Mata kuliah Dasar-dasar Kepnyiaran  membekali  mahasiswa  pemahaman  tentang  hakikat,  fungsi,  dan  tugas  pen yiar  yang  baik  dari  segi pengetahuani, keterampilan , maupun penampilan melalui berbagai metode seperti inkuiri, brain storming, ekspositori, maupun problem solving. Mahasiswa dibimbing agar mampu menjadi seorang penyiar yang baik dan menguasai lapangan.


Mata kuliahini memberikan bertujuan agar mahasiswa megerti teori-teori pranatacara profesional dan mempraktikan teori tersebut dalam berbagai upacara tradisi Jawa

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan berkaitan dengan seluk beluk jurnalistik media cetak dan online

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk mengenal layanan Bimbingan dan Konseling sebagai bagian utuh penyelenggaraan pendidikan di sekolah.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari seluruh penyelenggaraan layanan pendidikan di sekolah, mengidentifikasi peran diri sebagai guru profesional dalam layanan Bimbingan dan Konseling, mengenal dan memahami Bimbingan dan Konseling sebagai layanan untuh dengan berbagai komponen layanan, menyimpulkan berbagai asas dan prinsip penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling, menjabarkan peran personel sekolah dalam menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling, mempraktikkan kolaborasi guru matapelajaran dan guru Bimbingan dan Konseling melalui metode simulasi, menyimpulkan peran guru matapelajaran dalam proses Bimbingan dan Konseling melalui observasi ke sekolah. 

Memberikan pengetahuan teoretis mengenai penyiaran meliputi pengertian, karakteristik, jenis-jenis siaran, syarat menjadi penyiar dan membuat acara dalam siaran


Mata kuliah keterampilan membaca I, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca.


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib tempuh dan bertujuan memberikan bekal kepada mahasiswa ttg berbagai kurikulum untuk SMA/ MA / SMK yang pernah berlaku di Indonesia dan pengembangan silabus berdasarkan kurikulum 2013. Materi yang diberikan meliputi pendekatan-2 dan konsep-2 dan organisasi kurikulum bhs. jawa .Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan teknik ceramah, diskusi , kerjakelompok dan tugas tertentu. Penilaian akhir disasarkan pada nilai tugas kelompok dan individu, hasil ujian mid semester dan ujian akhir semester.

Sosiolinguistik


Setelah mengikuti matakuliah ini 

1.        Mahasiswa mendesain pembelajaran yang menerapkan pendekatan, model, metode, dan strategi yang sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai

2.        Mahasiswa menentukan perencanaan pembelajaran yang kreatif dan inovatif melalui pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang implementatif


Mata kuliah yang mempelajari konsep teoritis kajian filosofis, teoretis pedagogi, prinsip, konsep pengetahuan dan implementasi pendidikan inklusif, menguasai prinsip dan teknik dasar adaptasi kurikulum dan pembelajaran di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan impelentasi pendidikan inklusif

Mata kuliah iki nyinauni babagan widya ukara basa Jawa saka frasa, klausa. lan ukara.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk mengenal layanan Bimbingan dan Konseling sebagai bagian utuh penyelenggaraan pendidikan di sekolah.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari seluruh penyelenggaraan layanan pendidikan di sekolah, mengidentifikasi peran diri sebagai guru profesional dalam layanan Bimbingan dan Konseling, mengenal dan memahami Bimbingan dan Konseling sebagai layanan untuh dengan berbagai komponen layanan, menyimpulkan berbagai asas dan prinsip penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling, menjabarkan peran personel sekolah dalam menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling, mempraktikkan kolaborasi guru matapelajaran dan guru Bimbingan dan Konseling melalui metode simulasi, menyimpulkan peran guru matapelajaran dalam proses Bimbingan dan Konseling melalui observasi ke sekolah. 

Mahasiswa dibekali berbagai pengetahuan tentang filsafat Jawa.

Ngerti teori lan mumpuni praktek nembang, kanthi sangu: 

(a) ngerti lan paham laras (Slendro apa Pelog), 

(b) wasis lan paham titilaras (nada) kanthi bener ora blero; 

(c) bisa nglagokake kanthi bener, becik, lan nyenengake;

(d)   prigel lan trampil nganggit tembang macapat kanthi tema kang maneka warna, ditulis lan dicakake kanthi bener, becik, lan nyenengake kang padha ngrungokake.