Matakuliah Mikroteaching (Pengajaran Mikro) merupakan matakuliah yang membekali mahasiswa dengan berbagai konsep dan keterampilan dasar mengajar. Mata kuliah ini merupakan muara  dari berbagai materi matakuliah sebelumnya baik yang berkaitan dengan paedagogi  maupun  professional.   Dalam  matakuliah ini mahasiswa dilatih  untuk melakukan praktik membuat persiapan mengajar (SSP)  dan praktik  mengajar mikro. Perkuliahan disampaikan  melalui berbagai metode seperti  inkuiri,  ekspositori,  brain  storming, Problem solving, project,  dan modeling. Tugas akhir dari mata kuliah ini adalah penerapan  pengetahuan dalam praktik mengajar baik mikro maupun peer teaching selama 15 menit dan 30 menit

Mata kuliah yang mempelajari tentang konsep pendidikan inklusi, siapa anak berkebutuhan khusus, bagaimana mengakomodasi kebutuhan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusi


Penyuntingan 3 adalah mata kuliah magang untuk mata kuliah penyuntingan

Mata kuliah pengajaran mikro membekali mahasiswa teori dan praktik berkaitan dengan keterampilan dasar mengajar yang meliputi : (a) keterampilan membuka pelajaran, (b) keterampilan menerangkan materi, (c) keerampilan bertanya dan menjawab pertanyaan, (d) keterampilan menggunakan metode pembelajaran, (e) keterampilan menggunakan media pembelajaran, (f) keterampilan melakukan evaluasi, (g) keterampilan memotivasi, (h) keterampilan membuat refleksi, (i) keterampilan menyampaikan/menggunakan bahasa lisan dan tulis, dan (j) keterampilan menutup pelajaran

Matakuliah apresiasi dan pengkajian puisi bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi mengenai kegiatan apresiasi puisi dengan pendekatan mimetik, ekspresif, pragmatik, dan objektif. Matakuliah ini juga membekali mahasiswa dengan pemahaman, pengetahuan, dan aplikasi pengkajian puisi berdasar pada pendekatan struktural dan stilistika

Pengajaran Mikro 

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sintaktis dan analitis dan memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang tata kalimat. Topik-topik yang akan dibahas pada mata kuliah ini  1) Hakikat sintaksis, pengertian, hubunganya dengan morfologi dan wacana, objek kajian; 2) Konstruksi sintaksis, ciri hubungan unsur, ciri konstruksi, ciri fungsi, dan ciri nosi; 3) Frasa, pengertian, macam dan dasar klasifikasinya; 4) Macam frasa berdasarkan hubungan unsu/unsur langsung; 5) Macam frasa berdasarkan kategori (form class) dan menurut jumlah unsurnya; 6) Klausa, pengertian, macam, dan unsur klausa; 7)  kalimat, pengertian, perbedaannya dengan kata, frasa, dan klausa, serta unsur pokok kalimat; 8) Macam kalimat berdasarkan kategori predikat; 9) Macam kalimat berdasarkan isi, jumlah kontur, jumlah klausa, dan posisi subjek dan predikat; 10) Kalimat luas dan kalimat majemuk; 11) Unsur prosodi/suprasegmental, pengertian, macam, dan fungsinya; 12) Analisis kalimat berdasarkan fungtor/jabatan; 13) Analisis kalimat berdasarkan peran/role; 14) Analisis kalimat berdasarkan unsur langsung.


Mata kuliah Perbandingan Bahasa Nusantara merupakan mata kuliah linguistik historis komparatif (LHK) yang berfokus pada bahasa-bahasa yang ada di Nusantara. Materi-materinya antara lain: (1) sejarah penyebaran budaya dan bahasa (ke-austronesiaan) di nusantara; (2) perkembangan LHK di dunia; (3) perkembangan LHK di Indonesia. 


Mata kuliah ini bertujuan  untuk memperkenalkan mahasiswa pada kajian penggunaan bahasa untuk berkomunikasi sesuai dengan konteks dan situasi pemakaiannya. Kajian pragmatik ini perlu diajarkan untuk melengkapi pengkajian lain tentang bahasa. Oleh karena itu, penguasaan terhadap mata kuliah prasyarat diperlukan sekali sehingga mahasiswa benar-benar mampu menggunakan bahasa secara patut (appropriateness) dan layak (feasible). Tegasnya, mereka dapat menggunakan bahasa Indoensia dengan baik (sesuai dengan konteks) dan benar (sesuai dengan kaidah gramatika).

Kepenyiaran 3

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep, prinsip-prinsip,  dan etika  dalam melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Beberapa topik yang dibahas antara lain teori yang mendasari paradigma  kualitatif, desain penelitian kualitatif,  berbagai pendekatan penelitian kualitatif  dalam penelitian bahasa dan sastra Indonesia, jenis-jenis strategi penelitian menurut  pendekatan tersebut, sumber data, teknik pengumpulan data, uji validitas data, dan analisis data. Selain itu, dilatihkankan juga keterampilan dalam  perancangan proposal penelitian  dan analisis laporan hasil penelitian kualitatif dalam bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajaranntya