Diskusi Tugas: 16. DAMPAK INTERNET DALAM KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI

Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Dian Kurnia -
Number of replies: 15

Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat sore teman-teman semua.

Kami dari kelompok 2 yang beranggotakan:

1. Dian Kurnia Warastri Wening - F0117038

2. Kuni Fiatus Solihah Amalina - F0117066

3. M. Yusrun Najah - F0117078

Kami membahas mengenai "Dampak internet terhadap kehidupan sosial-ekonomi". Mohon kepada teman-teman untuk membacanya dan kami memberikan kesempatan kepada 5 penanya. Terima kasih.

In reply to Dian Kurnia

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Faiz Hilal -

Saya Faiz Fiki Udhianul Hilal – F0117046, izin bertanya

Teknologi akan terus berkembang, begitu juga dengan manusianya. Belanja kebutuhan pokok bisa hanya tinggal klik dan buka toko sekarang tak harus punya tempat strategis. Keduanya mudah saja dilakukan dengan kombinasi e-commerce dan e-banking. Jika kalian diposisi sebagai seorang pembeli, apakah itu akan memberikan banyak manfaat atau mudaratnya?

Terimakasih


In reply to Faiz Hilal

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Kuni Fiatus -

Kuni Fiatus S A-F0117066

Izin menjawab pertanyaan mas hilal. 

Lebih banyak manfaatnya, sebab:

1. Bisa belanja 24/7

2. Menggema waktu

3. Barang/jasa semakin murah

4. Mampu membandingkan barang lebih akurat

5. Bisa membeli lintas wilayah. 


Untuk mudaratnya mungkin bisa membuat pembeli menjadi boros. Tapi itu semua kembali pada pribadi masing2.


Terimakasih.

In reply to Dian Kurnia

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Sally Ishaya -
Saya Sally Chosia - F0117102


Saya ingin bertanya mengenai cara mengatasi cyber crime dan penjualan data orang? 
In reply to Sally Ishaya

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Kuni Fiatus -

Kuni Fiatus S A - F0117066

Izin menjawab pertanyaan mbak shally. 

Beberapa langkah penting didalam penanggulangan cybercrime dan penjualan database:

1. Melakukan modernisasi hukum pidana nasional beserta hukum acaranya, yang diselaraskan dengan konvensi internasional yang terkait dengan kejahatan tersebut.

2. Meningkatkan sistem pengamanan jaringan komputer nasional sesuai standar internasional

3. Meningkatkan pemahaman serta keahlian aparatur penegak hukum mengenai upaya pencegahan, investigasi dan penuntutan perkara-perkara yang berhubungan dengan cybercrime.

4. Meningkatkan kesadaran warga negara mengenai masalah cybercrime serta pentingnya mencegah kejahatan tersebut terjadi

5. Meningkatkan kerjasama antar negara, baik bilateral, regional maupun multilateral, dalam upaya penanganan cybercrime, antara lain melalui perjanjian ekstradisi dan mutual assistance treaties.

Contohnya:

1. IDCERT (Indonesia Computer Emergency Response Team). Salah satu cara untuk mempermudah penanganan masalah keamanan adalah dengan membuat sebuah unit untuk melaporkan kasus keamanan. Di negara lain mulai juga dibentuk CERT untuk menjadi point of contact bagi orang untuk melaporkan masalah kemanan. IDCERT merupakan CERT Indonesia

2. Sertifikasi perangkat security.


Terimakasih.

In reply to Dian Kurnia

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Rika Riantisya -
saya Rika Riantisya - F0117096 izin bertanya. Berkaitan dengan dampak internet, Internet serta konten yang dibagi/disebarkan, serta hak kebebasan publik untuk berekspresi dan menyampaikan pendapat, dikhawatirkan oleh bbrpa elit sebagai ancaman bagi kepentingan penguasa. 


Menurut kelompok kalian seberapa penting net neutrality bagi kehidupan sosial ekonomi negara? Bagaimana jika suatu saat nanti net neutrality sudah tidak ada lagi, dan penyedia layanan internet nantinya bakal menyediakan 'jalur cepat dan lambat' terhadap situs tertentu, juga menaikkan tarif, yg artinya hanya dpt diakses oleh orang ‘berduit’, hingga membatasi hak kebebasan publik untuk berekpresi dan berpendapat?

 Terimakasih

In reply to Rika Riantisya

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Muhammad Yusrun Najah -

Net neutrality sangat penting bagi kehidupan sosial ekonomi negara, apalagi dalam sistem negera demokrasi. kebebasan berpendapat merupakan salah instrumen keberhasilan negara demokrasi. 

terkait dengan penyedia layanan internet(prvider) yg menyediakan jalur cepat/jalur lambat/ tarif, itu adalah permasalahan perusahaan penyedia layanan internet. Ada banyak Perusahaan penyedia internet, mereka akan saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, tentu ini akan mebuat tarif menurun dan internet cepat.  Apabila ada provider yang mengenakan tarif internet terlalu tinggi, provider tsb akan kehilangan konsumen yang beralih ke provider lain.

In reply to Dian Kurnia

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Fatihul Mu'tashim -

halo aku Fatihul izin bertanya

tentang bagaimana cara kalian mencegah dampak negatif internet?

In reply to Fatihul Mu'tashim

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Dian Kurnia -

Saya Dian Kurnia (F0117038) akan menjawab pertanyaan dari Saudara Fatihul,

Internet memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kita, misalnya sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi, namun Internet dapat memberi dampak negatif bila digunakan terlalu lama, digunakan untuk membuka situs yang bermuatan negatif, atau bila kita tidak hati-hati sehingga tersebar virus.

Untuk mengatasinya yang harus dilakukan adalah:

1. Melakukan browsing dengan tidak berlebihan

Penggunaan komputer untuk internet yang terlalu lama akan berdampak buruk pada tubuh seperti bagi mata, pinggang dan leher. Demikian juga bila memegang handphone terlalu lama, karena akan membuat sakit tangan kita. Karena itu kita harus melakukan penggunaan internet secara sehat.

2. Memasang filter untuk memblok situs yang berdampak negatif

Internet memiliki situs yang bermanfaat seperti situs berita atau ensiklopedia. Namun ada banyak situs berdampak negatif seperti pornografi, perjudian dan sebagainya di Internet. Karena itu, filter internet dapat digunakan untuk menyaring situs-situs ini.

3. Memasang antivirus untuk memblok virus dari internet agar tidak menyerang komputer kita

Bila kita salah melakukan klik, kita bisa secara tidak sengaja mendownload virus atau aplikasi berbahaya lain dari internet. Bila virus ini terinstal di komputer, dapat menjadi bahaya seperti hilangnya data atau komputer menjadi lambat. Karena itu perlu dipasang antivirus untuk melindungi kita.

Terima Kasih.

In reply to Dian Kurnia

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Muhammad Hafidz Rahman Hafidz -

Perkenalkan nama saya Muhammad Hafidz Rahman F0117076

Saya ngin bertanya, menurut kelompok kalian apakah dibutuhkan maturity dalam menggunakan internet/ media sosial, dan bentuk maturity nya seperti apa? 

Lalu jika kalian sudah memiliki anak, pentingkah edukasi tentang penggunaan internet kepada anak? dan diumur anak keberapa kalian akan memperkenalkan internet kepada anak kalian? 


Terimakasih atas perhatiannya

In reply to Muhammad Hafidz Rahman Hafidz

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Muhammad Yusrun Najah -

Menurut kelompok kami, dalam menggunakan internet perlu dibutuhkan maturity karena maturity atau kedewasaan akan menimbulkan orang tersebut dapat berpikir secara rasional dalam menerima informasi-informasi yang terdapat dalam internet. Jika orang tersebut belum dewasa dan belum bijak dalam menggunakan internet maka akan menimbulkan dampak negatif seperti kita sering sekali mendengar berita hoax atau berita yang tidak benar. Berita hoax ini biasanya mengejutkan, sehingga mungkin orang yang belum dewasa dan mengerti akan langsung meneruskan informasi ini ke orang lain tanpa mengecek terlebih dahulu kebenarannya

Penting. Usia 2 s/d 4 tahun.

Dalam usia balita ini, anak-anak yang memulai berinteraksi dengan komputer harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa. Banyak aktifitas dan situs yang bersesuaian dengan usia balita ini, melakukan surfing bersama orang tua adalah hal yang terbaik. Hal tersebut bukan sekedar persoalan keselamatan anak, tetapi juga untuk meyakinkan bahwa anak tersebut bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus memperkuat ikatan emosional antara sang anak dengan orang tua.

Sejak masuk usia ketiga, beberapa anak akan mendapatkan keuntungan jika mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk melakukan eksplorasi, menemukan pengalaman baru dan belajar dari kesalahan yang dibuatnya sendiri. Hal tersebut bukan berarti mereka bisa menggunakan Internet secara bebas. Yang terbaik adalah orang tua tetap memilihkan situs yang cocok untuk mereka kunjungi dan tidak membiarkan sang anak untuk keluar dari situs tersebut ketika masih menggunakan Internet. Kita pun tidak perlu terus-menerus berada di samping sang anak sepanjang waktu, selama kita yakin bahwa dia tengah berada di dalam sebuah situs yang aman, layak dan terpercaya

In reply to Dian Kurnia

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Agnes Greatassa -

saya agnes g-f0117007


izin bertanya, apakah ada hambatan dalam meraih dampak positif dari internet terhadap perekonomian? terimakasih

In reply to Agnes Greatassa

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Dian Kurnia -

Saya Dian Kurnia (F0117038) akan menjawab pertanyaan dari Saudari Agnes

Hambatan dalam meraih dampak positif dari internet terhadap perekonomian yaitu

1. Ketersediaannya SDM yang memadai dalam penggunaan teknologi internet menjadi hambatan utama dalam pelaksanaannya. Masyarakat yang masih belum mengerti tentang penggunaan teknologi internet tentunya tidak dapat mengakses layanan internet sehingga tidak akan mendapat manfaat. Padahal adanya internet dapat memberikan dampak positif terhadap perkonomian, seperti dalam transaksi jual-beli, iklan online, dll

2. Pembangunan infrastruktur yang belum merata juga menjadi penghambat dalam penggunaan internet. Banyak masyarakat terutama di daerah plosok yang tidak mendapat akses layanan internet karena tidak tersedianya sarana dan prasarana dari pemerintah.

3. Kurangnya keterbukaan dari masyarakat untuk menerima pengaruh dari teknologi baru. Masyarakat yang masih menutup diri dari adanya internet tentunya akan menghambat pemerintah dalam masalah pemerataan pembangunan teknologi.

4. Kemiskinan yang masih tinggi. Masyarakat yang bepenghasilan rendah tentunya lebih memilih bekerja untuk mempertahankan hidup daripada untuk membeli sebuah teknologi dengan harga yang tidak terjangkau. Sehingga masyarakat yang miskin tidak mampu mengakses mengenai teknologi internet.

Terima Kasih

In reply to Dian Kurnia

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Abigail Charisma Putri -

Saya Abigail (NIM F0117002) ingin bertanya


Bagaimana cara kita sebagai konsumen internet untuk kita dapat terhindar dari pencurian data pribadi? Atau bagaimana cara kita dapat mengamankan data pribadi yang kita upload ke internet supaya tidak dicuri orang?

Terima kasih sebelumnya

In reply to Abigail Charisma Putri

Re: Dampak Internet dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

by Kuni Fiatus -

Kuni Fiatus S A-F0117066

Izin menjawab pertanyaan mbak abigail. 

Ada beberapa yg cara yang bisa dilakukan :

1. Pastikan pengguna memberikan data kepada pihak yang tepat

Saat pengguna mulai mengakses aplikasi online baik fintech, e-commerce, maupun media sosial, para pengguna harus memastikan data pribadi apa yang dicantumkan dalam aplikasi tersebut. Apakah membahayakan atau tidak.

2. Lakukan double checking di setiap transaksi

Dua kali pengecekan data pribadi yang diinput dalam aplikasi digital dapat meminimalisasi kesalahan penginputan data serta mengamankan diri dari kejahatan siber.

3. Periksa perizinan akses aplikasi

Pengguna perlu berhati-hati saat menginzinkan aplikasi baru untuk mengakses data dalam ponselnya.

4. Baca syarat dan ketentuan aplikasi

Pengguna untuk tidak malas membaca dan menyetujui secara cepat syarat dan ketentuan aplikasi yang digunakan.


Terimakasih.