Ini adalah mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS PKn SD

Menguasai teknik penulisan karya ilmiah internasional

Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan keempat keterampilan berbahasa Indonesia beserta strategi dan jenis-jenis keterampilannya termasuk juga meningkatkan apresiasi sastra baik secara reseptif maupun produktif.

Mahasiswa diajarkan berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik pengolahan dan interpretasi data.

Mata kuliah ini membahas tentang hakekat matematika, teori belajar matematika SD, model-model pembelajaran matematika SD, teori pengembangan pembelajaranmatematika SD, model, media dan penilaian pembelajaran matematika SD, permasalahan pada topik matematika SD dan pengembangan pembelajaran pada topik-topik matematika SD



IDAM muza

Mata kuliah ini mengembangkan pemahaman, keterampilan dan kemampuan bernalar mahasiswa melalui penjelasan, diskusi, presentasi, observasi, interpretasimakhluk hidup dan tugas-tugas dinataranya membaca, merangkum, dan membuat perencanaan praktikum dari  jenis-jenis mahkluk hidup terpilih.


Mata Kuliah ini diampu oleh Dr. Sarwanto,M.Pd dan Dr. Idam Ragil WA S.Pd.,M.,Si. Mata Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa guna membiasakan mahasiswa untuk mengkaji permasalahan dan miskonsepsi yang terdapat di Pembelajaran IPA SD serta dapat memberikan Inovasi yang solutif untuk permasalahan pembelajaran yang terjadi

Mata kuliah ini mendalami baik secara teori maupun praktek menulis karya artikel ilmiah jurnal
internasional. Sebelum menukik pada isi publikasi ilmiah internasional dibahas terlebih dahulu
publikasi jurnal nasional baik secara konseptual maupun artikel ilmiah berbasis hasil penelitian,
baik yang ISSN maupun terakreditasi

a. Dapat membantu berbagai sumber yang dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan sastra Indonesia SD.

b.  Dapat menjelaskan perkembangan dan pemerolehan bahasa anak.

c.   Dapat menerapkan pembelajaran, metode, dan teknik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

d.  Dapat mengevaluasi pembelajaran membaca, menulis permulaan berbasis pembelajaran tematik.

e.  Dapat membahas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi (baik lisan maupun tulisan) berbasis pembelajaran saintifik.

f.    Dapat merangcang evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

g.  Dapat membantu kesulitan belajar bahasa dan sastra Indonesia.

h. Dapat mendemontrasikan pembelajaran bahasa dan sastra

Mata kuliah ini berisi dasar-dasar PKn

Mata kuliah ini membahas inovasi pembelajaran PKn SD

Mata kuliah ini membahas pengembangan pembelajaran IPS-PKn SD

Materi kuliah ini isinya membahas permasalahan penelitian, teori maupun kosep serta cara meneliti - teknik penelitian yang dilengkapi penyusunan laporan penelitian

Selamat datang dan bergabung dengan mata kuliah Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah Dasar. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkanMahasiswa mampu menerapkan manajemen pendidikan dan kepemimpinan pada Sekolah Dasar.


Pengembangan pembelajaran matematika SD perlu terus dikembangkan agar sesuai dengan tingkatan perkembangan siswa SD, yakni dari konkret menuju abstrak. bahan manipulatif dan media perlu dipergunakan untuk mengembangkan penalaran siswa, sehingga tahapan abstrak atau matematika formal dapat dilaksanakan dengan baik.

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk dapat merancang pembelajaran IPA SD yang inovatif.

Mata kuliah ini mempelajari tentang mioskonsepsi dalam pembelajaran IPA SD

Mata kuliah ini berisi tentang kinematika, dinamika, energi, dan penerapan energi pada berbagai peristiwa alam.

Ujian Tahapan Tesis meliputi Seminar Proposal, Seminar Kemajuan, Seminar Hasil dan Ujian Tesis