Mata kuliah membekali mahasiswa mampu menyusun kegiatan kepelatihan dalam lingkup bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan perseperatif berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan komprehensif serta hasil analisis kebutuhan sasaran layanan serta melaksanakan evaluasi program, proses, dan hasil penyelenggaraan layanan serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, serta multimedia.

Mata Kuliah ini membekali mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam memahami dan menguasai capaian pembelajaran , terampil melakukan diagnosa masalah bimbingan dan konseling akademik, terampil memberikan berbagai strategi layanan bimbingan dan konseling akademik, dan terampil melakukan evaluasi dan tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling akademik.

Pada mata kuliah ini dibahas tentang simulasi dan praktik tentang penerapan multimedia dalam strategi layanan bimbingan dan konseling yaitu: mendesain profil atau deskripsi diri pada akun media sosial, website, aplikasi dan youtube channel; mendesain konten pengenalan layanan BK daring pada platform tertentu; mendesain kelas daring di edmodo dan google classroom; mendesain assesmen dan evaluasi menggunakan g-form, quizizz, qr code dan mentimeter; mendesain media presentasi yang menarik menggunakan software Microsoft power point, canva, prezi online, powtoon; mendesain layanan bimbingan dan konseling berbasis teleconference, mendesain layanan konseling individual dan kelompok daring; memproduksi video layanan bimbingan klasikal/ kelompok dan konseling individual/ kelompok serta mampu menyusun laporan kegiatan dalam bentuk portofolio daring