Live Chat

Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Hashfi Hawali Abdul Matin -
Number of replies: 84
Silahkan sampaikan pandangan Anda maksimal pukul 09:00 WIB.

1. Apa yang terjadi jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan? Bagaimana dampak jangka pendek dan jangka panjangnya?
2. Bagaimana bisa ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan?
3. Menurut Anda, permasalahan lingkungan yang bagaimana yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia?

Klik "Reply" untuk menanggapi.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Pradityo Dwi Hanugroho -
selamat pagi, saya Pradityo Dwi Hanugroho - M0819069 - B. Izin menjawab

1. Kasus tersebut masih dalam status adanya polusi yaitu masuknya zat asing ke lingkungan namun belum termasuk pencemaran karena tidak melebihi daya dukung dan daya tampung. Namun pengaruhnya apabila terus menerus tanpa memperhatikan proses pemulihan lingkungan tersebut bisa berakibat pada pencemaran baik dalam jangka panjang dan jangka pendek.
2. Ledakan populasi memicu jumlah pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Sehingga semakin banyak kebutuhan yang diproduksi pada akhirnya juga semakin banyak sisa pengelolaan yang dikeluarkan seperti limbah pabrik dan juga bisa saja mengalami kekurangan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidup.
3. Polusi udara, karena dari dulu kasus pembakaran hutan menyebabkan asap yang mengganggu penerbangan nasional dan internasional serta memicu peningkatan pada pemanasan global.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Daravita Anggorowati -
saya Daravita Anggorowati NIM M0819018 izin menjawab pak,
1. menurut saya dampak jangka pendeknya mungkin tidak terlalu mengganggu lingkungan karena zat pencemar yang dibuang tidak melebihi daya dukung dan daya tampung badan air. namun dampak jangka panjangnya tentu akan mengganggu pak, karena zat pencemar yg mengkontaminasi badan air akan semakin bertambah dan boleh jadi melampaui daya dukung dan daya tampung lingkungan
2. ledakan populasi menyebabkan semakin langkanya sumber daya. pertanian insentir yang bertujuan untuk meningkatkan produksi makanan dengan pestisida justru menimbulkan masalah baru, yaitu menurunnya kualitas tanah dan kesehatan manusia
3. menurut saya pencemaran di yang menjadi ancaman serius di dunia dan indonesia adalah polusi pak, karena lingkungan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih kembali bila terkena polusi. polusi dapat menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim yang tentunya sangat merugikan.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Filipus Kevin Tirta Pratama -
selamat pagi pak saya Filipus Kevin Tirta (M081934) izin menjawab,
1. peristiwa yang terjadi apa bila zat pencemar yang dilepaskan ke badan air namun tidak melebihi daya tampung dan daya dukung lingkungan ialah badan air masih belum tercemar atau belum terjadi pencemaran berat. masuknya zat pencemar secara terus menerus tentu akan terakumulasi dan pada akhirnya akan melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan sehingga akan terjadi pencemaran dan akan menurukan kualitas lingkungan itu sendiri pada jangka panjang, dan dampak jangka pendek yang dirasakan ialah kualitas air dan lingkungan sekitar menurun secara perlahan
2. ledakan populasi dapat menjadi ancaman karena dengan bertambahnya populasi maka sumberdaya yang diperlukan maka akan semakin banyak sedangan sumberdaya yang ada dibumi merupakan sumberdaya yang terbatas, selain itu semakin bertambahnya populasi maka limbah atau buangan dari aktiitas juga semakin meningkat yang semakin menurunkan kualitas lingkungan dan kedua hal tersebut juga akan semakin sulit teratasi apa bila lonjakan populasi disebabkan oleh ledakan populasi bukan karena pertumbuhan.
3. menurut saya, permasalahan lingkungan yang serius bagi dunia dan terutama indonesia adalah pertumbuhan populasi. karena dengan populasi yang terus meningkat dan tidak terkontrol maka membutuhkan sumberdaya yang lebih besar, dengan sumberdaya kita yang semakin menipis dan jumlah yang terbatas maka ekspolitasi juga akan semakin meningkat , dengan ekspolitasi yang semakin meningkat penurunan kulitas juga semakin meningkat, dengan penurunan kualitas yang semakin meningkat kualitas hidup juga akan semakin menurun berikut dampaknya juga akan berkepanjangan sampai dengan generasi berikutnya.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Ananda Rilo Ramadhandi -
Selamat pagi Pak Hashfi, saya Ananda Rilo R (M0819004) kelas A izin menjawab,
1. Jangka pendeknya menurut saya terganggu ekosistem dalam lingkup kecil dan tidak terlalu serius sebab polutan masih dapat ditoleransi oleh lingkungan. sedangkan jangka panjangnya adalah limbah tersebut melebihi daya dukung daya tampung karena terus menerus dilepas dan terakumulasi, lalu menimbulkan kerusakan lingkungan serius serta matinya ekosistem badan air tersebut karena kontaminasi zat pencemar.
2. Sebab meningkatnya populasi manusia berbanding lurus dengan kebutuhan sumber daya, jumlah manusia semakin banyak maka sumber daya akan semakin dibutuhkan pula untuk memenuhi kebutuhan hidup. overpopulasi tersebut yang kemudian akan melampaui DDDT lingkungan sehingga menimbulkan ancaman bagi lingkungan.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius adalah penggunaan plastik sekali pakai, sebab seiring berjalannya waktu jumlah manusia semakin bertambah, sampah yang dihasilkan juga terus bertambah. plastik sekali pakai sulit didegradasi secara alami/membutuhkan waktu yang sangat lama tetapi sampah tersebut dishasilkan setiap harinya. Terlebih masih adanya mindset masyarakat dalam menggunakan plastik sekali pakai sebagai hal yang praktis dan murah digunakan.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Murtiningsih M0819061 -
Saya murtiningsih M0819061 ijin menjawab
1. Jika suatu pencemar masuk ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung maka tidak akan langsung berdampak pada badan air, namun jika terus terakumulasi dalam jangka waktu yang lama dan tidak ada upaya untuk pemulihan suatu badan air maka zat pencemar tersebut akan mencemari suatu badan air.

2. ledakan populasi masuk ke dalam permasalahan lingkungan Karena untuk memenuhi kebutuhan hidup maka manusia membutuhkan sumber daya alam dimana dengan meningkatnya jumlah manusia maka kebutuhan akan sumber daya alam menjadi meningkat sehingga jika terjadi ledakan populasi pada satu waktu di suatu daerah maka akan terjadi penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya alam.

3. Menurut saya permasalahan yang menjadi ancaman adalah permasalahan pencemaran hak ini dikarenakan kehidupan manusia tidak terlepas dari kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dimana dapat dilakukan dengan Industri yang dapat menyebabkan pencemaran udara, air maupun tanah serta semakin meningkatnya penggunaan barang yang menyebabkan timbulnya sampah sebagai suatu zat pencemar

Terimakasih.
In reply to Murtiningsih M0819061

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Nurma Chandrasari -
Saya Nurma Chandrasari M0819067 izin menjawab
1. Yang terjadi apabila suatu industri melepas zat pencemar cair ke badan air tetapi tidak melebihi daya dukung dan daya tampung, maka tidak akan terjadi pencemaran, air dari badan air masih aman dan dapat digunakan. Hal tersebut berlaku apabila zat pencemar tidak dimasukkan secara terus menerus. Tetapi, apabila dilakukan secara terus menerus maka dapat menyebabkan pencemaran badan air, karena tentunya lama kelamaan zat pencemar yang masuk akan terakumulasi dan melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan. Dalam jangka panjang, dapat merubah visual dan kandungan zat zat dalam badan air tersebut.

2. Apabila populasi meningkat maka kebutuhan akan sumber daya alam akan meningkat, sehingga lama kelamaan akan terjadi kelangkaan sumber daya alam. Akan terjadi eksploitasi sumber daya alam. Hal tersebut berkaitan dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan. Apabila populasi melebihi kapasitas dari suatu lingkungan, maka seiring berjalannya waktu ketersediaan sumber daya alam akan terus menerus berkurang. Belum lagi sampah yang akan dihasilkan dari kegiatan manusia yang tentunya akan menjadi pencemar lingkungan.

3. Menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius adalah pencemaran lingkungan, di segala aspek. Karena hal tersebut sebenarnya dapat diminimalisir. Pencemaran disebabkan oleh sampah sisa kegiatan manusia, dimana manusia sadar akan hal itu tetapi terkadang seolah berusaha tutup telinga dan mata akan dampaknya. Manusia punya andil dalam meminimalisir tinggal bagaimana proses realisasinya. Jika dibiarkan terlalu lama maka dampak pencemaran lingkungan akan sangat besar, hingga mempengaruhi siklus dan keadaan alam, contohnya dapat menyebabkan perubahan iklim dan hujan asam, dimana dampaknya akan terasa sangat nyata dan serius bagi kehidupan manusia.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Rahmawati Hasanah -
Saya Rahmawati Hasanah NIM M0819074, izin menjawab
1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan, hal ini tidak akan menyebabkan badan air tersebut tercemar. Namun apabila terakumulasi secara terus menerus walaupun zat pencemarnya sedikit nantinya juga akan ikut tercemar. Untuk dampak jangka pendeknya mungkin badan air tersebut akan mengalami perubahan warna air, bau dan rasa dan jangka panjangnya bila zat pencemar terakumulasi secara terus menerus akan menyebabkan hilangnya ekosistem yang ada di badan air tersebut.
2. Ledakan populasi manusia bisa menjadi ancaman bagi lingkungan karena apabila ledakan populasi terjadi di suatu daerah, hal ini pastinya akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas sumber daya alam yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup seperti air, udara, bahan bakar dsb yang terus menurun akibat dari penggunaan sumber daya yang berlebihan.
3. Permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia saat ini meliputi pencemaran udara, pencemaran air,pencemaran tanah, perubahan iklim,hujan asam dan mungkin yang membedakanya hanya kuantitas dan kualitasnya saja.
Terima Kasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Indah Rosita Dewi -
Permisi Pak Hashfi, saya Indah Rosita (M0819041) dari kelas A izin menjawab.
1. Yang terjadi jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungannya yaitu zat pencemar yang bersifat B3 akan masuk ke badan air dan bercampur ke dalamnya. Meskipun dikatakan tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan, limbah tersebut tetap akan masuk ke daur hidrologi dan tersebar luas hingga kembali pada air yang dikonsumsi. Dampak jangka pendeknya berupa penurunan kualitas air meskipun tidak secara signifikan. Sedangkan dampak jangka panjangnya yaitu dapat menyebabkan berbagai penyakit. Air yang tercemar menjadi berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus karena kandungan zat B3 pada limbah pencemar air tersebut. Apalagi jika limbah ini mengandung Fe, maka dapat mengakibatkan kanker dan perubahan materi genetik (cacat, dan lain sebagainya) ketika dikonsumsi secara terus menerus.
2. Ledakan populasi manusia bisa menjadi ancaman bagi lingkungan karena ketika populasi bertambah, kebutuhan akan sumber daya (air, energi, pangan, dan lain sebagainya) serta zat buangan (waste) juga akan bertambah. Hal ini berpengaruh kepada daya dukung dan daya tampung lingkungan yang terancam terlampaui. Ketika lingkungan sudah tidak mampu menampung makhluk hidup (populasi) yang ada atau daya dukung daya tampungnya terlampaui, maka lingkungan akan menjadi rusak dan susah untuk dipulihkan maupun memulihkan dirinya sendiri.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia yaitu permasalahan mengenai limbah domestik yang berhubungan dengan gaya hidup setiap individu. Tercatat bahwa limbah domestik berkemungkinan lebih besar merusak lingkungan daripada limbah pabrik atau industri. Hal ini disebabkan karena gaya hidup masyarakat yang konsumerisme, membuang limbah domestik (limbah cuci pakaian dengan detergen yang tidak biodegradable, dll) langsung ke badan air, menggunakan barang yang sekali pakai, menyisakan makanan (foodwaste), tidak hemat energi, dan lain sebagainya yang dilakukan oleh setiap individu hampir di seluruh dunia. Dampak yang terjadi memang tidak terlihat secara langsung namun dampak yang ditimbulkan sebenarnya lebih besar karena bersifat kolektif dan dilakukan secara terus menerus (jangka panjang).
Terima kasih.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Itsna Nurhidayah -
Assalamu'alaikum, Selamat pagi Pa Hashfi. Saya Itsna Nurhidayah M0819042, izin menjawab..
1. Memang pada awalnya limbah cair itu tidak melebihi daya dukung dan daya tampung air sungai dan masih dinyatakan tidak mencemari lingkungan, tetapi hal ini sesuai pepatah 'sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit' dimana nantinya limbah cair pada sungai tersebut akan berada pada batas melebihi daya dukung daya tampung karena zat pencemar (limbah cair) tersebut terus terakumulasi dari hari ke hari hingga tahun ke tahun yang akibatnya akan berdampak buruk bagi lingkungan dan juga bagi kehidupan manusia. Maka dari itu sudah seharusnya setiap pembuangan limbah ke lingkungan harus melalui proses pengolahan sesuai dengan syarat regulasi yang ada.
2. Manusia membutuhkan sumber daya alam untuk menunjang kehidupan, maka saat ledakan populasi manusia terjadi maka peningkatan kebutuhan sumber daya juga akan semakin tinggi, selain itu beberapa gaya hidup manusia yang tidak ramah lingkungan akan menambah ancaman bagi kerusakan lingkungan kedepannya.
3. Menurut saya pencemaran lingkungan menjadi ancaman adalah emisi CO2 dan rendahnya vegetasi, karena apabila itu terjadi pasokan Oksigen sangat rendah dan menyultkan tidak hanya pada manusia tetapi mahkluk hidup lain yang ada di bumi. Tetapi terlepas dari itu, apapun jenis permalasahan lingkungannya akan sangat serius bila penanganannya masih saja rendah apalagi diabaikan.
terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Revict Biota Wicaksono -
Saya Revict Biota Wicaksono M0819078 izin menjawab 1. jika suatu industri melapaskan zat pencemar ke badan air namun belum melebihi daya tampung dan daya dukung lingkungan maka pencemaran belum terjadi. dampak pendek dari aktivitas tersebut adalah zat pencemar tersebut tidak memiliki pengaruh atau hanya berpengaruh kecil terhadap badan perairan. jika pencemaran terjadi secara erus menerus, maka akan terjadi akumulasi zat pencemar dan menimbulkan perubahan pada badan perairan tersebut

2. manusia memiliki ketergantungan besar terhadap alam, terutama kebutuhan sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya. ledakan penduduk yang terjadi secara eksponensial berakibat pada eksploitasi sumber daya alam yang sifatnya tidak dapat diperbaharui atau memiliki pertumbuhan yang lambat, eksplottasi alam seperti ini dapat merusak lingkungan. selain adanya eksploitasi alam, manusa melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, aktivitas tersebu selalu menghasilkan zat sisa. Ledakan penduduk yang tak terkendali dapa menyebabkan tingginya angka pencemaran dari za sisa tersebut

3. permasalahan lingkungan yang serius bagi indonesia dan dunia adalah terjadinya penebangan hutan, ledakan penduduk dan tiingginya angka polusi. ketiga permasalahan tersebut mempercepat terjadinya perubahan iklim dunia.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Alya Afra Inas Nur -
Selamat pagi Pak Hashfi, saya Alya Afra Inas Nur (M0819003), ijin menjawab
1. dalam jangka pendek, jika zat pencemar cair masih sedikit, maka kondisi air belum dikatakan tercemar. akan tetapi jika zat pencemar tersebut terus menerus terakumulasi di badan air tersebut dalam jangka panjang, maka badan air tersebut otomatis akan tercemar.
2. semakin meningkatnya populasi manusia, maka kebutuhannya akan semakin banyak. manusia membutuhkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. dengan meningkatnya kebutuhan tersebut maka akan terjadi pemanfaatan lingkungan secara besar-besaran yang dapat menjadi ancaman bagi lingkungan tersebut.
3. menurut saya, masalah lingkungan yang menjadi ancaman bagi Indonesia ataupun dunia yaitu terjadinya kerusakan lingkungan karena lingkungan merupakan penyedia kebutuhan hidup bagi manusia, apabila lingkungan rusak maka akan menyebabkan kerusakan pula pada kehidupan manusia. kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti pencemaran (udara,air, dan tanah), perubahan iklim, deforestasi, kebakaran hutan, dan lain sebagainya
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Aninda Maulidyna -
Assalamualaikum Pak Hashfi, saya Aninda Maulidyna (M0819006) Kelas A izin menjawab.
1. Jika sebuah industri melepaskan zat pencemar cair ke badan air secara langsung akan menyebabkan pemcemaran. Apabila limbah yang dibuang ke badan air tersebut tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan, maka masih ada kemungkinan bagi badan air tersebut untuk memulihkan kondisinya seperti semula, yaitu sebelum adanya zat pencemar. Karena jika masih sedikit jumlah limbah yang masuk ke badan air, maka badan air bisa melakukan self healing. Tetapi jika terus menerus terjadi maka jumlah pencemar di badan air tersebut akan terakumulasi, dan akhirnya melampaui daya dukung dan daya tampung badan air terhadap zat pencemar. Jika sudah begini maka badan air akan mengalami penurunan kualitas air dan sulit untuk melakukan self healing.
2. Ledakan populasi manusia akan menjadi bencana lingkungan karena semakin bertambahnya populasi manusia maka penggunaan sumber daya alam juga akan meningkat. Manusia tidak dapat hidup tanpa alam, manusia sangat bergantung pada alam. Sehingga pertumbuhan populasi manusia yang begitu cepat dapat mengancam keberlanjutan dan ketersediaan sumber daya alam.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia ialah permasalahan pemanasan global. Pemanasan global yang terjadi sebagai dampak dari efek rumah kaca dapat menyebabkan kenaikan suhu bumi secara global. Kondisi bumi yang semakin menghangat, dapat menyebabkan bencana lingkungan lain seperti mencairnya es di kutub yang menyebabkan kenaikan permukaan air laut dan bahkan dapat menyebabkan tenggelamnya daratan. Selain itu pemanasan global juga dapat memicu terjadi perubahan iklim dan perubahan musim, menyebabkan bencana alam seperti kekeringan akibat kemarau panjang, banjit bandang, dan bahkan dapat mengganggu ketahanan pangan.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Haidar Abdu Zaky -
saya Haidar Abdu Zaky M0819038 kelas A izin menjawab Pak
1. jika industri melepas zat pencemar air ke badan air tetapi tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan, maka dalam tidak akan menyebabkan air tercemar. Namun, jika terus terakumulasi dalam jangka panjangnya dari tahun ke tahun, meskipun zat pencemarnya sedikit maka akan terjadi pencemaran terhadap badan air tersebut.
2. jika terjadi ledakan populasi pada satu waktu di suatu daerah, maka berdampak pada kualitas dan kuantitas sumber daya alam yang terus menurun akibat dari penggunaan sumber daya alam yang berlebihan.
3. menurut saya, perubahan iklim menjadi permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia dan dunia. hal ini dikarenakan perubahan iklim memiliki dampak yang sangat signifikan seperti bencana lingkungan. perubahan iklim dapat disebabkan karena pemanasan global. pemanasan global terjadi ketika gas hasil efek rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2) dan polutan udara lainnya diserap oleh atmosfer dan dipantulkan balik ke permukaan bumi. salah satu penyebab emisi gas efek rumah kaca terbesar yaitu penggunaan bahan bakar fosil, selain itu disebabkan oleh kegiatan industri, transportasi, penyedia energi konvensional dan perumahan.

sekian jawaban dari saya Pak Hashfi, terima aura kasih 🙏
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Helena Joan Noven -
Selamat pagi Pak Hashfi dan teman-teman, saya Helena Joan Noven (M0819039/A) izin menanggapi.
1. Yang terjadi jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan adalah tetap mempengaruhi atau berdampak bagi lingkungan badan air sebab merupakan zat pencemar atau asing yang masuk ke badan air. Mungkin dampak jangka pendek tidak langsung mencemari lingkungan secara massif karena tidak melebihi DDDT. Akan tetapi jika limbah tersebut menumpuk maka dapat berdampak jangka panjang dalam menurunkan DDDT lingkungan, menyebabkan pencemaran lingkungan yang lebih besar, serta mengganggu kehidupan ekosistem badan air.
2. Ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan sebab semakin banyak populasi, maka kebutuhan sumber daya semakin meningkat dan mendesak, sehingga dapat mengakibatkan berbagai permasalahan lingkungan yang lebih besar. Sebagai contoh, kekurangan sumber daya seperti air, bahan bakar, makanan, dan lainnya. Hal ini menyebabkan semakin langkanya sumber daya. Bahkan peningkatan aktivitas antropogenik akibat overpopulasi menyebabkan kerusakan lingkungan seperti menurunnya kualitas lingkungan meliputi air, udara, tanah, serta masalah kesehatan.
3. Permasalahan lingkungan dapat terjadi secara lokal, nasional, dan global. Jadi menurut saya, permasalahan lingkungan yang dapat menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia adalah permasalahan lingkungan yang secara global dan luas dihadapi, seperti perubahan iklim. Perubahan iklim menjadi ancaman serius sebab perubahan iklim ini mendorong permasalahan-permasalahan lingkungan dan bencana lain, seperti kenaikan air laut, mencairnya es kutub, meningkatnya suhu bumi, polusi, krisis pangan, masalah kesehatan, kehilangan biodiversitas, serta terganggunya kehidupan makhluk hidup di dunia. Selain itu, perubahan iklim sulit untuk dihentikan dan hanya bisa diperlambat karena aktivitas antropogenik yang tak terhindarkan dan terus meningkat tiap waktu.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Putri Segi Pramadaningtyas -
Assalamualaikum wr.wb. Selamat Pagi Pak Hashfi,
Saya Putri Segi Pramadaningtyas NIM.M0819070, izin menjawab:
1. Yang terjadi jika limbah cair dilepas ke badan air namun belum melampaui batas daya dukung dan daya tampung lingkungannya maka limbah tersebut tidak akan mempengaruhi kondisi atau keadaan badan airnya karena masih dapat teruarai oleh kemampuan badan air untuk memperbaiki kondisinya, sehingga tidak mencemari badan air tersebut.
Dampak jangka pendek dari peristiwa tersebut yaitu badan air menjadi terkontaminasi zat limbah yang mungkin dapat berbahaya jika dimanfaatkan manusia maupun makhluk hidup secara langsung meskipun badan air tersebut belum tercemar. Dampak panjangnya yaitu jika terus menerus limbah cair dilepaskan maka akan mencemari badan air karena lama kelamaan akan terlampaui daya dukung dan daya tampungnya sehingga akan merusak badan air yang dapat merugikan makhluk hidup dan lingkungan.
2. ledakan populasi manusia akan membuat kebutuhan hidup disuatu wilayah akan meningkat, seperti penggunaan lahan, penggunaan air bersih, dan akan menimbulkan timbulan sampah ke lingkungan, sehingga tingkat ketergantungan manusia terhadap alam akan meningkat, serta dengan adanya populasi yang meningkat aktivitas manusia terhdap alam juga meningkat seperti perlakuan tidak baik terhdap alam, membuang sampah sembarangan, penebangan hutan, pembangunan yang buruk danlain-lain. Maka jika hal tersebut melebihi daya dukung dan daya tampung suatu lingkungan akan dapat menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan seperti, banjir, kekeringan, kebakaran hutan dan sebagainya.
3. Permaslahn lingkungan yang serius bagi Indonesia dan dunia yaitu pemanasan global, berkurangnya keanekaragaman hayati, dan pembangunan tanpa memperhatikan dampak lingkungan serta pengurangan hutan secara besar-besaran. Pemanasan global dapat menimbulkan dampak yang komplek bagi kehidupan makhluk hidup dan lingkungan di Indonesia maupun dunia karena berpengaruh pada perubahan iklim dan kondisi lingkungan menjadi tidak sesuai. Berkurangnya keanekaragaman hayari dan pengurangan hutan secara besar-besaran akibat pemanfaatan SDA yang berlebihan akan menimbulkan banyak maslaah seperti ketidak seimbangan ekosistem, serta hilangnya peran hutan yang sangat berguna bagi bumi dan lingkungan di seluruh dunia. Serta Pembangunan yang tidak meperhatikan aspek lingkungan akan menimbulkan dampak serius bagi lingkungan speerti pencemaran lingkungan baik pencemaran air, udara maupun tanah yang merugikan makhluk hidup dan lingkungan serta kerugian aspek sosial dan ekonomi lainnya.
Terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Salma Ardelia Darmastuti -
selamat pagi Pak Hashfi, saya Salma Ardelia (M0819085) kelas B ijin menjawab.
1. apabila sebuah industri melepas zat pencemar air ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan maka tidak akan menyebabkan air tercemar. dampak pendek yang terjadi adalah tidak terjadi pencemaran karena polutan yang masuk ke badan air masih bisa diterima oleh DDDT, sedangkan untuk dampak jangka panjangnya adalah menyebabkan badan air tercemar akibat terakumulasi polutan dari tahun ke tahun.
2. ledakan populasi manusia bisa menjadi ancaman bagi lingkungan karena ledakan populasi akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas Sumber Daya Alam yang ada karena untuk memenuhi kebutuhan manusia. contohnya pada daerah dengan padat penduduk ketersediaan air bersih akan menurun dan terjadi kenaikan sampah.
3. menurut saya, beberapa permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia yaitu terjadinya deforestasi , coral bleaching/pemutihan karang, masalah sampah plastik, terjadinya penumpukan sampah industri akibat fast fashion, dan polusi udara yang disebabkan oleh PLTU berbahan bakar batu bara atau akibat peningkatan penggunaan kendaraan bermotor.

Terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Novania Cantika Widagdo -
Selamat pagi pak, saya Novania Cantika W dengan NIM M0819065 izin menjawab.
1. yang terjadi adalah badan air tersebut mengalami dampak dari adanya pembuangan limbah pabrik. Dampak jangka pendek yang diterima badan air adalah, menurunnya kualitas air meskipun jumlah limbah yang diterima tidak melebibi daya dukung dan daya tampung lingkungan. sedangkan, jangka panjangnya adalah timbulnya penyakit, keruhnya air, dan potensi eutrofikasi pada badan air.
2. pada dasarnya, pencemaran pada lingkungan terjadi karena aktivitas manusia. hal ini masuk akal ketika semakin banyak populasi manusia, lingkungan semakin terancam karena semakin banyak aktifitas yang dilakukan manusia, dimana dampak dari aktifitas tersebut salag satunya adalah pencemaran bagi lingkungan yang mengancam keseimbangan ekosistem lingkungan
3. permasalahan lingkungan yang terus menerus seperti pembuangan limbah, pemakaian plastik yang menumpuk sampah, dan sebagainya. hal ini serius karena dalam kehidupam sehari-hari selalu terjadi, mudah, dan tidak semuanya dapat diganti dengan sesuatu yang ramah lingkungan.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Muhammad Nur Sulton -
Assalamualaikum pak, saya Muhammad Nur Sulton izin menjawab pertanyaan di atas.
1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar di bawah DDDT maka zat pencemar tersebut dapat diserap badan air sehingga dampak.yang ditimbulkan tidak terlalu berisiko terhadap badan air. Analogi yang sama apabila kita mencampur sedikit gula pada sebuah minuman, apabila hanya sejumput gula, maka tidak akan berpengaruh pada rasa minuman tersebut. Namun apabila sejumput sejumput tersebut diulang-ulang dan terus menerus, maka dapat berpengaruh pada rasa minuman tersebut. Mungkin efek yang ditimbulkan dari industri tersebut tidaklah besar, namun kondisi badan air disekitar pembuangan limbah akan berpengaruh dalam jangka panjang seperti biodiversity loss di sekitar pembuangan limbah.
2. Ledakan populasi sama halnya dengan bom waktu. Peningkatan populasi di dunia akan sangat sangat merugikan lingkungan. Bagaimana tidak, peningkatan jumlah populasi di dunia berbanding lurus dengan peningkatan penggunaan sumber daya. Tentu saja ini dapat memicu eksploitasi sumber daya yang berlebihan. Selain penggunaan sumber daya alam, peningkatan populasi meningkatkan pula permasalahan-permasalahan sosial yang muncul dikarenakan ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari misal peningkatan angka kemiskinan, peningkatan angka kriminalitas, dan bahkan penurunan kualitas kesehatan masyarakat. Setiap orang memerlukan tempat untuk hidup, semakin banyak populasinya maka tempat akan semakin menipis, salah satu caranya ya membuka lahan yang tentu saja merusak ekosistem di dalamnya.
3. Tonggak permasalahan lingkungan yang ada di Indonesia dan dunia adalah manusia. Peningkatan populasi manusia mempercepat kerusakan lingkungan. Mengapa ketika manusia belum diciptakan, dunia baik baik saja? Setelah manusia ada dan menginvasi bumi, malah cenderung merusaknya? Manusia punya andil besar dalam kerusakan lingkungan di dunia, peningkatan populasi meningkatkan kebutuhan hidup. Setiap individu butuh makan, setiap individu butuh tempat tinggal, jika peningkatan populasi terus terjadi, bisa saja bumi sudah tidak dapat mendukung dan menampung kehidupan di bumi. Manusialah yang sebenernya merusak alam itu sendiri secara tidak langsung. Mau sampai kapan ini bakal terus terjadi?
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Covenant Koinonio Venan -
selamat pagi Pak Hashfi, Saya Covenant Koinonio (M0819016) izin menjawab
1. Menurut saya zat pencemar cair yang dilepas ke badan air yang tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan tidak akan berdapak dalam jangka waktu yang pendek. namun jika pencemaran dilakunan terus menerus dalam jangka panjang akan terakumulasi yang mana dapat membahayakan lingkungan karena sudah melebih daya dukung dan daya tampung lingkungan.
2. menurut saya meledakan populasi manusia dan meningkatnya taraf hidup manusia akan berdapak buruk bagi lingkungan. karena jumlah populasi yang meningkan akan sebanding dengan meningkatnya kebutuhan. meningkatnya kebutuhan dan taraf hidup manusia, mengakibatkan manusia mengeksploitasi atau menambang sumber daya alam dengan besar besaran. bukan hanya sumber daya alam saja yang habis, meingkatnya jumlah populasi dan taraf hidup manusia juga akan menimbulakan pencemaran akibat aktifitas manusia atau antropogenik. yang mana kedua hal tersebut menjadi salah satu acaman terbesar bagi lingkungan.
3. menurut saya ancaman terbesar permaslahan lingkungan di Indonesia dan dunia adalah deforestasi. pengundulan hutan untuk dijadikan lahan baik pertanian, pemukiman dan peternakan akan mencadi sebuah ancaman yang serius. seperti yang kita ketahui ekosistem hutan menyediakan jasa lingkungan yang belum bisa digantikan oleh teknologi. di dalam ekosistem hutan terjadi aliran energi dan materi yang sangat baik yang mana hal tersbut dapat menjadi solusi di masa krisis iklim seperti ini.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Nisa Indah W -
Selamat pagi Pak Hashfi saya Nisa Indah W (M0819064) izin menjawab, untuk pertanyaan nomor 1 apabila zat pencemar yang dilepas ke badan air tidak melebihi daya dukung dan daya tampung atau masih dalam kadar yang sedikit, dampak jangka pendek nya tidak akan mencemari badan air namun dampak jangka panjangnya apabila zat pencemar tersebut yang kadarnya sedikit dilepas ke badan air dan dilakukan dalam waktu yang lama maka lama kelamaan akan terakumulasi dan menyebabkan pencemaran di badan air tersebut.
Kemudian untuk pertanyaan nomor 2, peledakan populasi manusia dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena meningkatnya populasi otomatis akan menyebabkan peningkatan pemanfaatan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Selain itu akibat peningkatan populasi maka timbulan sampah yang dihasilkan juga akan meningkat sehingga dapat mencemari lingkungan. Penggunaan sumber daya alam yang semakin meningkat tersebut pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan apabila pennggunaannya tidak berprinsip pada kelestarian alam sehingga peledakan populasi tersebut bisa menjadi ancaman bagi lingkungan.
Untuk nomor 3, menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia saat ini adalah pencemaran, baik pencemaran udara, air maupun tanah. Karena apabila salah satu aspek saja sudah tercemar maka akan mempengaruhi aspek yang lainnya dan dapat mengganggu keberlangsungan hidup manusia.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Timothy Jeffrey Walter -
Selamat pagi pak, saya Timothy Jeffrey Walter (NIM M0819091), izin menjawab.

1. Menurut saya ketika industri melepas zat pencemar cair ke badan air dan tidak melebihi daya dukung ataupun daya tampung tidak akan menjadi masalah dalam jangka waktu yang pendek, karena badan air tersebut masih dapat menampungnya dan mendukung kehidupan masyarakat disekitarnya. Tetapi, jika hal tersebut dilakukan terus menerus maka dalam jangka waktu yang panjang akan sangat berbahaya karena zat pencemar cair tersebut telah terakumulasi dan membuat badan air tidak dapat menampung ataupun mendukung kehidupan masyarakat disekitarnya (tidak layak digunakan lagi).
2. Ledakan populasi dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena manusia pasti akan membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga akan mendorong manusia untuk terus menggunakan sumber daya alam yang ada. Manusia juga membutuhkan tempat tinggal untuk hidup sehingga manusia akan terus memanfaatkan wilayah yang ada untuk diubah menjadi pemukiman yang dapat ditinggali. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan dan manusia tidak memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak maka lingkungan akan rusak dan menjadi tidak aman bagi manusia untuk hidup.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang paling menjadi ancaman adalah masalah ledakan populasi. Populasi yang terus meningkat akan diikuti dengan peningkatan pemanfaatan sumber daya alam dan jika pemanfaatan tersebut tidak dilakukan dengan bijaksana, maka dapat menyebabkan lingkungan menjadi rusak dan tercemar. Menurut saya, kondisi ini jika terus dibiarkan maka dapat menjadi ancaman serius baik bagi Indonesia maupun dunia.

Terima kasih pak.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Fitri Alicia -
saya Fitri Alicia (M0819035) izin menjawab pertanyaan

1. Ketika sebuah industri membuang zat cair berupa air limbah namun suatu badan air tersebut masih berada dalam kemampuan daya dukung dan daya tampungnya maka badan air ini belum bisa dikatakan tercemar. Tetapi ketika pabrik tersebut melakukan pembuangan air limbah secara terus menerus, tentunya akan mencapai batas daya dukung dan daya tampung badan air tersebut. Artinya jika terjadi dalam jangka waktu panjang akan mencemari lingkunganatau badan air tsb namun apabilahanya terjadi dalam jangka pendek maka akan menurunkan kualitas dan akan mempengaruhi baku mutu air.

2. Dengan terjadinya ledakan populasi pada suatu area, maka akan menyebabkan eksploitasi besar-besaran pada lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Selain itu, semakin banyak manusia yang ada di bumi, maka akan semakin banyak pula limbah yang dihasilkan dan dapat mencemari lingkungan.

3. Menurut saya, permasalahan tercemarnya udara merupakan hal yang paling mengancam dan sangat berbahaya bagi Indonesia maupun dunia. Semakin meningkatnya mobilitas transportasi, banyaknya kegiatan industri, kebakaran hutan merupakan hal yang paling banyak menyumbangkan polutannya ke lingkungan. Zat-zat toxic yang dihasilkan dari aktivitas tersebutlah yang akan mengancam keadaan di bumi, yang tentunya akan sangat merugikan baik bagi lingkungan maupun bagi makhluk hidup di dalamnya.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Akbar Maulana Ardhana -
1. Apa yang terjadi jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan? Bagaimana dampak jangka pendek dan jangka panjangnya?
Menurut saya tetap dinamakan sebuah pencemaran, karena badan air telah dimasuki zat pencemar. jangka panjang pendeknya memang seringkali dihiraukan karena penggunaan batas baku mutu dirasa aman, namun jangka panjangnya ialah pencemaran yang terakumulasi dapat menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap kawasan hilir, dan bisa saja memberikan dampak pada tubuh konsumen air lokal tersebut.

pandangan saya, diperlukan pengetatan instansi terkait atau stakeholder dalam mengevaluasi dan memberikan batas baku mutu dan daya dukung daya tampung, supaya lingkungan tidak tertekan atau stress.

2. Bagaimana bisa ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan?
ledakan populasi dapat mengancam lingkungan karena, manusia akan terus melakukan ekspansi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. kebutuhan tersebut antara lain
1. pangan : dengan cara pembukaan lahan pertanian dan/ perkebunan yang mengorbankan lahan hutan. seringkali juga pengggunaan pupuk anorganik atau contohnya pestisida memberikan dampak pencemaran baru bagi lingkungan.
2. tempat tinggal : pembukaan lahan hunian baru dengaan cara mengubah fungsi lahan yang sebelumnya zona pertanian atau kehutanan, menjadi lahan hunian.
3. dan lain-lain

3. Menurut Anda, permasalahan lingkungan yang bagaimana yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia?
permasalahan lingkungan yang paling serius bagi indonesia maupun dunia saat ini menurut saya adalah :
1. pemberi kebijakaan yang tidak pro terhadap pembangunan berkelanjutan bagi Indonesia.
2. rusaknya sumber daaya alam yang kian meresahkan,
3. terjadinya bencana alam karena eksploitasi
4. dan masih bergantungnya indonesia terhadap energi yang tidak terbarukan
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Thalita Aldila -
Selamat pagi pak hasfi. Saya thalita aldila M0819090 izin menjawab , menurut saya
1. Yang terjadi adalah badan air tersebut akan tercemar. Jangka pendeknya badan airnya akan berubah warna menjadi seperti zat pencemarnya dan menurun kualitas airnya. Sedangkan jangka panjangnya akan mempengaruhi biota yang terdapat di dalam badan air tersebut. Biota akan mati dan sungai tersebut tidak dapat digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan makhluk hidup

2. Karena ledakan populasi manusia dapat berpengaruh pada sumber daya alam. Jika sumber daya alam digunakan terus manurun akan semakin berkurang dan lama kelamaan akan mengalami kekurangan. Selain itu juga jika semakin banyak manusia maka semakin banyak limbah yang akan dihasilkan , kemudian akan berpengaruh pada lingkungan.

3. Perubahan iklim karena pemanasan global menyebabkan meningkatnya suhu lautan dan permukaan bumi sehingga es di kutub akan mencair. Jika es di kutub terus menerus mencair maka akan mematikan fauna yang ada disana. Selain itu juga dampaknya adalah permukaan air laut terus meningkat dan perubahan cuaca yang akan juga berdampak pada manusia.

terimakasih pak hashfi
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Putu Elsa Purnama Rahayu -
Selamat pagi Pak Hashfi, saya mohon izin menjawab. Perkenalkan saya Putu Elsa Purnama Rahayu (M0819072) dari kelas B.

1. Ketika sebuah industri melepas zat pencemar/limbah sisa ke badan air, tentunya hal tersebut akan memengaruhi kualitas dari badan air tersebut. Kehadiran zat asing dalam badan air akan memegaruhi pola hidup dari organisme yang hidup atau bergantung pada badan air tersebut. Bicara terkait daya dukung dan daya tampung, apabila tumpahan limbah tersebut masih dalam jumlah yang sedikit, maka badan air tersebut masih mampu untuk setidaknya menurunkan dampak yang ditimbulkan dari limbah. Makhluk hidup yang bergantung pada kualitas badan air pun masih bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut, karena badan air masih mampu untuk memulihkan kondisinya semula. Namun hal tersebut dapat terjadi hanya dalam jangka pendek. Apabila limbah tersebut terus dibuang dalam jangka waktu yang panjang, tentu kualitas air akan terus berubah dan justru dapat melampaui baku mutu yang ada. Sehingga hal tersebut akan berdampak pada makhluk hidup lainnya, termasuk memengaruhi perilaku manusia.

2. Ledakan populasi manusia berarti adanya peningkatan secara signifikan bagi penggunaan sumber daya alam. Untuk hidup, tentunya manusia memiliki kebutuhan dan juga keinginan, yang tidak bisa dipukul rata untuk semua manusia. Ledakan populasi tersebut akan berpengaruh pada peningkatan kebutuhan pangan, sandang, dan papan, yang tentunya melibatkan lingkungan. Semakin tinggi populasi, dengan angka kelahiran yang lebih tinggi dari angka kematian, sumber daya akan terus digunakan, dan terkadang tidak mempertimbangkan bagaimana sumber daya tersebut akan tersedia kembali. Maka dari itu, banyak sekali tanaman pertanian/perkebunan diberikan zat kimia tambahan untuk mempercepat proses pertumbuhan dan menghasilkan sesuatu.

3. Menurut saya, permasalahan lingkungan berawal dari cara berpikir/cara pandang manusia yang umumnya belum merasa hidup berdampingan/bergantung pada alam. Tingkat kebutuhan manusia terus bertambah seiring waktu, dengan begitu limbah/buangan yang dihasilkan pun akan terus bertambah. Dilihat dari kondisi saat ini, dari permasalahan sampah contohnya, masih banyak sekali orang yang "melempar" tanggung jawab sampah mereka ke orang lain, seperti pemulung, petugas Dinas Kebersihan, dan lain-lain. Permasalahan ini terkait dengan tanggung jawab manusia, yang akan terus membuang limbah tanpa bertanggung jawab, tidak memikirkan dampaknya secara jangka panjang, dan justru hanya berbasis pada pemenuhan kebutuhan saat ini.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Dianti Dianti -
Selamat pagi Pak Hashfi
Saya Dianti, NIM M0819021, izin menjawab pertanyaan Bapak
1. Ketika suatu industri membuang limbah ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan maka tidak menyebabkan pencemaran pada badan air yang terkena limbah cair tersebut.
Dampak jangka pendek, keseimbangan ekosistem tetap terjaga karena lingkungan masih mampu menampung limbah akibat kemampuan daya tampungnya, badan air tidak tercemar dan tidak terjadi penurunan kualitas dan kuantitas air yang signifikan.
Namun, dalam jangka waktu yang panjang, jika air limbah terus menerus masuk ke badan air, limbah tersebut dapat terakumulasi dan jika jumlahnya melebihi daya tampung dan daya dukung lingkungan maka badan air akan tercemar, ekosistem terganggu, dan terjadi penurunan kualitas badan air.
2. Populasi yang terus mengalami peningkatan akan menyebabkan ancaman bagi lingkungan, hal ini karena setiap makhluk hidup membutuhkan sumber daya seperti air, bahan bakar, dan makanan yang didapat dari lingkungan sekitar, meningkat nya populasi dapat menambah permasalahan lingkungan, terjadi degradasi lingkungan dan semakin langkanya sumber daya alam.
3. Menurut saya yaitu limbah industri, baik limbah cair, padat, ataupun gas, peningkatan populasi yang tidak terkendali, kesadaran masyarakat yang rendah dalam memahami lingkungan dengan baik termasuk mementingkan kepentingan manusia dan tidak menaati regulasi yang telah ditetapkan untuk menjaga lingkungan.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Rahmi Idhayanti -
Selamat pagi pak, saya Rahmi Idhayanti M0819075 izin menjawab.
1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar lingkungan ke badan air namun tidak melebihi DDDT maka pada badan air tersebut tidak disebut mengalami pencemaran. Tetapi apabila zat pencemar tersebut terus menerus dibuang pada badan air yang sama, maka suatu saat akan tetap tercemar baik dalam jangka panjang maupun pendek tergantung banyak dari zat yang dibuang. Dampak pencemaran yang terjadi pada badan air akan bergantung pada sifat, jenis, oksidaton, beracun, iritan, dan volume dari limbah atau zat pencemar yang dibuang. Dalam jangka panjang akan berdampak dalam terganggunya kehidupan mahluk hidup dalam air, cepatnya pengkaratan pada alat yang kontak langsung pada air, dan menurunnya daya guna air. Dalam jangka pendek akan mengalami naik ataupun turunnya keasaman air, perubahan fisis pada air, tertutupnya permukaan air oleh lapisan terapung (minyak dan lemak), meningkatnya kandungan organik maupun anorganik pada air, serta meningkatnya padatan tersuspensi pad air.
2. Ledakan populasi manusia akan mengancam lingkungan karena semakin tingginya populasi akan semakin tinggi pula kebutuhan sumberdaya alam yang mereka butuhkan. Baik kebutuhan sandang dan pangan umumnya berasal dari alam, yang otomatis kebutuhan tersebut berpotensi merusak lingkungan apabila lebih dari ambang batas DDDT
3. Menurut saya semua permasalahan lingkungan baik itu polusi, populasi, perubahan iklim, deforestasi, kebakaran hutan, maupun hujan asam akan menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia. Namun umumnya semua permasalahan lingkungan tersebut mengarah pada satu alasan yakni populasi. Tingginya populasi akan membutuhkan sumber daya yang semakin tinggi serta penggunaan alat-alat yang menghasilkan emisi juga semakin tinggi sehingga terjadilah polusi dan perubahan iklim serta maslaah lingkungan lainnya.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Muhammad Firdaus Wiraatmaja -
1. Jika zat pencemar masuk ke dalam badan air namun jumlahnya belum melebihi ambang batas lingkungan, maka dalam jangka pendek hal tersebut tidak mengakibatkan badan air tersebut tercemar. Lingkungan masih bisa melawan polutan tersebut melalui sistem atau kemampuan daya lentingnya. Hal ini akan berbeda masalahnya apabila pencemaran tersebut terjadi dalam jangka waktu yang panjang, apalagi sebuah industri pasti berdiri untuk jangka waktu puluhan tahun sehingga hal ini dapat mengancam kesehatan lingkungan apabila zat pencemar tidak di treatment dengan baik. Akumulasi zat pencemar tersebut dapat mengakibatkan penurunan kualitas air sehingga berdampak besar terhadap manusia seperti munculnya bau tak sedap, munculnya penyakit, menurunnya hasil tangkapan ikan, dan lingkungan yang bersifat racun.
2. Populasi yang meningkat bersifat linier dengan tingkat kebutuhan sumber daya alam. Ledakan populasi menyebabkan lebih banyak lagi sumber daya alam yang diambil untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Analoginya, jika terdapat satu loyang pizza yang cukup untuk 8 orang, namun datang lagi temannya berjumlah 8 orang lagi. Jika pizza tersebut dibagi untuk 16 orang maka akan terasa sangat sedikit dan tidak mengenyangkan, oleh karena itu dipesanlah lagi satu loyang pizza agar semua orang mendapat bagian dengan jumlah yang layak. Hal ini jika terjadi dengan populasi yang kian meningkat menyebabkan jumlah sumber daya alam terutama yang sulit dan tidak dapat diperbarui menipis. Jika sumber daya tersebut sudah habis, maka manusia perlu untuk memikirkan kembali subtitusi dari sumber daya alam tersebut.
3. Permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi indonesia dan dunia adalah permasalahan lingkungan yang belum atau bahkan sudah fatal namun dibiarkan saja tanpa ada usaha untuk mengembalikan keseimbangan alam. Masalah lingkungan yang kecil, misalkan membuang sampah di badan air, jika semua orang mengikuti tren tersebut tanpa ada larangan dan sanksi, otomatis badan air akan penuh dengan sampah dan bisa jadi berakibat bencana banjir yang tentu merugikan banyak pihak.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Muhammad Reyhandhia Athallah Hidayat -
Assalamualaikum. Selamat pagi pak Hashfi.
Saya Muhammad Reyhandhia A H, M0819058, Kelas B, izin menjawab

1. Menurut saya, perilaku membuang zat pencemar tersebit sangat tidak etis dan tidak sesuai dengan prinsip penanganan lingkungan maupun regulasi. Karena tentu jika melebihi carrying capasity akan menimbulkan permasalahan lingkungan yang bisa lebih kompleks, tdk hanya air. Jangka pendek yang ditimbulkan adalah perubahan fisik dan kegiatan makhluk hidup yang bersentuhan lngsng dengan badan air tersebut. Perubahan fisik misal terjadi kekeruhan, perubahan warna ,dsb. Lalu aktivitas makhluk hidup misal untuk air minum, mencuci, kebutuhan air perranian, hewan yang minum, dsb. Lalu, jangka panjang yang bisa di timbulkan adalah perubahan kimiawi dan terganggunya seluruh ekosistem dan aktivitas di dalam dan sekitar badan air. Misal, perubahan ekosistem yang merubah struktur kimiawi seperti pH tinggi, salinitas, intoleransi kondisi, menimbulkan berbagai penyakit, kematian massal, dsb. Dampak lain adalah permasalah ekonomi dan industri itu sendiri, dimana harus mengeluarkan biaya lebih dalam menangani limbah yang sudah tersebar, dibandingkan limbah yang masih terkumpul di pabrik/industri

2. Ledakan populasi dapat mengancam berbagai permasalahan lingkungan karena 2 faktor utama yaitu kebutuhan dan keinginan. Semakin banyak populasi, maka jumlah kebutuhan utama seperti pangan, sandang, dan papan, akan meningkat. Dimana perlu adanya percepatan dalam proses produksi yang memaksa lingkungan/alam bekerja lebih dari speed normal. Lalu, kebutuhan sekunder seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, dsb, yang memaksa penggunaan lahan dan instrumen lingkungan lain menjadi bertambah. Jika kebutuhan sudah terpenuhi, maka manusia akan memliki yang namanya keinginan, biasaya yang memiliki ecomomic upper. Jika seperti ini, maka mereka bisa melakukan apapun untuk mendapatkan mereka inginkan. Lalu, faktor lainnya ada ekonomi, invenstasi, infrastruktur, dsb.

3. Menurut saya adalah permasalahan lingkungan yang menjadi amcaman serius adalah krisis mindset atau kesadaran lingkungan. Banyak orang - orang yang enggan pada lingkungan sekitar adalah karena merasa bulan irusannya, bukan bagiannya, itu bukan saya, dsb. Kenapa saya mengangkat ini? Karena penanganan dan permasalahan lingkungan yang paling susah yaitu individu dibandingkan kolektif. Dikaitkan dengan pencemaran, misal sampah. Setiap individu memiliki sampah masing" yang jika tidak dikelola atas kesadaran diri sendiri, maka itu juga menjadi permasalahan lain, diluar collective problem. Dapaf dilihat misalal dengan cara memilih makanan, cara berpakaian, cara berinteraksi, cara meng-show up-kan diri, dan sebagainya. Pengangana dari krisis ini yaitu adanya kesadaran dan perilaku 3R, dibantu dengan tata kelola secara regulasi ataupun pemerintahan. Misal, sesorang sudah sadar akan sampah harus dipilah dsb, namun dari pihak kelola sampah pemerintah masih dicampur, lalu belum ada kesadaran kolektif di tempat tinggal. Itu juga yang terkadang membuat malas sesorang juga.

Kurang lebih gitu. Terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Eka Rachma Putri -
Selamat Pagi Pak Hashfi
Saya Eka Rachma Putri (M0819026) dari kelas A izin menjawab, menurut saya
1. Kegiatan industri yang melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan itu dalam jangka waktu yang pendek tidak akan menyebabkan pencemaran air.
Namun, apabila kegiatan tersebut terus menerus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang maka akan menyebabkan pencemaran air di badan air tersebut.
2. Ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan karena ledakan populasi tersebut akan menyebabkan menurunnya kualitas sumber daya alam, dimana manusia – manusia tersebut membutuhkan sumber daya alam terus – menerus untuk kehidupannya.
3. Permasalahan lingkungan seperti polusi atau pencemaran merupakan permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia. Karena permasalahan tersebut dapat menyebabkan permasalah lain yang kompleks dan permasalahan tersebut sulit untuk diatasi dalam waktu yang pendek.
Terimakasih.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Agra Dewi Sabrina -
Selamat pagi Pak, Saya Agra Dewi Sabrina (M0819001) kelas A izin menjawab,
1. Apabila sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan maka belum terjadi pencemaran di badan air. Menurut saya dampak jangka pendeknya tidak begitu menjadi masalah bagi lingkungan karena belum melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan. Sedangkan dampak jangka panjangnya akan menyebabkan pencemaran pada badan air karena akan melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan.
2. Ledakan populasi manusia akan menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya alam karena penggunaannya yang berlebihan. Misalnya jika pada suatu daerah terjadi ledakan populasi, maka ketersediaan sumber daya air bersih juga akan lebih cepat habis. Selain itu, jika pada suatu daerah terjadi ledakan populasi, limbah yang dihasilkan juga semakin besar sehingga menjadi ancaman bagi lingkungan.
3. Menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia adalah semakin banyaknya limbah yang dihasilkan oleh manusia, terutama limbah domestik. Semakin banyak sampah-sampah plastik sekali pakai yang dihasilkan oleh masyarakat dan pola pikir masyarakat masih sama, yaitu jika sampah yang dibuang telah diangkut untuk dibawa ke TPA maka permasalahan telah selesai sehingga banyak masyarakat yang tidak peduli jika ia menghasilkan smapak yang banyak. Padahal hal tersebut juga menjadi masalah saat banyak sampah yang semakin menumpuk di TPA.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Cindy Nurshillah -
Selamat pagi Pak Hashfi. Saya Cindy Nurshillah (M0819015) izin menjawab
1. Menurut saya, ketika suatu limbah cair dilepas ke badan air dalam jumlah sedikit dan tidak melampaui DDDT lingkungan, maka tidak akan menyebabkan dampak yg berarti. Namun, akibatmya pada jangka yg panjang, limbah tersebut akan terakumulasi dan memicu terjadinya pencemaran lingkungan.
2. Ketika terjadi ledakan populasi manusia, ketersediaan akan sumber daya pun juga terancam seiring bertambahnya kebutuhan. Salah satu kegiatan seperti pertanian intensif yg dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia, di mana proses produksi nya menggunakan pestisida, akan menimbulkan permasalahan yg baru seperti penurunan kualitas tanah dan kesehatan manusia.
3. Pencemaran udara menjadi permasalahan serius bagi Indonesia maupun dunia. Karena, ketika udara di suatu lingkungan sudah tercemar, akan sulit untuk memulihkannya kembali. Pencemaran udara pun juga dapat memicu terjadinya perubahan lingkungan yang lainnya, mengganggu kesehatan manusia, dan sebagainya.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Febriana Kinanthi Putri -
Saya Febriana Kinanthi Putri (M0819032) izin menjawab :
1. Jika industri melepas zat pencemar ke badan air yang tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan dalam jangka pendek tidak akan mengakibatkan pencemaran air. Namun, apabila dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang maka kemampuan daya dukung & daya tampung lingkungan akan berkurang sehingga jadi tercemar. Pelepasan zat pencemar ke badan air dalam jumlah banyak atau sedikit tetap akan berdampak bagi ekosistem air. Selain itu manusia juga akan terkena dampaknya apabila menggunakan air yang tercemar untuk kebutuhan sehari-hari dan irigasi.
2. Ledakan populasi manusia dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena berarti kebutuhan akan sumber daya juga akan bertambah. Manusia akan memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhannya. Jika hal ini tidak diimbangi dengan prinsip keberlanjutan maka akan menjadi ancaman bagi lingkungan. Alih fungsi lahan, penggunaan pestisida pada tumbuhan, penggundulan hutan mungkin akan terjadi karena ledakan populasi.
3. Permasalah lingkungan yang menjadi ancaman memurut saya adalah perubahan iklim. Karena perubahan iklim sudah menjadi isu lingkungan akhir-akhir ini. Banyak kegiatan yang dilakukan manusia tanpa di sadari menyebabkan perubahan iklim. Perubahan iklim berdampak secara global, sedangkan upaya pencegahan yang bisa dilakukan hanya menghambat bukan memulihkan.

Terima kasih🙏
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Soca Pracaya -
Permisi pak Saya Soca Pracaya M0819088 izin menjawab :
1. Air tersebut akan tercemar namun tidak tercemar parah (tercemar ringan) karena zat pencemar tidak melebihi daya dukung maupun daya tampung air. Namun jika air tersebut tercemar secara terus menerus maka akan menimbulkan masalah pencemaran yang serius sehingga air tidak dapat digunakan sesuai fungsinya lagi.
2. Karena ledakan populasi menimbulkan banyaknya perilaku konsumtif. Penggunaan minyak bumi, gas, dan batubara pun akan meningkatkan kandungan metana dalam atmosfer. Selain itu karbon dioksida pun akan terus meningkat karena penggunaan rumah kaca. Salah satu dampak terbesar yang akan dirasakan yaitu pada bidang agrikultur. Karena jumlah panganan akan tidak sebanding dengan jumlah manusia di bumi.
3. Permasalahan yang serius menurut saya yaitu perubahan iklim. Perubahan iklim ini terjadi dikarenakan adanya pencemaran udara sehingga menimbulkan efek gas rumah kaca, pemanasan global, kerusakan lapisan ozon. Kerusakan hutan dan penggunaan CFC yang tidak terkontrol pun dapat menyebabkan perubahan iklim. Sehingga memunculkan akibat : curah hujan tinggi, musim kemarau yang berkepanjangan, peningkatan volume air akibat mencairnya es di kutub, terjadinya bencana alam angin puting beliung, dan berkurangnya sumber air. Hal-hal tersebut dapat menjadi ancaman yang serius pada dunia

Terimakasih, mohon maaf jika ada salah
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Kirana Nurul -
1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung, maka tidak akan mencemari badan air dalam jangka pendek dan akan mencemari dan berdampak buruk pada lingkungan dalam jangka panjang.
Jangka pendek : Badan air tidak akan tercemar, kalaupun tercemar maka tingkat pencemaran akan cukup rendah
Jangka panjang : Jika badan air terus terakumulasi oleh zat pencemar maka badan air yang tercemar dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti menimbulkan bau yang tidak sedap, menimbulkan berbagai penyakit jika air dikonsumsi oleh masyarakat, dan merusak ekosistem.
2. Ledakan populasi dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya. Sumber daya adalah baik yang bersifat fisik seperti air, hewan, tumbuhan dan bersifat non fisik seperti angin dan sebagainya. Semakin banyak manusia, maka kebutuhan terkait sumber daya juga akan semakin meningkat. Beberapa permasalahan yang didapat disebabkan oleh ledakan manusia adalah ketersediaan air bersih semakin berkurang, penggunaan energi listrik yang semakin meningkat yang menyebabkan tingginya emisi yang kemudian dapat menyebabkan perubahan iklim, kemudian semakin meningkatnya septic tank, sampah yang semakin meningkat dan lain sebagainya, meningkatnya beban pencemar pertanian karena meningkatnya populasi menyebabkan peningkatan produksi pertanian.
3. Permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia adalah permasalahan lingkungan yang tidak segera dicarikan solusinya. Karena saat suatu permasalahan baik permasalahan yang kecil atau besar, jika tidak segera ditangani maka akan semakin memperparah kualitas dan kuantitas lingkungan. Oleh karena itu permasalahan lingkungan harus segera ditangani oleh pemerintah dengan mengajak seluruh masyarakat. Masyarakat adalah poin atau kunci dalam pengendalian lingkungan. Karena faktor aktivitas manusia adalah faktor yang cukup berpengaruh dalam suatu permasalahan lingkungan. Contoh pencemaran atau permasalahan lingkungan yang bagi saya cukup besar adalah ledakan populasi manusia dan pemanasan global dan perubahan iklim.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Ivo Solikhah -
Selamat pagi pak saya Ivo Solikhah M0819043 izin menjawab
1. Apabila zat pencemar masuk tetapi tidak melebihi daya dukung dan daya tampung maka sungai tersebut tidak mengalami pencemaran, dalam jangka pendek apabila masih dibawah ambang batas maka sungai belum tercemar namun apabila dalam jangka panjang dapat beresiko untuk tercemar karena zat pencemar yg masuk dapat melebihi ambang batas daya tampung dan daya dukung.
2. Ledakan populasi dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena dapat meningkatkan kerusakan lingkungan seperti kebutuhan yang tinggi maka manusia akan melalukan ekspoitas dan dapat menghabiskan sumber daya alam lalu banyak dilakukan alih fungsi lahan dimana seperti sawah hutan kebun dll akan dialihfungsikan sebagai tempat pemukiman dan industri hal tersebut dapat merusak lingkungan.
3. Menurut saya permasalahan lingkungan yang serius adalah permasalahan lingkungan yang dapat menyebabkan penurunan sumber daya alam karena semakin tinggi kebutuhan manusia makan lingkungan akan berpotensi untuk rusak hal tersebut dikarenakanm manusia melalukan eksploitasi alam yang berlebihan dan sumber daya tersebut dapat habis.
Terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Sarah Febriyanti -
Assalamualaikum, selamat pagi pak saya Sarah Febriyanti (M0819086) izin menyampaikan pendapat saya.

1. Apa yang terjadi jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan? Bagaimana dampak jangka pendek dan jangka panjangnya?
Jawab:
Menurut saya, pembuangan air limbah yang dilakukan walaupun dengan kadar yang tidak melebihi batas daya dukung dan daya tampung lingkungan harus tetap di perhatikan. Zat pencemar air yang bersifat toxic akan tetap mengganggu kestabilan ekosistem di badan air tersebut. Dampak jangka pendeknya, warna air perlahan akan berubah terutama di titik pembuangan awal. komponen biotik yang ada akan mulai tidak sehat atau bahkan bagi komponen biotik yang rentan akan mati satu persatu. Dampak jangka panjangnya, zat pencemar air yang awalnya tidak melebihi daya tampung dan daya dukung akan terus menumpuk sehingga kemungkinan besar akan melebihi batas daya dukung dan daya tampungnya. Jika sudah terjadi demikian, maka kerusakan ekosistem pada badan air tersebut akan sangat parah dan turut mempengaruhi wilayah yang dialiri air.

2. Bagaimana bisa ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan?
Jawab:
Ledakan populasi manusia akan berbanding lurus dengan kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Hal ini tentu saja mengancam kelestarian lingkungan, dimana tidak semua sumber daya alam dapat di perbaharui dengan jumlah yang terbatas di alam. contohnya adalah penggunaan air bersih dan polusi hasil kegiatan manusia akan meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk di suatu wilayah karena air bersih merupakan kebutuhan setiap manusia, sedangkan polusi udara dapat dihasilkan dari proses kegiatan memasak, transportasi, dan industri dimana semua itu merupakan kegiatan yang perlu dilakukan manusia untuk pemenuhan kebutuhannya.

3. Menurut Anda, permasalahan lingkungan yang bagaimana yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia?
Jawab:
Pada dasarnya semua jenis pencemaran lingkungan merupakan ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia karena pencemaran lingkungan dapat merusak kondisi bumi. Rusaknya kondisi bumi akan mengancam kelangsungan hidup manusia. Tapi menurut saya pribadi, deforestrasi dan kebakaran hutan merupakan ancaman paling serius diman ahutan merupakan komponen terpenting dunia. Hutan memiliki fungsi yang sangat penting, diantaranya sebagai penstabil alami suhu bumi dengan menyerap gas-gas efek rumah kaca. hutan juga berperan besar dalam berbagai proses siklus biogeokimia di bumi. serta masih banyak fungsi-fungsi lain dari hutan yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. jika deforestrasi ini dapat diatasi, ancaman pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh polusi, perubahan iklim, dan bencana alam juga dapat di atasi.

Terimakasih.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Arrafi Tegar Wibisono -
Asssalamualaikum wr. wb
Saya Arrafi Tegar Wibisono M0819009 Kelas A izin menjawab,
1. Jika suatu industri melepas zat pencemar cair namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungannya maka hal tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi badan air tersbut karena badan air masih mampu menetralisir zat pencemar yang masuk sehingga. Dalam jangka pendek, air tercemar namun masih dapat dinetralisir karena pencemaran yang terjadi masih ringan. Namun apabila terjadi pelepasan limbah secara terus menerus maka akan menimbulkan pencemaran air berat yang berakibat pada kerugian bagi manusia dan lingkungan. Manusia dapat terkena penyakit akibat pencemaran air. Dampak yang jangka pendek dapat ditimbulkan dapat berupa bau yang menyengat, perubahan warna dan apabila pada jangka panjang maka akan menyebabkan matinya ekosistem badan air tersebut
2. Ledakan populasi dari manusia dapat menjadi ancaman karena dengan meningkatkannya jumlah penduduk maka akan menyebabkan peningkatan kebutuhan dan peningkatan limbah baik limbah yang berasal dari rumah tangga maupun dari industri. Penduduk yang semakin meningkat membuat daerah penduduk semakin sempit sehingga kebutuhan akan air bersih juga meningkat. Hal ini menjadi ancaman jika penggunaan air tidak digunakan dengan bijak. Sumber daya yang terbatas menjadi persoalan bagi lingkungan karena penggunaan yang berlebihan oleh manusia
3. Permasalah lingkungan yang menjadi ancaman bagi indonesia dan dunia adalah polusi udara. Polusi udara yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh aktivitas industri dan aktivitas kendaraaan bermotor yang didominasi terjadi di perkotaan. Volume kendaraan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu menimbulkan dampak penurunan kualitas udara serta gangguan sistem pernafasan akibat buruknya kualitas udara. Selain itu pencemaran tanah dan air akibat aktivitas industri yang membuang limbah tanpa pengolahan juga akan membuat air tanah menjadi tercemar sehingga pemenuhan kebutuhan air menjadi semakin sulit akibat terbatasnya pasokan air bersih. Selain itu rusaknya tanah menjadi kerugian karena spesies akan semakin langka karena tidak dapat hidup dalam kondisi tanah yang tercemar
Terimakasih Pak
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Angelina Novia Defatima -

Selamat Pagi pak, Saya Angelina Novia Defatima dengan NIM M0819005 izin menjawab,

1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan tentunya hal ini tidak lah terlalu berdampak dalam jangka waktu pendek dan masih bisa dinetralisir, namun dalam jangka panjang jika terus-menerus dilakukan tentu lama-kelamaan akan berdampak dan akan melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan.

2. Ledakan populasi tentunya akan menjadi ancaman bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya populasi maka kebutuhan pun semakin meningkat. sehingga, lahan-lahan seperti sawah lama kelamaan akan berkurang karena digantikan oleh pemukiman. Selain itu, persediaan air bersih juga menurun dan menyebabkan limbah rumah tangga meningkat.

3. Menurut saya menjadi ancaman serius bagi dunia adalah pencemaran. Hal ini dikarenakan sangat berdampak dan mempercepat terjadinya pemanasan global. 

In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Dhimas Prayogo -
Assalamualaikum, selamat pagi pak Hasfi, dan teman-teman sekalian.
Mohon izin menjawab pertanyaan dari Bapak Hasfi, perkenankan saya Dhimas Prayogo (M0819022).
1. Apabila sebuah industri melepas zat pencemar (limbah cair) namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung maka tidak akan mencemari dalam jangka pendek, namun apabila hal ini dilakukan secara terus-menerus, dan tampa memperhatikan atau mengelola limbah seblum di lepas ke lingkungan maka tetap saja akan mencemarinya. Amanya limbah yang dilepasken ke lingkungan harus tidak melebihi baku mutu yang yang telah ditentukan.
2. Ledakan populasi manusia sangatlah perpengaruh terkait ancaman lingkungan, secara sederhana apabila manusia semakin banyak maka akan membutuhkan kebutuhan dan ruang yang makin banyak. Oleh sebab itu, populasi manusia yang banyak juga akan menghasilkan sampah atau bahan2 residu makhluk hidup lainya juga banyak baik dari hasil produksi maupun konsumsi. Intinya apabila jumlah manusia semakin banyak maka sumber daya makin banyak dibutuhkan pula. Ledakan populasi tersebut yang kemudian akan melampaui daya dukung dan tampung lingkungan sehingga menimbulkan ancaman bagi lingkungan.
3. Sebenarnya banyak permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia, di antaranya sampah, pemanasan global, pencemaran-pencemaran yang ada (udara, laut, tanah), rusaknya ekosistem, dsb. Akan tetapi menurut saya pribadi pencemaran yang menjadi ancaman serius di dunia maupun Indonesia adalah polusi, karena lingkungan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih kembali bila terkena polusi. Selain itu polusi akan menyebabkan permasalahan-permasalahan baru lainya, seperti pemanasan global dan perubahan iklim.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by celin maylani -
selamat pagi pak, saya Celin Maylani NIM M0819014 izin menjawab:
1. Industri yang melepaskan zat pencemar ke badan air namun tidak melebih daya dukung dan daya tampung lingkungan akan menyebabkan badan air tersebut tidak akan tercemar karena daya tampung dan daya dukungnya tidak terlampau i, daya dukung dan daya tampung ini merupakan kemampun lingkungan untuk mendukung kehidupan organisme didalamnya. Jadi dampak jangka pendek terhadap badan air ini tidak akan terjadi pencemaran. Sedangkan, bila terus menerus terakumulasi meskipun dalam jumlah yang sedikit , badan air ini akan tercemar dalam jangka panjang. Oleh karena itu sebelum membuang limbah cair ke badan air harus diolah terlebih dahulu.
2. Jumlah populasi manusia yang terus meningkat hingga menyebabkan ledakan populasi akan menyebabkan ancaman bagi lingkungan karena manusia membutuhkan sumber daya yang berasal dari lingkungan, jadi bila populasinya terus meningkat tentu kebutuhan sumberdaya juga akan meningkat. Selain itu, gaya hidup manusia yang semakin modern dan konsumtif menyebabkan ancaman bagi lingkungan.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang paling serius dihadapi dunia dan Indonesia saat ini adalah peningkatan populasi manusia yang semakin meningkat. Karena selain kebutuhan sumber daya yang akan terus meningkat, sehingga keberadaan sumber daya yang ada di bumi lama kelaman akan menipis lalu habis. Belum lagi, dengan adanya gaya hidup manusia yang konsumtif menyebabkan semakin banyaknya sumber daya alam yang akan di eksploitasi tanpa adanya pengelolaan untuk mengembalikannya.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Dzakiyy Sholih -
Saya Dzakiyy Sholih (M0819024) izin menjawab

1. Industri yang melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan tidak akan mencemari lingkungan dalam cakupan yang parah, karena lingkungan sendiri memiliki kemampuan dalam memulihkan dirinya sendiri apabila terjadi perubahan perubahan tertentu, selama tidak melebihi daya dukung maupun daya tampungya. Namun tentu saja hal ini tetap berdampak negatif. Dampak jangka pendeknya seperti terdapat perubahan aroma, rasa, dan visual dari lingkungan yang telah tercemar. Sedangkan, dampak panjangnya bisa dirasakan oleh manusia atau makhluk hidup lainnya yang akan memiliki penyakit tertentu yang mana bisa berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama
2. Manusia bisa dikatakan sebagai makhluk yang sangat berpengaruh dalam perubahan-perubahan di bumi ini. Manusia menggunakan akal dan kepintarannya untuk memanfaatkan sumber daya yang ada, entah itu di dalam maupun di luar bumi. Sehingga, semakin padat populasi manusia dan apabila jika tidak dilakukan upaya pemberdayaan atau konservasi terhadap sumber daya tersebut, maka kemungkinan untuk habisnya atau langkanya sumber daya yang ada akan semakin besar. Ditambah lagi, peralatan-peralatan yang digunakan sebagian besar menghasilkan limbah pencemar yang akan memperparah lingkungan.
3. Permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia adalah ketika permasalahan tersebut telah melewati daya dukung dan daya tampung dari suatu lingkungan. Serta permasalahan tersebut mencakup kawasan yang luas. Hal ini karena, untuk memperbaiki lingkungan diperlukan waktu yang relatif sangat lama. Sebagai contoh, kebakaran hutan, dampak negatif yang dihasilkan sangat melebar seperti beberapa satwa kehilangan habitatnya, tumbuhan yang langka kemungkinan akan mati, asap yang dihasilkan tentunya juga berdampak ke daerah-daerah yang letaknya jauh dari pusat kebakaran bahkan ke bisa sampai ke negara tetangga. Selain itu juga seperti pemanasan global yang menyebabkan suhu bumi naik, mencairnya es di kutub, naiknya tinngi permukaan laut, dll.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Avyda Koza Deanova -
Saya Avyda Koza Deanova/ M0819010 izin menjawab,
1.Pelepasan zat pencemar ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung hal ini tentunya apabila terjadi secara terus menerus atau jangka panjang maka akan tetap menyebabkan pencemaran lingkungan dan berakibat rusaknya lingkungan. Dampak jangka pendeknya pasti tidak langsung terlihat sedangkan jika dilihat secara jangka panjang maka hal ini tentunya akan menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.
2.Karena setiap populasi manusia akan membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, sehingga jika ledakan populasi terjadi maka akan menyebabkan penurunan kuantitas atau jumlah dan kualitas sumber daya yang ada di lingkungan sehingga hal ini akan menyebabkan penurunan kualitas lingkungan dan juga menyebabkan penurunan kesehatan manusia. Hal ini dapat dikatakan bahwa jika populasi meningkat maka kebutuhan sumber daya juga meningkat sehingga akan terjadi penurunan dan kelangkaan sumber daya yang ada di lingkungan sehigga dapat mengancam lingkungan itu sendiri.
3.Menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman bagi indonesia maupun dunia yaitu ledakan populasi. Karena dengan adanya ledakan populasi dan kebutuhan manusia meningkat maka akan menyebabkan kelangkaan sumber daya. Selain itu manusia juga memiliki berbagai karakteristik dan aktivitas sehari-hari yang berbagai macam hal ini juga dapat mengancam lingkungan, misalnya meingkatnya penggunaan kendaraan bermotor hal ini tentunya akan mengancam lingkungan dan menyebabkan pemanasan global yang akan berdampak pada perubahan iklim secara global. Menurut saya penyebab utama kerusakan lingkungan yang saat ini terjadi yaitu karena adanya aktivitas manusia, sehingga dapat dikatan bahwa permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi indonesia maupun dunia adalah ledakan populasi.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Rinoa Salsabila Izdihar -
Saya Rinoa Salsabila Izdihar NIM M0819082 dari kelas B izin menjawab pak,
1. Jika zat pencemar atau limbah cair dilepas ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan hanya dilakukan sesekali (tidak terus menerus) tidak akan menyebabkan badan air tercemar. Namun, jika limbah yang dibuang ke badan air dilakukan secara terus menerus kemungkinan dapat mencemari badan air. Dalam jangka pendek, air yang tercemar akan mengalami penurunan kualitas, sedangkan dalam jangka panjang air akan perubahan sifat fisik maupun kimia, berubah warna menjadi keruh, kualitas air semakin menurun bahkan dikhawatirkan dapat membahayakan ekosistem di dalamnya, dll.
2. Ledakan populasi manusia dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena semakin besar populasi maka semakin besar pula kebutuhan manusia yang harus terpenuhi. Padahal, manusia membutuhkan sumber daya alam di hampir seluruh aktivitasnya. Oleh karena itu, kualitas dan kuantitas sumber daya alam yang ada semakin menurun dan mengancam ketersediaan sumber daya alam yang mana dapat mendorong terjadinya kerusakan lingkungan.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius baik bagi Indonesia maupun dunia yaitu permasalahan lingkungan yang dapat memberikan dampak, terlebih lagi dampak jangka panjang pada lingkungan. Contohnya seperti penggunaan bahan bakar fosil berlebih, pengolahan limbah yang tidak tepat, pembuangan limbah ke sembarang tempat, deforestasi, dll.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Putri Wulandari -
putri wulandari - M0819071
1. menurut saya akan tetap mencemari dan mengganggu ekosistem walaupun tidak berdampak besar, karena ketika zat pencemar sudah masuk ke dalam badan air akan tetap mengganggu kelangsungan hidup komponen yang ada di dalam ekosistem tersebut. sehingga mahkluk hidup harus beradptasi agar tetap hidup, namun yang tidak dapat beradaptasi harus mengalami kematian. sehingga akan tetap merugikan ketika zat pencemar sudah masuk walaupun dalam kadar yang rendah
2. karena populasi menjadi masalah yang kompleks bagi lingkungan seperti menimbulkan maslaah sampah ya ng lebih besar, mempengaruhi penggunaan iar airbersih, menyebabkan limbah septic tank yang dapat mempngaruhi kualitas air tanah, dan populasi ini juga akan menyebabkan penggunaan sumber daya yang ada juga semakin besar. meningkatnya populasi juga akan menyebabkan masalah hilangnya kawasan hijau maupun meningkatnya polusi.
3. menurut saya permasalah berasal dari banyaknya populasi yang ada serta gaya hidup atau perilaku yang tidak ramah lingkungan akan menjadi ancaman yang serius. karena dapat diketahui bahwa sebagian besar permasalahan lingkungan berasal dari perilaku manusia, meningkatnya populasi menjadi salah satu pemicu meningkatnya permasalah lingkungan yang ada
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by arief putra ajie -
saya arief putra ajie/M0819008/A izin menjawab
1. dalam hal tersebut jika belum melebihi daya dukung dan daya tampung belum termasuk pencemaran, namun badan air bisa menjadi tercemar dalam jangka panjang karena akumulasi dari zat-zat asing yang masuk tersebut
2. karena jumlah manusia sejalan dengan jumlah kebutuhan dah emisi, semakin banyak populasi maka kebutuhan dan emisi akan meningkat. jika tidak diantisipasi maka akan menjadi sebuah ancaman
3. perubahan iklim, karena memiliki efek domino yang mana berdampak terhadap aspek-aspek lain seperti terhadap iklim, ekosistem, dll
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Muhammad Rafi Rahadian -
1. masuknya polutan ke badan air dalam jangka pendek dan tidak melebihi daya dukung dan daya tampung mungkin tidak akan begitu terasa dampak pencemarannya. namun jika hal ini terjadi secara terus menerus(jangka panjang) tentu hal ini bisa mempengaruhi ekosistem secara signifkan.
2. semakin banyaknya populasi manusia berbanding lurus pula dengan jumlah kebutuhan sumber daya alam yang ikut meningkat. ancaman nyata dari ledakan populasi manusia yakni adalah krisis air, krisis pangan, dan meningkatnya limbah yang dihasilkan dari manusia itu sendiri.
3. deforestasi menurut saya menjadi ancaman yang nyata bagi dunia kususnya indonesia. predikat indonesia sebagai paru-paru dunia mulai bisa dipertanyakan. tingginya laju deforstasi memberikan sumbangsih terhadap perubahan iklim serta mengancam keberagaman bidiversitas.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Romzi Maulana -
Assalamulaikum Wr Wb
saya Romzi Maulana (M0819083) kelas B izin menjawab,
1. Menurut saya, pada badan air sendiri jika masih di bawah ambang batas daya dukung dan daya tampung lingkungannya masih sah-sah saja, tetapi juga harus memikirkan kedepannya. Maksutnya harus memikirkan tentang recovery secara alami dari alam sendiri. Disamping itu, jika membuang limbah secara berkala, dalam jangka waktu panjangnya akan merusak dan mencemari lingkungan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan intensif dan pengetahuan mengenai hal tersebut agar tidak terlanjur terjadi pencemaran.
2. Sebagai manusia, tidak akan lepas dari yang namanya sumber daya alam. Kita dapat beraktivitas dan berkehidupan karena adanya sumber daya alam. Dengan adanya ledakan populasi manusia, pasti memerlukan sumber daya alam yang lebih untuk memenuhi kebutuhan semuanya. Dari sini, sumber daya alam sendiri pasti akan mengalami penurunan pada sektor kuantitas dan kualitasnya.
3. Permasalahan yang menjadi ancaman serius di Indonesia maupun dunia adalah tentang pencemaran. Diketahui bahwa setiap hari warga Indonesia menghasilkan sampah ber ton-ton. Sampah ini berasal dari berbagai sektor, mulai dari rumah tangga sampai industri. Sampah yang terkenal adalah sampah plastik, memamng sudah ada beberapa di dunia yang mengolah sampah plastik menjadi barang baru atau di pakai lagi menjadi barang yang berguna, tetapi tidak sedikit pula yang belum bisa merealisasikan. sampah plastik ini sukar untuk terurai secara alami. Oleh karena itu, perlu kerjasama pemerintah dan masyarakat untuk mengurangi sampah ini dan dapat mengelola dengan baik dan benar.

Terima kasihh
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Dewi Aprilia -
Selamat pagi pak Hasfi
Saya Dewi Aprilia M0819020 izin menjawab pak :
1. Menurut saya, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap lingkungan dalam jangka waktu yang pendek karena zat pencemar tidak melebihi daya dukung dan daya tampung. Akan tetapi jika zat pencemaran masuk ke badan air dalam jangka waktu yang panjang tentu saja air akan tercemar. Ibarat batu yang keras ketika diterpa air atau ombak setiap waktu juga akan jadi lunak.
2. Menurut saya, ledakan populasi dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena semakin sempitnya lahan pemukiman. Ketika populasi bertambah tentu saja semakin banyak lahan yang diubah menjadi pemukiman. Selain itu, pencemaran juga semakin bertambah karena kebutuhan juga bertambah.
3. Menurut saya, permasalahan serius Indonesia sekarang adalah masalah sampah. Sampah yang hampir tiap detik selalu dihasilkan dari aktivitas atropogenik manusia. Belum adanya kemampuan mendaur ulang dan menggunakan kembali menyebabkan bertambahnya sampah dimana-mana. Manusia cenderung mengabaikan hal-hal kecil contohnya saja sampah kulit permen. Padahal kulit tersebut baru bisa hancur setelah beberapa tahun.

Terima kasih pak
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Muchammad Sholiqin -
Assalamualaikum. Selamat Pagi Pak Hashfi. Saya Muchammad Sholiqin_M0819053_Kelas B
izin menjawab pertanyaan diatas
1. jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan bisa dikatakan air tersebut belum secara bulat dinyatakan sebagai tercemar. Hal ini dikarenakan daya dukung dan daya tampung yang ada di tempat tersebut masih bisa mengantisipasi zat pencemar. akan tetapi jika DDDT sudah tidak bisa menahan zat pencemar maka akan mengarah pada tahap pemcemaran. Akann tetapi kita tidak bisa mengatakan secara langsunng bahwa dengan adanya zat pencemar yang masuk ke air dinyatakan tercemar, karena banyak indikasi-indikasi khusus yang dijadikan indikator pencemaran. Namun dampak jangka dekatnya memang tidak bermasalah besar akan tetapi setelah terakumulasi dalam jangka waktu yang panjang maka akan menyebabkan terjadinya pencemaran. Sehingga alangkah baiknya jika kita tidak melepas zat pencemar secara langsung ke air secara terus-menerus. Harus dilakukan upaya pengolahan yang inovatif dan juga selektif untuk menyikapi zat pencemar ini agar tidak membawa dampak buruk terhadap lingkungan.

2. ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan dikarenakan dengan jumlah yang begitu besar dan bertambah secara terus menerus maka akan menyebabkan daya dukung dan daya tampung menjadi over. Sehingga hal ini akan mengancam keberadaan lingkungan yang menjadi lebih crowded. Selain itu dengan banyaknya populasi manusia ini menyebabkan penurunan sumber daya alam yang tersedia, hal ini dikarenakan setiap manusia dituntut adanya kebutuhan yang menyebbabkan sebuah ekploitasi besar-besaran sehingga akan membawa dampak buruk bagi lingkungan. Jika hal ini terjadi maka akan membawa pada sebuah fenomena krisis ekologi dan lingkungan. Sehingga akan menyebabkan kekacauan jika tidak ada tindakan yang cermat.

3. permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia
permasalahan yang bisa melanda dan menjadi ancaman bagi Indonesia bahkan dunia adalah Ledakan Penduduk dan Perubahan Iklim. Kedua hal ini memiliki efek yang sejalan dan kepastian. Jumlah penduduk yang banyak yang tidak diimbangi dengan DDDT hanya akan menyebabkan kekacauan dan bencana di bumi. dengan begitu kondisi bumi akan semakin panas dan rusak akibat ulah manusia yang tidak harmonis terhadap lingkungan. Maka dari itu perubahan iklim akan juga terpacu secara terus menerus. Jika perubahan iklim ini sudah terjadi maka kondisi bumi sudah tidak stabil dan bisa berujung pada kiamat.

Terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Fikri Arkasala -
selamat pagi pak, saya Fikri Fadly Arkasala (M0819033) kelas A izin menjawab.

1. Industri yang melepas zat pencemar cair ke badan air menimbulkan dampak yang tidak terlalu signifikan bila dalam jangka waktu yang pendek, dikarenakan zat pencemar dapat terbawa arus badan air dan tidak melebihi daya dukung dan daya tampung, maka keadaan badan air masih dalam kondisi yang baik.
Namun jika keadaan zat pencemar cair terus menerus dibuang ke badan air, maka dalam jangka panjang akan mengakibatkan degradasi lingkungan akibat zat pencemar yang terakumulasi melebihi daya dukung dan daya tampung sehingga akan menimbulkan kerusakan ekosistem perairan dan mematikan makhluk hidup yang tinggal di badan air tersebut.
2. Ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan karena akan meningkatkan kebutuhan hidup yang banyak berasal dari sumber daya alam, sehingga akan terjadi persaingan dalam mengolah sumber daya alam tersebut yang jumlahnya terbatas. Selain itu, aktivitas manusia juga akan menghasikan zat sisa berupa sampah, dimana makin banyak populasi manusia maka semakin banyak sampah yang dihasilkan dan berpotensi untuk mengancam lingkungan.
3. Permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia dan dunia adalah pencemaran akibat sampah, baik di daratan ataupun di laut. Karena sampah yang merupakan hasil aktivitas manusia akan terus diproduksi dan bila tidak dilakukan pengelolaan dengan baik, sampah ini akan merusak ekosistem seperti menurunkan kualitas tanah dan sampah yang terbawa hingga ke laut akan mengaancam kehidupan hewan laut seperti ikan dan penyu.

sekian jawaban dari saya pak, terimakasih.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Egy Herdiana -
1. Yang yang terjadi yang menjadi fundamental ialah pencemaran air dan merusak ekosistem sungai yang mana akan terjadi perubahan yang signifikan dan mengakibatkan ketidakseimbangan yang terjadi. Dalam hal fisik akan terjadi sedimentasi yang cukup tinggi yang bereaksi dengan batuan dan tanah yang berada di sungai yang berdampak pada kehidupan manusia. Masyarakat yang didaerah hulu bila mana terdapat industri yang tidak melaksanakan regulasi yang tepat akan sangat merusak kehidupan masyarakat yang berada di daerah hilir. Contoh kongkritnya ialah banjir warna warni yang terjadi beberapa waktu lalu bila mana daya dukung dan daya tampungnya sudah melebihi batas. Dalam pasokan air, pasokan air bersih akan berkurang karena air terkontaminasi dan menyerap dan bahkan masuk ke sumber air warga tentunya. Munculnya berbagai penyakit (gatal-gatal) dan lain-lain. Ekosistem sungai, ikan akan mati. Jika tidak matipun akan terkontaminasi.

2. Ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan dimulai dengan ‘habbit’ yang dilakukan manusia itu sendiri, dari mulai pekerjaan apa yang dilakukan yang banyak ragamnya, makanan apa yang di konsumsi yang menjadi sampah akhir yang dibuang, air minum yang diperolah yang mengakibatkan perubahan gaya hidup masyarakat dalam berkehidupan, sanitasi yang mungkin di Indonesia masih minim, polusi yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari dalam mobilitas penduduk. Kriminalitas, hal-hal yang bisa dilakukan manusia dalam bentuk kejahatan yang bisa dilakukan yang mana hal tersebut bisa mengancam lingkungan, alih fungsi lahan yang sekarang marak dilakukan, kemiskinan yang menjadikan penduduk padat, pola hidup terganggu, tingkat pendidikan dalam menafsirkan pentingnya lingkungan dalam berkehidupan.

3. Permasalahan Lingkungan yang menjadi sudut sasaran ialah alih fungsi lahan yang menjadi sorotan. Karena berbagai permasalahan muncul lagi awal hal tersebut. Regulasi yang menjadi acuan kadang kala ditabrak dengan hal yang disebut ekonomi. Ekologi sering dikesampingkan karena muncul ‘kebutuhan’ yang di prioritaskan. AMDAL yang dicanangkan dalam sebuah pembangunan kadang kala berbeda dengan realita lapangan. Yang ini menjadi merambat ke unsur yang lain baik dari permasalahan pencemaran air, udara, suara, dan lain sebagainya menjadi tolak ukur dari pekerjaan, makanan, air, sanitasi, polusi, kriminalitas, gaya hidup, kemiskinan, tingkat pendidikan yang menjadi lanjutan dari permasalahan lingkungan yang terjadi yang berawal dari alih fungsi lahan.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Zuhro Ainaya Risyafa -
Selamat pagi, saya Zuhro Ainaya (M0819095) izin menjawab.
1. Jika zat pencemar cair yang masuk ke badan air namun tidak melebihi dddtnya maka badan air tersebut tidak dikatakan tercemar, namun apabila zat cemar terus dimasukkan maka dalam jangka pendek sungai pasti akan tercemar. Sementara itu untuk jangka panjangnya, badan sungai bisa mengalami perubahan visualisasi dan kandungan di dalamnya.
2. Ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan karena kebutuhan manusia yang tinggi. Kebutuhan tersebut dipenuhi dengan memanfaatkan sda yang ada sehingga semakin banyak populasi manusia, maka sda akan semakin menipis. Selain itu, aktivitas antropogenik pun seringkali menghasilkan dampak negatif bagi lingkungan, seperti aktivitas industri yang limbahnya bisa mencemari lingkungan.
3. Menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius adalah tingginya penggunaan bahan plastik. Hal tersebut dapat menyumbang limbah plastik yang sulit diuraikan sehingga berakhir menjadi pencemar di tanah maupun air. Keberadaan sampah plastik tentu sangat mengganggu makhluk hidup, misalnya biota laut. Limbah plastik juga bisa menurunkan kualitas lingkungan. Selain itu, tingginya konsumsi bahan bakar fosil juga menyumbang polusi yang mencemari lingkungan bahkan menjadi salah satu faktor mempercepat terjadinya perubahan iklim.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Marhcelina Nurcahyati -
Saya Marhcelina (M0819050), mohon izin untuk menjawab
1. Adanya sebuah industri yang melepas zat pencemar/limbah ke badan air walaupun tidak melampaui daya dukung dan daya tampung lingkungan, hal tersebut tetap dinamakan pencemaran air yang dikarenakan air limbah industri. Dalam jangka pendek, air limbah yang masuk ke dalam badan air memiliki senyawa-senyawa tertentu, dimana senyawan tersebut dapat merubah susunan kimia dalam perairan dan bahkan karena adanya reaksi antar senyawa, senyawa yang dihasilkan dapat bersifat toksik, namun dalam jangkauan yang masih dapat diterima atau tidak melebihi baku mutu air. Sedangkan dalam jangka waktu panjang, air limbah yang terus menerus masuk ke badan air, senyawa-senyawa tertentu dalam air limbah dapat terakumulasi sehingga reaksi antara senyawa di badan air menghasilkan zat toksik, dimana karena zat tersebut menyebabkan air melebihi baku mutu dan tidak dapat digunakan sesuai dengan peruntukkannya.
2. Pada dasarnya, manusia hidup sangat tergantung dengan alam. Dimana manusia selalu memanfaatkan alam untuk keberlangsungan hidupnya. Dengan adanya populasi yang semakin meningkat dan disertai sumber daya alam yang semakin berkurang, hal tersebut menjadi permasalahan lingkungan. Dimana sumber daya alam yang ada jumlahnya tidak kian berkurang digunakan untuk menopang kehidupan dari populasi yang terus meningkat, hal tersebut menimbulkan ketimpangan sehingga terjadilah eksploitasi dalam pemanfaatan sumber daya alam. Dengan adanya eksploitasi yang berlebihan tersebut dapat menjadi ancaman untuk lingkungan yang berkelanjutan. Karena dapat timbul aktivitas perusakan alam dan lingkungan tanpa memperdulikan kontinuitasnya, sehingga terjadilah masalah lainnya seperti konflik karena perebutan SDA, tingginya, kriminalitas, kurangnya hidup layak, dan bahkan bencana (seperti banjir, tanah longsor, wabah penyakit, dan sebagainya).
3. Menurut saya, permasalahan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia adalah perubahan iklim. Karena dengan adanya perubahan iklim ini membuat kondisi di bumi berubah dan tidak menentu. Dimana adanya pemanasan global sebagai akibat efek rumah kaca dan penipisan lapisan ozon menyebabkan suhu di bumi kian meningkat, sehingga terjadilah kejadian dimana beberapa pulau kecil tenggelam karena es di kutub yang mencair. Selain itu juga karena terganggunya siklus-siklus yang ada di bumi, munculnya bencana (seperti badai, kekeringan berkepanjangan, dan lainnya), beberapa spesies tidak mampu bertahan hidup/punah karena perubahan cuaca yang ekstrem, dan sebagainya. Permasalahan perubahan iklim mampu mengancam keberlanjutan kehidupan makhluk hidup sehingga diperlukan upaya-upaya seperti adanya reboisasi, penggunaan produk ramah lingkungan, dan sebagainya.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Mardhiah Nurul -
Izin menanggapi, Mardhiah Nurul L (M0819049) Kelas A

1. apabila terdapat zat yang masuk ke badan air tidak sampai melebihi daya dukung dan daya tampung setempat, belum bisa dikatakan terjadi pencemaran karena kualitas lingkungannya belum menurun. akan tetapi, apabila hal tersebut terjadi secara terus menerus efeknya akan terasa di kemudian hari. zat tersebut akan terakumulasi dan suatu waktu pasti akan melampaui daya dukung dan daya tampung badan air tersebut dan menyebabkan pencemaran.
2. ledakan populasi manusia merupakan suatu yang kompleks dan menyebabkan permasalahan yang kompleks pula. aktivitas manusia sudah terbukti menjadi awal dari permasalahan lingkungan, hal-hal seperti penggunaan energi listrik, penggunaan sumberdaya yang tidak terkontrol, timbulan sampah, dan lain sebagainya akan terjadi seiring meningkatnya populasi manusia.
3. menurut saya, ancaman pencemaran lingkungan yang paling utama adalah perubahan iklim. perubahan iklim diawali dari abainya manusia terhadap lingkungan. dari hal sederhana, perubahan iklim dapat terjadi. perubahan iklim akan menyebabkan masalah yang merembet dan saling berkaitan seperti meningkatnya suhu dapat membakar hutan, meningkatkanya permukaan air laut dapat menyebabkan bencana, dan lain sebagainya. karena dapat disebabkan oleh hal sederhana, perubahan iklim juga dapat ditanggulangi dengan cara yang sehari-hari manusia lakukan, seperti penghematan energi, pemilahan sampah, dan lain sebagainya.

Terima kasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Revido Javarendra -
Assalamuallaikum, Selamat Pagi pak Hashfi dan Teman teman. Saya Revido M0819079. Ijin Menjawab

1. Sebuah Industri seharusnya sudah berstandar Regulasi yang mengatur (AMDAL) dan mengharuskan mengelola output/buangan/limbah yang dihasilkan. Untuk Zat Pencemar Cair, sebuah Industri tentunya harus mengelola dengan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah). Hal ini merupakan sebuah upaya pengelolaan untuk menetralkan limbah cair yang akan di buang ke sungai/saluran air. Upaya tersebut akan menekan pencemaran yang di timbulkan, agar tidak melebihi daya dukung dan daya tampung, sehingga air limbah tersebut terlihat netral dan tidak mengganggu lingkungan dengan bau, warna dan kualitas. Tujuan ini ditujukan untuk mengurangi dampak jangka pendek. Namun zat pencemaran yang tidak terdegradasi oleh badan air akan terakumulasi dalam jangka waktu yang lama, dan seiring berjalannya waktu kualitas dan kuantitas air akan menurun yang akhirnya tercemar juga.

2. Ledakan Populasi menjadi ancaman bagi lingkungan karena Manusia merupakan makhluk yang sangat konsumtif, yang akan melakukan apa saja untuk memenuhi keinginannya. Keinginan dapat tercapati dengan memanfaatkan Sumber Daya yang ada. Pemanfaatan Sumber Daya yang tidak di barengi pengelolaan dan perlestarian Sumber Daya akan mengancam perusakan lingkungan. Dan Ledakan Populasi akan menjadi ancaman jika eksploitasi besar besaran untuk memenuhi kehidupan manusia tersebut, sedangkan lingkungan tidak bisa menyediakan secara cepat sehingga akan rusak dan tidak bisa tumbuh kembali .

3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang akan menjadi ancaman serius bagi Indonesia dan dunia adalah Perubahan Iklim. Dikarenakan perubahan iklim dapat merubah tatanan yang ada di Bumi. Jangka Panjang dari perubahan iklim adalah pola manusia yang akan berbeda. Perubahan iklim dapat menekan kenaikan emisi gas rumah kaca yang sangat berbahaya bagi dan karena aktivitas manusia dengan begitu akan sangat sulit di kelola karena ini mencakup seluruh dunia.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Zaenal Abidin -
saya zaenal abidin, nim M0819094 izin menjawab

1. Zat pencemar yang masuk ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan dalam jangka pendek mungkin tidak terlalu berbahaya karena masih dalam kemampuan lingkungan untuk mentoleranzi zat pencemar. Tetapi, dalam jangka panjang zat pencemar akan melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan, sehingga berbahaya bagi badan ar.

2. Ledakan populasi manusia bisa menjadi ancaman bagi lingkungan karena manusia pasti akan membutuhkan SDA untuk kehidupan sehari-hari. Apabila populasi manusia terus meningkat maka SDA yang digunakan akan lebih banyak dan SDA akan terus berkurang. Hal ini mengakibatkan ketidak seimbangan alam atau lingkungan.

3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia adalah pencemaran (air, udara, dan tanah). Karena ke 3 komponen tersebut adalah komponen yang sangat penting bagi kehidupan. Apabila salah satu atau ketiga komponen tersebut telah mengalami pencemaran yang berlebihan makan akan terjadi ketidak seimbangan lingkungan.

Sekian dan Aurakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Nunik Sulistyaningrum -
Selamat pagi pak, saya Nunik Sulistyaningrum (M0819066) izin menjawab

1. Hal yang terjadi apabila limbah masuk ke dalam badan air adalah terjadinya pencemaran air. Badan air yang mengalami pencemaran meskipun sedikit saja, dapat menimbulkan masalah yang serius bagi lingkungan. Dampak jangka pendeknya adalah banyaknya biota yang mati akibat pencemaran, terjadinya perubahan rasa, bau, dan warna pada air, serta menurunnya daya dukung perairan. Dampak jangka panjangnya yaitu perairan tidak dapat memenuhi fungsi peruntukannya karena limbah perairan sudah mengalami akumulasi sehingga perairan mengalami pencemaran yang parah.

2. Ledakan populasi dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena apabila terjadi ledakan populasi, maka kebutuhan penduduk pun akan meningkat, sehingga mereka melakukan eksploitasi pada alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu mereka juga akan melakukan pencemaran seperti melakukan pembakaran hutan untuk pembukaan lahan menjadi pemukiman, karena tidak banyak lahan yang tersisa untuk dijadikan tempat tinggal.

3. Permasalahan lingkungan yang terjadi dan menjadi ancaman Indonesia maupun dunia menurut saya sama saja, seperti pencemaran lingkungan yang meliputi pencemaran air, udara, tanah, dan kebisingan. Pabrik dan kendaraan bermotor merupakan pemicu utama terjadinya permasalahn lingkungan karena dapat memicu terjadinya pemanasan global.

Terimakasih pak
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Natasha Dewina Raissa Putri -
Saya Natasha Dewina M0819062 izin menjawab :
1. Apabila sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan, kondisi tersebut belum terjadi pencemaran. Namun apabila dalam jangka panjang zat pencemar tersebut terus masuk ke badan air, maka akan menimbulkan pencemaran yang berdampak bagi lingkungan
2. Ledakan populasi menjadi ancaman bagi lingkungan karena semakin banyak manusia maka akan semakin banyak sumber daya yang dibutuhkan maka akan menimbulkn penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya alam
3. Permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius yaitu pencemaran udara, karena saat ini banyak terjadi pembakaran hutan dan banyak kendaraan berasap yang menimbulkan pencemaran udara
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Rifvanda Helmi -
Assalamualaikum pak hashfi, saya Rifvanda Helmi M0819081 izin menjawab
1. Saat limbah cair dibuang ke badan air masih berada dibawah batas daya dukung dan daya tampung, maka akan terjadi reaksi yang masih ringan dalam waktu dekat, seperti penurunan kualitas air. Namun pada jangka panjang, bagi badan air yang mengalir akan bereaksi dengan senyawa lainnya, sehingga akan membentuk senyawa lainnya yang mana bersifat antagonis (merugikan) bagi sungai sehingga disungai akan terdapat tds (total disolved solid) sebagai akibat yang mana akan mengurangi kualitas air sungai. Sedangkan pada badan air tidak mengalir (in situ), zat-zat pencemar akan membuat daerah perairan menjadi sangat tercemar dengan ditemukan tss (total suspended solid), tds, dan hal-hal yang mengurangi kualitas air. Selain itu di perairan in situ juga terdapat substrat didasarnya maka partikel berat seperti logam akan tenggelam dan bergabung dengan substrat tersebut. Sehingga apabila badan air tercemar, maka kualitas air di perairan in situ akan lebih buruk daripada perairan mangalir.
2. Ledakan populasi manusia memang akan mengancam bagi lingkungan. Alih fungsi lahan yang menjadikan lahan kosong menjadi kawasan pemukiman, perkebunan dan sawah, serta daerah yang menjadi sempit akibat kepadatan penduduk yang terus meninggi. Selain itu dalam kehidupan manusia akan menghasilkan residu/limbah. Dengan populasi yang sangat banyak maka tak heran bahwa sampah yang dihasilkan akan menjadi besar juga. Manusia juga membutuhkan SDA untuk memenuhi kebutuhannya juga, sehingga banyak pohon yang ditebang, tanah yang dikeruk, udara yang dicemari oleh alat transportasi dan pabrik, serta air yang dicemari karena sebagai penampung limbah.
3. Permasalahan yang menjadi ancaman serius bagi dunia yaitu perubahan iklim. Karena perubahan iklim dipicu oleh efek rumah kaca yang berlanjut pada global warming (pemanasan global). Dampak global warming akan mengakibatkan pencairan es dikutub sehingga meningkatkan muka air laut. Perubahan iklim akan mengakibatkan terjadinya badai di seluruh dunia, iklim yang hiperbola (terlalu panas atau dingin), kerusakan tanah, kerusakan air, banjir rob dan tsunami
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Murni Nurwulandari -
Selamat pagi, Pak Hashfi dan teman-teman. Saya Murni Nurwulandari (M0819060) izin menjawab.

1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar cair ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan maka hal tersebut belum dikatakan tercemar berat, di mana badan air dapat memulihkan kondisinya seperti semula. Tetapi dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut tetap akan mempengaruhi badan air dimana akan mengancam habitat perairan dan akan berpengaruh pada siklus air yang pada akhirnya air tersebut dikonsumsi oleh manusia itu sendiri.
2. Manusia hidup sangat bergantung kepada alam. dengan adanya pertambahan ledakan populasi, maka penggunaan sumber daya alam juga akan lebih banyak yang dapat menyebabkan semakin langkanya sumber daya dan semakin banyak limbah yang dihasilkan. Sehingga hal tersebut memicu terjadinya permasalahan baru yang dapat menurunkan kualitas lingkungan.
3. permasalahan lingkungan yang dapat menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia yaitu kebakaran hutan atau deforestasi. Dimana diketahui bahwa hutan menjadi paru-paru bumi, yaitu dapat menyimpan oksigen dan menyerap karbondioksida, hutan menjadi tempat keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu pohon-pohon juga dapat menyimpan cadangan air dimana air menjadi hal yang sangat penting bagi manusia maupun makhluk hidup. Jika hutan mengalami deforestasi, maka dapat memicu banyak terjadi permasalahan lingkungan, misalnya hilangnya habitat flora fauna, suhu bumi semakin panas, banjir, kekeringan, tanah longsor, dll.

Terima kasih.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Anne Nur Vita Sari -
Saya Anne Nur Vita Sari (M0819007) dari kelas A izin menjawab.

1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan maka badan air tersebut masih belum tercemar atau termasuk dalam pencemaran ringan. Akan tetapi jika zat pencemar air dilepaskan secara terus menerus ke badan sungai tanpa melalui pengolahan terlebih dahulu maka hal itu akan berakibat pada pencemaran air sedang hingga tercemar berat. Dampak jangka pendeknya mungkin badan air tersebut akan mengalami perubahan warna air, bau dan rasa dan jangka panjangnya bila zat pencemar terakumulasi secara terus menerus akan menyebabkan hilangnya ekosistem yang ada di badan air tersebut.

2. Ledakan populasi manusia dapat menjadi ancaman bagi lingkungan karena ledakan populasi dapat mempengaruhi sumber daya alam yang ada di bumi. Manusia hidup di bumi ini bergantung pada air, udara, bahan bakar, sumber daya alam yang semuanya diperoleh dari alam. Jika terjadi suatu ledakan populasi di dalam suatu waktu di suatu tempat atau daerah maka dampaknya yaitu terjadi pada kualitas dan kuantitas sumber daya alam yang terus menurun akibat penggunaan sumber daya alam yg berlebihan. Ledakan populasi yang terus menerus bertambah akan menyebabkan semakin langkanya sumber daya yang ada di bumi.

3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia yaitu ledakan populasi itu sendiri. Hal itu dikarenakan ledakan populasi mempengaruhi sumber daya alam yang ada di bumi. Ledakan populasi juga berpengaruh pada permasalahan lainnya seperti penurunan kualitas lingkungan. Karena bertambahnya populasi yang ada di suatu daerah yang berdampak pada penurunan kualitas lingkungan yang tentunya berdampak pada masa yang akan mendatang. Selain itu, Kepadatan populasi yang semakin berkembang akan membuat kebutuhan barang dan saja akan terus meningkat. Banyak orang yang memiliki kendaraan sehingga jalanan menjadi macet dan polusi udara semakin meningkat. Dengan konsumsi energi yang berlebihan akan membuat lingkungan semakin tercemar.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Hafidh Adnan -
Assalamualaikum wr wb Pak Hashfi, saya Hafidh Adnan S (M0819036) izin menjawab,
1. Limbah dari industri yang dibuang ke sungai / badan air akan menimbulkan bau yang tidak enak. Bau ini tentu sangat mengganggu kenyamanan pada lingkungan sekitar, serta dapat berbahaya bagi manusia karena air limbah tersebut mengandung banyak gas metana. Sedangkan untuk jangka panjangnya yaitu dapat mempengaruhi keanekaragaman / biodiversitas biota-biota yang ada di sungai / badan air tersebut karna kadar BOD serta COD yang masih tinggi.
2. Dengan semakin meningkatnya populasi manusia tentunya berdampak terhadap keseimbangan lingkungan / menjadi sebuah ancaman bagi lingkungan, antara lain yaitu semakim sedikitnya ketersediaan air bersih dan udara bersih serta juga berpengaruh terhadap ketersediaan lahan kosong / ruang terbuka hijau yang digunakan sebagai pemukiman.
3. Menurut saya permasalahan yang menjadi ancaman serius yaitu deforestasi / penggundulan hutan, karena fungsi utamanya yaitu sebagai penyerap zat-zat karbon dan juga sebagai habitat berbagai satwa, maka dengan adanya deforestasi hutan berbagai bencana atau permasalahan lainnya akan timbul
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Nia Agustina -
Assalamualaikum Wr. Wb, saya Nia Agustina NIM M0819063 ijin menjawab

1. Air limbah yang masuk ke dalam badan air dalam jangka pendek contohnya seperti limbah detergen yang akan menyebabkan munculnya busa di badan air, busa dapat menghalangi cahaya masuk ke dalam air dibutuhkan oleh biotik air. Sedangkan dampak jangka panjang air limbah akan menyebabkan pencemaran pada badan sungai. Badan air yang tercemar akan mengakibatkan kerusakan ekosistem di dalam badan air tersebut serta menurunkan kualitas air bahkan dapat menjadi toksik, sehingga tidak dapat dimanfaatkan lagi.
2. Ledakan populasi berarti jumlah penduduk yang semakin bertambah. Pertambahan penduduk akan beriringan dengan peningkatan pemenuhan kebutuhan penduduk dimana kebutuhan manusia berasal dari alam. Contohnya: untuk memenuhi kebutuhan makanan maka deforestrasi hutan untuk pertanian semakin meningkat. Pada perkotaan semakin banyak jumlah penduduk maka lahan untuk perumahan juga meningkat sehingga lahan ruang terbuka hijau yang dapat berfungsi sebagai resapan air dan pembersih udara perkotaan menurun. Selain itu kebutuhan akan air tanah akan terus bertambah dan semakin padat penduduk maka yang menggunakan kendaraan bermotor akan meningkat dan menghasilkan emisi yang besar.
3. perubahan iklim menjadi ancaman yang serius bagi indonesia maupun dunia. hal tersebut karena perubahan iklim memberikan dampak yang besar dan secara global. perubahan iklim dapat menyebabkan krisis air dan pangan yang sangat dibutuhkan manusia. selan itu perubahan iklim dapat menimbulkan bencana yang lain seperti cuaca ekstrim dan banjir bandang, kebakaran hutan, dll.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Olivia Firdaus -
Assalamualaikum Pak Hashfi dan teman-teman, saya Olivia (M0819068) izin menjawab,
1. Ketika sebuah industri melepas limbah ke badan air teapi tidak melebihidaya dukung dan daya tampung lingkungannya, maka hal ini tidak akan menyebabkan pencemaran. Dampak jangka pendek yang dihasilkan masih belum nampak, akan tetapi dampak jangka panjang jika zat pencemar terakumulasi di sungai tersebut adalah terjadinya kerusakan lingkungan atau pencemaran. Dapat terjadi perubahan fisik sungai, kematian biota/ biodiversity loss, dan menurunnya fungsi sungai.
2. Ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan, hal ini karena meningkatnya kebutuhan manusia akan sumber daya serta meningkatnya aktivitas manusia yang tentu menyebabkan pencemaran. Contohnya adalah semakin tinggi populasi penduduk maka semakin tinggi pula kebutuhan akan lapangan pekerjaan, hal ini menyebabkan terjadinya pembukaan misal pabrik baru yang tentu akan menyebabkan pertambahan emisi dan bahkan deforestasi.
3. Menurut saya, permasalahan yang menjadi ancaman bagi Indonesia maupun dunia adalah permasalahan yang berkaitan dengan limbah seperti perubahan iklim karena limbah industri dan penumpukan sampah plastik yang menyebabkan banyak masalah pencemaran. Perubahan iklim salah satunya disebabkan karena akumulasi emisi GRK di atmosfer. Manusia cenderung abai dengan dampak gas buang tersebut, kegiatan industri dan transportasi yang tinggi tidak disertai dengan upaya perbaikan lingkungan. Dampak yang dirasakan sekarang adalah terjadinya perubahan iklim atau climate change. Mencairnya es di kutub, kemarau yang berkepanjangan, dan meningkatnya curah hujan menyebabkan masalah baru pula pada Indonesia dan dunia. Penumpukan sampah plastik menyebabkan banyak masalah seperti biodiversity loss, pencemaran air, pencemaran tanah.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Jashinta Anggi Pebriane Sitepu -
Selamat pagi Pak Hashfi.
Saya Jashinta Anggi Pebriane Sitepu M0819044/A izin menjawab.
1. Pelepasan zat pencemar air jika dilakukan tapi tidak melebihi daya dukung dan daya dampung, tidak akan memberikan secara langsung/dampak yang signifikan namun jika terus menerus dilakukan akan memberikan dampak yang luar biasa. Dampak jangka pendeknya mungkin hanya terjadi sebentar saja dan dapat dinetralkan kembali oleh badan air tetapi dampak jangka panjangnya adalah dapat membuat penurunan kualitas air, serta akan mempengarui organime lainnya dan susah untuk dinetralkan kembali.
2. Peningkatan populasi masnusia yang signifikan juga akan meningkatkan penggunaan kebutuhan manusia juga. Peningkatan kebutuhan manuisa ini juga akan meningkatkan penggunaan sumberdaya alam untuk membuat kebutuhan. Penggunaan sumberdaya yang terus menerus akan membuat SDA semakin menipis. Tidak hanya itu, produksi dari pembuatan kebutuhan juga akan menghasilkan suatu zat sisa/sampah dimana hal ini juga akan semakin meningkat dan dapat menyebabkan pencemaran juka dilakukan secara berkelanjutan. Penggunaan produk oleh manusia juga akan menimbulkan zat sisa yang semakin meningkat. Dengan kata lain, peningkatan populasi juga akan meningkatkan zat sisa, jika zat sisa ini dibuang ke lingkungan secara terus menerus akan membuat degradasi lingkungan.
3. Permasalahan lingkungan yang dapat mengancam seluruh dunia adalah peningkatan populasi manusia karena dengan meningktanya populasi manusia akan membuat berbagai permasalahan lingkungan, seperti pencemaran polusi, air tananh dan lain sebaginya, akibat dari pemenuhan kebutuhan manuisa dan zat sisa proses dan penggunaan produk.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Edbert Lintang Panoto Nagari Satrio -
Selamat pagi Pak Hashfi dan teman-teman,
Saya Edbert Lintang Panoto Nagari Satrio NIM M0819025 Kelas A izin menjawab,
1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar cair ke badan air maka otomatis akan melepas zat B3 ke badan air dan kemudian akan bercampur. Limbah tersebut akan terus berada didalam badan air dan bahkan tersebar luas ke daerah lain. Dampak jangka pendek dalam hal ini belum terlihat karena penurunan kualitas air belum signifikan namun dalam jangka panjangnya akan sangat terasa apalagi jika air tersebut sudah dikonsumsi oleh manusia akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius
2. Ledakan populasi manusia jelas sangat berdampak negatif dan menjadi sebuah ancaman bagi lingkungan. Peningkatan populasi otomatis meningkatkan kebutuhan bagi manusia. Pemenuhan kebutuhan hidup manusia tentunya akan menguras sumberdaya yang dimiliki. selain menguras sumberdaya alam, pemenuhan kebutuhan manusia akan menghasilkan zat buangan yang tentunya akan bertambah pula. Pengurangan sumberdaya alam dan peningkatan jumlah zat buang akan mengancam lingkungan manusia karena jika daya dukung dan daya tampung lingkungan terlampaui, maka lingkungan akan sulit dipulihkan dan memunculkan degradasi lingkungan.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia adalah eksploitasi sumberdaya alam. Indonesia masih sangat bergantung pada sumber daya alam terutama sumber daya alam yang tak terbarukan. Indonesia terus mengeksploitasi tanpa memperhatikan aspek berkelanjutan dan hal itu yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia karena akan memperngaruhi terhadap ketersediaan sumberdaya alam itu sendiri.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by lantip asyam ammar -
Selamat pagi Pak Hasfi, saya Lantip Asyam Ammar nim M0819047 izin menjawab

1. Mungkin jangka pendeknya jarang dirasakan, akan tetapi, jangka panjangnya zat kimia terbut akan jenuh dan pada akhirnya mempengaruhi kualitas air, mengganggu kehidupan biota yang ada dalam air.

2. Ledakan populasi menjadi ancaman, dkarenakan dengan adanya hal tersebut maka kebutuhan manusia itu sendiri juga mengalami peningkatan. Mulai dari pemukiman, kebutuhan makanan, kebutuhan pakaian, listrik, air, dan lain sebagainya. Sementara keadaan lingkungan terus digembosi atau di eksploitasi. Sumber day sendiri memiliki batas untuk sda yabg tidak dapat diperbaharui dan waktu recovery untuk sda yang terbarukan.

3.Sampah, karena setiap kegiatan mau di Indonesia atau dimanapun pasti menghasilkan sampah. Terlihat bagaimana sampah mencemari laut dan biotanya. Kemudian sungai sungai yang tercemar dan tersumbat akhirnya menyebabkan banjir. Di Indonesia sendiri banyak banget gunung sampah yang itu mempengaruhi kehidupan masyarakatnya.

Sekian, terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Mohammad Reyhan fahrezi -
Mohammad Reyhan Fahrezi M0819052 izin menjawab
1. menurut saya, untuk dampak dari jangka pendeknya blm dapat mencemari dan membahayakan lingkungan, karena zat dari pencemar tersebut masih blm melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan itu sendiri. Akan tetapi, untuk dampak jangka panjangnya tentu akan sangat berdampak pada kesehatan lingkungan, jika hal tsb tidak dikelola dengan baik dan cenderung dibiarkan saja maka upaya pemulihan juga semakin sulit dan tingkat pencemaran juga semakin tinggi

2. Ledakan populasi mengharuskan manusia melakukan pembangunan besar-besaran untuk kehidupan mereka. Hal tersebut menyebabkan berkurangnya daerah vegetasi dibumi sehingga dapat memicu pemanasan global dan perubahan iklim yg tidak stabil.

3. menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius adalah pemanasan global. Pemanasan global menyebabkan berbagai dampak dibumi termasuk perubahan iklim yg tidak stabil. Perubahan iklim yg tidak stabil menyebabkan bencana yang dapat mengganggu aktifitas manusia. Hal tsb hrs menjadi urgensi dunia dan khusudsnya indonesia
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Diva Maulida -
diva maulida M0819023 izin menjawab

Kasus tersebut masih dalam status adanya polusi yaitu masuknya zat asing ke lingkungan namun belum termasuk pencemaran karena tidak melebihi daya dukung dan daya tampung. Namun pengaruhnya apabila terus menerus tanpa memperhatikan proses pemulihan lingkungan tersebut bisa berakibat pada pencemaran baik dalam jangka panjang dan jangka pendek.
2. Ledakan populasi memicu jumlah pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

3. Polusi udara, karena dari dulu kasus pembakaran hutan menyebabkan asap yang mengganggu penerbangan nasional dan internasional serta memicu peningkatan pada pemanasan global.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Herlina Noor Agustin -
Assalamualaikum, selamat pagi pak. Saya Herlina Noor Agustin (M0819040/A) izin menjawab,
1. Jika sebuah industri melepas zat pencemar cair (air limbah) ke badan air namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan dampak jangka pendek nya yaitu setetes limbah cair yang dibuang ke sungai dengan tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan, maka tidak akan menyebabkan sungai itu tercmar. Namun jika dalam jangka panjang akan terakumulasi secara terus menerus dari tahun ke tahun walapun setiap limbah yang dibuang tidak melebihi daya dukung dan daya tampung, maka sungai tersebut akan tetap menjadi tercemar.
2. Ledakan populasi manusia menjadi ancaman bagi lingkungan, karena , pada dasarnya manusia sangat bergantung pada sumber daya alam. Peningkatan populasi manusia di suatu wilayah akan berpenaruh terhadap sda di wilayah tersebut, yang mana sda tersebut akan mengalami penurunan karena adanya penggunaan sda yang berlebihan. Wilayah yang memiliki epadatan penduduk tinggi dan ledakan populasi penduduk nya tinggi maka akan menyebabkan menurunnya ketersediian air bersih, lonjakan permintaan kebutuhan pangan meningkat, tingginya timbulan sampah, tingginya penggunaan energi listrik, dan limbah septitank yang tinggi karena dapat mencemari air tanah. Jadi semakin banyak manusia akan menyebabkan penurunan kualitas lingkungan.
3. Menurut saya, permasalahan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia mauapun dunia yang yaitu pada timbulan sampah dan polusi udara yang disebabkan karena semakin banyaknya pertumbuhan manusia di bumi ini. semakin banyak manusia yang setiap harinya melakukan berbagai aktivitas, secara langsung akan menimbulkan sampah berupa jenis apapun dan sebagian besar manusia menomor satukan penggunaan kendaraan dalam melakukan aktivitas perjalanan, sehingga dari kegiatan tersebut sangat memungkinkan adanya peningkatan timbulas sampah dan pencemaran udara yang tinggi.
Terimakasih pak.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Bhefira Syafitri Hartawan -
Selamat pagi, saya Bhefira Syafitri H/M0819012/A Izin menjawab

1. Jika tidak melebihi daya tampung dan daya dukung lingkungan bisa dikatakan belum terjadi pencemaran berat. Menurut saya jdinya untk dampak jangka pendeknya tdk terlalu terganggu. Namun utk jangka panjang dengan keadaany yg terus menerus bisa melebihi daya dukung dan daya tampung badan air itu sendiri sehingga merusak.
2. Iya karena meningkatnya populasi manusia secara langsung berhubungan dgn kebutuhan hidup yang hampir seluruhnya memanfaatkan sumber daya alam. Karena itu bisa memicu perubahan kualitas lingkungna itu sendiri, seperti, mutu air semakin merosot karena pertambahan penduduk yang cepat sehingga limbah dari aktivitas penduduk dan industri turut mempercepat menurunnya kualitas sumber air yang ada dengan dialirkan atau dibuangnya limbah ke sungai ataupun laut lepas. Pada daerah tertentu juga penebangan hutan dan aktivitas pertambangan juga turut mencemari sumber air.
3. Menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius adalah pemanasan global, karena pemanasan global itu bisa menyebabkan banyak permasalahan lain, seperti kenaikan permukaan air laut sampai bisa tenggelam daratanya, banjir, memicu perubahan iklim, kekeringan, ketahanan pangan, krisis air bersih, gangguan kesehatan, dll
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Desta Eka Fahrurozi -
Selamat pagi pak Hashfi, izin menjawab.
1. Jika masih dalam batas DDDT, dalam jangka pendek tidak menimbulkan masalah serius. Namun jika hal tsb terjadi secara berulang dalam jangka panjang maka zat pencemar akan terakumulasi dan menyebabkan masalah serius yaitu tercemarnya sungai karena telah melebihi DDDT.

2. Ledakan populasi berarti kebutuhan manusia yang dipenuhi dari alam juga berbanding lurus. Semakin banyak populasi maka semakin masif peng eksploitasian sumber daya alam, ending nya lingkungan lah yang berpotensi tinggi untuk rusak.

3. Pencemaran lingkungan yang bersifat kompleks, masif, serta berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Sbg contoh kebakaran hutan, kenaikan suhu rata-rata global, serta naiknya permukaan air laut.

Sekian dan Terima kasih.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by reza erwandha -
Assalamualaikum, pak camat pergi mencari wifi, selamat pagi pak hashfi. Saya Reza Erwandha NIM M0819080 izin menjawab pak.
1. Jika sebuah industri membuang limbah cair ke badan air namun tidak melebihi carying capacity maka akan terdapat dampak jangka pendek maupun jangka panjangnya. Dampak jangka pendeknya berupa perubahan kondisi fisik badan air seperti warna, kekeruhan, dan bau. Sedangkan dampak jangka panjangnya berupa akumulasi zat pencemar yang lambat laun dapat menurunkan kualitas air sehingga tidak bisa digunakan untuk sebagaimana peruntukan nya lagi, menyebabkan masalah kesehatan, membunuh biota yang hidup diperairan, serta menimbulkan kelangkaan air bersih.
2. Populasi manusia kian meningkat setiap waktu. Manusia sangat bergantung pada sumber daya alam, jika pertumbuhan populasi manusia tidak terkendali maka akan menyebabkan kebutuhan sumber daya alam meningkat, sedangkan ketersediaan sumber daya alam terbatas. Hal tersebut tentu berpotensi menimbulkan permasalahan lingkungan seperti munculnya pemukiman padat dan kumuh, kelangkaan sumber daya, serta konflik sosial lingkungan ( perang saudara untuk berebut sumber daya ).
3. Menurut saya ada beberapa permasalah lingkungan yang menjadi ancaman dunia saat ini, diantaranya :
A. Pencemaran
Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah pencemaran masih menjadi pekerjaan rumahyang harus diselesaikan. Sampai detik ini masih banyak industri yang membuang limbahnya tanpa diolah terlebihdahulu sesuai ketentuan sehingga menyebabkan pencemaran dan menurunkan kualitas lingkungan hidup. Hal tersebut tentu akan berbuntut pada masalah lain, seperti kesehatan, dan kesejahteraan manusia.
B. Perubahan Iklim
Di saat ini, pergantian musim sulit ditebak, suhu bumi pun meningkat. Hak tersebut tidak lain disebabkan oleh adanya gas rumah jaca yang timbul akibat penggunaan bahan bakar fosil dan pembakaran yang tidak sempurna.
3. Deforestasi
Bisa disepakati bersama bahwa hutan memegang peranan penting bagi kehidupan. Hutan merupakan penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida. Selain itu, keberadaan hutan juga bisa sebagai pengendali iklim maupun filter air. Namun di era sekarang ini, hutan banyak ditebang dan digantikan dengan pabrik pabrik sehingga sekarang sering sekali terjadi bencana, terutama banjir dan tanah longsor.
4. Ledakan populasi
Populasi manusia kian meningkat setiap waktu. Manusia sangat bergantung pada sumber daya alam, jika pertumbuhan populasi manusia tidak terkendali maka akan menyebabkan kebutuhan sumber daya alam meningkat, sedangkan ketersediaan sumber daya alam terbatas. Hal tersebut tentu berpotensi menimbulkan permasalahan lingkungan seperti munculnya pemukiman padat dan kumuh, kelangkaan sumber daya, serta konflik sosial lingkungan ( perang saudara untuk berebut sumber daya ).
5. Spesies Invasif
Spesies Invasif merupakan spesies yang diintroduksi secara sengaja maupun tidak sengaja ke dalam suatu habitat dan mendominasi ekosistem. Hadirnya spesies invasif dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan menyebabkan suatu spesies punah. Spesies asli dapat punah karena kalah bersaing dengan spesies invasif. Permasalahan spesies invasif memang belum banyak diperhatikan, namun hal tersebut dapat menjadi permasalahan serius karena penyebarannya dapat terjadi secara cepat, lintar waktu lintas ruang.
6. Krisis kesadaran lingkungan
Tidak bisa disanggah bahwa aspek culture juga berperan dalam permasalahan lingkungan. Kesadaran penuh danketerlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan lingkungan, namun sayangnya hal tersebut masih jauh dari kata tercapai. Masyarakat saat ini cenderung kurang sadar dan peduli terhadap lingkungan, bahkan cenderung mengabaikan. Hal tersebut tentu dapat memicu timbulnya permasalahan lingkungan.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Daniel Surya Wijaya -
Saya Daniel Surya W / M0819017, izin menanggapi,
1. Menurut saya, kasus tersebut sudah termasuk dalam kasus pencemaran karena terdapat zat lain yang masuk ke dalam badan air sehingga merubah susunan aslinya. Namun, karena kadarnya belum melebihi daya dukung dan daya tampung dari badan air tersebut maka zat pencemar tersebut masih dapat dinetralkan oleh lingkungan badan air tersebut. Meskipun begitu proses penetralan zat pencemar oleh lingkungan tetap membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bila pencemaran tetap dilakukan dengan volume pencemaran yang tidak berkurang atau malah bertambah dari waktu ke waktu maka suatu saat daya dukung dan daya tampung lingkungan tersebut pasti akan terlampaui dan merusak kawasan lingkungan sekitar.
2. Populasi manusia yang semakin bertambah besar pasti akan menyebabkan meningkatnya kebutuhan air bersih, udara, kebutuhan pangan, dan kebutuhan lahan yang akan berimbas pada terlampauinya daya dukung dan daya tampung lingkungan sehingga akan menyebabkan kerusakan lingkungan.
3. Menurut saya, sampah telah menjadi permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius baik bagi Indonesia maupun dunia. Alasannya karena sampah adalah permasalahan yang berkelanjutan. Sampah akan dihasilkan setiap kali manusia menggunakan sebuah produk atau jasa, sehingga laju pertumbuhan sampah terjadi setiap hari dan tidak terkendali, sedangkan penangannya untuk saat ini dinilai sangat lambat dan tidak mampu mengimbangi laju pertumbuhan sampah.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Bella Kurniawati -
Saya Bella Kurniawati-M0819011-A, Mohon izin menjawab pak
1. Menurut saya, walaupun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung apabila telah memasukkan atau melepas zat pencemar ke badan air akan mengakibatkan pencemaran yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Entah itu dalam jumlah kecil maupun besar hal tersebut sudah termasuk dalam pencemaran. Dalam jangka pendek mungkin belum ada dampak yang timbul secara signifikan. Akan tetapi dampak jangka panjangnya, apabila hal tersebut dilakukan secara terus menerus, zat pencemar akan terus terakumulasi di dalam air dan tanah serta akan menimbulkan dampak yang dapat merusak ekosistem sehingga berdampak pada berbagai aspek kehidupan lainnya.
2. Meningkatnya jumlah populasi dapat berdampak besar bagi lingkungan. Jumlah lahan yang digunakan untuk tempat tinggal akan semakin bertambah. Perubahan lahan pertanian menjadi kawaan pemukiman, bisnis maupun industri. Hal terdapat menurunkan pasokan sumber makan. Selain itu, manusia yang akan melakukan eksploitasi secara besar-besaran demi memenuhi kebutuhan mereka. Semakin meningkatnya jumlah populasi akan membuat Daya dukung dan daya tampung lingkungan melebihi kapasitas. Pencemaran juga akan meningkat karena peningkatan jumlah penduduk.
3. Perubahan Iklim. Isu tersebut merupakan isu yang sangat serius dan sangat perlu untuk di perhatikan baik secara naional maupun internasional. Karena perubahan iklim akan berdampak pada berbagai lini aspek kehidupan manusia. Walaupun perubahannya tidak terasa secara langsung, akan tetapi dampak yang dapat ditimbulkan akan sangat berdampak di berbagai aspek. Misalnya perubahan cuaca, naiknya permukaan laut, dsb.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Syarifuddin Yudhanto -
1. limbah cair saat dibuang ke badan air akan teroksidasi, sehingga tingkat kekadarannya menurun jika tidak melebihi daya tampung dan daya dukung, seperti yang disebutkan. Dampak jangka pendeknya ialah air akan memiliki kadar zat limbah tersebut walaupun sudah tereduksi. Dampak jangka panjang ialah air akan menurun kualitasnya, dan jangka waktunya tergantung jenis perairannya jika tidak mengalir maka akan lebih cepat penurunannya karena zat tersebut akan mengendap di air.
2. karena makhluk hidup membutuhkan ruang untuk bertahan hidup sehingga akan membuka lahan lebih luas lagi. selain itu pembukaan lahan juga untuk kepentingan lainnya seperti perkebunan, pertanian, perladangan, dan lain sebagainya. yang akan menyebabkan degradasi lingkungan.
3. Perubahan iklim. karena manusia tidak bisa mengendalikannya hanya bisa menjaganya sesuai yang apa seharusnya terjadi.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Muhammad Fajar Sani -
Saya M. Fajar Sani (M0819055/B) ijin menjawab,

1. Jika sebuah industri membuang air limbahnya ke badan air namunz tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan maka dampak jangka pendek tidak terlalu berbahaya, namun jika hal itu dilakukan secara terus menerus maka dampak jangan panjang yang akan terjadi yaitu zat pencemar tersebut bisa melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan sehingga bisa menyebabkan pencemaran lingkungan serta kerusakan ekosistem yang ada di badan air tersebut.
2. Ledakan populasi manusia bisa menjadi ancaman bagi lingkungan karena bertambahnya jumlah manusia tersebut pastinya juga akan menambah kebutuhan sumber daya alam yang dibutuhkan manusia. Selain itu dengan bertambahnya jumlah populasi manusia pastinya juga akan menambah buangan dari aktivitas manusia. Hal - hal tersebutlah yang akan menjadi ancaman bagi lingkungan jika terjadi ledakan populasi manusia.
3. Menurut saya permasalahan lingkungan yang menjadi ancaman serius bagi Indonesia maupun dunia yaitu polusi udara. Polusi udara yang dihasilkan di seluruh dunia pastinya bisa menyebabkan pemanasan global yang dampaknya juga akan dirasakan di Indonesia maupun dunia.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Mochamad Erwantyo Nugroho -
Saya Mochamad Erwantyo Nugroho (M0819051) kelas A izin menjawab pak
1. Apabila suatu industri melepas zat pencemar cair namun tidak melebihi daya dukung dan daya tampung lingkungan maka dalam rentang pendek tidak akan memberikan dampak yang signifikan. Hal ini dikarenakan badan air tersebut masih baik dan dapat menyokong zat pencemar. Akan tetapi jika zat pencemar dari limbah terjadi secara terus-menerus dalam rentang panjang akan memberikan dampak yang signifilan atau pencemaran berat. Zat pencemar akan terakumulasi dan daya dukung daya tampung akan melemah. Sehingga selain lingkungan, manusia pun juga dapat mengalami kerugian akibat dari terjadinya pencemaran. Seperti kerusakan ekosistem, makhluk hidup perairan dan manusia bisa terkena penyakit
2. ledakan populasi dari manusia dapat menjadikan sebuah ancaman dan berbagai permasalahan bagi lingkungan. Sebab seiring bertambahnya jumlah manusia, sumberdaya alam akan semakin berkurang untuk memenuhi kebutuhannya. Pencemaran akan marak terjadi baik bersumber rumah tangga maupun industri. Selain itu luas daerah yang dapat ditumbuhi tumbuhan akan berkurang dengan dijadikan tempat tinggal dan kualitas air dapat menurun. Padahal sumber daya alam memiliki jumlah yang sangat terbatas
3. Permasalahan lingkungan yang menjadi sebuah ancaman serius antara lain sampah dan emisi CO2. Sebab setiap aktivitas yang dilakukan manusia tidak jauh dari penggunaan plastik dan sejenisnya. Serta emisi dari industri dan penggunaan kendaraan kini marak terjadinya. Sehingga apabila tidak dilakukan pengelolaan dengan bijak dapat menurunkan kualitas lingkungan. Bahkan peningkatan CO2 dapat menjadi pemicu dari pemanasan global
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Bramukti Setiawan -
Assalamualaikum pak, saya Bramukti Adam S (M0819013) izin menjawab.
1. Jika sebuah industri melepas sisa hasil produksinya berupa zat pencemar cair ke badan air maka zat tersebut bisa dianggap sebagai benda asing yang masuk/ polutan. Dalam jangka pendek, zat tersebut dapat menimbulkan perubahan fisik pada air seperti perubahan warna dan bau, namun terhitung sebagai pencemaran berat karena tidak melebihi daya dukung dan tampung lingkungan. Namun dalam jangka panjang, polutan ini akan terakumulasi dan menyebabkan biota yang hidup di badan air akan sulit bertahan hidup dikarenakan air polutan yang melibihi daya dukung dan daya tampung lingkungan mengakibatkan air beracun.
2. Ledakan populasi dapat menjadi ancaman lingkungan karena jumlah manusia berbanding lurus dengan kebutuhannya untuk hidup. Jika semakin banyak jumlah manusia, maka diperlukan banyak sumber daya yang dibutuhkan untuk menopang kebutuhan hidup mereka.
3. Menurut saya, permasalahan lingkungan yang paling berdampak adalah pencemaran. Pencemaran tanah/air/udara tentu dapat membawa dampak yang sangat panjang jika tidak dapat diatasi, dan dampaknya dapat berlanjut hingga ke generasi selanjutnya. Pencemaran dapat mengakibatkan banyak hal, salah satu yang paling jelas adalah pemanasan global, dan hal ini dapat merembet ke berbagai hal serius seperti kenaikan tinggi air laut yang dapat menenggelamkan daratan/pulau. Wilayah yang sudah terancam akan tenggelam adalah sebagian dari Jakarta.
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Farah Diva Ulya -
Selamat pagi pak, saya Farah Diva Ulya M0819030 ijin menjawab
1. Menurut saya, meskipun tidak akan berdapak dalam jangka waktu yang pendek tetapi akan tetap mencemari dan mengganggu ekosistem walaupun tidak berdampak besar. Karena saat zat pencemar dibuang ke dalam badan air maka tetap mengganggu kelangsungan hidup komponen yang ada di dalam ekosistem tersebut. Zat pencemar ini membuat makhluk hidupnya harus berdaptasi untuk mempertahankan hidup, lalu yang tidak bisa beradaptasi dapat terancam. Apabila pencemaran ini dilakunan terus menerus dalam jangka panjang akan terakumulasi yang mana dapat membahayakan lingkungan karena sudah melebih daya dukung dan daya tampung lingkungan.
2. Menurut saya meledakan populasi manusia dan meningkatnya taraf hidup manusia akan berdapak buruk bagi lingkungan. Permasalahan ini berujung pada dampak negatif lainnya bagi lingkungan seperti menimbulkan masalah sampah yang lebih besar, mempengaruhi penggunaan air bersih, menyebabkan limbah septic tank yang dapat memengaruhi kualitas air tanah, dan populasi ini juga akan menyebabkan penggunaan sumber daya yang ada juga semakin besar.
3. Menurut saya ancaman terbesar permaslahan lingkungan di Indonesia dan dunia adalah climate change. Salah satu penyebab terbesar perubahan iklim adalah deforestasi. Pengundulan hutan untuk dialih lahankan akan mencadi sebuah ancaman yang serius. Perubahan iklim akan menyebabkan masalah yang merembet dan saling berkaitan seperti meningkatnya suhu dapat membakar hutan, meningkatkanya permukaan air laut dapat menyebabkan bencana, dan lain sebagainya.

Terimakasih pak 🙇‍♀
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Muhammad Bariq Irsyadi -
Assalamu'alaikum pak hasfi, selamat oagiy saya m. Bariq Irsyadi (M081954) izin menjawab

1. Jika limbah masih berada di bawa daya dukung dan daya dan daya tampung lingkungan maka secara keilmuwan tidak akan terjadi pencemaran, namun tetap saja ada benda asing yang masuk dari luar yang merusak mikro ekosistem di daerah badan air yang langsung dikenai oleh limbah. Jangka panjang sendiri sudah jelas akan menjadi limbah yang berbahaya yang merusak kesulurah badan air dan merusak keseluruhan ekosistem di badan air secara keseluruhan

2. Ledakan populasi merupakan permasalahan yang dikemukakan pertama kalj oleh thomas robert malthus. Dimana pertumbuhan penduduk akan berbanding lurus dengan kebutuhannya baik pangan sandang dan papannya, namun akan berbanding terbalik dengan lingkungan sebagai penyedianya. Semakin banyak populasi kebutuhan juga semakin meningkat kebutuhan namun akan berbanding terbalik atau dapat merusak lingkungan sebagai penyedia kebutuhan

3. Banyak sekali permasalahan lingkungan di indonesia yang dimana merugikan intra dan inter nasional,terutama negara-negara tetangga. Melihat adanya limbah FABA yang dikeluarkan dari limbah B3 maka limbah B3 berkemungkinan besar energi batubara untuk terus dipakai dalam skala besar dan terus-menerus, padahal asap dari hasil kegiatan tersebut sangat mengganggu dan merusak lingkungan dan kesehatan sekitar

Maaf sebelumnya pak hasfi sata telat mengirimkan karena jaringan internet kurang stabil di kos 🙏 terimakasih
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Rady Qodaril Haq -
1. Menurut saya selama tidak melebihi daya tampung dan daya dukung tidak terlalu bermasalah dalam jangka pendek namun akan bermasalah jika waktunya dalam jangka panjang karna akan menumpuk dan akan melebihi daya dukung dan daya tampung dapat menganggu bahakan hingga merusak ekosistem sekitar badan air.

2. Naiknya populasi juga diiringi dengan kebutuhan manusia yang semakin bertambah untuk kelangsungan hidup sehingga dapat mengancam lingkungan hidup, dimana jumlah sda yang terbatas. Contohnya seperti semakin bertambah manusia maka penggunaan transportasi juga meningkat yang menyebabkan jumlah emisi juga akan meningkat sehingga mengakibatkan pencemaran udara serta pemanasam global

3. Pencemaran lingkungan, baik itu pencemaran air, tanah, dan udara yang ketiganya merupakan komponen yang penting bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup, apabila terjadi kerusakan atau permasalahan maka akan membahayakan dan mengganggu makhluk hidup

Terimakasih pak,
In reply to Hashfi Hawali Abdul Matin

Re: Live Chat Definisi dan Sumber Pencemaran Lingkungan

by Willis Muhammad Iqbal -
Saya Willis M Iqbal M0819093 izin menjawab pak,
1. Menurut saya dampak jangka pendek yang ditimbulkan tidak terlalu signifikan karena tidak lebih dari dayang dukung dan daya tampung, lalu untuk jangka panjang akan mengakibatkan pencemaran yang melebihi batas daya dikung dan daya tampung karena dapat terjadi perubahan yang sangat signifikan dari warna air,bau dan kadar oksigen.
2. Ledakan populasi yang terjadi dapat menyebabkan penggunaan sumber daya yang semakin lama semakin meningkat,lalu yang terjadi dapat menurunkan kualitas serta kapasitas sumber daya alam.
3. Menurut saya adalah polusi pak, hasil dari kegiatan pembakaran fossil yang mengemisikan polutan ke udara. Hal ini yang dapat membuat terjadinya pemanasan global yang jika tidak diatasi dapat membuat lubang di lapisan ozon.