Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat datang di kelas daring mata kuliah pembinaan dan perencanaan bahasa Indonesia.

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang mendukung kemampuan akademik mahasiswa secara umum dalam membuat tugas akhir maupun publikasi ilmiah. Topik-topik dalam perkuliahan ini anatara lain (1) situasi kebahasaan di Indonesia; (2) kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia; (3) kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional; (4) kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara; (5) pola pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dalam masyarakat Indonesia yang multibahasa/multikultural; (6) pembinaan dan pengajaran bahasa Indonesia; (7) pengembangan bahasa Indonesia dalam beragam ilmu pendidikan, kebudayaan, hukum, sosial, iptek, dan media massa; (8) pembinaan bahasa Indonesia dalam lingkungan informal, nonformal, dan formal. 

Demikian. 

Wasallamuallaikum, wr.wb. 

Ilmu Kealaman Dasar merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNS pada Program Studi ilmu- ilmu sosial. Proses belajar mengajar (PBM) dilaksanakan dengan pemahaman mater yang meliputi 1) Hakekat ilmu pengetahuan alam termasuk di dalamnya tahap-tahap lahirnya ilmu pengetahuan melalui metode ilmiah khususnya. 2) alam semesta, biosfer dan ekologi. 3)Struktur dan fungsi organisme serta Perkembangan organisme. 4)perkembangan IPA dan Teknologi sampai pada taraf revolusi 4.0 serta dampaknya bagi kehidupan. 5) Penerapan konsep ekologi dalam Pengelolaan Sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan.

Matakuliah ini adalah matakuliah dasar kependidikan (MKDK) yang diberikan kepada seluruh mahasiswa dalam fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang kajian filosofis, historis, psikologis, dan legal yang melatarbelakangi praktik pendidikan.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, mampu memecahkan masalah, serta terampil melakukan evaluasi diri terkait kondisi pendidikan terkini (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengenali profesi guru sebagai salah satu profesional dalam dunia pendidikan, menjelaskan landasan historis, filosofis, dan psikologis pendidikan di Indonesia dan di dunia secara umum,  menjelaskan konten pendidikan, level pendidikan, dan menganalisis fenomena unik pendidikan di masa kini melalui pengamatan dan kajian bahan bacaan (hard skills).

Proses belajar mengajar (PBM) diawali dari pemahaman tentang pengetahuan, ilmu, dan metode ilmiah. Logika manusia berkembang dari dinamika alam semesta dan biosfer. Bahasan ekologi mengembangkan logika hubungan antara kehidupan dan lingkungan. Manusia berperan besar dalam mengelola biosfer sehubungan dengan kedudukan sebagai makhluk tertinggi. Kedudukan sebagai makhluk tertinggi karena memiliki struktur dan pemahaman lebih tinggi daripada organisme lain karena berakal. Struktur tubuh, kebutuhan, dan akal menjadikan manusia mengembangkan ilmu dan teknologi yang sudah sampai taraf revolusi industri ke 4 (G-4). Namun kemampuan manusia semakin tinggi sering menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan diharapkan menjadi dasar pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Tujuan mata kuliah ini disajikan adalah mendorong mahasiswa mampu mengembangkan kemahir- an berbahasa Indonesia secara tertulis sebagai perwujudan kebanggaan terhadap bahasa nasional. Oleh karena itu, melalui tujuan tersebut mata kuliah ini memiliki visi dapat menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu  instrumen pengembang  kepribadian mahasiswa menuju  terbentuk- nya insan terpelajar yang mahir berkomunikasi (khususnya tulis)   dalam bahasa Indonesia. Atas dasar visi ini, mata kuliah ini memiliki misi tercapainya kemahiran mahasiswa menggunakan bahasa Indonesia  tulis untuk  menguasai, menerapkan, dan  mengembangkan ilmu pengetahuan, teknolo- gi dan seni dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia yang berkepribadi-


an mulia. Untuk itu, melalui  mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: (1) Menggunakan ba- hasa Indonesia untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas (objektif, koheren, kohesif, efektif, efisien, dan komunikatif); (2) Me- nyunting secara kritis berbagai karya ilmiah dan  menyempurnakannya berdasarkan hasil sunting- an; dan (3) Memanfaatkan kemahiran berbahasa Indonesia tulis untuk mengembangkan diri se- panjang hayat.