Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum penciri nasional yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Mata kuliah ini mengkaji tentang Pancasila dalam kajian historis, sebagai dasar negara, ideologi nasional, sistem filsafat, sistem etika dan dasar pengembangan ilmu. Pembelajaran dilakukan melalui kuliah, penelusuran sumber, diskusi, presentasi dan penugasan.


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum penciri nasional yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Mata kuliah ini mengkaji tentang Pancasila dalam kajian historis, sebagai dasar negara, ideologi nasional, sistem filsafat, sistem etika dan dasar pengembangan ilmu. Pembelajaran dilakukan melalui kuliah, penelusuran sumber, diskusi, presentasi dan penugasan.


Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa baik secara individu maupun berkelompok dengan kemampuan dasar statistik dalam bidang pendidikan dan bimbingan dan konseling. Tengah semester pertama difokuskan pada statistik despriptif, sedangkan tengah semester kedua difokuskan pada statistik inferensial. Kecuali buku sumber yang disebutkan, mahasiswa dapat menggunakan buku-buku lain yang relevan.

Pendidikan Kewarganegaraan Prodi BK FKI kelas A&B 

Pada mata kuliah ini  mahasiswa belajar tentang sistem BK komprehensif, elemen-elemen BK Komprehensif, prosedur pengembangan rencana, desain, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan dan tindak lanjut kompetensi bidang akademik.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pengenalan terhadap mahasiswa terkait konseling dan seluruh komponen pelaksanaan konseling. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal layanan konseling sebagai salah satu bagian dari Bimbingan dan Konseling komprehensif, memahami dan menjelaskan landasan sosial, historis, legal, dan etis dalam pelayanan konseling, menguasai fungsi dan peran teori dalam praktik konseling, mengenal hubungan konseling, proses konseling, peran konselor, dan peran konseli, menganalisis isu-isu kritis dalam penyelenggaraann layanan konseling, dan menelaah praktikum konseling melalui proses observasi dan pengamatan video konseling. 

Mahasiswa mampu memahami layanan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus serta bersikap inklusif bertindak objektif dan tidak diskriminatif terhadap peserta didik.

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang sistem BK komprehensif, konsep, lingkup, prinsip, prosedur pengembangan rencana, desain, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan dan tindak lanjut program layanan bidang akademik siswa.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Mampu mengembangkan bagaimana menyusun: rencana, desain, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan dan tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling akademik bagi siswa

Pada mata kuliah ini  mahasiswa belajar tentang sistem BK komprehensif, elemen-elemen BK Komprehensif, prosedur pengembangan rencana, desain, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan dan tindak lanjut kompetensi bidang akademik

Mata kuliah perkembangan peserta didik merupakan matakuliah yang mempelajari perkembangan peserta didik, membimbing serta mengoptimalkan perkembangannya.


Menganalisis konsep atau teori-teori kesehatan mental untuk memperkuat dirinya sebagai calon konselor pendidikan

Mahasiswa mendiskusikan, mempresentasikan, mengerjakan tugas tentang tren dalam pendidikan khusus, konsep ABK dan identifikasinya, pendidikan ABK, serta konsep pendidikan inklusif dan melakukan survey ke SLB dan Sekolah Inklusif.

Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pengumpulan data mentah yang dilakukan dalam lingkup bimbingan dan konseling, jenis-jenis data yang dikumpulkan, berbagai bentuk Variabel data, bagaiamana melakukan penyederhanaan data; membuat tabel distribusi frekuensi; menyajikan data dalam bentuk tabel dan grafik distribusi freukensi, dan melakukan pengambilan kesimpulan berdasarkan data secara bertanggung jawab.

Mahasiswa belajar mengenai konsep, karakter/factor dan indicator aspek perkembangan pribadi/sosial, kompetensi perkembangan pribadi/sosial dan merancang program kegiatan kurikulum bimbingan pengembangan pribadi/sosial.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pengenalan terhadap mahasiswa terkait konseling dan seluruh komponen pelaksanaan konseling. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal layanan konseling sebagai salah satu bagian dari Bimbingan dan Konseling komprehensif, memahami dan menjelaskan landasan sosial, historis, legal, dan etis dalam pelayanan konseling, menguasai fungsi dan peran teori dalam praktik konseling, mengenal hubungan konseling, proses konseling, peran konselor, dan peran konseli, menganalisis isu-isu kritis dalam penyelenggaraann layanan konseling, dan menelaah praktikum konseling melalui proses observasi dan pengamatan video konseling.  

Pada mata kuliah ini Mahasiswa diajarkan tentang program bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari program pendidikan di sekolah. Serta mahasiswa diajarkan tentang konsep profesi kependidikan, pengertian dan syarat profesi keguruan, pengertian kode etik keguruan, kompetensi yang harus dimiliki oleh profesi guru, pengembangan profesionalisme guru, serta organisasi profesi guru.

Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang konsep-konsep dan teori-teori kepribadian dari berbagai perspektif pendekatan dan dapat menggunakannya sebagai suatu kerangka kerja untuk memahami perilaku individu/manusia.