Mata kuliah ini memamparkan mengenai Sejarah Indonesia Baru I. Melalui serangkaian perkuliahan tatap muka, penugasan dan diskusi mahasiswa berpengetahuan luas dan komptehensif, nalar kritis, dan pola pikir yang sistematis mengenai kebijakan politik etis, timbulnya partai politik, pergerakan nasional, pendudukan Jepang hingga proklamasi kemerdekaan

Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program S1 Pendidikan Sejarah FKIP UNS. Mata kuliah ini membekali mahasiswa konsep, prinsip prinsip, sifat, dan karakteristik  metode penelitian tindakan kelas, agar dapat menerapkannya dalam penelitian pembelajaran sejarah, mulai dari: menemukan dan merumuskan masalah, menetapkan alternatif pemecahan, mengkaji teori, menyusun instrumen, mengumpulkan dan mengolah data, melalui tahapan kegiatan dari satu siklus ke siklus berikutnya hingga terjadi peningkatan proses dan hasil belajar sejarah.


mata kuliah Penelitian Kualitatif adalah mata kuliah yang mengajarkan penelitian yang menggunakan teknik - teknik tertentu yang menghasilkan sebuah narasi, keterangan deskripsi suatu keadaan atau perilaku (kegiatan).

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Sejarah menganalisis perumusan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah
Inspiratif, dan Rencana Pembelajaran Sejarah Jarak Jauh Daring. Melalui mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Sejarah mahasiswa mampu menganalisis dan menghasilkan perencanaan pembelajaran sejarah yang benar dan
tepat
 

Evaluasi pembelajaran sejarah merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNS. Mata kuliah ini membekali mahasiswa konsep dan  prinsip prinsip dasar evaluasi agar dapat menerapkannya dalam pembelajaran sejarah, mulai dari: pengukuran, penilaian, membedakan jenis dan bentuk evaluasi, menyusun instrumen, mengadakan uji coba, menguji validitas dan reliabilitas, sampai mengolah haasil evaluasi.

Dalam mata kuliah ini diajarkan tentang bahasa, sastra, dan budaya Jawa. Di samping itu, juga diajarkan membaca aksara Jawa baik cetak maupun tulisan tangan (carik), alih-aksara Jawa cetak  dan carik ke dalam aksara Latin, alih-bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia, serta mendeskripsikan mengenai bahasa Jawa, sastra Jawa, serta budaya Jawa yang terkandung di dalam dokumen sumber sejarah tertulis, baik cetak maupun carik.

 


Mata kuliah ini denan 3 SKS

adapaun deskripsi mata kuliah

1.Teknologi pendidikan, teori belajar dan prinsip-prinsip belajar...pertemua 2,3
2.Pengembangan kurikulum..pertemuan 4,5,6
3.Model dan metode pembelajaran..pertemuan 7,9,10
4.Media pembelajara dan sumber belajar..pertemuan 11,12,13
5.Dasar-dasar komunikasi..pertemuan 14