Diskusi tentang Pendekatan Born-Oppenheimer

born mengabaikan inti ?

born mengabaikan inti ?

by M0319050_Nandy Isamu -
Number of replies: 4

9.2 The Born-Oppenheimer Approximation (fsu.edu)

9.1: The Born-Oppenheimer Approximation Simplifies the Schrödinger Equation for Molecules - Chemistry LibreTexts

pendekatan born oppenheimer merupakan seuah asumsi untuk membantu perhitungan kimia kuantum, dengan mengasumsikan gerak elektronik dan gerak inti molekul dapat dipisahkan. pendekatan ini didasari pada ukuran dari inti dan elektron yang jauh berbeda sekitar 1000 kali perbandinganya (sekitar 10^-15m dan 10^-18m) hal ini menghasilkan asumsi bahwa gerak inti jauh lebih lambat dibandingkan dengan elektron. sehingga untung menghitung gerak elektron kita dapat mengabaikan gerak inti. meskipun diabaikan pendekatan ini tetap memperhitungkan posisi dari inti dimana energi dan fungsi gelombang elektron bergantung pada posisi inti.

sampai disini masih paham untuk pendekatan ke energi potensial inti belum paham 

In reply to M0319050_Nandy Isamu

Re: born mengabaikan inti ?

by Junissa Alifia Sriwidartika -

Dari sumber tersebut, pendekatan Born-Oppenheimer juga mengabaikan gerakan inti atom ketika menggambarkan elektron dalam sebuah molekul. Dasar fisik untuk pendekatan Born-Oppenheimer adalah kenyataan bahwa massa inti atom dalam molekul jauh lebih besar daripada massa elektron (lebih dari 1000 kali). Karena perbedaan ini, inti bergerak jauh lebih lambat daripada elektron. Selain itu, karena muatannya yang berlawanan, ada gaya tarik-menarik bersama sebesar 

In reply to Junissa Alifia Sriwidartika

Re: born mengabaikan inti ?

by Syifa Hanifah -
Izin menambahkan jawaban dari Junnisa, suatu gaya menyenybabkan partikel mengalami percepatan, dimana percepatan berbanding terbalik dengan massa. Percepatan elektron besar dan percepatan inti atom kecil, sehingga elektron bergerak dan merespon gaya dengan sangat cepat sedangkan inti tidak.
In reply to M0319050_Nandy Isamu

Re: born mengabaikan inti ?

by agung prakoso -

Energi potensial akan berubah-berubah sesuai dengan perubahan gerak di atas

In reply to M0319050_Nandy Isamu

Re: born mengabaikan inti ?

by M0318048_ Nourma Pujiastuti -

"Pendekatan ini tetap memperhitungkan posisi dari inti dimana energi dan fungsi gelombang elektron bergantung pada posisi inti" 

Sepahamku, kalima diatas menunjukkan bahwa posisi (energi potensial) elektron tergantung pada inti karena inti dapat diam pada posisi yang berbeda