Mata kuliah ini mengkaji tentang isu-isu sosial, politik dan budaya di SD, pendidikan multikultural, pendidikan formal dan informal, pemanfaatan ICt, dan isu gender dalam pendidikan serta sistem pendidikan di ASEAN, ASIA PASIFIK, DAN NEGARA-NEGARAOEDC.

Perkembangan pendidikan di suatu negara dipengaruhi oleh banyak faktor. Untuk menjaga percepatan bidang pendidikan, diperlukan kebijakan-kebijakan dari pimpinan. Perlu dilakukan analisis untuk membuat kebijakan, dan perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan tersebut. Mata kuliah ini akan menelaah fenomena pendidikan dasar di Indonesia, permasalahannya, dan kebijakan yang diambil, serta evaluasi terhadap kebijakan tersebut. Selain itu juga akan dilakukan komparasi kebijakan dan kurikulum pendidikan dasar di Indonesia dengan kebijakan dan kurikulum di berbagai negara baik di asia tenggara, australia, eropa dan amerika. 

Mahasiswa diajarkan berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik pengolahan dan interpretasi data.