Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dan implikasi praktis ilmu pendidikan yang meliputi manusia sebagai subyek pendidikan, ruang lingkup pendidikan sebagai sebuah ilmu, dan tataran praktis yang mengkaji implementasi ilmu pendidikan di Indonesia maupun dalam konteks pendidikan abad-21. Individu makhluk sosial, makhluk pribadi dan makhluk Tuhan.

Mata kuliah Konsep Dasar PAUD membahas tentang hakikat PAUD, teori tentang PAUD, layanan PAUD, program-program bagi PAUD, tumbuh kembang anak, Development Appropriate Practice (DAP), hakikat pembelajaran AUD, asesmen bagi pengajaran dan pembelajaran, teknologi dan anak, serta anak, keluarga, dan masyarakat. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan mengenai teori-teori dasar pendidikan anak usia dini serta mampu menemukan pemecahan masalah pada berbagai konsep PAUD yang terjadi di lembaga PAUD.

Mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan mengenai teori-teori dasar pendidikan anak usia dini serta mampu menemukan pemecahan masalah pada berbagai konsep PAUD yang terjadi di lembaga PAUD.

Mata Kuliah ini membahas tentang hakikat manusia dan pengembangannya, unsur-unsur manusia, manusia sebagai makhluk jiwa raga, individu makhluk sosial, makhluk pribadi dan makhluk tuhan. Pengertian pendidikan, upaya belajar agar mampu menghadapi masalah dan perubahan dalam proses belajar sepanjang hayat. Pendidikan sebagai suatu sIstem 

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep, praktik, strategi, pemacahan masalah, dan gagasan implementasi komunikasi pembelajaran dalam berbagai pendekatan, tujuan, maupun konteks pendidikan. 

Pada mata kuliah ini Mahasiswa diajarkantentang (1) hakikat kreatifitas; (2) hakikat seni rupa; (3) perkembangan seni anak usia dini; (4) media seni rupa AUD; (5) Teknik seni rupa untuk AUD, (6) implikasi kegiatan seni rupa AUD dalam pembelajaran

Pendidikan Pancasila merupakan kurikulum wajib nasional yang merupakan kelompok mata kuliah wajib umum (MKWU) yang terdiri atas mata kuliah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk mengkaji Pancasila secara akademik, dan menjadikan Pancasila sebagai perspektif untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah bangsa dan negara, dan diharapkan mahasiswa mampu membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan sejarah, kedudukan dan hakikat sila-sila Pancasila, merespon persoalan aktual bangsa dan negara, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

 

Matakullah lnl mengkaji ekslstensl, sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa lndonesla,  ragam bahasa, katlmat efektif, paragraf, terampit menulis karya ilmlah, dan tatatulls dalam karya ilmlah.


pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep pertumbuhan dan perkembangan, teori-teori perkembangan, perkembangan fisik-motorik, sosial, emosi,kognitif,bahasa,NAM, dan seni anak usia 0-3 tahun, serta optimalisasi tumbuh kembang pada keenam aspek perkembangan anak tersebut.

 


Mata kuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa agar dapat mengaplikasikan konsep-konsep dan teori yang telah dipelajari baik dari ilmu-ilmu yang terkait dengan ilmu pendidikan yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran dan dilengkapi dengan ilmu-ilmu atau konsep pembelajaran di PGPAUD


Matakuilah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang konsep dasar parenting, hakikat tentang pola asuh, pengasuhan positif, co-parenting, spiritual parenting, parenting lintas budaya (dalam dan luar negeri), parenting untuk anak generasi alpha dan parenting di masa pandemic. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, meliputi: webmeeting, diskusi, dan praktik menyusun program parenting di abad-21.


Matakuilah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang konsep dasar parenting, hakikat tentang pola asuh, pengasuhan positif, co-parenting, spiritual parenting, parenting lintas budaya (dalam dan luar negeri), parenting untuk anak generasi alpha dan parenting di masa pandemic. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, meliputi: webmeeting, diskusi, dan praktik menyusun program parenting di abad-21.


Menguraikan jenis-jenis penelitian dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini serta langkah-langkah sitematis dalam melaksanakan penelitian, dimulai dari menemukan masalah, melakukan studi pendahuluan, menentukan batasan dan rumusan masalah, menyusun kajian teori, mengemukakan hipotesis, menetukan jenis pendekatan, mengumpulkan data, melakukan analisis data, sampai dengan menyusun laporan penelitian.

 


Menguraikan jenis-jenis penelitian dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini serta langkah-langkah sitematis dalam melaksanakan penelitian, dimulai dari menemukan masalah, melakukan studi pendahuluan, menentukan batasan dan rumusan masalah, menyusun kajian teori, mengemukakan hipotesis, menetukan jenis pendekatan, mengumpulkan data, melakukan analisis data, sampai dengan menyusun laporan penelitian.

 


Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan konsep dasar seni rupa, mengeksplorasi kemungkinan karya seni rupa yang dapat membantu perkembangan anak usia dini, serta perancangan kegiatan belajar di pendidikan anak usia dini.

hukum gender perlindungan anak

Mata kuliah hukum, gender dan perlindungan anak merupakan matakuliah yang mengkaji studi gender dan penanaman konsep gender pada anak usia dini. Selain itu mata kuliah ini juga menyampaikan lingkup materi perlindungan anak dilihat dari berbagai sudut pandang beserta aspek hukumnya.


perlindungan anak

Mata kuliah hukum, gender dan perlindungan anak merupakan matakuliah yang mengkaji studi gender dan penanaman konsep gender pada anak usia dini. Selain itu mata kuliah ini juga menyampaikan lingkup materi perlindungan anak dilihat dari berbagai sudut pandang beserta aspek hukumnya.


pertumbuhan dan perkembangan anak usia diniMata kuliah ini membahas mengenai konsep pertumbuhan dan perkembangan, teori-teori perkembangan, perkembangan fisik-motorik, sosial, emosi,kognitif,bahasa,NAM, dan seni anak usia 0-3 tahun, serta optimalisasi tumbuh kembang pada keenam aspek perkembangan anak tersebut.

 


Mata Kuliah ini membahas tentang hakikat manusia dan pengembangannya, unsur-unsur manusia, manusia sebagai makhluk jiwa raga, individu makhluk sosial, makhluk pribadi dan makhluk tuhan. Pengertian pendidikan, upaya belajar agar mampu menghadapi masalah dan perubahan dalam proses belajar sepanjang hayat. Pendidikan sebagai suatu system

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep pertumbuhan dan perkembangan, teori-teori perkembangan, perkembangan fisik-motorik, sosial, emosi,kognitif,bahasa,NAM, dan seni anak usia 0-3 tahun, serta optimalisasi tumbuh kembang pada keenam aspek perkembangan anak tersebut.


Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Kelas IA

Mata Kuliah Ilmu Pendidikan membahas tentang hakikat manusia dan pengembangannya, unsur- unsur manusia, manusia sebagai makhluk jiwa raga, individu makhluk sosial, makhluk pribadi dan makhluk tuhan. Pengertian pendidikan, upaya belajar agar mampu menghadapi masalah dan perubahan dalam proses belajar sepanjang hayat. Pendidikan sebagai suatu system


Seni tari anak usia dini merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada calon pendidik anak usia dini agar ketika lulus nanti para calon pendidik anak usia dini bisa menciptakan dan mengimplementasikan seni tari di dalam kegiata di PAUD yang sesuai perkembangan dan karakteristik anak usia dini