Produk Fermentasi oleh Bakteri Asam Laktat

Labneh

Labneh

by Ema Hamimatul 'azizah Ema -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020a

LABNEH

Labne adalah yogurt yang dibekukan untuk menghilangkan ampas airnya, yang menghasilkan bentuk yang lebih padat ketimbang yang tidak dibekukan, dengan tetap menyajikan kekhasan yogurt, rasa asam. Seperti beberapa jenis yogurt, yogurt tersebut seringkali dibuat dari susu yang yang kaya dengan mendidihkan beberapa kadar airnya, dan/atau dengan menambahkan lemak mentega dan susu bubuk. Di Eropa dan Amerika Utara, yogurt tersebut sering kali dibuat dengan yogurt rendah lemak atau bebas gula. Di Skandinavia, terutama Islandia, sebuah produk serupa, skyr diproduksi.

Labaneh atau labneh (yogurt pekat) adalah yang popular produk susu fermentasi di Timur Tengah, yang memiliki peran penting dalam nutrisi keluarga (Abd El-Salam et al., 2011). Ia juga dikenal sebagai skyr (Islandia), shrikhand (India), dan Yunani (Ramos et al., 2009).

Labneh memiliki warna krem ​​atau putih, tekstur yang lembut dan halus, dan sedikit keasaman (Nsabimana et al., 2005). Labneh adalah produk antara susu fermentasi dan keju belum matang dengan kadar air yang tinggi, seperti quark, boursin, dan petit suisse, dengan karakteristik fisik yang mirip dengan produk-produk ini karena proses fermentasi (Ramos et al., 2009).

Sifat gizi dan terapeutik labneh adalah dianggap mirip atau bahkan lebih baik daripada yogurt. Labneh memiliki kandungan protein 2,5 kali lebih tinggi, mineral 50% lebih banyak, dan

jumlah mikroorganisme yang jauh lebih besar daripada yoghurt biasa (Nsabimana et al., 2005). Selain itu, konsentrasi laktosa labneh rendah (sekitar 6%) disebabkan untuk fermentasi menjadi asam laktat, yang membuatnya lebih cocok untuk digunakan oleh individu intoleran laktosa (Nsabimana et al., 2005; Özer & Robinson, 1999).

Karena kandungan padatan totalnya yang tinggi, labneh mungkin dianggap sebagai matriks yang cocok untuk probiotik sejak ditawarkan perlindungan saat ditambahkan ke mereka (Abd El-Salam et al., 2011).


Cara Pembuatan Labne:

      1. Bahan 

  1. 1 Kg Yogurt (Yunani, reguler atau bebas lemak)

  2. 1 sendok teh garam


      1. Alat 

        1.  Kain katun tipis atau kain tenun halus

        2. Saringan

      2. Cara pembuatan

        1. Tempatkan selembar kain katun tipis ganda atau kain katun lembut  di saringan dan letakkan saringan di atas mangkuk yang dalam

        2. Aduk garam ke dalam yoghurt lalu sendokkan yoghurt di tengah selembar kain katun tipis.

        1. Biarkan mengering selama 3-5 jam. (jika cuaca panas memungkinkan untuk mengalir di lemari es).

        2. Anda juga bisa menarik sudut-sudut kain keju ke atas dan mengikatnya dengan erat lalu menggantungkan benda diam di atas mangkuk (untuk mengambil whey). Sekali lagi jika cuaca panas lakukan ini di lemari es. Biarkan labneh digantung semalaman, saat dikeringkan dengan baik itu akan menjadi konsistensi keju cottage.

        1. Angkat dari kain dan simpan tertutup kulkas sampai dibutuhkan.