spirit, dan bobot penampilan karya seni. Sedangkan konteks merupakan penciptaan yang sangat terkait dengan prinsip latar belakang penciptaan, seperti alasan penciptaan karya, tujuan berkarya, serta pengaruh adat dan pranata sistem pad acara pandang seorang atau masyarakat tertentu terhadap kehidupan. Ketiga struktur karya seni tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain ketika proses penciptaan berlangsung.
Teknologi hadir karena manusia harus mempertahankan hidup bandingkan dengan ketika manusia purba dalam kehidupannya yang masih sederhana, mereka mencari makan dari hasil alam. Hasil makan yang ada di sekitar dimakan langsung tanpa perlu diramu atau dimasak. Dari tahun ke tahun ataupun abad, cara berpikir manusia terus maju dan berkembang. Kemajuan berpikir ini menjadikan manusia mencipta peralatan, sistem, kinerja yang disesuaikan dengan fungsinya. Usaha untuk mencipta peralatan, sistem kinerja, keteknikan dan pola ini disebut Teknologi hadir karena manusia harus mempertahankan hidup bandingkan dengan ketika manusia purba dalam kehidupannya yang masih sederhana, mereka mencari makan dari hasil alam. Hasil makan yang ada di sekitar dimakan langsung tanpa perlu diramu atau dimasak. Dari tahun ke tahun ataupun abad, cara berpikir manusia terus maju dan berkembang. Kemajuan berpikir ini menjadikan manusia mencipta peralatan, sistem, kinerja yang disesuaikan dengan fungsinya. Usaha untuk mencipta peralatan, sistem kinerja, keteknikan dan pola ini disebut
Menurutn Koentjaraningrat (1981: 2) teknologi merupakan salah satu hasil kebudayaan manusia dan meletakkan teknologi kedalam deretan hasil budaya manusia sebagai 1) sistem religi dan upacara keagamaan, 2) sistem dan budaya manusia, 3) sistem pengetahuan, 4) Bahasa, 5) kesenian, 6) sistem mata pencaharian hidup, dan 7) sistem teknologi dan peralatan.
Dasar pengembangan praktik berkarya seni dalam pendidkan adalah mendidik anak agar kreatif, sedangkan pembinaannya melalui pelatihan berapresiasi terhadap keindahan objek. Kata kreatif mengandung unsur keuletan, yaitu kemampuan bertahan, berusaha tanpa henti sampai penemuan pemecahan masalah dengan sempurna. Salah satu cara berlatih ulet adalah keberanian mengutarakan pendapat (berekspresi). Dalam hal ini terdapat kaitan antara keuletan, kreativitas, dan berekspresi dengan berusaha melakukan eksperimentasi atau percobaan. Percobaan sendiri merupakan langkah-langkah mencari tahu permasalahan dan merancang serta mencoba gagasan yang ditemukan. Proses kreatif ini mampu meningkatkan koordinasi antara otak, rasa, dan keterampilan. Misalnya menjaga keseimbangan tubuh, pengendalian emosi diri, ketekunan, pantang menyerah dengan tantangan, konsentrasi, dan tumbuh auto sugesti dalam berusaha untuk mencapai tujuan. Dalam teknologi, prinsip keteknikan dapat digolongkan menjadi tiga prinsip, yaitu :
1. Pemanfaatan Teknologi Kerajinan dalam Penciptaan Karya Seni
Suatu prinsip kerja teknologi produksi dalam bentuk karya terapan seperti memproduksi cinderamata, menenun kain, atau jenis lain yang segera dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran teknologi kerajinan lebih memfokuskan kepada keterampilan produksi, reproduksi yang diukur dari kecepatan, ketepatan, dan ekonomis. Jika suatu produksi dikatakan cepat, pengukurannya diajukan dengan jumlah yang diproduksi terhadap waktu yang disediakan.
Jika dalam waktu yang kurang dari yang ditentukan dapat memproduksi lebih dari standart bakunya maka dikatakan cepat. Ketepatan lebih banyak dikonotasikan untuk presisi, yaitu produksi yang sesuai dengan permintaan. Pengukuran yang diajukan adalah kemampuan membuat sama produk tanpa ada kesalahan. Untuk menghindari kesalahan, seseorang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan keteknikan yang kuat agar segala gagasan dan idenya berjalan lancar yang diwujudkan dalam karya seni.
2. Pemanfaatan Teknologi Rekayasa dalam Penciptaan Karya Seni
Dalam proses ini keterampilan yang diandalkan adalah kesesuaian, kecepatan, ketepatan, maupun kecakapan. Prinsip kesesuaian diajukan pengukuran melalui nilai persamaan, misalnya: jika suatu produk yang dihasilkan sama dengan permintaan diajukan baik dalam bentuk kualitas maupun kuantitas maka penilaian dianggap sesuai. Sedangkan untuk kecepatan dan ketepatan merupakan unsur saling ukur diantaranya: permintaan dikatakan tepat jika dalam waktu yang ditentukan dapat menghasilkan produk yang sesuai. Demikian pula, 2. Pemanfaatan Teknologi Rekayasa dalam Penciptaan Karya Seni Dalam proses ini keterampilan yang diandalkan adalah kesesuaian, kecepatan, ketepatan, maupun kecakapan. Prinsip kesesuaian diajukan pengukuran melalui nilai persamaan, misalnya: jika suatu produk yang dihasilkan sama dengan permintaan diajukan baik dalam bentuk kualitas maupun kuantitas maka penilaian dianggap sesuai. Sedangkan untuk kecepatan dan ketepatan merupakan unsur saling ukur diantaranya: permintaan dikatakan tepat jika dalam waktu yang ditentukan dapat menghasilkan produk yang sesuai. Demikian pula,
Pemanfaatan teknologi rekayasa dalam penciptaan karya seni dapat dilihat pada keteknikan dan dampak pembelajaran. Dampak keteknikan lebih mendorong keyakinan mencipta melalui kecakapan mengurai bahan dan menyusun alat sesuai dengan sistem kinerjanya. Sedangkan dampak pembelajaran teknologi rekayasa adalah keuletan menguraikan masalah, dan menyusun kembali permasalahan dalam mencipta karya seni.
3. Pemanfaatan Teknologi Pengolahan dalam Penciptaan Karya Seni
Pengukuran terhadap pengolahan adalah perilaku mengubah objek melalui proses: pemasakan, reaksi, percobaan (treatment) secara cepat dapat menghasilkan produksi ganda dan reproduktif. Produksi ganda tersebut tampak pada pengembangan alat, bahan serta medium lain yang dapat digunakan untuk mendukung. Prinsip ini biasanya akan menjadi ekonomis ketika produksinya mampu mencapai target bahkan melebihi target minimal. Sedangkan prinsip higienis pengolahan terletak pada keselamatan dan keseuaian produk terhadap standar kimia, pangan, dan ukuran kesehatan/keselamatan.
Pelajari e-book dengan baik, Understanding Media karya Marshall McLuhan
Buatlah resume dari buku Understanding Media karya Marshall McLuhan !
Research Design
PREFACE
I think of research design as building a structure or plan for your research. Just as architects work with many different general types of structure—single-family homes, multifamily homes, nonresidential buildings, and so forth—social researchers have five primary structures with which they work: quantitative, qualitative, mixed methods, arts-based, and community-based participatory. We call these approaches to research design, and the one we select for a given research project depends on considerations including our topic and purpose. The selected approach provides only the general purpose and structure for the research project, just as an architect with an assignment to design a single-family home still has many choices with respect to the style, layout, and size of the building. Within each of the five major design approaches, there are innumerable possibilities for how research might proceed. We have to consider two questions: What do we want to achieve? and How do we execute that goal? This is the process of building a methodology, which is a plan for how the research will be carried out. There are many tools at our disposal—methods, theories, and so forth—that we use to build a research plan. The philosophical point of view, professional experience, ethical standpoint, and practical skill set we, as individual researchers, bring to the table also influence how we design a project. We put our own stamp on our research projects the same way an architect might through unique stylistic features. In addition to reviewing these five approaches to design, this book is unique because of its attention to ethical practice, emphasis on writing a research proposal (and how this proposal differs across approaches to design), modeling of the use of appropriate language for each of the five designs, and the extensive pedagogical features employed to make this text user-friendly for students, professors, and researchers.
(Baca e-book lebih lengkap pada tautan dibawah ini !)Bacalah dengan teliti e-book Research Design !
Buatlah resume dari buku Research Design : Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches, karya PATRICIA LEAVY !
DESIGN FOR THE REAL WORLD
The Vienna-born designer Victor Papanek was in his early 40s and bouncing from one U.S. teaching job to the next when, in the mid-1960s, he began writing Design for the Real World: Human Ecology and Social Change. The book would not only become the best-known product of his long career, but also help lay the foundation for the green architecture and humanitarian design movements that emerged over the course of the next generation. When it was finally published in 1971—with an introduction by Papanek’s friend and fellow iconoclast R. Buckminster Fuller—the book joined a groundswell of important critiques of modernism and postwar excess in architecture, design, industry, and corporate America. Indeed, the period between the early 1960s and the early 1970s produced a now-canonical group of reform-minded titles, including Jane Jacobs’s The Death and Life of Great American Cities, Rachel Carson’s Silent Spring, Richard G. Lillard’s Eden in Jeopardy, Bernard Rudofsky’s Architecture Without Architects, and Ralph Nader’s Unsafe at Any Speed.
Like most of those books, Design for the Real World was an impatient, jargon-free, and often passionate cri de coeur. Its main targets were examples of product design, architecture, and city planning that Papanek considered wasteful, dangerous, bad for the environment, or detached from the needs and lives of ordinary people. Early in the book, he savages the “Kleenex culture” of Western societies. (“That which we throw away, we fail to value.”) And he tears into the lemming-like qualities of designers who accept their roles as mere stylists, harshly calling them “the good Germans of the profession.” Superficiality, in people and design, is his consistent enemy, and he reserves special scorn for approaches that are both lacking in depth and form the basis of design school curricula.
“By designing criminally unsafe automobiles that kill or maim nearly one million people around the world each year, by creating whole new species of permanent garbage to clutter up the landscape, and by choosing materials and processes that pollute the air we breathe, designers have become a dangerous breed,” he writes. “And the skills needed in these activities are taught carefully to young people.” (Emphasis added.)
And at that point he’s just getting going. Still to come are attacks on “the lacy mantles and Gothic minarets” of the architects Edward Durell Stone and Minoru Yamasaki (not surprisingly, Papanek prefers the work of Paolo Soleri and the young Moshe Safdie); on the cozy alliance between designers and Madison Avenue; on the American “preoccupation with making things pretty”; and, in an especially memorable phrase, on “the glib, slicked-up Kitsch that characterizes most of the design work coming out of schools and offices.”
“So far the action of the profession,” he writes of designers, “has been comparable to what would happen if all medical doctors were to forsake general practice and surgery, and concentrate exclusively on dermatology and cosmetics.”
Zing!
Beyond the pummelingly entertaining rhetoric, Design for the Real World was remarkably prescient. Sure, there are a few stretches that seem dated today, and some of the design solutions Papanek holds up as models of a new approach—the clogs, the beanbag chairs, the “tricycle for adults with battery power-assist”—seem quaintly earnest. But much of the book could be published today and not seem at all out of place. The links between Papanek’s philosophy and the rising humanitarian-design movement are particularly strong, and in fact designers including Emily Pilloton, founder of Project H, and William McDonough have called the book an inspiration.
Papanek’s focus on ecological and social responsibility as the twin pillars of design practice seems particularly timely four decades later. So does his advice to designers about both the importance and the ethical pitfalls of working in poor parts of America or in the developing world.
“Ideally,” he writes, the designer would not only “move to the country” in question but also “train designers to train designers. In other words he would become a ‘seed project’ helping to form a corps of able designers out of the indigenous population of a country. Thus within one generation at most, five years at the least, he would be able to create a group of designers firmly committed to their own cultural heritage…and their own needs.”
Elsewhere, Papanek anticipates the universal-design debates of the 1980s as well as the contemporary interest in urban agriculture, the slow food and slow cities movements, and so-called maker culture. And his critique of design and architecture education seems especially relevant today. “The main trouble with design schools,” he writes, “seems to be that they teach too much design and not enough about the social and political environment in which design takes place.”
Given how unflinching many of the book’s critiques were, it’s not surprising that Papanek became persona non grata in certain design circles—though it seems clear in retrospect that to a certain extent he enjoyed his status as an outsider. When Papanek reported that thanks to the book he’d been “derided” and “savagely attacked,” he said it with some of the same pride that undergirded his generally accurate claim, in the 1985 edition of the book, that Design for the Real World had become “the most widely read book on design in the world.”
More interesting—and more pressing—is the question of what the continuing freshness of Papanek’s ideas says about the rising humanitarian design movement. It means, first of all, that the fissure in the profession that Papanek identifies between real engagement and salesmanship—between design with a conscience and design that has been, in his words, “sexed up” for the marketplace—is never going to go away. In both design and architecture this gap, this split personality, is fundamental. There will always be money and prestige to be found in the kind of design practice that answers primarily to the marketplace. And there will always be figures like Papanek to appeal to designers’ morality and the deeper, broader needs of human beings and the planet.
But there is also a good deal for younger readers to learn from the book, provided they use it more as a mirror than a primer. The book’s lessons for a new generation of socially engaged designers have less to do with the particulars of design practice—though there is plenty of strong practical advice in these pages—and more to do with the importance of careful, even ruthless, self-assessment. What does it mean, younger designers ought to ask, that the strategies of humanitarian design are so similar to the ideas Papanek laid out in 1971? Why, in other words, doesn’t the book seem more dated?
Certainly the answer in part is that the movement is concerned with timeless questions about access, morality and equity. Those ideals don’t—or shouldn’t—change over time, and in fact Papanek fills plenty of pages in the book railing against the idea of the merely fashionable. For him, trends and the distasteful notion of “planned obsolescence” were intertwined; objects go in and out of fashion, he argued, mostly as a pretext for getting the public to buy more stuff—usually stuff they and the environment don’t need.
But you could also make a case that there are certain elements of any movement that must evolve and mature. And in that sense there is some cause for concern among the emerging humanitarians. At the very least, the movement’s political tactics seem significantly underdeveloped. In post-Katrina New Orleans, in shrinking Detroit, in post-tsunami Japan, even in the declining standards of social housing and public architecture in relatively wealthy cities like Los Angeles—in each of these cases what has kept meaningful design from taking root at substantial scale isn’t a limited supply of ideas or projects but quite simply a lack of political savvy. In those locations and countless others, thoughtful, idealistic designers and architects have been outflanked by bureaucrats, engineers, or grandstanding politicians. And the same thing seems likely to happen wherever the next disaster strikes.
Then there is the question of technology. Design for the Real World is a message from a predigital age, from a world without smartphones, iPads, Skype, Twitter, Tumblr, and open-source design software. Again, in this sense the book sends a strong message about the importance of first principles, about the power of mud bricks, simple transistors, and face-to-face human contact. But the truth is that in more than a few ways leaders in humanitarian design have set up themselves up in clear opposition to both the bleeding-edge technology of Silicon Valley and architecture’s parametric camp, with its sleek digital fantasies. And while I can understand much of this impulse—and would kill to read a Papanek review of Patrik Schumacher’s Parametricist Manifesto—the fact remains that for us, in 2012, discovering too much kinship with Design for the Real World, particularly when it comes to its analog worldview, ought to be seen as a pretty big red flag. In technological terms, after all, 1971 was the Stone Age. Nostalgia for the simplicity of that period in the culture—and in the design world—is not so much unwarranted as simply irrelevant.
Penelitian seni Rupa dengan Pendekatan Antardisiplin
Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian yang berdasarkan ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Data yang diperoleh melalui penelitian itu adalah data empiris yang mempunyai criteria tertentu yaitu valid. Valid menunjukkan derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dapat di kumpulkan oleh peneliti. Data yang valid pasti reliable (berkenaan dengan derajat konsistensi) dan obyektif (bersangkutan dengan kesepakatan antar orang banyak). Setiap penelitian mempunyai tujuan dan kegunaan tertentu. Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam, yang bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. Penemuan berarti data yang diperoleh dalam penelitian betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diteliti. Pembuktian berarti data yang diperoleh digunakan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu, dan pengembangan berarti memperdalam dan memperluas pengetahuan yang ada.
Melalui penelitian manusia dapat menggunakan hasilnya. Secara umum data yang telah diperoleh dari penelitian dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengatasi masalah.JENIS-JENIS PENELITIAN
Terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan tujuan penelitian dan berdasarkan tingkat kealamian tempat penelitian. Sedangkan berdasarkan tujuan penelitian terbagi menjadi 3 yaitu penelitian dasar, penelitian pengembangan (R & D) dan penelitian terapan. Penelitian dasar berfungsi sebagai penemuan ilmu baru. Penelitian pengembangan (R&D) berfungsi sebagai penemuan, pengembangan, dan pengujian produk. Penelitian Terapan berfungsi sebagai menerapkan ilmu atau produk.
Sedangkan penelitian berdasarkan tingkat kealamiahan tempat penelitian terbagi menjadi tiga, yaitu penelitian eksperimen,penelitian survey, penelitian naturalistic.
PENGERTIAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF
Metode Kuantitatif disebut metode tradisional juga disebut metode positivistic karena berlandaskan positivism. Metode ini sebagai metode ilmiah, karena memenuhi kaidah-kaidah ilmu ilmiah, yaitu empiris, obyektif,terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery, karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan iptek baru. Metode ini menggunakan angka-angka, analisis, dan statistic.
Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistic, karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamniah, juga disebut metode ethnography, karena pada awalnya metode ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya; disebut sebagai metode Kualitatif, karena data yang digunakan dan terkumpul lebih bersifat kualitatif.
METODE PENELITIAN KUANTITATIF
Variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.
Macam variable :
1. Variable Independen / variable bebas adalah variable yang mempengaruhi atau menjadi sebab perunaham atau timbulnya variable terikat.
2. Variabel Dependen / Variabel terikat adalah variable yang dipengaruhi oleh akibat, karena adanya variable bebas
3. Variabel Moderator adalah variable yang mempengaruhi hubungan variable bebas dengan variable terikat.
4. Variabel Intervening adalah variable yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variable bebas dan terikat menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur.
5. Variabel Kontrol adalah variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable independen terhadan dependen tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti.
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/ subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik Sampling terbagi menjadi dua yaitu probability sampling (peluang unsure yang sama untuk dijadikan sample) dan non probability sampling (peluang yang tidak sama unsure untuk dijadikan ke dalam sample). Probability sampling terbagi atas Simple Random Sampling (pengambilan sample secara acak dalam suatu populasi homogeny), Proportionate Stratified Random Sampling ( bila populasi mempunyai unsure yang tidak homogeny dan berstrata proporsional), Disproportionate Stratified Random Sampling (menentukan jumlah sample yang populasi berstrata tapi kurang proporsional), Cluster Sampling (untuk menentukan sample bila obyek yang diteliti atau sumber data sangat luas). Nonprobability Sampling terbagi atas Sampling Sistematis, Sampling Kuota, Sampling Insidental, Sampling Purposive, Sampling Jenuh, Snowball Sampling.
Teknik pengumpulan data pada metode penelitian kuantitatif terdiri dari wawancara, angket, dan observasi. Wawancara terbagi menjadi dua yaitu wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. Angket adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan member seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Observasi adalah teknik pengumpulan data mempunyai cirri spesifik bila dibandingkan dengan teknik yang lain, yaitu wawancara dan anbgket. Kalau wawancara dan angket selalu berkomunikasi dengan orang, maka observasi tidak terbatas pada orang, tetapi juga obyek-obyek alam yang lainnya.
(komponen dan proses penelitian kualitatif)
Variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.
Macam variable :
1. Variable Independen / variable bebas adalah variable yang mempengaruhi atau menjadi sebab perunaham atau timbulnya variable terikat.
2. Variabel Dependen / Variabel terikat adalah variable yang dipengaruhi oleh akibat, karena adanya variable bebas
3. Variabel Moderator adalah variable yang mempengaruhi hubungan variable bebas dengan variable terikat.
4. Variabel Intervening adalah variable yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variable bebas dan terikat menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur.
5. Variabel Kontrol adalah variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable independen terhadan dependen tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti.
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/ subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik Sampling terbagi menjadi dua yaitu probability sampling (peluang unsure yang sama untuk dijadikan sample) dan non probability sampling (peluang yang tidak sama unsure untuk dijadikan ke dalam sample). Probability sampling terbagi atas Simple Random Sampling (pengambilan sample secara acak dalam suatu populasi homogeny), Proportionate Stratified Random Sampling ( bila populasi mempunyai unsure yang tidak homogeny dan berstrata proporsional), Disproportionate Stratified Random Sampling (menentukan jumlah sample yang populasi berstrata tapi kurang proporsional), Cluster Sampling (untuk menentukan sample bila obyek yang diteliti atau sumber data sangat luas). Nonprobability Sampling terbagi atas Sampling Sistematis, Sampling Kuota, Sampling Insidental, Sampling Purposive, Sampling Jenuh, Snowball Sampling.
Teknik pengumpulan data pada metode penelitian kuantitatif terdiri dari wawancara, angket, dan observasi. Wawancara terbagi menjadi dua yaitu wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. Angket adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan member seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Observasi adalah teknik pengumpulan data mempunyai cirri spesifik bila dibandingkan dengan teknik yang lain, yaitu wawancara dan anbgket. Kalau wawancara dan angket selalu berkomunikasi dengan orang, maka observasi tidak terbatas pada orang, tetapi juga obyek-obyek alam yang lainnya.
METODE PENELITIAN KUALITATIF
Masalah dalam penelitian kualitatif lebih cenderung ke arah penelitian harus jelas, spesifik, dan dianggap tidak berunah, tetapi masalah yang dibawa dalam penelitian kualitatif masih remang remang, bahkan gelap, kompleks, dan lebih dinamis. Dalam pandangan kualitatif, penelitian kualitatif bersifat holistic (menyeluruh, tidak dapat dipisah-pisahkan), sehingga peneliti kualitatif tidak akan menetapkan penelitiannya hanya berdasarkan variable penelitian, tetapi keseluruhan situasi social yang diteliti meliputi aspek tempat (place), pelaku (actor), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis.
Bentuk Rumusan masalah dalam metode penelitian kualitatif terbagi menjadi tiga,yaitu :
1. Rumusan masalah deskriptif adalah rumusan masalah yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi situasi social yang diteliti secara menyeluruh, luas, dan mendalam.
2. Rumusan masalah komparatif adalah rumusan masalah yang memandu peneliti untuk membandingkan antara konteks social atau domain satu dibandingkan dengan yang lain.
3. Rumusan masalah assosiatif adalah rumusan masalah yang memandu peneliti unuk mengkonstruksi hubungan antara situasi social atau domain satu dengan yang lainnya. Rumusan masalah assosiatif terbagi menjadi tiga, yaitu hubungan simetris (hubungan suatu gejala yang munculnya bersamaan sehingga bukan hubungan sebab akibat), hubungan kausal ( hubungan yang bersifat sebab akibat), hubungan reciproral ( hubungan saling mempengaruhi ).
Teori dalam penelitian kualitatif bersifat sementara, dan dapat berkembang setelah peneliti memasuki lapangan atau konteks ruang tertentu. Dalam kaitannya dengan teori, penelitian kuantitatif bersifat menguji hipotesis atau teori, sedangkan dalam penelitian kualitatif lebih bersifat menemukan teori. Dalam penelitian kualitatif, jumlah teori yang dimiliki oleh peneliti kualitatif jauh lebih banyak karena harus disesuaikan dengan fenomena yang berkembang di lapangan. Peneliti kualitatif akan lebih professional kalau menguasai semua teori sehingga wawasannya akan lebih luas, dan dapat menjadi instrument penelitian yang baik. Fungsi dari teori dalam kualitatif adalah sebagai bekal untuk memahami konteks social secara luas dan mendalam.
Dalam sampel penelitian kualitatif, disebut sampel teoretis karena tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menghasilkan teori. Pada penelitian kualitatif peneliti memasuki situasi social tertentu, melakukan observasi dan wawancara kepada orang-orang yang dipandang tahu akan situasi social tersebut. Penentuan sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan dengan purposive, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu.
Teknik pengambilan sampling dalam penelitian kualitatif terdiri dari dua macam, yaitu probability dan non probability sampling. Probability sampling terbagi atas Simple Random Sampling (pengambilan sample secara acak dalam suatu populasi homogeny), Proportionate Stratified Random Sampling ( bila populasi mempunyai unsure yang tidak homogeny dan berstrata proporsional), Disproportionate Stratified Random Sampling (menentukan jumlah sample yang populasi berstrata tapi kurang proporsional), Cluster Sampling (untuk menentukan sample bila obyek yang diteliti atau sumber data sangat luas). Nonprobability Sampling terbagi atas Sampling Sistematis, Sampling Kuota, Sampling Insidental, Sampling Purposive, Sampling Jenuh, Snowball Sampling.
Teknik pengumpulan data dalam metode penelitian kualitatif lebih banyak dilakukan dengan secara observasi serta wawancara. Tapi dapat dilakukan pula melalui dokumentasi, serta dengan triangulasi/ gabungan.
Pengumpulan data dengan observasi dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu observasi partisipatif, partisipasi terus terang dan tersamar, dan observasi tak terstruktur. Observasi partisipatif terdiri dari observasi pasif, observasi yang moderat, observasi yang aktif, observasi yang lengkap.
Observasi partisipatif berarti peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari obyek yang diamati sebagai sumber data. Observasi terus terang berarti peneliti melakukan pengumpulan data terus terang mengatakan kepada peneliti, bahwa sedang melakukan penelitian. Observasi tak terstruktur adalah penelitian yang focus penelitiannya belum jelas.
Macam wawancara menurut Esternberg (2002) adalah wawancara terstruktur, wawancara seniterstruktur, dan wawancara tak terstruktur.
Triangulasi adalah teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.Fungsi dari teknik pengumpulan data melalui triangulasi adalah mengumpulkan data serta menguji kredibilitas data dari berbagai sumber data dan teknik pengumpulan data.
Analisis data kualitatif terbagi menjadi 4 yaitu :
a. Analisis domain adalah memperoleh gambaran umum dan menyeluruh dari obyek penelitian atau situasi social
b. Analisis taksonomi adalah domain selanjutnya dijabarkan lebih rinci
c. Analisis Komponensional adalah mencari cirri spesifik pada setiap struktur internal dengan cara mengontraskan antar elemen.
d. Analisis tema cultural yaitu mencari hubungan diantara domain,dan bagaimana hubungan dengan keseluruhan dan selanjutnya dinyatakan sebagai tema/ judul penelitian.
PENUTUPCara ilmiah berarti kegiatan penelitian yang berdasarkan ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Data yang diperoleh melalui penelitian itu adalah data empiris yang mempunyai criteria tertentu yaitu valid. Valid menunjukkan derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dapat di kumpulkan oleh peneliti. Melalui penelitian manusia dapat menggunakan hasilnya. Secara umum data yang telah diperoleh dari penelitian dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengatasi masalah.
Metode Kuantitatif disebut metode tradisional juga disebut metode positivistic juga disebut metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistic, karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamniah, juga disebut metode ethnography.
Untuk mencapai sumber data maka metode kuantitatif memerlukan observasi, wawancara, angket. Sedangkan pada metode penelitian kuantitatif juga diperlukan adanya triangulasi untuk menentukan kevalidan data terhadap sumber data maupun teknik pengumpulan data yang lain
Sumber : Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D karya Prof.Dr.Sugiyono, Penerbit : Alfabeta, Bandung, 2009
Pelajari file PDF Seni Rupa dan Antardisiplin
1. Berdasarkan uraian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, Jelaskan rencana penelitian saudara terkait Tugas Akhir yang mau dibuat, Jelaskan Topik yang akan diteliti dan sebutkan alasannya, serta pemilihan metode yang akan digunakan !
2. Buatlah ikhtisar Penelitian Seni Rupa dengan Pendekatan Antardisiplin dan berilah contoh hasil penelitian antar disiplin (literature review) terkait bidang yang menjadi minat saudara !
Otokritik Karya Visual
Dalam kesenian sering disebutkan bahwa karya yang dihasilkan tersebut dapat dikategorikan sebagai karya seni tradisional, konvensional atau klasik, kemudian dapat dikelompokkan sebagai karya seni moderen, dan terakhir dalam pembagian klasifikasi adalah karya seni post-modern atau kontemporer. Masing-masing kategori tentunya mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan kategori yang lain.
Terkait dengan relasi pertandaan pra-modernisme, modernisme, dan post-modernisme, terlihat perbedaan relasi pertandaan yang sangat mencolok dalam bidang seni rupa dan desain. Pada masa klasik atau pra-modernisme, seni berfungsi menyampaikan pesan-pesan ideologis atau spiritual yang sudah mapan secara konvensional. Pada abad pertengahan, seni lebih banyak diwarnai upaya penyampaian tanda tentang wahyu, ajaran, atau kebenaran lewat ikon-ikon. Hal ini secara umum dapat digambarkan dalam sebuah prinsip: form follows meaning, yang artinya bentuk selalu bermuara pada makna-makna ideologis atau spiritual.
Pada masa moderen, seni berusaha menolak keterkaitannya dengan makna-makna ideologis atau spiritual, dan berupaya menolak makna-makna yang berasal dari luar seni itu sendiri. Seni moderen berusaha melepaskan diri dari perangkap mitos, tradisi, kepercayaan, dan konvensi sosial. Sebagai gantinya, modernisme mengajukan prinsip: form follows function, yang artinya bahwa setiap ungkapan bentuk pada akhirnya akan menyandarkan maknanya pada aspekfungsi dari suatu obyek. Dalam seni murni, aspek fungsi dapat dijelaskan dengan istilah formalisme, yang maksudnya sebuah bentuk dikatakan bermakna bukan berdasarkan relasi strukturalnya dengan realitas di luar bentuk tersebut, tetapi relasi formal di antara elemen-elemen seni rupa seperti: garis, bidang, ruang, warna, dan tekstur, yang membangun bentuk tersebut, dan sekaligus menentukan fungsinya.
Pada seni post-modernisme, relasi pertandaan lebih bersifat ironis dengan menolak acuan penanda pada makna ideologis yang konvensional, sekaligus juga menolak fungsi sebagai referensi dominan dalam pertandaan sebagaimana prisip seni moderen. Post-modernisme meminjam dan mengambil tanda-tanda dari periode klasik dan moderen, bukan untuk menjunjung tinggi makna-makna ideologis dan spiritualnya, tetapi untuk menciptakan satu mata rantai pertandaan yang baru dengan menanggalkan makna-makna konvensional, dan meleburkan diri dalam ajang permainan bebas penanda-penanda dan petanda-petanda, sebagaimana dikemukakan Derrida dan Baudrillard. Post-modernisme mengajukan satu prinsip baru pertandaan: form follows fun, yang maksudnya dalam post-modernisme bukan makna-makna ideologis yang ingin dicapai, tetapi justru kegairahan dalam bermain dengan penanda. (lihat Piliang, 1999 : 121 – 124)
Kritik seni merupakan pembicaraan mengenai karya seni, sedangkan kritik seni rupa adalah pembicaraan mengenai karya seni rupa. Guna mewujudkan tujuan tersebut, maka diperlukan cara pertimbangan penilaian yang akan mempermudah dalam memahami karya seni rupa dengan segala aspeknya, baik faktor intraestetik maupun ekstraestetik.
Kreasi dan apresiasi merupakan tindakan penciptaan karya seni oleh pencipta karya seni atau seniman dan pemanfaatan / penghargaan oleh pemakai seni (user) untuk memenuhi kebutuhan estetik sesuai dengan pedoman pada model pengetahuan yang ada dalam kesenian yang didukungnya, dan berpegang pada tradisi yang berlaku. Penciptaan atau kreasi karya seni dipengaruhi faktor ekstraestetik, yaitu faktor-faktor di luar bentuk fisik karya seni seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, teknologi, religi, dan pendidikan dari seniman danpemakai seni / user. Pendekatan intraestetik, yaitu faktor yang semata-mata memandang nilai estetik yang terkandung dalam bentuk fisik karya seni (unsur struktur, bentuk, dll.) dengan kriteria yang ditetapkan universal oleh para ahli seni. ( bandingkan H. G. Blocker, 1979 : 22–24 ; M. Dufrenne, 1979 : 301-329; T. Munro, 1969 : 358 - 360)
Faktor intraestetik sering juga disebut dengan penilaian formalisme yang menempatkan unsur-unsur estetika dalam suatu karya seni merupakan tinjauan utamanya. Melalui penilaian formalisme, maka kritik lebih bersifat mementingkan bentuk-bentuk visualnya. Penilaian formalisme menempatkan mutu artistik pada suatu kualitas yang terintegrasi dalam pengorganisasian secara formal dari suatu karya seni rupa. Menurut Edmund Burke Feldman, seorang formalis adalah yang melihat hubungan antara perencanaan dan perhitungan menjadi sesuatu yang jelas dan benar-benar sama bobotnya. Karya-karya Mondrian dianggap lebih jelas bagi kaum formalis karena dalam karyanya cenderung mengurangi suatu akibat yang bersifat kebetulan. (lihat Feldman, 1967 : 459)
Pendekatan formalisme dalam menelaah karya seni rupa dengan cara memandang obyek utamanya atau karakteristik materialnya, sehingga masalah kecakapan dalam mengolah bentuk dan keterampilan teknis dari pembuat karya seni dalam mewujudkan karya seninya yang kasat mata merupakan pokok perhatian utama pendekatan ini. Penilaian formalisme dapat dilakukan dengan cara mengurai secara obyektif seluruh tampilan visual dengan pendekatan kontruktif dan struktural pada formalitas bentuknya. Pengorganisasian dari elemen-elemen visual merupakan bagian terpenting dalam penilaian mewujudkan sebuah karya seni.
Formalisme sebagai suatu teori dalam kritik seni cenderung mengkesampingkan atau mengabaikan faktor ekstraestetik atau faktor-faktor di luar karya seni yang dinilai, seperti faktor nilai-nilai estetika yang berhubungan dengan latar belakang pencipta karya, faktor sosial, budaya, ekonomi, teknologi, pendidikan, dan religi.
Berlawanan dengan penilaian formalisme, penilaian ekspresifisme lebih tertarik dengan memperhatikan faktor perasaan dan emosi seniman dalam menghasilkan karyanya. Hal ini disebabkan dalam pendekatan ekspresifisme, faktor unsur-unsur pribadi dalam diri pencipta karya secara disadari atau tidak disadari akan hadir dalam karya-karya yang dihasilkannya. Pendekatan ekspresifisme lebih tertarik kepada karya seni rupa yang diwujudkan melalui proses pengungkapan perasaan dan gagasan-gagasan yang ada dalam diri seniman. Pendekatan ekspresifisme merupakan kombinasi dari pendekatan faktor intraestetik dan ekstraestetik dalam batas-batas tertentu.
Faktor ekstraestetik, yaitu faktor-faktor di luar bentuk fisik karya seni seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, teknologi, religi, dan pendidikan dari seniman menjadi pertimbangan penilaian karya seni yang dihasilkannya. Faktor ekstra-estetik ini disebut juga dengan penilaian instrumentalisme, karena tidak hanya mengkaji ungkapan perasaan atau emosi pencipta karya seni seperti pendekatan ekspresifisme, tetapi suatu kajian yang berkaitan dengan hal-hal yang melatar belakangi kehidupan seniman. Pendekatan instrumentalisme merupakan teori pendekatan karya seni rupa yang mencoba mengkaji kaitan antara karya seni yang dihasilkan dengan latar belakang penciptanya. Pendekatan ini sering digunakan untuk menilai karya seni rupa kontemporer, karena pendekatan ini mencurahkan perhatiannya kepada tema, narasi dan kontekstual gagasan dari karya seni kontemporer yang dihasilkan. Penilaian instrumentalisme cenderung memandang karya seni rupa sebagai tekstual yang dikaitkan dengan kontektual karya tersebut, dan menyadari bahwa karya seni sebagai bentuk “pengabdian” untuk menjalankan beberapa pesan dan tujuan di luar dirinya.
Berdasarkan beberapa uraian penilaian di atas, tampaknya karya yang disajikan oleh seniman dapat mewakili ekspresi yang bermatra individual, sosial, maupun budaya, dari masing-masing seniman yang bermuatan isi sebagai substansi ekspresi yang merujuk pada berbagai tema, interpretasi, atau pengalaman hidupnya. Karya seni cenderung berbeda dalam corak dan ungkapan, dan mempunyai ciri khas masing-masing yang unik, seperti dalam seni kontemporer relasi pertandaan cenderung menolak acuan penanda pada maknaideologis yang konvensional, dan juga menolak fungsi sebagai referensi dominan dalam pertandaan sebagaimana prisip seni moderen. Seni kontemporer menciptakan satu mata rantai pertandaan yang baru, dan menghanyutkan diri dalam arena permainan bebas penanda-penanda dan petanda-petanda, dan setiap orang dibebaskan untuk menginterpreatsikan serta memaknai karya seni kontemporer secara terbuka sesuai dengan latar belakang sosial budaya dan pengalamannya.
Dalam melaksanakan kritik seni secara verbal maupun tulisan, biasanya terdapat unsur deskripsi karya seni, kemudian analisis formal karya seni, yang dilanjutkan dengan interpretasi, dan terakhir tahap evaluasi atau penilaian akan mutu yang dihasilkan dalam karya seni yang dikritik. Unsur-unsur kritik seni tersebut di atas sistematikanya dapat dilakukan secara berurutan atau secara acak, tergantung tujuan kritik seni itu dilakukan. Pada kritik jurnalistik, karena keterbatasan kolom, maka uraian kritik seni biasanya disesuaikan dengan gaya selera penulisan media massanya.
Kritik seni awalnya merupakan kebutuhan untuk menjelaskan makna seni, dan kemudian beranjak kepada kebutuhan memperoleh kesenangan dari kegiatan berbincangbincang tentang seni, maka pada tahapan akhirnya akan dicoba dan dirumuskan pendapat atau tanggapan yang nantinya dapat difungsikan sebagai standar kriteria atau tolok ukur bagi kegiatan mencipta dan mengapresiasi seni.
1. Deskripsi
Deskripsi dalam kritik seni adalah suatu penggambaran atau pelukisan dengan katakata apa-apa saja yang tersaji dalam karya seni rupa yang ditampilkan. Uraian ini berupa penjelasan dasar tentang hal-hal apa saja yang tampak secara visual, dan diharapkan dalam penjelasan tersebut dapat membangun bayangan atau image bagi pembaca deskripsi tersebut mengenai karya seni yang disajikan. Deskripsi bukan dimaksudkan untuk menggantikan karya itu sendiri, tetapi diharapkan dapat memberi penjelasan mengenai gambaran visual mengenai citra yang ditampilkan secara jelas dan gamblang. Pada tahapan deskripsi ini, penilaian atau keputusan mengenai karya seni dapat ditangguhkan terlebih dahulu, karena kritik harus mendahulukan penjelasan-penjelasan dasar berupa suatu gambaran yang lengkap. Selain itu, uraian deskripsi juga tidak mengindahkan interpretasi atau tafsiran awal sebelum bukti-bukti, dan data-data, serta fakta konsep berkarya berhasil dikumpulkan.
Uraian deskripsi biasanya ditulis sesuai dengan keadaan karya sebagaimana apa adanya, dan juga berusaha menelusuri gagasan, tema, teknis, media, dan cara pengungkapannya. Uraian deskripsi meliputi uraian mengenai hal-hal yang diwujudkan pada karya secara kasat mata mengenai garis, bidang, warna, tekstur dan lain-lain, tanpa mencoba memberikan interpretasi dan penilaian, sehingga uraian deskripsi menjelaskan secara umum apa-apa saja yang terlihat dalam pandangan mata, tanpa harus memancing perbedaan pendapat atau berusaha memperkecil perbedaan penafsiran.2. Analisis Formal
Anilis formal merupakan tahapan berikutnya sebagaimana deskripsi, yaitu mencoba menjelaskan obyek yang dikritik dengan dukungan beberapa data yang tampak secara visual. Proses ini dapat dimulai dengan cara menganalisis obyek secara keseluruhan mengenai kualitas unsur-unsur visual dan kemudian dianalisis bagian demi bagian seperti menjelaskan tata cara pengorganisasian unsur-unsur elementer kesenirupaan seperti kualitas garis, bidang, warna dan tekstur, serta menjelaskan bagaimana komposisi karya secara keseluruhan dengan masalah keseimbangan, irama, pusat perhatian, unsur kontras, dan kesatuan. Analisis formal dapat dimulai dari hal ihwal gagasan hingga kepada bagaimana tatacara proses pewujudan karya beserta urutannya.
Pada saat persoalan komposisi mulai dibicarakan, maka mulai diuraikan perkara tatacara pengukurannya yang disesuaikan dengan rancangan dan kandungan maknanya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam analisis formal adalah semiotika, karena semiotika merupakan ilmu tanda yang dapat menata pencerapan manusia dalam melihat berbagai gagasan, abstraksi, pendirian, pertimbangan, hasrat, kepercayaan, serta pengalaman tertentu dalam bentuk yang dapat dihayati dan dimengerti secara bersama. Perbandinganperbandingan mulai dapat dilakukan sebagai suatu cara untuk mencapai intensitas perubahan pemikiran dalam sebuah proses pengubahan karya. Analisis formal tetap berangkat dari wujud nyata dalam karya dengan langkah kajian yang lebih bersifat menganalisis kualitas tanda, sehingga sampai pada proses ini pernyataan atau ungkapan seniman belum diperlukan sebagai sebuah data, kecuali jika diperlukan catatan-catatan yang berbeda dengan realitas karya yang disajikan. Tahapan ini telah menjelaskan karya secara obyektif mengenai kualitas tanda-tanda yang ada pada karya, dan dimulai telaah ke arah bagaimana menafsirkan bentuk.3. Interpretasi
Intepretasi adalah menafsirkan hal-hal yang terdapat di balik sebuah karya, dan menafsirkan makna, pesan, atau nilai yang dikandungnya. Setiap penafsiran justru dapat mengungkap hal-hal yang berhubungan dengan pernyataan dibalik struktur bentuk, misalnya unsur psikologis pencipta karya, latar belakang sosial budayanya, gagasan, abstraksi, pendirian, pertimbangan, hasrat, kepercayaan, serta pengalaman tertentu senimannya. Penafsiran merupakan salah satu cara untuk menjernihkan pesan, makna, dan nilai yang dikandung dalam sebuah karya, dengan cara mengungkapkan setiap detail proses intepretasi dengan bahasa yang tepat. Guna menjelaskan secara tepat, maka seseorang yang melakukan penafsiran harus berbekal pengetahuan tentang proses pengubahan karya. (lihat Feldman, 1967 : 479)
Sebuah karya seni membutuhkan penafsiran yang tepat jika dimaksudkan untuk membuat suatu penilaian yang kritis. Pada umumnya penguraian berdasarkan metode yang ilmiah tentang struktur bentuk karya, dan hubungan setiap elemen unsur rupa sangat bermanfaat untuk melandasi interpretasi. Bentuk penilaian pada karya seni rupa merupakan gabungan antara pribadi seniman dengan gagasan atau ide yang dijadikan konsep dalam berkarya, adanya permasalahan yang akan dikemukakan oleh seniman serta seberapa jauh masalah tersebut dapat diselesaikan, tema yang akan digarap dan bagaimana penggarapannya, materi yang dipilih untuk mewujudkan karya, teknik yang digunakan, serta pengalaman dan latar belakang seniman, kesemuanya saling terkait dan berhubungan untuk menunjang sebuah interpretasi yang tepat.
4. Penilaian
Sebuah penilaian berdasarkan atas deskripsi, analisis formal, dan intepretasi sebuah karya seni dengan data-data visual maupun penjelasan-penjelasan tambahan dari seniman. Penilaian dalam kritik seni, bukanlah seperti penilaian akhir anak sekolah seusai tes hasil belajar dengan skor angka puluhan dengan nilai 100 untuk hasil yang sempurna tanpa kesalahan, rentang angka 85 – 95 untuk kategori dianggap baik, rentang angka 70 – 84 dianggap cukup, dan 55 – 69 dikategorikan kurang, sedangkan skor 54 kebawah dianggap tidak berhasil atau tidak lulus tes. Penilaian kritik seni juga bukan dengan huruf A untuk hasil yang
sangat baik, B untuk hasil yang baik, C untuk hasil yang cukup, D untuk hasil yang kurang, dan E untuk yang tidak lulus.
Dalam kritik seni ukuran penilaiannya bisa secara generalisasi atau non generalisasi yang menganggap bahwa karya seni itu adalah sesuatu yang unik dan tidak bisa digeneralisasikan begitu saja. Kelompok pertama disebut sebagai kelompok analisa menganggap bahwa dalam menilai sebuah karya seni rupa adalah berdasarkan analisa unsurunsur dalam karya seni rupa tersebut secara terpisah-pisah, misalnya yang dinilai adalah komposisi, proporsi, perspektif, garis, warna, anatomi, gelap terang, dan sebagainya. Masingmasing nilai dijumlahkan kemudian dibagi banyaknya unsur yang dinilai. Kelompok kedua disebut sebagai kelompok non generalisasi cenderung menilai karya seni tidak bagian demi bagian secara terpisah, tetapi menganggap karya seni sebagai satu kesatuan yang tidak mungkin dianalisa atas unsur demi unsur dan menilai terpisah, tanpa kehilangan makna dan nilai sebagai karya seni rupa yang utuh dan bulat.
Pada sisi yang lain, ada anggapan penilaian dalam karya seni dapat dilihat dari tingkat keberhasilan karya tersebut dalam menyampaikan pesan sesuai keinginan seniman penciptanya. Tahap evaluasi atau penilaian ini pada dasarnya merupakan proses menetapkan derajat karya seni rupa bila dibandingkan dengan karya seni rupa lainnya yang sejenis. Tingkat penilaiannya ditetapkan berdasarkan nilai estetiknya secara relatif dan kontekstual. Dalam menilai sebuah karya seni rupa sedapat mungkin mengkaitkan karya yang ditelaah dengan sebanyak mungkin karya seni rupa yang sejenis dengan maksud mencari ciri-ciri khususnya, kemudian menetapkan tujuan atau fungsi karya yang sedang ditelaah, menetapkan sampai seberapa jauh karya yang sedang ditelaah tersebut berbeda dari yang telah ada sebelumnya dan mencari karakteristiknya, dan terakhir menelaah karya yang dimaksud dari segi kebutuhan khusus dan sudut pandang tertentu yang melatarbelakanginya
Rumus 5W 1H identik dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Biasanya, pelajar akan ditugaskan untuk menelisik cerita atau berita menggunakan rumus 5W 1H. Sebab, cerita dan berita yang baik akan memuat unsur yang lengkap agar mudah dipahami dan informatif.
Rumus 5W 1H diperkenalkan pertama kali oleh seorang penulis dan penyair bernama Rudyard Kipling. Pada perkembangannya, 5W 1H banyak digunakan dalam dunia sastra, jurnalistik, penelitian ilmiah, dan aktivtas lain-lain.Ini karena sifatnya yang sederhana, serbaguna, dan dapat memperoleh informasi secara menyeluruh. Oleh sebab itu, rumus 5W 1H perlu dipahami oleh banyak orang, tidak hanya mereka yang bergelut di dunia sastra.Nah, berikut kami ulas pengertian 5W 1H beserta penjelasan tiap unsurnya:Pengertian 5W 1H
5W 1H merupakan panduan yang memuat pertanyaan, berguna sebagai dasar pengumpulan informasi atau pemecahan masalah. Oleh sebab itu, suatu informasi dianggap baik dan lengkap jika mampu menjawab unsur 5W 1H tersebut.Istilah ini diambil dari singkatan kata tanya dalam bahasa Inggris, yakni what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana). Untuk memudahkan penghafalan dalam bahasa Indonesia, 5W 1H dikenal dengan singkatan Adiksimba yang merupakan kependekan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.Penjelasan Lengkap Unsur 5W1H
What (apa)Unsur what (apa) merupakan unsur pertama yang wajib ada dalam sebuah penulisan atau penelitian. Sebab, what digunakan untuk menanyakan kejadian/inti cerita yang ingin disampaikan. Unsur what akan mengantarkan penulis untuk mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya terkait peristiwa yang sedang terjadi.Who (Siapa)Sumber : https://kumparan.com/berita-hari-ini/apa-pengertian-dari-5w-1h-simak-penjelasan-berikut-1trlKENy7GI/fullUnsur who (siapa) merupakan pertanyaan yang menjurus kepada pelaku yang terlibat dalam peristiwa yang diulas. Who di sini tidak hanya merujuk pada pelaku utama dalam cerita, tetapi juga orang-orang lain yang turut mendukung cerita tersebut bisa terbentuk.When (Kapan)Unsur when (kapan) merujuk pada keterangan waktu dari masalah atau peristiwa yang terjadi. Dengan adanya keterangan waktu, informasi lebih jelas dan akurat, sehingga kebenarannya juga dapat dibuktikan.Where (Di Mana)Unsur where (di mana) menjelaskan tentang tempat suatu peristiwa terjadi. Dengan adanya unsur where, pembaca dapat memahami alur cerita secara lebih baik. Unsur ini juga bisa memberikan bukti fisik terkait terjadinya suatu peristiwa.Why (Mengapa)Unsur why (mengapa) menitikberatkan pada alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa atau masalah yang diulas. Dengan adanya unsur why, orang akan lebih mudah memahami situasi atau kondisi atas peristiwa yang terjadi.How (Bagaimana)Unsur how (bagaimana) menitik beratkan pada penjelasan dan deskripsi tentang suatu peristiwa. Jawaban atas pertanyaan unsur how dapat mendukung pernyataan unsur why.1. Buatlah otokritik terhadap karya desain visual yang telah dibuat sebelumnya dengan deskripsi, analisis formal, intepretasi dan penilaian !
2. Buatlah tulisan terkait karya seni / desain atau pameran seni rupa / desain dengan menggunakan rumus 5W + 1H !
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Buatlah proposal penciptaan seni dengan tema :
A. Go Green
B. Covid-19
(pilih salah satu)
Sistematika dan ketentuan proposal sebagai berikut :
1. Ringkasan proposal penciptaan tidak lebih dari 500 kata yang berisi latar belakang penciptaan, tujuan dan tahapan metode penciptaan, luaran yang ditargetkan
2. Pendahuluan tidak lebih dari 500 kata yang berisi latar belakang dan permasalahan yang akan diciptakan, tujuan khusus, dan urgensi penciptaan. Pada bagian ini perlu dijelaskan uraian tentang spesifikasi khusus terkait dengan disiplin dan minat kepada seni rupa dan desain.
3. Literature review dan literature visual tidak lebih dari 1000 kata dan 5 gambar dengan mengemukakan state of the art dan peta jalan (road map) dalam bidang yang diciptakan. Bagan dan road map dibuat dalam bentuk JPG/PNG yang kemudian disisipkan dalam isian ini. Sumber pustaka/referensi primer yang relevan dengan mengutamakan hasil penelitian/penciptaan pada jurnal ilmiah dan/atau paten yang terkini.
4. Metode atau cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan ditulis tidak melebihi 600 kata. Bagian ini dilengkapi dengan diagram alir penciptaan yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dikerjakan selama waktu yang diusulkan. Format diagram alir dapat berupa file JPG/PNG. Bagan penciptaan harus dibuat secara utuh dengan penahapan yang jelas, mulai dari awal bagaimana proses dan luarannya, dan indikator capaian yang ditargetkan.
5. Referensi diusahakan 10 tahun terakhir dan yang terkait dengan usulan penciptaan