PENDAHULUAN
Dosen Pengasuh & tutor
Lies Nurhaini,S.Pd.,M.Si
liesnurhaini@staff.uns.ac.id
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama MK : Perkembangan Peserta Didik
Kode MK : KK1415202
Beban SKS : 2 sks
Jenjang : Sarjana
PT : Universitas Sebelas Maret
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah PPD ini mempelajari konsep
perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan peserta didik,
teori perkembangan, prinsip-prinsip perkembangan manusia, serta mempelajari tugas dan perkembangan fisik, intelektual,
emosi, sosial dan moral dengan implikasinya pada pendidikan di setiap
periodisasi perkembangan manusia dari pranatal sampai lanjut usia.
Capaian Pembelajaran
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan, potensi dan karakteristik perkembangan peserta didik, kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik usia remaja, pemanfaatan lingkungan peserta didik, konsep gaya belajar dan tipe kecerdasan, serta sikap, perilaku, dan penyesuaian diri peserta didik.Pengalaman Belajar
Mahasiswa dibimbing untuk memahami dan mengimplementasikannya dalam pendidikan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan, potensi dan karakteristik perkembangan peserta didik, kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik usia remaja, pemanfaatan lingkungan peserta didik, konsep gaya belajar dan tipe kecerdasan, serta sikap, perilaku, dan penyesuaian diri peserta didik.
Cara Belajar : Student Centered Learning / Collaborative Learning / Blended Learning
Referensi :
1. Amstrong, Thomas. 2009. Multiple Intelligences. Mc-Graw Hill.
2. Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.
3. Gardner, Howard. 1999. Reframed Multiple Intelligences for the 21st Century. Basic Books.
4. Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Gunung Mulia.
5. Hurlock, E.B. 1972. Child Development Fifth Edition. Mc-Graw Hill
6. Kartono, Kartini. 2009. Patologi Sosial. Raja Grafindo Persada.
7. Priyatna, Andri. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak. Elex Media Computindo.
8. Sarwono, W. Sarlito. 2010. Psikologi Remaja. Raja Grafindo.
9. Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya
- Elizabeth B. Hurlock merumuskan tahap perkembangan manusia secara lebih lengkap sebagai berikut:1. Masa Pranatal, saat terjadinya konsepsi sampai lahir.2. Masa Neonatus, saat kelahiran sampai akhir minggu kedua.3. Masa Bayi, akhir minggu kedua sampai akhir tahun kedua.4. Masa Kanak- Kanak awal, umur 2 - 6 tahun.5. Masa Kanak- Kanak akhir, umur 6 - 10 atau 11 tahun.6. Masa Pubertas (pra adolesence), umur 11 - 13 tahun7. Masa Remaja Awal, umur 13 - 17 tahun. Masa remaja akhir 17 - 21 tahun.8. Masa Dewasa Awal, umur 21 - 40 tahun.9. Masa Setengah Baya, umur 40–60 tahun.10. Masa Tua, umur 60 tahun keatas.Elizabeth B. Hurlock juga merumuskan beberapa kontribusi keluarga pada perkembangan anak :1. Perasaan aman karena menjadi anggota kelompok yang stabil.2. Orang-orang yang dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis.3. Sumber kasih sayang dan penerimaan yang tidak terpengaruh oleh apa yang mereka lakukan.4. Model perilaku yang disetujui guna belajar menjadi sosial.5. Bimbingan dalam perkembangan pola perilaku yang disetujui secara sosial.6. Bimbingan dan bantuan dalam mempelajari kecakapan motorik, verbal dan sosial.7. Perangsang kemampuan untuk mencapai keberhasilan disekolah dan kehidupan sosial.8. Sumber persahabatan sampai mereka cukup besar untuk mendapatkan teman di luar rumah atau bila teman di luar tidak ada
Salah satu buku karangan Elizabeth Hurlock yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah "Child Development", silahkan unduh e-book di bawah ini