Pada mata kuliah ini dibahas tentang simulasi dan praktik tentang penerapan teknologi dan multimedia dalam
strategi layanan bimbingan dan konseling yaitu: mendesain profil atau deskripsi diri pada akun media sosial,
website, aplikasi dan youtube channel; mendesain konten pengenalan layanan BK daring pada platform tertentu;
mendesain kelas daring di edmodo dan google classroom; mendesain assesmen dan evaluasi menggunakan gform, quizizz, qr code dan mentimeter; mendesain media presentasi yang menarik menggunakan software
Microsoft power point, genial.ly, canva, prezi online, powtoon; mendesain layanan bimbingan dan konseling berbasis
teleconference, mendesain layanan konseling individual dan kelompok daring; memproduksi video layanan
bimbingan klasikal/ kelompok dan konseling individual/ kelompok serta mampu menyusun laporan kegiatan dalam
bentuk portofolio.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/755566/course/overviewfiles/Profil%20TBK.png)
- Course creator: Agus Tri Susilo
Mata kuliah ini membekali mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dasar bimbingan kelompok, mendeskrispsikan proses pembentukan kelompok dalam kegiatan bimbingan kelompok, menganalisis kemampuan pemimpin kelompok, menjelaskan tahapan bimbingan kelompok, mendeskripsikan teknik- teknik serta prinsip-prinsip penentuan teknik dalam bimbingan kelompok, menyusun perencanaan layanan bimbingan kelompok serta dapat mengaplikasikan teknik bimbingan kelompok untuk bidang bimbingan akademik, pribadi /sosial dan karier.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/629683/course/overviewfiles/bimbingan-kelompok-teknik-diskusi-5ad171eedcad5b6804390212.jpg)
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
Matakuliah Praktikum Konseling Modern merupakan matakuliah lanjutan dari Teori Konseling Modern yang mempelajari aplikasi teori konseling ke dalam praktikum. Untuk memudahkan pemahaman mahasiswa, teori konseling modern yang dipraktikkan sejumlah 3 teori, yaitu: 1) Client Centered Therapy, 2) Konseling Trait and Factor, dan 3) Konseling Rational Emotive Behavior Therapy. Matakuliah ini memungkinkan mahasiswa untuk melakukan eksplorasi sebanyak mungkin dalam mempraktikkan konseling, baik dengan konseli rekaan maupun konseli riil. Sepanjang proses perkuliahan, mahasiswa akan dilatih untuk mempersiapkan perangkat pelayanan konseling (persiapan-penilaian), simulasi praktikum konseling dengan rekan sejawat, refleksi diri, observasi partisipatif, dan melakukan praktikum dengan konseli asli di akhir perkuliahan. Penilaian dilakukan secara bertahap, hampir pada setiap pertemuan. Luaran matakuliah ini adalah mahasiswa mampu melaksanakan praktik konseling modern terbimbing dan menyusun tugas proyek berupa channel video youtube untuk proyek akhir praktikum konseling modern dengan pendekatan yang telah ditentukan.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/605352/course/overviewfiles/teori%20konsmo.png)
- Course creator: Prof. Dr. Asrowi, M.Pd
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang akan membahas tentang praktikum / implementasi teori pemahaman individu Teknik non tes. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, jujur, kerja keras, pantang menyerah, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu : mengadministrasikan pengumpulan data non testing, menganalisis instrumen non testing, menyusun dan mengembangkan instrumen non testing.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/329607/course/overviewfiles/SPADA%20PINT.jpg)
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada salah satu bentuk layanan responsif dalam bimbingan dan konseling yang sangat diminati oleh peserta didik, yaitu teori konseling kelompok.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/328940/course/overviewfiles/TEORI%20PEMAHAMAN%20INDIVIDU%20%281%29.jpg)
- Course creator: Ulya Makhmudah
Mengkaji problematika bimbingan dan konseling di SMK. Kajian problematika ditinjau dari elemen program bimbingan dan konseling komprehensif. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : strategi menemukan problematika bimbingan dan konseling di SMK; menganalisis problematika peserta didik ditinjau dari kompetensi akademik, pribadi / sosial dan karier; menganalisis problematika tahapan bimbingan dan konseling di SMK yaitu perencanaan, perancangan, pelaksanaan serta evaluasi dan pengembangan. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, kerja keras, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/324831/course/overviewfiles/problem%20SMK.jpg)
- Course creator: Citra Tectona Suryawati
- Course creator: wagimin wagimin
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/324339/course/overviewfiles/images.jpg)
- Course creator: Adi Dewantoro
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
- Course creator: Adi Dewantoro
- Course creator: edy legowo
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan lanjutan setelah PPD SMA dan Pengembangan Program BK SMA. Mata kuliah mengkaji problematika bimbingan dan konseling di SMA. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, kerja keras, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).
Kajian problematika ditinjau dari elemen program bimbingan dan konseling komprehensif. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : strategi menemukan problematika bimbingan dan konseling di SMA; menganalisis problematika peserta didik ditinjau dari kompetensi akademik, pribadi / sosial dan karier; menganalisis problematika tahapan bimbingan dan konseling di SMA yaitu perencanaan, perancangan, pelaksanaan serta evaluasi dan pengembangan.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/322706/course/overviewfiles/SP%20BK%20SMA.jpg)
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang membahas tentang Teori Bimbingan Kelompok. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, kerja keras, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu : memahami dan menguasai konsep dasar bimbingan kelompok, mendeskrispsikan proses pembentukan kelompok dalam kegiatan bimbingan, menganalisis kemampuan pemimpin kelompok, menganalisis perbedaan tahapan perkembangan kelompok dengan tahapan bimbingan kelompok, mendeskripsikan teknik-teknik serta prinsip-prinsip penentuan teknik dalam bimbingan kelompok, menciptakan / membuat kurikulum bimbingan kelompok serta dapat mengaplikasikan teknik bimbingan kelompok untuk bidang bimbingan akademik, pribadi /sosial dan karier.![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/322568/course/overviewfiles/Bimbingan%20Kelompok.jpg)
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas dan melatihkan bagaimana pendekatan-pendekatan modern dalam konseling diaplikasikan. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, jujur menunjukkan hasil kerja, dan bersemangat menerima hal-hal baru dalam belajar praktikum konseling modern (soft skills).
Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengumpulkan kembali pemahaman dan pengetahuan tentang konseling modern yang telah dipelajari pada semester sebelumnya, menganalisis langkah-langkah sistematis dalam konseling modern, menentukan teknik yang tepat dalam konseling modern untuk membantu penyelesaian masalah konseli (simulatif), mengembangkan media dalam konseling modern yang dapat digunakan secara online dan offline, mengevaluasi diri terkait keterampilan pelaksanaan konseling modern, mengobservasi rekan sejawat dalam melakukan praktikum konseling modern terbimbing pada kelompok, menyusun skenario konseling modern sesuai dengan tahapan konseling yang telah dipelajari, terampil menyelenggarakan praktik konseling modern secara utuh dengan pendekatan: 1) Client Centered Therapy, 2) Trait and Factor, dan 3) Rational Emotive Behavior Therapy baik dengan konseli simulatif maupun konseli riil, dan terampil mengembangkan produk berupa paket video konseling dan panduan penggunaannya secara berkelompok.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/322194/course/overviewfiles/SPADA%20GAMBAR%20PKM.jpg)
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan: sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, kerja sama, pantang menyerah, dan rajin menemukan bahan kajian (soft skills);
Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kedudukan teori-teori postmodern yang melatarbelakangi munculnya pendekatan-pendekatan konseling postmodern, mengenali dan mendeskripsikan dua pendekatan konseling postmodern, sebagai berikut: 1) Solution Focused Brief Therapy (SFBT), 2) Konseling Naratif, menganalisis bagaimana peneparan konseling postmodern dalam membantu penyelesaian masalah konseli secara teoretis; mengkaji dan membandingkan dua pendekatan konseling postmodern menggunakan tabel perbandingan/ peta kognitif pendekatan konseling; mempersiapkan diri untuk melakukan praktikum konseling postmodern pada pembelajaran semester berikutnya.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/322172/course/overviewfiles/SPADA%20GAMBAR%20TKP.jpg)
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Pada mata kuliah ini dibahas tentang Lingkup
bidang penelitian bimbingan dan konseling komprehensif; Level berbagai jenis
metode penelitian; Pandangan
Pendekatan penelitian kuantitatif; Prinsip-prinsip
penelitian kuantitatif; Konsep,
landasan, tujuan, tahapan, dan prosedur PTBK; penelitian korelasi, dan survei; penelitian pengembangan; penelitian ekperimen; substansi penulisan proposal penelitian kuantitatif bidang bimbingan dan konseling.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/321662/course/overviewfiles/Kuantitatif-BK.jpg)
- Course creator: edy legowo
- Course creator: Agus Tri Susilo
Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Perkembangan Peserta Didik SMP dimana dalam mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun dan mempresentasikan makalah dalam seminar problematika bimbingan dan konseling baik dalam lingkup kelas maupun intern prodi BK atau dalam lingkup umum.
![](https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/319225/course/overviewfiles/SISWA-SMP-PAMONG-DIDIK.gif)
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
Teori Bimbingan Kelompok memfokuskan pembahasan
pada konsep-konsep dasar tentang kelompok,
problematik dan dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, bimbingan
kelompok, menguasai karakteristik dan tahapan pembentukan kelompok, dan
prosedur teknik-teknik dalam bimbingan
kelompok, serta dapat
mengaplikasikan penggunaan teknik bimbingan kelompok dalam program bimbingan belajar, pribadi, sosial dan
bimbingan karir. Penguasaan kompetensi tersebut, dicapai mahasiswa melalui
aktivitas mengkaji konsep-konsep dasar kelompok, konsep dasar dinamika
kelompok, tahap-tahap perkembangan kelompok, kepemimpinan dalam kelompok,
teknik-teknik bimbingan kelompok yang meliputi teknik ekspositori,
diskusi kelompok, problem solving, role play (sosiodrama, psikodrama),
permainan simulasi, homeroom, karyawisata, dan teknik permainan
kelompok. Disamping itu mahasiswa juga belajar mengimplementasikan
teknik-teknik bimbingan kelompok yang telah dikaji dalam mengembangkan program
layanan bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Pencapaian kompetensi diukur melalui,
portofolio tugas-tugas, observasi aktivitas dalam perkuliahan serta diuji
melalui tes tulis.
- Course creator: rian rokhmad hidayat