Mahasiswa menganalisa teori, memilih best practices dan menggunakan 14 sektor unggulan ekonomi kreatif yang sedang trending dan sustainable di era digital secara nasional maupun international 

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai strategi pembelajaran siswa aktif pembelajaran Sosiologi Antropologi SMA dalam rangka menjadi sumber daya guru yang profesional dan berdaya saing di era revolusi industri 4.0


Perkerjaaa Sosial menyoroti kehidupan sosial seperti kemiskinan, penyandang beda upaya (diffability, different ability), jompo, masalah kesehatan,  yang memerlukan bantuan dari pihak lain seperti pemerintah maupun swasta secara berkeadilan dan berbasis hak. Kajian ini mendiskusikan konsep-konsep penting, teori sosial dan beberapa prinsip dari kerja sosial profesional. Diskusi  termasuk membahas perkembangan kesejahteraan sosial; sejarah kerja sosial di beberapa negara sebagai perbandingan; pengetahuan tentang kerja sosial, keahlian kerja sosial; dan nilai dasar kerja sosial; model dari metode kerja sosial; and praktik aplikatif kerja sosial. Kuliah ini juga mendikusikan teori-teori tentang keadilan sosial, kemajemukan masyarakat tanpa diskriminasi, serta kesejahteraan berbasis hak azasi.


KURIKULUM

Mata kuliah Telaah kurikulum dan bahan ajar merupakan mata kuliah wajib dasar kependidikan mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNS semester IV dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini membahas mengenai seluk beluk kurikulum, telaah kurikulum, asas kurikulum, komponen kurikulum, serta pengembangan kurikulum dan bahan ajar. Sehingga dengan menempuh kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada saat melakukan praktik pengalaman lapangan maupun ketik bekerja profesional sebagai guru kelak.


Perencanaan Pembelajaran

Dwi Astutik, S.Pd., M.A.

Perencanaan pembelajaran akan banyak mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan materi mengenai perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang guru sebelum melakukan proses pembelajaran.

Kuliah ini berisi teori, konsep, dan wacana Kependudukan, Keluarga, dan Gender dengan menggunakan pendekatan Sosiologi dan Antropologi

 




Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelum melakukan proses pembelajaran terutama bagi para calon-calon guru.


  • Mata kuliah Media Pembelajaran akan membahas mengenai  konsep dasar media, praktik penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mata pelajaran Sosiologi Antropologi. Dalam proses perkuliahan mahasiswa diajarkan untuk membuat media pembelajaran yang terintegrasi dalam proses awal perencanaan pembelajaran termasuk di dalamnya disesuikan dengan model dan metode pembelajaran Sosiologi Antropologi.


patologi

Patologi sosial merupakan mata kuliah wajib semester IV prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi. Membahas mengenai penyakit masyarakat seperti pengangguran. kemiskinan, kriminalitas dan persoalan sosial lainnya.

Metode penelitian kuatitatif adalah sauatu kuliah yang dirancang mengajarkan mahasiswa mengenai konsep dasar dan paradigma penelitian kuantitatif, metode penelitian survey dan eksperimen, dan proses penelitian kuantitatif yang meliputi landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis, identifikasi permasalahan, merumuskan masalah dan elaborasinya, penentuan variabel, populasi dan sampel, proses pengukuran dan penyusunan skala, pengumpulan data, analisis data dan proses penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode ceramah, diskusi, praktek pembuatan proposal, dilanjutkan kegiatan penelitiani lapangan serta praktik pengolahan dan interpretasi data.