Mahasiswa diajarkan berbagai macam perhitungan momen jepit dengan metode penerapan teori luas bidang momen, claypeyron, cross, kani. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa

Mata Kuliah ini diampu oleh : Sri Sumarni, ST., MT.
Mata kuliah ini berisi tentang perhitungan momen jepit dengan metode penerapan teori luas bidang momen, claypeyron, cross,kani.

Mata kuliah ini mengajarkan tentang pengetahuan memilih dan merancang strategi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik pembelajaran abad 21 di era 4.0. Mahasiswa dibekali pengetahuan tentang teori dan strategi instruksional, gaya belajar dan karakteristik peserta didik, karakteristik materi, pemilihan pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, teknik umpan balik dan variasi mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran.

Mata kuliah Teknik Plumbing dan Mechanichal Electrical merupakan mata kuliah yang berisi materi tentang perencanaan perlengkapan gedung yang dalam kontrak pekerjaan biasa dinamakan pekerjaan Arsitektur Gedung. materi yang di bahas adalah masalah peralatan dan perlengkapan sistem sanitair, perencanaan kebutuhan air bersih, pembuangan air kotor, instalasi listrik, instalasi kebakaran, dan pengembangannya. 

Mata kuliah Plumbing dan Mechanical Electrical adalah mk yang mempelajari tentang instalasi air bersih, air kotor, air panas,  kebakaran  dan kelistrikan dalam suatu gedung bertingkat.

Kelas Daring ini merupakan kelas Pendidikan Kewarganegaraan untuk Jurusan PTB FKIP kelas A dan B Semester Genap Th. 2020/2021 dengan Pengampu Dian Esti Pratiwi, S.H., M.H., M.Kn

Mahasiswa diajarkan memetakan lahan dengan metode poligon, mempraktekkan di lapangan, menganalisis hasil pengukuran, dan menggambarkan hasil pengukuran yang berupa peta topografi skala 1 : 500

SISTEM PLUMBINGMatakuliah ini mempelajari mengenai dasar-dasar (cara/sistem kerja) bidang kerja plumbing, mekanikal dan elektrikal pada bangunan, yang diberikan pengetahuan pemipaan pada bangunan, pemahaman/pengenalan tentang sistem penataan jaringan listrik, membuat jaringan listrik, pengkondisian pendingin udara (AC),  dan sistem penangkal petir.

mata kuliah ini mempelajari tentang praktik pembuatan konstruksi kayu sesuai dengan standar industri.

Mata kuliah Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air berisi pemahaman dan keterampilan dalam menggambar Alinemen jalan raya, potongan, lengkap dengan penghitungan lengkung horisontal dan vertikal, serta gambar bangunan pelengkap jalan raya.

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep evaluasi, penilaian dan pengukuran di dalam pembelajaran. Mahasiswa juga diajarkan tentang prinsip dan pengembangan intsrumen, acuan dan bentuk penilaian, pelaksanaan dan pengolahan hasil serta interpretasi penilaian pembelajaran.

Struktur Beton I merupakan suatu mata kuliah dengan penekanan terhadap

pemahaman tentang perilaku beton pada umumnya ketika diberikan suatu beban

tertentu. Pembahasan tentang metode analisis dan perencanaan digunakan untuk

memahami struktur balok, baik bertulangan tarik saja maupun bertulangan

rangkap dan balok T. Metode perencanaan beton bertulang dan provisi keamanan

juga diberikan untuk memberi dasar-dasar pengertian bagi mahasiswa dalam

rangka melakukan suatu perancangan struktur secara menyeluruh. Dibahas juga

perilaku komponen struktur beton bertulang waktu menahan berbagai beban

diantaranya adalah gaya aksial, lenturan, geser, puntir, maupun gabungan dari

gaya-gaya tersebut. Analisis dan perencanaan penampang yang menerima beban

puntir dan geser diberikan pada struktur balok, baik balok persegi maupun balok

T. Aplikasi penghitungan suatu struktur diberikan untuk menentukan dimensi dan

kapasitas penulangan, berikut penjelasan tentang detail penulangan dari masing-

msing jenis struktur tersebut.

Mata kuliah Praktik Kayu merupakan mata kuliah dengan kegiatan utama berupa kegiatan

praktik  lapangan  untuk  membuat  suatu  konstruksi  kayu  hingga  ke kegiatan  finishingnya. Kegunaan dari matakuliah praktik kayu     adalah untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan praktis dalam membuat suatu konstruksi kayu hingga ke kegiatan finishingnya.

Strategi Belajar Mengajar adalah pola-pola umum kegiatan guru - anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan mempelajari Strategi Belajar Mengajar berarti setiap guru  mulai memasuki suatu kegiatan yg bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yg bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan.  

SELAMAT DATANG PADA MATA KULIAH MEKANIKA TEKNIK 4

Mata Kuliah ini diampu oleh : Sri Sumarni, ST., MT.
Mata kuliah ini berisi tentang perhitungan momen jepit dengan metode penerapan teori luas bidang momen, claypeyron, cross,kani.

Strategi Belajar Mengajar adalah pola-pola umum kegiatan guru - anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan mempelajari Strategi Belajar Mengajar berarti setiap guru  mulai memasuki suatu kegiatan yg bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yg bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan.  

Mata kuliah ini mempelajari tentang cara menggambar bangunan gedung menggunakan program aplikasi komputer AutoCAD dengan memperhatikan prinsip dan teknik perancangan bangunan secara mendalam.

Materi Konstruksi Bangunan Gedung dengan materi merencanakan dan merancang bangunan rumah tinggal 1 dan 2 lantai

Deskripsi mata kuliah

strategi pembelajaran teknik bangunan 

Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran adalah mata kuliah yang berisi tentang  konsep  ,  tujuan  dan  fungsi  pengukuran,  yang   dimulai   dari   pemahaman   tentang   penilaian,   evaluasi  hasil belajar. Untuk itu perlu pemahaman tentang prinsip-prinsip penilaian,  acuan  penilaian dan bentuk penilaian, selanjutnya pembelajar bisa menyusun  perencanaan  tes,  perencanaan non tes hasil belajar siswa.

Saya mengajar praktek IUT II

Mahasiswa mempelajari mengenai dasar-dasar (cara/sistem kerja) bidang kerja plumbing, mekanikal dan elektrikal pada bangunan, yang diberikan pengetahuan pemipaan pada bangunan, pemahaman/pengenalan tentang sistem penataan jaringan listrik, membuat jaringan listrik, pengkondisian pendingin udara (AC),  dan sistem penangkal petir.

strategi pembelajaran teknik bangunan