Mata kuliah ini mempelajari konsep ilmu, tiga fondasi ilmu (Ontologi, Epistemology, dan Axiology)  metode berfikir, logika (induktif, deduktif, dan perkembangan pemikiran untuk menemukan kebenaran yang adapt dipertanggungjawabkan secara akademik. 

Mata kuliah ini membahas :

- Proposal penelitian

- Komponen Proposal Tesis/Disertasi

- Pendahuluan

- Kajian Teori

- Metodologi

Mata kuliah ini membahas tentang:

- Proposal penelitian

- Komponen Proposal Tesis/Disertasi

- Pendahuluan

- Kajian Teori

- Metodologi

Mata kuliah berisikan latar belakang dan konsep/teori tentang pedagogik lanjut

Pembelajaran mata kuliah ini dimaksudkan agar supaya mahasiswa menguasai 

secara teoritik Psikologi Pendidikan Lanjut dan kelak  mampu 

mengimplementasikan dalam  pembelajaran yang dilakukannya.  Metode 

pembelajaran meng-    gunakan metode ceramah dan diskusi dalam sistem 

Student Active Learning. Sesuai dengan beban SKS nya, mata kuliah ini membahas 

topik-topik: orientasi mata kuliah, pertumbuhan dan perkembangan (bagian 1), 

pertumbuhan dan perkem-   bangan (bagian 2), kecerdasan, belajar (bagian 1), 

belajar (bagian 2), ketrampilan berfikir dan strategi pemecahan masa-   lah, 

motivasi belajar, bakat/multiple intelligence, bimbingan belajar, pendidikan 

orang dewasa, penyesuaian diri, asesmen belajar siswa/mahasiswa, dan 

kesehatan mental siswa/mahasiswa. 

tim

Mahasiswa diajarkan berbagai pengertian dan perkembangan filsafat ilmu, konstruksi filsafat ilmu, struktur dan fondasi ilmu, teori kebenaran, delapan macam epistemologi  falsifikasi, revolusi, strukturalisme, poststrukturalisme, fenomenologi, hermeneutika, teori kritis, dan postmodernime - dilengkapi dengan penggunaannya dalam menjelaskan hakekat pendidikan.