SELAMAT DATANG DI MICRO-TEACHING

Mahasiswa dan dosen akan mengkaji dan mengembangkan praktek mengajar berdasarkan integrasi 3 paradigma pendidikan, Pedagogy ke Andragogy ke Heutagogy. 

Sesuai dengan tuntutan kualitas layanan pembelajaran di era 4.0 mahasiswa akan mengatakan dengan bangga bahwa 'kami telah membuat perangkat pembelajaran daring dan luring secara komplementary yang bisa meningkatkan penampilan pembelajaran di kelas daring, menarik siswa belajar, dan membuka kesamaan mutu akses menjadi guru efektif dan efisien.

Dengan coaching dan mentoring, praktek mengajar menjadi wahana unjuk kinerja guru millenials ful;y supported by RPS, MEDIA BELAJAR, Video pembelajaran, LKPD, Assesment instrument berbasis ICT. 

Selamat berkreasi pembelajaran modern.


Al Fakir Abdul Rahman

Mahasiswa akan menggunakan teori dan praktek bagus serta lessons learnt dari sekolah vokasi, politeknik, dan program Diploma untuk membangun contingency career dan ketrampilan hidup.

Dengan penggunaan  pedagogy, andragogy dan heutagogy, mata kuliah ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, sikap dan pengalaman mengevaluasi, mengases, mengukur pembelajaran. 

Mata kuliah ini juga memiliki pendekatan multi-disiplin yang dinamis dalam statistik dan metodologi penelitian pendidikan dan sosial.

 Mahasiswa akan menganalisa variasi instrumen penilaian, menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan ketrampilan.  

Software SPSS dan Excel akan digunakan untuk pengolahan dan analisa data hasil asesmen. Mata kuliah ini memfokuskan aplikasi asesmen ramah siswa dan guru setiap jenjang dan jenis sekolah. 

Dengan Self-Determined learning, mahasiswa akan mengalami langsung dalam menggunakan video dan artikel ilmiah dalam membaca, menelaah, dan mengadopsi  karya ilmiah disertai data statistic, primer maupun sekunder, dari sumber data yang berbeda-beda.

Dibantu dengan LMS, presentasi, mentoring dan coaching, mahasiswa adapt akses materi, perangkat pembelaran secara fleksibel waktu, tempat dan topik untuk dipelajari mandiri.

Perencanaan pembelajaran berisi materi mengenai apa dan bagaimana mempersiapkan perangkat pembelajaran seorang guru sebelum mereka masuk ke dalam kelas. Salah satunya adalah RPP.

PTK

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Penelitian Tindakan Kelas meliputi kemampuan mengenai konsep dasar penelitian tindakan, karakteristik penelitian tindakan, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan, analisis dalam penelitian tindakan kelas, format usulan penelitian tindakan kelas, contoh implementasi penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran.


Kuliah ini berisi metodologi penelitian sosial budaya yang terkait dengan pemetaan sosial, metode dan teknik pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, analisis dan intrepetasi data dengan menggunakan pendekatan Sosiologi dan Antropologi


Yuhastina, Ph.D

Mata kuliah Etnografi bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang  bagaimana melakukan kajian secara kualitatif yang bertujuan untuk menyediakan gambaran yang teliti (detail), gambaran yang mendalam (in-depth description) tentang tindakan sehari-hari dalam kehidupan masyarakat. Seorang etnografer mendapatkan pemahaman tentang kebudayaan melalui representasi yang disebut dengan cara pandang “emic” atau cara pandang dari pelaku budaya (insider’s point of view). Penekanan dari representasi tersebut memperbolehkan kita untuk membuat kategori kritis dan makna yang muncul dari pertemuan etnografis daripada menerapkan model yang ada dari luar masyarakat dan kebudayaannya. Kuliah ini merupakan mata kulah wajib di tingkat universitas untuk memberi bekal pengetahuan bagi mahasiswa mengenai etnografi sebagai sebuah metode. Kegiatan pembelajaran mengikuti strategi blended learning system, meliputi, tatap muka melalui ceramah, diskusi aktif, menonton film etnografi, penugasan kelompok dan seminar, tinjauan kritis pustaka, serta pembelajaran berbasis masalah. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur, hasil belajar mandiri, dan partisipasi aktif dalam kelas

Mata kuliah menejemen pendidikan membahas mengenai ruang lingkup menajemen pendidikan  yang  dibagi menjadi sub-sub bahasan yang terdiri dari  pengertian,sejarah,  Konsep Dasar, falsafah, teori, prinsip prinsip, perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawan dalam dunia pendidikan

Media dan Budaya Populer


Mata kuliah ini membahas tentang budaya yang dikitkan dengan media. Membahas tentang budaya populer, teori-teori tentang media dan juga reproduksi budaya.