Kuliah ini Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang proses perekayasaan perangkat lunak yang terdiri dari dua aktivitas utama yaitu framework activity dan umbrella activity. Framework activity merupakan tindakantindakan utama serta pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan untuk membangun sebuah perangkat lunak aktivitas tersebut adalah communication, planning, modelling, construction and deployment

Mata kuliah Praktikum Statistika memberikan bekal pengetahuan dan penguasaan skill mahasiswa tentang manajemen data, pengolahan dan analisis data sehingga menghasilkan suatu informasi.

For IoT


Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dan penerapan teknik keamanan data pada sistem informasi

Mata kuliah literasi data dan teknologi informasi adalah mata kuliah yang bertujuan agar tiap lini mahasiswa di berbagai bidang dapat lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan bisa melakukan pemanfaatan data disekitar dalam sebuah informasi yang akurat dan ilmiah.

Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang proses

perekayasaan perangkat lunak yang terdiri dari dua aktivitas utama

yaitu framework activity dan umbrella activity. Framework activity

merupakan tindakan-tindakan utama serta pekerjaan-pekerjaan yang

harus dilakukan untuk membangun sebuah perangkat lunak aktivitas

tersebut adalah communication, planning, modelling, construction and

deployment. Umbrella activity merupakan tidakan-tindakan pendukung

dalam menyukseskan pembangunan sebuah perangkat lunak seperti

Project Management, Risk Management, Manajemen Penjaminan

Kualitas, dll

Mata kuliah Praktikum Statistika memberikan bekal pengetahuan dan penguasaan skill mahasiswa tentang manajemen data, pengolahan dan analisis data sehingga menghasilkan suatu informasi.


Mata kuliah Praktikum Pemorgraman Mobile memberikan bekal pengetahuan dan penguasaan skill kepada mahasiswa mengenai pengembangan aplikasi mobile dengan konsep termutakhir di dunia teknologi informasi.

Mata kuliah bertujuan agar mahasiswa memahami tentang perancangan game dan aplikasi melalui perangkat lunak yang berbasis grafis, animasi, multimedia. Selain itu mahasiswa juga akan mempelajari dasar pemrograman sederhana yang digunakan dalam perancangan game dan aplikasi. Perancangan game dan aplikasi diarahkan pada teknis game atau aplikasi 2D dan 3D

Mata kuliah ini secara umum berisi materi mengenai: pengenalan umum sistem Internet of Things, elemen-elemen penyusunnya, teknik desain sistem Internet of Things, dan metode pengontrolan sensor melalui jaringan internet. Dalam kuliah ini juga diberi contoh implementasi kontrol sistem Internet of Things.