Mata kuliah ini penting dipahami oleh mahasiswa karena mata kuliah Komunikasi pemasaran memegang peranan sangat penting.Tanpa komunikasi, konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Penentuan siapa saja yang menjadi sasaran komunikasi akan sangat menentukan keberhasilan komunikasi. Dengan penentuan sasaran yang tepat, proses komunikasi akan berjalan efektif dan efisien, hal inilah yang nanti dipakai sebagai dasar bagi mahasiwa untuk membuat visual/ material promosi dengan desain yang menarik

Mata kuliah ini memberikan pengenalan yang terjangkau mengenai prinsip dan teknik penggambaran perspektif dan proyeksi yang merupakan keahlian teknis semata dan dapat dipelajari seperti keahlian lainnya. Pada menggambar teknik akan dipelajari tentang gambar Pandangan umum: beberapa titik pandang, satu titik pandang, bidang gambar, pandangan dari arah belakang titik pangkal, bola batas hilangnya pandangan, kerucut pandangan, Optik mata terhadap kerucut pandangan, 

Gambar proyeksi sejajar,

Gambar denah,

Gambar tampak,

Gambar proyeksi isometrik, menggambar proyeksi sejajar, 

Teknik menggambar dasar-dasar Perspektif.

Empat sudut perspektif, Perspektif sejajar dengan satu titik, perspektif sejajar dengan dua titik, perspektif bersudut dua titik, perspektif bersudut tiga titik sejajar dan lain sebagainya. 


Memahami metode reprografika dan proses cetak bagi desainer grafis menjadi sangat penting dalam mempersiapkan rancangannya agar dapat diproses dan disajikan dengan baik. Pemahaman tentang proses pra-cetak, cetak, dan finishing mutlak bagi pelaku perancangan komunikasi grafika. Hal ini cukup realistis karena kualitas cetak yang dibangun dari mulai desainer grafis mempersiapkan rancangan sampai pada pembuatan desain siap cetak atau Camera Ready Copy (CRC) atau istilah lain Final Artwork (FA).