- Course creator: Chafit Ulya
Mata kuliah kepenyiaran 1 membekali mahasiswa pemahaman tentang hakikat, fungsi, dan tugas penyiar yang baik dari segi pengetahuani, keterampilan , maupun penampilan melalui berbagai metode seperti inkuiri, brain storming, ekspositori, maupun problem
solving . Melalui mata kuliah ini mahasiswa dibimbing agar mampu menjadi seorang penyiar yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan sebagai penyiar baik dalam acara resmi maupun acara santai- Course creator: Raheni Suhita
Mahasiswa mampu mengembangkan jiwa menjadi guru profesional yang mampu
mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik
dan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling pada jalur pendidikan formal dalam setiap jenjang
dan jenis pendidikan.
- Course creator: Agus Tri Susilo
- Course creator: Nugraheni Eko Wardani
- Course creator: Herman J. Waluyo
- Course creator: Titi Setiyoningsih
- Course creator: Chafit Ulya
Penyuntingan 1 adalah mata kuliah yang berisi tentang dasar-dasar penyuntingan
- Course creator: Kundharu KD
- Course creator: Ani Rakhmawati
Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa 1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui kajian bukuteks. 2. Mampu menganalisis buku-buku teks yang ada sesuai kaidaha nalisis akademik 3. Mampu mengevaluasi / menilaibukuteksberdasarkanaspekkesesuaiankurikulum, prinsip pembelajaran,
perwajahan / kegrafikaandanketerbacaan. 4. Mampu mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku. 5. Mengembangkan buku nonteks |
- Course creator: Atikah Anindyarini
- Course creator: slamet slamet slamet
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sintaktis dan analitis dan memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang tata kalimat. Topik-topik yang akan dibahas pada mata kuliah ini 1) Hakikat sintaksis, pengertian, hubunganya dengan morfologi dan wacana, objek kajian; 2) Konstruksi sintaksis, ciri hubungan unsur, ciri konstruksi, ciri fungsi, dan ciri nosi; 3) Frasa, pengertian, macam dan dasar klasifikasinya; 4) Macam frasa berdasarkan hubungan unsu/unsur langsung; 5) Macam frasa berdasarkan kategori (form class) dan menurut jumlah unsurnya; 6) Klausa, pengertian, macam, dan unsur klausa; 7) kalimat, pengertian, perbedaannya dengan kata, frasa, dan klausa, serta unsur pokok kalimat; 8) Macam kalimat berdasarkan kategori predikat; 9) Macam kalimat berdasarkan isi, jumlah kontur, jumlah klausa, dan posisi subjek dan predikat; 10) Kalimat luas dan kalimat majemuk; 11) Unsur prosodi/suprasegmental, pengertian, macam, dan fungsinya; 12) Analisis kalimat berdasarkan fungtor/jabatan; 13) Analisis kalimat berdasarkan peran/role; 14) Analisis kalimat berdasarkan unsur langsung.
- Course creator: Arif Setyawan
Mahasiswa diajarkan prinsip-prinsip sikap guru
profesional yang mampu mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, mengevaluasi
peserta didik dan juga diajakan menganalisis kegiatan
bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan
konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal.
- Course creator: Agus Tri Susilo
Mahasiswa diajarkan prinsip-prinsip sikap guru
profesional yang mampu mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, mengevaluasi
peserta didik dan juga diajakan menganalisis kegiatan
bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan
konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal.
- Course creator: Agus Tri Susilo
Evaluasi merupakan hal yang penting dan bagian utuh dalam tahapan kegiatan pembelajaran. Dengan ini guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan sebelumnya. Evaluasi biasanya dapat dilakukan pada akhir pertemuan, tes sumatif, dan formatif. Evaluasi adalah proses pengumpulan data untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai, maka dalam penyusunan evaluasi hendaknya memperhatikan secara seksama rumusan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan harus dapat mengukur sejauh mana proses pembelajaran telah terlaksana.
- Course creator: Memet Sudaryanto
- Course creator: Sarwiji Suwandi
Matakuliah
ini membahas hakikat dan strategi penerapan keterampilan membaca ekstensif dan
cepat yang diperlukan untuk membekali mahasiswa calon guru bahasa
Indonesia. Bersama dosen pengampu,
mahasiswa menelusuri dan mendiskusikan konsep dan pengertian membaca ekstensif
dan cepat dan mempraktikkan berbagai model dan teknik membaca cepat, serta
memraktikan pengukuran kecepatan membaca
(KM) dan kecepatan efektif membaca (KEM). Mahasiswa juga dibekali kemampuan
literasi referensi dan cara-cara penelusuran dan pengelolaan sumber-sumber
referensi online serta cara-cara pengacuan referensi yang terpercaya dari
jurnal ilmiah online. Pada menjelang akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan
dapat menyusun portofolio kutipan dan parafrase berbagai sumber referensi akademik
- Course creator: Ani Rakhmawati
- Course creator: Sugit Zulianto
- Course creator: Ari Suryawati Secio Chaesar
- Course creator: Budi Waluyo
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa
agar memiliki kompetensi sintaktis dan serta memiliki pengetahuan dan wawasan
yang memadai tentang tata kalimat. Topik-topik yang akan dibahas pada mata
kuliah ini 1)
Hakikat sintaksis, pengertian, hubunganya dengan morfologi dan wacana, objek
kajian; 2) Konstruksi sintaksis, ciri hubungan unsur, ciri konstruksi, ciri
fungsi, dan ciri nosi; 3) Frasa, pengertian, macam dan dasar klasifikasinya; 4)
Macam frasa berdasarkan hubungan unsu/unsur langsung; 5) Macam frasa
berdasarkan kategori (form class) dan menurut jumlah unsurnya; 6) Klausa,
pengertian, macam, dan unsur klausa; 7)
kalimat, pengertian, perbedaannya dengan kata, frasa, dan klausa, serta
unsur pokok kalimat; 8) Macam kalimat berdasarkan kategori predikat; 9) Macam
kalimat berdasarkan isi, jumlah kontur, jumlah klausa, dan posisi subjek dan
predikat; 10) Kalimat luas dan kalimat majemuk; 11) Unsur
prosodi/suprasegmental, pengertian, macam, dan fungsinya; 12) Analisis kalimat
berdasarkan fungtor/jabatan; 13) Analisis kalimat berdasarkan peran/role; 14)
Analisis kalimat berdasarkan unsur langsung.
- Course creator: Arif Setyawan
- Course creator: Sumarwati Watik
Pada hakikatnya mata kuliah perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut, maka melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dikenalkan pada pemahaman tentang: silabus, standar kompetensi lulusan (SKL), standar isi (SI), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, sumber belajar, berbagai pendekatan/metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran (assesment).
- Course creator: Memet Sudaryanto
- Course creator: Ari Suryawati Secio Chaesar
Mata kuliah ini sebagai landasan pemahaman dan kemampuan pengelolaan materi Jurnalistik I (Media Cetak) dengan baik agar mahasiswa dapat menjadi wirausahawan bidang kependidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dibekali konsep, teori, prinsip-prinisp, dan manajemen berwirausaha dengan cara bekerja sendiri atau bekerja sama dengan orang lain untuk menghasilkan jasa yang berhubungan dengan kependidikan bahasa dan sastra Indonesia, misalnya sebagai jurnalis, penyuluh bahasa di berbagai instansi, penyiar radio/TV, dan editor di penerbitan.
- Course creator: Arif Setyawan
- Course creator: Edy Suryanto
Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang penyuntingan naskah dan dapat menguasai keterampilan menyunting dan menyiapkan naskah dalam proses penerbitan yang meliputi penguasaan dan penerapan aturan aspek-aspek kebahasaan, yang meliputi: ejaan, pilihan kata, dan tatabahasa dalam penyusunan kalimat efektif dan pengembangan paragraf; serta pemahaman akan kode etik penyuntingan yang diimplementasikan dalam tugas-tugas penyuntingan beragam naskah pra-cetak, baik dalam bekerja secara mandiri maupun dalam tim.
- Course creator: Kundharu KD
- Course creator: Ani Rakhmawati
Mata kuliah kepenyiaran 1 membekali mahasiswa pemahaman tentang sejarah radio, dormat radio, acara radio siaran, hakikat, fungsi, dan tugas penyiar yang baik dari segi
pengetahuani, keterampilan , maupun penampilan melalui berbagai metode seperti inkuiri, brain storming, ekspositori, maupun problem
solving dan media pembelajaran. Mahasiswa dibimbing agar mampu menjadi seorang penyiar yang baik dan menguasai lapangan. Materi meliputi :1. Konsep radio dan sejarah radio
2. Konsep siaran radio4. Acara radio siaran
5. Konsep berita radio
6. Penbacaab script berita
7. Teknik rekaman
8. Iklan layanan Masyarakat
9. Iklab komersial
10. Suara latar
11. opening dan closing
12. Praktik rekaman lengkap- Course creator: Ani Rakhmawati
- Course creator: Raheni Suhita