Mata  kuliah    kepenyiaran  1  membekali  mahasiswa  pemahaman  tentang  hakikat,  fungsi,  dan  tugas  penyiar  yang  baik  dari  segi pengetahuani, keterampilan , maupun penampilan melalui berbagai metode seperti inkuiri, brain storming, ekspositori, maupun problem

solving . Melalui mata kuliah ini mahasiswa dibimbing agar mampu menjadi seorang penyiar yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan sebagai penyiar baik dalam acara resmi maupun acara santai

Mahasiswa mampu mengembangkan jiwa menjadi guru profesional yang mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta  didik  dan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling pada jalur pendidikan formal dalam setiap jenjang dan jenis pendidikan.

Penyuntingan 1 adalah mata kuliah yang berisi tentang dasar-dasar penyuntingan

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa

1.    Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui kajian bukuteks.

2.     Mampu menganalisis buku-buku teks yang ada sesuai kaidaha nalisis akademik

3.     Mampu mengevaluasi / menilaibukuteksberdasarkanaspekkesesuaiankurikulum,  

       prinsip pembelajaran, perwajahan / kegrafikaandanketerbacaan.

4.    Mampu mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

5. Mengembangkan buku nonteks

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sintaktis dan analitis dan memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang tata kalimat. Topik-topik yang akan dibahas pada mata kuliah ini  1) Hakikat sintaksis, pengertian, hubunganya dengan morfologi dan wacana, objek kajian; 2) Konstruksi sintaksis, ciri hubungan unsur, ciri konstruksi, ciri fungsi, dan ciri nosi; 3) Frasa, pengertian, macam dan dasar klasifikasinya; 4) Macam frasa berdasarkan hubungan unsu/unsur langsung; 5) Macam frasa berdasarkan kategori (form class) dan menurut jumlah unsurnya; 6) Klausa, pengertian, macam, dan unsur klausa; 7)  kalimat, pengertian, perbedaannya dengan kata, frasa, dan klausa, serta unsur pokok kalimat; 8) Macam kalimat berdasarkan kategori predikat; 9) Macam kalimat berdasarkan isi, jumlah kontur, jumlah klausa, dan posisi subjek dan predikat; 10) Kalimat luas dan kalimat majemuk; 11) Unsur prosodi/suprasegmental, pengertian, macam, dan fungsinya; 12) Analisis kalimat berdasarkan fungtor/jabatan; 13) Analisis kalimat berdasarkan peran/role; 14) Analisis kalimat berdasarkan unsur langsung.


Mahasiswa diajarkan prinsip-prinsip sikap guru profesional yang mampu mendidik,  mengajar,  membimbing,  mengarahkan,  melatih,  menilai,  mengevaluasi  peserta  didik  dan juga diajakan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal.

Mahasiswa diajarkan prinsip-prinsip sikap guru profesional yang mampu mendidik,  mengajar,  membimbing,  mengarahkan,  melatih,  menilai,  mengevaluasi  peserta  didik  dan juga diajakan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal.

Evaluasi merupakan hal yang penting dan bagian utuh dalam tahapan kegiatan pembelajaran. Dengan ini guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan sebelumnya. Evaluasi biasanya dapat dilakukan pada akhir pertemuan, tes sumatif, dan formatif. Evaluasi adalah proses pengumpulan data untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai, maka dalam penyusunan evaluasi hendaknya memperhatikan secara seksama rumusan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan harus dapat mengukur sejauh mana proses pembelajaran telah terlaksana.

Matakuliah ini membahas hakikat dan strategi penerapan keterampilan membaca ekstensif dan cepat yang diperlukan untuk membekali mahasiswa calon guru bahasa Indonesia.  Bersama dosen pengampu, mahasiswa menelusuri dan mendiskusikan konsep dan pengertian membaca ekstensif dan cepat dan mempraktikkan berbagai model dan teknik membaca cepat, serta memraktikan  pengukuran kecepatan membaca (KM) dan kecepatan efektif membaca (KEM). Mahasiswa juga dibekali kemampuan literasi referensi dan cara-cara penelusuran dan pengelolaan sumber-sumber referensi online serta cara-cara pengacuan referensi yang terpercaya dari jurnal ilmiah online. Pada menjelang akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat menyusun portofolio kutipan dan parafrase berbagai sumber referensi akademik

Mahasiswa dibekali berbagai pengetahuan tentang keterampilan membaca dan menyimak. Setelah mengikuti mata kuliah membaca komprehensif, mahasiswa (1) emiliki sikap jujur, sopan, percaya diri, daan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah penyuntingan I, (2) Memiliki pemahaman yang komprehensif berkaitan dengan mata kuliah, dan (3) Memiliki kemampuan memahani teori dan aplikasi membaca komprehensif.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sintaktis dan serta memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang tata kalimat. Topik-topik yang akan dibahas pada mata kuliah ini  1) Hakikat sintaksis, pengertian, hubunganya dengan morfologi dan wacana, objek kajian; 2) Konstruksi sintaksis, ciri hubungan unsur, ciri konstruksi, ciri fungsi, dan ciri nosi; 3) Frasa, pengertian, macam dan dasar klasifikasinya; 4) Macam frasa berdasarkan hubungan unsu/unsur langsung; 5) Macam frasa berdasarkan kategori (form class) dan menurut jumlah unsurnya; 6) Klausa, pengertian, macam, dan unsur klausa; 7)  kalimat, pengertian, perbedaannya dengan kata, frasa, dan klausa, serta unsur pokok kalimat; 8) Macam kalimat berdasarkan kategori predikat; 9) Macam kalimat berdasarkan isi, jumlah kontur, jumlah klausa, dan posisi subjek dan predikat; 10) Kalimat luas dan kalimat majemuk; 11) Unsur prosodi/suprasegmental, pengertian, macam, dan fungsinya; 12) Analisis kalimat berdasarkan fungtor/jabatan; 13) Analisis kalimat berdasarkan peran/role; 14) Analisis kalimat berdasarkan unsur langsung.

Pada hakikatnya mata kuliah perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut, maka melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dikenalkan pada pemahaman tentang: silabus, standar kompetensi lulusan (SKL), standar isi (SI), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, sumber belajar, berbagai pendekatan/metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran (assesment).


Mata kuliah ini sebagai landasan pemahaman dan kemampuan pengelolaan materi Jurnalistik I (Media Cetak) dengan baik agar mahasiswa dapat menjadi wirausahawan bidang kependidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dibekali konsep, teori, prinsip-prinisp, dan manajemen berwirausaha dengan cara bekerja sendiri atau bekerja sama dengan orang lain untuk menghasilkan jasa yang berhubungan dengan kependidikan bahasa dan sastra Indonesia, misalnya sebagai jurnalis, penyuluh bahasa di berbagai instansi, penyiar radio/TV, dan editor di penerbitan. 



Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang penyuntingan naskah dan dapat menguasai keterampilan menyunting dan menyiapkan naskah dalam proses penerbitan yang meliputi penguasaan dan penerapan aturan aspek-aspek kebahasaan, yang meliputi: ejaan, pilihan kata, dan tatabahasa dalam penyusunan kalimat efektif dan pengembangan paragraf; serta  pemahaman akan kode etik penyuntingan yang diimplementasikan dalam tugas-tugas penyuntingan beragam naskah pra-cetak, baik dalam bekerja secara mandiri maupun dalam tim.


Mata  kuliah    kepenyiaran  1  membekali  mahasiswa  pemahaman  tentang  sejarah radio, dormat radio, acara radio siaran, hakikat,  fungsi,  dan  tugas  penyiar  yang  baik  dari  segi

pengetahuani, keterampilan , maupun penampilan melalui berbagai metode seperti inkuiri, brain storming, ekspositori, maupun problem

solving dan media pembelajaran. Mahasiswa dibimbing agar mampu menjadi seorang penyiar yang baik dan menguasai lapangan. Materi meliputi :

1.  Konsep radio dan sejarah radio

2.  Konsep siaran radio

3.  Format radio siaran

4.  Acara radio siaran

5.  Konsep berita radio

6.  Penbacaab script berita

7.  Teknik rekaman

8.  Iklan layanan Masyarakat

9.  Iklab komersial

10. Suara latar

11. opening dan closing

12. Praktik rekaman lengkap