Kuliah 10 Pembangunan Berkelanjutan

Pertanyaan 2

Pertanyaan 2

by Lia Kusumaningrum -
Number of replies: 29

Menurut kalian pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang seperti apa yang paling optimal di terapkan di Indonesia ?

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Syahrul Mursid -

Syahrul Mursid NIM M0818037 ijin menjawab.

Untuk pembangunan berkelanjutan di bidang ekonomi, terutamanya di bidang industri yang lebih berpotensi merusak dapat menggunakan sistem 4R. Reduce, Reuse, Recycle, Replace. Dengan menghasilkan produk yang memiliki komponen tersebut, dan ditambah instruksi atau sosialisasi kepada konsumen untuk hal tersebut, maka dapat menjaga keberlangsungan produk tersebut dan bahkan lingkungan. 

Atau bahkan mungkin dapat menggunakan konsep Cradle to Cradle walaupun lebih condong ke bidang industri. Karena bagaimanapun, industri merupakan salah satu penunjang perekonomian. Dengan konsep C2C maka akan meminimalisir atau bahkan limbah tersebut dapat "dimakan". Sehingga konsep Zero waste akan nyata adanya.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Albertus Ady Prasetya -
Saya Albertus Ady Prasetya (M0818002), menurut pendapat saya pembangunan berkelanjutan yang paling optimal untuk diterapkan adalah pada pengelolaan wilayah yang komprehensif dan terintegrasi yang dimana seluruh shareholder terlibat didalamnya
In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by M. Rizki Alawi Alawi -

Saya M. Rizki Alawi NIM M0818025 ijin menjawab, mungkin konsep yg pas di Indonesia ialah segala bentuk penggunaan sumber daya harus sesuai dengan takarannya karena pada dasarnya pembangunan ekonomi berbasis sumber daya alam yang tidak memerhatikan aspek kelestarian lingkungan yg akhirnya akan berdampak negatif pada lingkungan itu sendiri. Karena, pada dasarnya sumber daya alam dan lingkungan memiliki kapasitas daya dukung yang terbatas. Dengan kata lain, pembangunan ekonomi yang tidak memerhatikan kapasitas sumber daya alam dan lingkungan akan menyebabkan permasalahan pembangunan di kemudian hari.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Ganes Regitha -

Saya Ganes Regitha M0818016, izin menjawab

Menurut saya berdasarkan beberapa materi yang telah disampaikan di semester ini, pembangunan berkelanjutan yang bisa dilakukan di Indonesia dengan penerapan Cradle to Cradle, jadi sistem ini setiap kegiatan produksi ini ditekan supaya bisa mendekati zero waste. Jadi limbah yang dihasilkan bisa dimanfaatkan lagi. Contohnya dibeberapa negara memproduksi pakaian yang terbuat dari bahan alami, mereka menjual produknya kemasyarakat. Namun jika masyarakat sudah mulai bosan pakaian tersebut bisa dijual kembali ke produksi lagi dan pakaian bekas tersebut diolah kembali menjadi pakaian baru. Namun setiap sistem yang diberlakukan pasti ada sisi kelebihan dan kelemahannya, pada sistem ini pelaku ekonomi ini harus berpikir kritis dan kreatif terhadap produk yang akan diolah supaya bisa mendekati zero waste. 

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Akmalia Imbi Febriyanti Hidyarko -
saya Akmalia Imbi F.H (M0818001) izin menjawab, menurut saya pembangunan berkelanjutan yang optimal diterapkan di indonesia adalah pembangunan berkelanjutan dengan mempertahankan manfaat pembangunan ataupun pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, selain itu pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi harus difokuskan pada peningkatan keahlian pekerja untuk meningkatkan daya saing dalam memperoleh pekerjaan yang layak agar terjadi pemerataan dalam penghasilan dan kesejhateraan masyarakat. terimakasih


In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Raihani Saputry -
Selamat siang Bu, Saya Raihani Saputry NIM M0818033 izin menjawab. Menurut saya, pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang optimal diterapkan di Indonesia yaitu dengan memperhatikan 3 point penting, diantara yaitu: avoid (hindari), minimize (meminimalkan) dan offset (ganti rugi).

1. Avoid = Dalam  merencanakan kawasan untuk usaha eko­­nomi berbasis SDA, langkah yang tepat untuk dilakukan yaitu dengan menghindari kawasan yang memiliki manfaat lingkungan yang tinggi seperti daerah aliran sungai, lereng curam, kawasan bernilai keanekaragaman hayati, hutan lebat, dan kawasan gambut tebal.

2. Minimize = Memini­malkan dampak negatif melalui penerap­an standar lingkungan yang tinggi. Pada point ini diperlukan peran pemerintah dan masyarakat untuk mengawasi tata kelola sda oleh para pelaku usaha.

3. Offset = Pelaku usaha perlu mengganti kerusakan lingkungan yang ditimbulkan

Ketiga point tersebut jika direalisasikan dengan baik&benar maka akan membantu tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan dalam aspek ekonomi.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Hanna Ad'hani -

Assalamualaikum. Selamat siang Bu. Saya Hanna Ad'hani (M0818017) izin menjawab.

Menurut saya dengan mengupayakan infrastruktur hijau untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Yaitu mengubah kegiatan ekonominya dengan lebih mengutamakan inovasi dan produksi yang mempunyai nilai tambah tinggi dengan pemanfaatan produksi energi yang bersih. Contohnya mengoptimalkan potensi energi panas bumi di Indonesia untuk dijadikan pembangkit listrik. Terimakasih.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Aldila Cahya Gayatri -

Saya Aldila Cahya G M0818004 izin menjawab bahwa conth pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yaitu pembangunan yang memperhatikan aspek kedepannya, baik dari limbah yang pasti dikeluarkan oleh suatu industri misalnya, dan  juga pemakaian IPAL agar suatu industri tersebut tidak mendapat denda dari pemerintah bahwa adanya warga yang komplen sehingga tidak ada ganti rugi di masa yang akan datang, penyusunan AMDAL yang sesuai juga dibutuhkan supaya terencana dan mengedpankan keberlanjutan suatu pembangunan. terimakasih

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Ratna Maydhina -

Saya Ratna Maydhina (M0818034).

Menurut saya pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang paling optimal untuk diterapkan di Indonesia yaitu dengan cara menerapkan tujuan dari pembangunan berkelanjutan itu sendiri yang terdiri dari pembangunan yang dinamis, peka terhadap aspek-aspek budaya, dan ramah lingkungan. Pembangunan berkelanjutan dapat pula dengan meminimalisir adanya limbah pada kegiatan ekonomi atau mengolah limbah terlebih dahulu sebelum limbah dibuang ke lingkungan. Terimakasih.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Kiki Dwi Wulandari -

Selamat siang Bu, saya Kiki Dwi Wulandari (M0818023) izin menjawab

Agar proses pembangunan Indonesia lebih efektif dan efisien, untuk menumbuhkembangkan  ekonomi Indonesia yang berkelanjutan, sebaiknya Indonesia mampu mengoptimalkan potensi sumber daya alamnya dan dipercepat dengan dukungan konsep dan kebijakan ekonomi berbasis pengetahuan. Artinya, kebijakan ekonomi yang cocok untuk Indonesia adalah integrasi yang sinergistik antara kebijakan ekonomi berbasis sumber daya alam dengan ekonomi berbasis pengetahuan.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Neriza Laras Widya Sari -

Saya Neriza Laras Widya Sari NIM M0818029 izin menjawab.

Aspek ekonomi dalam pembangunan berkelanjutan yang paling optimal diterapkan di Indonesia menurut saya adalah dengan efisienai penggunaan sumber daya alam sebagai bahan baku dimana proses produksi atau kegiatan ekonomi yang berlangsung tidak merusak bentang alam sumber daya alam yg ada. Selain itu, bahan produksi juga harus mengutamakan standar yang ramah lingkungan seperti dapat terurai secara alami di alam tanpa mencemari lingkungan atau dapat di daur ulang kembali. Kemudian, setiap pelaku kegiatan ekonomi juga perlu mengeluarkan biaya kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat kegiatan usahanya agar para pelaku ekonomi bisa mempertimbangkan untuk beralih ke produksi ramah lingkungan.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Jody Febryan Bagaskara -

Saya Jody Febryan Bagaskara (M088020) ijin menjawab

Menurut saya, karena Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang banyak, pembangunan berkelanjutan yang pas diterapkan di Indonesia adalah pembangunan dengan memperhatikan kelangsungan hidup alam sehingga dapat terus memasok kebutuhan masyarakat. Karena dalam pengembangan ekonomi seringkali dilakukan tanpa mempertimbangkan kelangsungan hidup alam. Indonesia juga merupakan negara agraris yang memiliki potensi pertanian yang cukup besar, maka pembangunan yang memaksimalkan portensi tersebut pas untuk di lakukan.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Livia Laksita R -

Selamat siang, Bu.

Saya Livia Laksita R NIM M0818024 ijin menjawab.

Pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang paling optimal diterapkan di Indonesia yaitu dengan konsep Cradle to Cradle design. Cradle to Cradle dianggap mampu memberikan jaminan keberlanjutan bagi sumber daya karena Konsep ini memandang "sampah bukanlah sampah" melainkan "sampah adalah makanan" dengan memanfaatkan kembali limbah sebagai suatu satuan siklus dengan pendekatan lingkungan yang memperkuat Cradle to Cradle design ini. Konsep ini dapat mengubah produk lama menjadi produk baru yang dapat meningkatkan perekonomian dengan mendaur ulang limbah sehingga dapat memberi nilai tambah dan keberlanjutan limbah yang dihasilkan oleh suatu industri. Konsep ini juga dapat menghasilkan barang-barang yang ramah lingkungan dan mengkampanyekan penggunaan barang ramah lingkungan untuk keberlangsungan lingkungan. Konsep Cradle to Cradle terdapat siklus sehingga entropinya bisa diturunkan hingga mendekati 0 yang dapat menjadi pilihan bagi pembangunan berkelanjutan yang optimal.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Antika Pebriastuti -

Selamat siang Bu, saya Antika Pebriastuti (M0818006) ijin menjawab.

Menurut saya, pembanguanan berkelanjutan yang paling optimal diterapkan di Indonesia adalah pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup, karena akan dapat meminimalisir dampak pembangunan tanpa konsep pembangunan yang keberlanjutan, serta dapat mengoptimalkan manfaat sumber daya alam, sumber daya manusia, dan IPTEK dengan menyelaraskan ketiga komponen yang ada, sehingga dapat berkesinambungan. Sehingga akan terwujud pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana, efisiensi, memperhatikan pemanfaatannya, dan meningkatkan perekonomian masyarakat baik untuk generasi masa kini maupun generasi yang akan datang.

Terimakasih.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Tazkia Kusuma Puteri -

Saya Tazkia Kusuma Puteri (M0818039) izin menjawab. menurut saya, pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang optimal di Indonesia adalah dengan menerapkan konsep Bioregionalisme yang telah lama dikemukakan pada tahun 1992 pada KTT Rio De Jenairo, Brazil. praktik pembangunan ini lebih cerdas dan manusiawi menggunakan teknologi tepat guna dan memberdayakan masyarakat warga negara dimana kondisi melek ekologi menjadi landasan utama dalam paradigma pembangunan masyarakat yang berkelanjutan dengan menempatkannya sesuai dengan alam setempat. misalnya bagi daerah yang khususnya daerah pesisir, pengelolaan daerah pesisir dengan pendekatan bioregional akan memberikan kontribusi nyata baik dari segi ekonomi, ekologi dan sosial. Begitu pun daerah daratan yang tidak memiliki pesisir, dapat menggali potensi-potensi wisata, baik dalam model desa wisata, agrowisata, ekowisata dan lain sebagainya. oleh karena itu, bioregional dapat menjadi solusi progresif meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa tanpa harus kehilangan bentuk alami zona tersebut. terima kasih🙏

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Eko Prayogi -

Menurut saya pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang dapat diterapkan adalah pembangunan dengan perencanaan yang matang akan minimalisir dampak negatif dan dapat menstabilkan atau mengolah kembali SDA yang dapat digunakan, begitu pula dengan peningkatan SDM yang dapat mengelola SDAL hingga terjadinya siklus penstabilan lingkungan sehingga dapat membangun ekonomi pada investasi SDAL dan dapat menggunakan SDA kembali kedepannya apabila diperlukan lagi 

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Sivana Devi Elhasani -

Sivana Devi Elhasani (M0818036)

Menurut saya, konsep pembangunan berkelanjutan yang dapat diterapkan di Indonesia yaitu melakukan pemanfaatan sumber daya alam dengan tidak berlebihan. Hal ini karena sumber daya alam merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Selain itu, mempertahankan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan baik masa kini ataupun masa yang akan datang. Agar perekonomian dapat berjalan stabil tanpa ada kesejangan sosial. 

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Yenni Siregar -
Yenni Yuliani Siregar - M0818042


Menurut saya, pembangunan berkelanjutan dalam aspek ekonomi yang paling optimal untuk diterapkan di Indonesia adalah pembangunan dengan memperhatikan aspek aspek sebagai berikut,

  1. pemerataan manfaat hasil-hasil pembangunan antar generasi (intergeneration equity) yang berarti bahwa pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan pertumbuhan perlu memperhatikan batas-batas yang wajar dalam kendali ekosistem atau sistem lingkungan serta diarahkan pada sumber daya alam replaceable dan menekankan serendah mungkin eksploitasi sumber daya alam irreplaceable.
  2. Safeguarding atau pengamanan terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup yang ada dan pencegahan terjadi gangguan ekosistem dalam rangka menjamin kualitas kehidupan tetap baik bagi generasi mendatang. 
  3. Pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam semata untuk kepentingan mengejar pertumbuhan ekonomi demi kepentingan pemerataan pemanfaatan sumberdaya alam yang berkelanjutan antargenerasi.
  4. Mempertahankan kesejahteraan rakyat (masyarakat) yang berkelanjutan baik masa kini maupun masa yang mendatang (inter temporal)
  5. Mempertahankan manfaat pembangunan ataupun pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang mempunyai dampak manfaat jangka panjang ataupun lestari antargenerasi.
  6. Menjaga mutu ataupun kualitas kehidupan manusia antargenerasi sesuai dengan habitatnya.


In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Juliana Nur Kartika -

Saya Juliana Nur Kartika NIM M0818021, ijin menjawab pertanyaan Bu Lia

Menurut saya, yang paling optimal untuk diterapkan di Indonesia adalah dengan prinsip Cradle to Cradle, di mana limbah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan kembali, sehingga dapat memberikan keuntungan dari segi ekonomi. Limbah tersebut tidak hanya dikontrol saja, tetapi diolah untuk mejadi sebuah produk yang bermanfaat yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya dapat efisien dalam segi lingkungan dan ekonominya.

Sekian dan terimakasih

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Natasha Nancy -

Selamat siang Bu, 

Saya Natasha Nancy (M0818028) izin menjawab. Menurut saya, pembangunan berkelan di Indonesia dapat diterapkan dengan konsep cradle to cradle. Banyaknya populasi manusia akan meningkatkan banyak kebutuhan dan limbah. Oleh karena itu, ada baiknya jika dengan menggunakan konsep cradle to cradle agar paling tidak limbah yang ada dapat ditekan perlahan lahan. 

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by FADIL LATIFUDDIN -
Izin menjawab Bu. Menurut saya ( Fadil Latifuddin M0818013 ), upaya yang paling optimal yakni dengan memaksimalkan tugas dan fungsi - fungsi peran yang berjalan di dalamnya, yang meliputi pembuat kebijakan, pelaku ekonomi, dan pengawas jelannya kebijakan(didalamnya ada penegak hukum). Dengan maksimalnya ketiga peran tersebut, dengan strategi keberlanjutan apapun akan lebih mudah tercapai. Maturnuwun
In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Rahayu Pratiwi -

Saya Rahayu Pratiwi NIM M0818032, izin menjawab:

menurut saya, pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang paling optimal diterapkan di Indonesia yaitu dengan memberikan kebijakan Pembangunan Berkelanjutan pada aspek ekonomi untuk mengatur kondisi lingkungan yang termanfaatkan oleh ekonomi. umumnya barang2 SDA dianggap telah tersedia dengan bebas sehingga tidak perlu diberikan harga yang mana hal ini akan menimbulkan penggunaan yang berlebihan. sehingga diperlukan kebijakan seperti dengan memasukkan biaya-biaya kegiatan industri yang bersifat eksternal pada produk sebagai biaya tambahan restorasi SDA yang telah digunakan, memerlukan adanya hak kepemilikan SDA yang jelas sehingga dapat diketahui kegiatan apa saja yang telah dilakukan pada SDA. juga, diperlukan penerapan konsep produksi barang dengan cara C2C (Cradle to Cradle) dimana limbah dimanfaatkan sebagai sumberdaya pada proses pengelolaan SDA yang lain. 

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Rizki Ana Dewi -

Selamat siang, Bu

Menurut saya, pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang cocok di terapkan di Indonesia yaitu pembangunan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi manusia. Kemudian pembanguan yang memperhatikan daya dukung alam, teknologi yang digunakan tidak merusak lingkungan atau meminimalisir dampak negatif, serta memperhatikan pada reklamasi, rehabilitasi dan revegetasi (penanaman tanaman kembali). Terima kasih (Rizki Ana Dewi-M0818035)


In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Andini Razes -

Saya Andini (M0818041) izin menjawab.

Pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang paling optimal bagi Indonesia adalah kegiatan perekonomian yang difokuskan pada kesejahteraan bersama. Perlu adanya kegiatan yang menguntungkan bagi konsumen dan produsen, namun tidak memberi dampak buruk yang besar bagi lingkungan. Dari produsen, diperlukan adanya suatu produk berupa barang maupun jasa dengan proses seminimal mungkin tidak memberi dampak buruk terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengemas produk dengan bahan yang ramah lingkungan, penggunaan bahan baku yang tidak merugikan berbagai pihak, serta pengelolaan limbah produksi sedemikian rupa hingga dapat dibuang dengan baik di lingkungan. Pada konsumen, diharapkan mendapat keuntungan berupa kualitas produk yang baik, sesuai dengan harga produk yang dipasarkan. 

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Indah Permata -

Saya Indah Permata Sari (M0818018) izin menjawab. Menurut saya pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang dapat diterapkan adalah pembangunan dengan perencanaan yang matang akan minimalisir dampak negatif,dan IPTEK dengan menyelaraskan ketiga komponen yang ada, sehingga dapat berkesinambungan. Karena konsep ini dengan cara memanfaatkan kembali limbah sebagai suatu satuan siklus dengan pendekatan lingkungan yang memperkuat Cradle to Cradle design.


In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Avni Milvesa Evadianty -

Selamat siang Bu, saya Avni Milvesa Evadianty (M0818008) izin menjawab.

Menurut saya pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang paling optimal diterapkan di Indonesia yaitu dengan penggunaan sumber daya alam yang efisien serta dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan, sehingga akan menunjang kebutuhan masyarakat secara keseluruhan.

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Dyah Ayu -

Assalamualakum bu, saya Dyah Ayu Ramadhani (M0818010) izin menjawab,

Optimalisasi ekonomi yaitu dengan mengambil kekayaan alam dengan memaksimalkan keuntungan dan mengurangi resiko akan kerugian, memperhatikan keberlanjutan sumber daya alam tersebut  dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan negara.

Terimakasih bu.


In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Noviamas Nurhidayah -

Selamat siang Bu Lia, saya Noviamas Nurhidayah (M0818030) izin menjawab,

Menurut saya, pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi yang optimal apabila diterapkan di Indonesia adalah pembangunan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat serta dapat menghilangkan kesenjangan perekonomian yang sangat kentara pada saat ini melalui pemenuhan kebutuhan yang dibutuhkan oleh rakyat. Karena dapat diketahui pemerataan pembangunan pada saat ini belum tercapai turut menjadi sumber kesenjangan yang tajam sehingga kesenjangan tersebut perlu ditiadakan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. Tetapi pembangunan ekonomi harus memperhatikan daya dukung alam yang diberikan oleh alam dengan tidak melakukan eksploitasi dan tetap memperhatikan konsep keberlanjutan seperti diadakannya konservasi agar SDA dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan melului sektor ekonomi dengan penggunaan teknologi yang diperhitungkan sebelumnya.

Terimakasih..

In reply to Lia Kusumaningrum

Re: Pertanyaan 2

by Muhammad Adityawarman -

Selamat sore, Bu. 

Saya izin menjawab, mohon maaf saya jawabnya telat, baru nyalakan internet. Menurut saya, pembangunan berkelanjutan yang paling optimal diterapkan di Indonesia adalah pada bidang ekstraksi sumber daya alam (SDA) dan industri manufaktur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berfokus pada efisiensi pengambilan SDA dan efektivitas aliran material dan energi, sehingga dapat tercipta keseimbangan antara sistem alam dan sistem ekonomi.

Salam, 

Muhammd Adityawarman (M0818027)