Topic outline

  • PENDAHULUAN

    Dosen Pengasuh & tutor


    lies nurhaini

    Lies Nurhaini,S.Pd.,M.Si

    liesnurhaini@staff.uns.ac.id


    IDENTITAS MATA KULIAH

    Nama MK            : Perkembangan Peserta Didik

    Kode MK              : KK1415202

    Beban SKS           : 2 sks

    Jenjang               : Sarjana

    PT                         : Universitas Sebelas Maret


    Deskripsi Mata Kuliah 

    Mata kuliah PPD ini mempelajari konsep perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan peserta didik, teori perkembangan, prinsip-prinsip perkembangan manusia, serta mempelajari tugas dan perkembangan fisik, intelektual, emosi, sosial dan moral dengan implikasinya pada pendidikan di setiap periodisasi perkembangan manusia dari pranatal sampai lanjut usia.


    Capaian Pembelajaran

    Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan, potensi dan karakteristik perkembangan peserta didik, kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik usia remaja, pemanfaatan lingkungan peserta didik, konsep gaya belajar dan tipe kecerdasan, serta sikap, perilaku, dan penyesuaian diri peserta didik.


    Pengalaman Belajar     

    Mahasiswa dibimbing untuk memahami dan mengimplementasikannya dalam pendidikan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan, potensi dan karakteristik perkembangan peserta didik, kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik usia remaja, pemanfaatan lingkungan peserta didik, konsep gaya belajar dan tipe kecerdasan, serta sikap, perilaku, dan penyesuaian diri peserta didik.

    Cara Belajar                   : Student Centered Learning / Collaborative Learning / Blended Learning

    Referensi                         :

    1.  Amstrong, Thomas. 2009. Multiple Intelligences. Mc-Graw Hill.

    2.  Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

    3.  Gardner, Howard. 1999. Reframed Multiple Intelligences for the 21st Century. Basic Books.

    4.  Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Gunung Mulia.

    5.  Hurlock, E.B. 1972. Child Development Fifth Edition. Mc-Graw Hill

    6.  Kartono, Kartini. 2009. Patologi Sosial. Raja Grafindo Persada.

    7.  Priyatna, Andri. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak. Elex Media Computindo.

    8.  Sarwono, W. Sarlito. 2010. Psikologi Remaja. Raja Grafindo.

    9.  Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya



  • Pertemuan 1-3

    Kemampuan Akhir :
    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pertumbuhan dan perkembangan serta dapat menguraikan manfaat mempelajari pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

    Materi pokok :

    1.  Peserta didik dan dimensinya

    2.  Pengertian, hukum, azas, prinsip, teori dan periodisasi pertumbuhan dan perkembangan

    3. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik


    Pengalaman Belajar :
    Mahasiswa membuat peta konsep dan RMK
  • Pertemuan 4

    Kemampuan Akhir

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan potensi peserta didik


    Materi Pokok

    1. Perbedaan individual peserta didik
    2. Bakat dan minat peserta didik


    Pengalaman Belajar

    Mahasiswa membuat peta konsep dan RMK


  • Pertemuan 5

    Kemampuan Akhir

    Mahasiswa mampu mendiskripsikan karakter peserta didik dan pembelajarannya


    Materi Pokok

    1. Karakter fisiologis, psikologis, dan sosial

    2. Pembelajaran yang mengacu pada karakter peserta didik


    Pengalaman Belajar

    Membuat peta konsep dan RMK

  • Pertemuan 6-7

    Kemampuan Akhir
    Mahasiswa mampu mendeskripsikan kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik usia remaja

    Materi Pokok
    1. Kebutuhan peserta didik usia remaja
    2. tugas-tugas perkembangan peserta didik

    Pengalaman Belajar
    Membuat peta konsep dan RMK
  • Pertemuan 9-10

  • Pertemuan 11-12

  • Pertemuan 13-14

  • Pertemuan 15