Pendidikan Agama Islam adalah salah satu subyek pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa muslim dalam menyelesaikan pendidikannya pada tingkat tertentu. Ia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kurikulum suatu lembaga pendidikan sehingga merupakan alat untuk mencapai salah satu tujuan sekolah yang bersangkutan

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum nasional. Mata kuliah Pendidikan Pancasila mengkaji tentang Pancasila dalam kajian historis, sebagai dasar negara, ideologi nasional, filsafat, etika dan dasar pengembangan ilmu. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui informasi, penelusuran sumber, diskusi, presentasi dan penugasan.

Pendidikan agama termasuk Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Perguruan Tinggi merupakan salah satu dari tiga Mata Kuliah Pengembangan
Kepribadian (dua yang lain Pancasila dan Kewarganegaraan).
Mahasiswa Kristen yang hidup di masa kini diperhadapkan dengan berbagai tawaran nilai-nilai kehidupan yang bersifat positif dan negatif. Oleh
karena itu, mereka membutuhkan nilai-nilai kristiani yang dapat dipakai sebagai acuan dalam berpikir, bersikap dan bertindak. Dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia telah mengalami krisis multidimensional sejak beberap waktu lalu. Krisis yang berkepanjangan
cenderung melahirkan frustrasi dalam masyarakat dan dalam situasi seperti ini konflik dan kekerasan dapat dengan mudah merebak di berbagai
tempat. Mahasiswa Kristen terpanggil untuk menjadi pewarta dan pembawa damai sejahtera di manapun mereka berada. Perkuliahan Pendidikan
Agama Kristen di Perguruan Tinggi diharapkan memberi manfaat yaitu memperlengkapi mahasiswa Kristen dalam proses penemuan diri dan
pembentukan karakter sebagai intelektual Kristen yang mampu mewujudkan nilai-nilai agama dan imannya dalam seluruh aspek kehidupan.

Pendidikan agama termasuk Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Perguruan Tinggi merupakan salah satu dari tiga Mata Kuliah Pengembangan
Kepribadian (dua yang lain Pancasila dan Kewarganegaraan).
Mahasiswa Kristen yang hidup di masa kini diperhadapkan dengan berbagai tawaran nilai-nilai kehidupan yang bersifat positif dan negatif. Oleh
karena itu, mereka membutuhkan nilai-nilai kristiani yang dapat dipakai sebagai acuan dalam berpikir, bersikap dan bertindak. Dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia telah mengalami krisis multidimensional sejak beberap waktu lalu. Krisis yang berkepanjangan
cenderung melahirkan frustrasi dalam masyarakat dan dalam situasi seperti ini konflik dan kekerasan dapat dengan mudah merebak di berbagai
tempat. Mahasiswa Kristen terpanggil untuk menjadi pewarta dan pembawa damai sejahtera di manapun mereka berada. Perkuliahan Pendidikan
Agama Kristen di Perguruan Tinggi diharapkan memberi manfaat yaitu memperlengkapi mahasiswa Kristen dalam proses penemuan diri dan
pembentukan karakter sebagai intelektual Kristen yang mampu mewujudkan nilai-nilai agama dan imannya dalam seluruh aspek kehidupan.

Mata Kuliah Pancasila

Identitas Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

:

 3116101

Nama Mata Kuliah

:

Pancasila

Bobot Mata Kuliah (sks)

:

2 SKS

Semester

:

2

Mata Kuliah Prasyarat

:

-


Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum nasional. Mata kuliah Pendidikan Pancasila mengkaji tentang Pancasila dalam kajian historis, sebagai dasar negara, ideologi nasional, filsafat, etika dan dasar pengembangan ilmu. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui informasi, penelusuran sumber, diskusi, presentasi dan penugasan.

Capaian Perkuliahan Mata Kuliah:

Memiliki pengetahuan tentang rumus dan isi Pancasila, kritis dan partisipatif dalam mempertahankan Pancasila  dan bersikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila


Memahami dan menjelaskan alur ekspor impor, dokumen pendukung serta kepabean

Memahami Perdagangan Internasionl, Neraca Perdagangan Internasional, dan menganalisis atas permasalahan yang timbul dan menghambat perdagangan internasional dan keterkaitannya dengan perekonomian nasional dan lokal melalui evaluasi kebijakan perdagangan internasional.

Memahami Perdagangan Internasionl, Neraca Perdagangan Internasional, dan menganalisis atas permasalahan yang timbul dan menghambat perdagangan internasional dan keterkaitannya dengan perekonomian nasional dan lokal melalui evaluasi kebijakan perdagangan internasional.



Mahasiswa mampu membuat keputusan serta mempunyai keahlian dalam penentuan permasalahan yang berhubungan dengan perhitungan statistik dalam ekonomi dan bisnis. Selain itu  diharapkan mahasiswa mengetahui dan dapat mengaplikasikan rumus yang terdapat dalam statistik deskriptif untuk membantu pengambilan keputusan atau menganalisis fenomena aktual dalam perekonomian