Mata kuliah ini membahas tentang peranan statistika dalam penelitian; pengelolaan dan analisis data; pengujian hipotesis; pengambilan keputusan dan interpretasinya dalam pemecahan masalah pendidikan.

Mata Kuliah Problematika Pembelajaran Sekolah Dasar memberikan pengalaman mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengeksplorasi, mengidentifikasi, menganalisis, serta mampu memberikan alternatif solusi problematika pembelajaran di Sekolah Dasar

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar bagi mahasiswa prodi S2 PGSD FKIP UNS, membekali mahasiswa mengenai dasar dasar filsafat ilmu dan pemanfaatannya bagi pengembangan keilmuan bidang studi

Pengampu        : Dr. Winarno, M Si

Semester/ SKS    : Ganjil / 1

Mata kuliah tentang Kajian Jurnal, Komponen artikel jurnal, Analisis komponen jurnalMenulis artikel jurnal

MATA KULIAH INI MERUPAKAN BAGIAN KE 2 DARI PERKULIAHAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN SD. ISINYA:

1. PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI

2. PENGEMBANGAN MODEL DAN METODE

3. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

4. PENGEMBANGAN EVALUASI  PROGRAM PEMBELAJARAN

5. PENGEMBANGAN PENELITIAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

6. RPS DAN RPP

Idam tmbudi hartono


Matakuliah Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar, adalah matakuliah wajib di prodi Magister PGSD FKIP UNS. Matakuliah ini disajikan pada semester pertama dengan besaran 3 SKS. Pengampu matakuliah ini adalah: Dr. Budi Usodo, M.Pd (Matematika), Dr. idam Ragil WA,S.Pd, M.Si (IPA), Dr. Hartono, M.Hum (Bahasa), Dr. Tri Murwaningsih, M.Pd (IPS). Melalui matakuliah ini mahasiswa menemukan permasalahan pembelajaran di Sekolah Dasar ditinjau dari delapan standar pendidikan khususnya standar proses, standar penilaian, standar isi, dan standar kompetensi lulusan. Luaran dari matakuliah ini adalah mahasiswa dapat menyusun artikel hasil observasi di sekolah dasar, yang di publis dalam jurnal, prosiding, atau majalah ilmiah baik lokal, nasional atau internasional.


 Hasil gambar untuk dr. hartono fkip

                 


Matakuliah Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar, adalah matakuliah wajib di prodi Magister PGSD FKIP UNS. Matakuliah ini disajikan pada semester pertama dengan besaran 3 SKS. Pengampu matakuliah ini adalah: Dr. Budi Usodo, M.Pd (Matematika), Dr. Sarwanto, M.Si (IPA), Dr. Hartono, M.Hum (Bahasa), Dr. Mintasih Rahayu, M.Pd (IPS). Melalui matakuliah ini mahasiswa menemukan permasalahan pembelajaran di Sekolah Dasar ditinjau dari delapan standar pendidikan khususnya standar proses, standar penilaian, standar isi, dan standar kompetensi lulusan. Luaran dari matakuliah ini adalah mahasiswa dapat menyusun artikel hasil observasi di sekolah dasar, yang di publis dalam jurnal, prosiding, atau majalah ilmiah baik lokal, nasional atau internasional.

Pengembangan pembelajaran tematik perlu ada pemahaman mengapa harus dikembangkan? bagaimana mengembangkan? dan landasan apa saja yang perlu diperhatikan?

Mata kuliah pengembangan kurikulum dan pembelajaran SD ini akan membahas tentang:

1.      Landasan dan Konsep pengembangan kurikulum

2.      Pendekatan dan Model Pengembangan Kurikulum

3.      Struktur Pengembangan kurikulum

4.      Evaluasi kurikulum

5.      Kurikulum Era Industri 4.0 


Mata kuliah ini membahas tentang peranan statistika dalam penelitian; pengelolaan dan analisis data; pengujian hipotesis; pengambilan keputusan dan interpretasinya dalam pemecahan masalah pendidikan