Korporasi internasional telah merambah ke seluruh dunia termasuk Indonesia, bahkan telah mempengaruhi keberadaan perusahaan-perusahaan domestik, dimana operasional korporasi internasional tersebut terus menerus membesar. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dan pemahaman mengenai analisis perubahan-perubahan ekonomi global yang dapat mempengaruhi operasi perusahaan multinasional/multinational company (MNC) serta mampu melakukan penyesuaian dalam kegiatannya antar negara di luar batas-batas wilayah negaranya. Pembahasan dalam mata kuliah ini difokuskan bagaimana seorang manajer keuangan multinasional memahami perilaku dan risiko-risiko yang dihadapi MNC, kebijakan- kebijakan pemerintah yang mempengaruhinya, risiko- risiko dari pengaruh nilai tukar, dan bagaimana MNC mendanai kegiatannya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa mampu menjelaskan peran strategis dari seorang manajer keuangan korporasi internasonal, menjelaskan konsep dan prinsip manajemen sebuah korporasi internasional dalam menjalankan operasionalnya, risiko-risiko yang dihadapinya, dan bagaimana menghilangkan/memperkecil risiko tersebut, menganalisa pasar keuangan internasional, instrumen-instrumen yang diperdagangkan, memanfaatkannya sebagai alat lindung nilai bagi perusahaan korporasi internasional, menjelaskan perilaku pemerintah dalam menghadapi pengaruh eksternal internasional terhadap pasar keuangannya, dan menjelaskan kegiatan- kegiatan MNC dalam mendanai berbagai kegiatannya baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan umum serta khusus untuk konsep dasar akuntansi jasa dan dagang baik untuk dunia usaha dan pengajaran ekonomi di sekolah dan dunia usaha dunia industri.

Menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang serta mengkaitkan variabel uang dengan PDB, suku bunga, inflasi, pengangguran dan kesempatan kerja.

Mata kuliah ini membahas teori-teori perdagangan dan keuangan internasional, dikaitkan  dengan pasar valuta asing ,nilai tukar (kurs), masalah neraca pembayaran  internasional, masalah hutang, dan masalah ekonomi internasional lainnya


Mata kuliah ini dilaksanakan agar mahasiswa mampu memahami konsep manajemen pengantar dalam organisasi

Kuliah ini membahas secara komprehensif berbagai konsep dan metode untuk menganalisis berbagai perilaku perusahaan di dalam merespon berbagai kondisi lingkungan bisnis yang terjadi dalam dunis bisnis modern. Materi yang disampaikan lebih menekankan pendekatan kuantitatif modern, kecuali untuk topik-topik bahasan yang terkait dengan peraturan dan kebijakan. Untuk topik terkait dengan kebijakan persaingan, buku ini berusaha melakukan perbandingan dengan kebijakan persaingan usaha di negara maju dan berkembang lainnya


Mahasiswa mampu memiliki kemampuan untuk menyusun penelitian bidang pendidikan

Mahasiswa dapat menerapkan mata kuliah ekonomi bisnis dalam perkembangan dunia bisnis 

Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Ekonomi ini memiliki bobot SKS sebesar 2 SKS. Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa agar dapat memahami hakikat evaluasi pembelajaran ekonomi, tujuan pembelajaran, mengembangkan penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, memahami prosedur penyusunan tes, menganalisis kualitas alat ukur penilaian , mengolah nilai hasil belajar, dan memahami penilaian.