Pertemuan 13: Diskusi hasil pertemuan 13

Tugas Analisis

Tugas Analisis

by Karennina Cahya -
Number of replies: 0

1. Apakah menu yang Anda rancang sudah termasuk dalam menu makanan sehat? Berikan alasannya.

Menurut saya, menu makanan yang saya rancang yakni nasi bento karakter (Spiderman Bento Box" sudah termasuk menu makanan sehat karena dalam menu bento ini mengandung gizi yang lengkap dimana dalam nasi bento karakter spiderman ini terdiri dari nasi putih, lauk pauk (nugget ayam & telur ceplok), sayuran (daun selada, jagung mains, brokoli, nori rumput laut kering dan wortel), dan juga buah (strawberry) yang mengandung gizi seimbang yang baik bagi anak usia dini. Namun saya lupa menambahkan minuman sehat dalam menu nasi bento yang saya rancang.


2. Klasifikasikan zat gizi makro dan mikro yang terkandung dalam menu rancangan Anda

- Zat gizi makro : karbohidrat (nasi), protein & lemak (nugget ayam, telur) 

- Zat gizi micro : vitamin A, vitamin B12, vitamin B6, vitamin C, vitamin E yang terkandung dalam sayur & buah yang saya gunakan dalam menu makanan sehat yg saya rancang


3. Berkaitan dengan materi dari pertemuan 9-13, buatlah daftar manfaat apakah yang bisa diambil dari menu yang Anda rancang, dan berikan masing-masing alasannya.

1. Menyediakan makanan sehat untuk anak harus mengandung gizi yang lengkap. Zat gizi merupakan komponen makanan yang dapat dicerna dan diserap serta bermanfaat bagi tubuh. Karena setiap harinya anak membutuhkan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. 

2. Nasi bento adalah konsep "one dish meal" yang praktis yang mengandung gizi yang lengkap dan bermanfaat bagi pertumbuhan, perkembangan serta meningkatkan kecerdasan anak usia dini.

3. Bento juga dapat menambah nafsu makan anak karena menu nasi bento dapat dibuat semenarik mungkin bagi anak dalam satu kotak makanan. Nafsu makan yang baik bisa dilihat dari intensitas anak makan, pola makan yang baik akan berpengaruh juga pada pencernaan anak  (buang air besar yang teratur)