Masalah dan Konsep

Masalah dan Konsep

Masalah dan Konsep

by Untung Joko Cahyono -
Number of replies: 18

Selamat pagi semuanya... kita akan lanjutkan diskusi ttg unsur paradigma...

Apa masalah itu... apa pula konsep itu...

Coba beri komentar atau pendapat, kaitkan dengan bidang arsitektur...


In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Emillenia Intan -

Selamat pagi pak. Masalah itu menurut saya jika dikaitkan dengan dunia adalah problem desain yang harus diselesaikan dalam merancang. Semua rancangan mengacu pada masalah-masalah tersebut, dan desain akan dinyatakan berhasil apabila berhasil memecahkan masalah tersebut. Contohnya misalnya, "bagaimana merangcang bangunan yang ramah difabel?", dsb.

In reply to Emillenia Intan

Re: Masalah dan Konsep

by Emillenia Intan -

Konsep menurut saya adalah gagasan yang digunakan untuk landasan dasar dalam merancang. Setiap orang punya konsep yg berbeda2 untuk memulai sebuah rancangan atau menyelesaikan rancangan sesuai ketentuan (bisa TOR, bisa hasil survey, dll). Jika dalam dunia arsitektur, contohnya adalah konsep perancangan arsitektur yang juga dibuat sebagai patokan dalam merancang ke depannya

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Jessica Amalia -

menurut saya, masalah adalah suatu hal yang harus dipecahkan dan ditemukan solusinya. kaitannya masalah dengan arsitektur adalah disaat kita ingin merencanakan dan merancang suatu desain, kita harus terlebih dulu mengetahui problem desain (masalah desain) yang akan diangkat. contohnya dalam mata kuliah SPA 3 sekarang ini, kelas saya ditugaskan untuk merancang sebuah pasar dan salah satu masalah desain yang diambil adalah bagaimana merancang bentuk pasar yang dapat mampu meningkatkan pencahayaan dan penghawaan yang baik. masalah tersebutlah yang harus diresponi dan ditemukan solusinya melalui desain. sedangkan konsep menurut saya adalah suatu gagasan yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. konsep dalam arsitektur dapat berupa konsep perancangan dimana gagasan tersebut berguna untuk menyelesaikan masalag yang diambil. contohnya untuk dapat menjawab permasalahan desain pasar diatas, dapat dibuat konsep rancangan mengenai macam-macam bukaan dan standardnya supaya tercipta sistem pencahayaan dan penghawaan yang baik.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Gregorius Aryo Danang -

Menurut saya konsep merupakan gagasan atau landasan dasar mengenai suatu hal yang dapat dijadikan patokan dalam melakukan sesuatu. Misal dalam arsitektur terdapat konsep mengenai peruangan, hubungan antar ruang. Konsep tersebut dapat digunakan seorang arsitek sebagai pedoman dalam mengatur peletakan ruang supaya efektif dan efisien.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Eunike Setyaningsih -

Selamat Pagi Pak, mohon maaf sebelumnya, kebetulan hari ini saya dan beberapa teman sedang merayakan hari Wafat Isa Almasih. Apakah perkuliahan akan tetap dilanjutkan Pak?

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Dimas Nur Hasanto -
Pendapat saya, masalah adalah sesuatu yang menimbulkan pertanyaan, menimbulkan perasaan bingung dan mengganjal dalam benak seseorang sehingga timbul pikiran untuk menyelesaikan sebuah tanda tanya itu. Sedangkan konsep adalah sesuatu yang sifatnya abstrak dan menjadi landasan dasar dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Sebagai contoh dalam sayembara arsitektur, penyelenggara sayembara akan memberikan sebuah masalah yang harus diselesaikan oleh peserta dengan konsepnya masing-masing sehingga menghasilkan output yang berbeda-beda
In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Malihah Malihah -

selamat pagi pak,

menurut saya masalah adalah suatu hal yang mengganggu jalannya sebuah capaian dan memerlukan jawaban untuk menyelesaikan masalah tersebut contohny dlm arsitektur yang telah disebut teman- teman yaitu problem desain, bagaimana kita menyelesaikannya, dengan mencari solusi bisa berupa metode kuantitatif dan kualitatif, hasil akhirnya adalah transformasi desain pada masing-masing

sedangkan konsep menurut saya adalah formula yang digunakan untuk landasan dasar sesuatu. dari konsep tersebut masing-masing orang dapat mengembangkannya, tetapi tetap memiliki konsep yg sama. contohnya dlm arsitekturmembuat konsep metode perencanaan dan perancangan arsitektur

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Mina Hussaniyyah -

menurut saya, masalah sangat erat kaitannya dengan asumsi dasar dan nilai. oleh karena itu, rumusan masalah dan hipotesis harus dipikirkan dengan seksama dalam setiap penelitian karena di baliknya terdapat sejumlah asumsi dan di dalamnya terdapat konsep-konsep terpenting.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Mina Hussaniyyah -

kalua konsep, menurut saya konsep merupakan gagasan pokok dari suatu permasalahan yang bisa digunakan untuk menganalisis dan memahami masalah dan kemudian mencari solusi yang bias digunakan.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Hammam Yogamananto -
selamat pagi pak

menurut saya, masalah merupakan suatu hal pokok yang menjadi sebab dilakukannya sebuah penyelesaian yang menuju pada solusi yang sesuai untuk mengatasinya, dalam arsitektur saya kenal sebagai persoalan maupun problem design.
sedangkan konsep menurut saya adalah gagasan atau ide yang mendasar dalam sebuah penyelesaian masalah. misalnya pada problem design rancangan bangunan yang memiliki penghawaan alami yang baik, konsepnya penggunaan bukaan yang banyak, atau penggunaan crossventilation pada bangunan itu.
In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Eunike Setyaningsih -

Menurut saya, masalah adalah sesuatu yang muncul ketika akan mengerjakan sesuatu dan harus diselesaikan, contohnya ketika akan merancang sebuah rumah tinggal terdapat pemasalahan yang harus diselesaikan seperti bagaimana merancang sebuah rumah tinggal yang nyaman?.

Konsep adalah sebuah gagasan awal dalam menyelesaikan masalah tersebut, contohnya untuk menyelesaikan masalah kenyamanan maka indikator apa saja yang diperlukan untuk merancang rumah tinggal tersebut dll, yang kemudian disatukan dalam konsep.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Fira Safitri Rizkiyanty -

selamat pagi pak, menurut saya masalah adalah suatu hal yang perlu beberapa cara untuk diselesaikan. contohnya pada permasalahan dan persoalan atau problem design yang di dalamnya perlu beberapa cara untuk diselesaikan. 

sedangkan konsep adalah gagasan atau ide awal yang memiliki beberapa cara penyelesaian dari sebuah masalah.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Diva Sarah Radiya -

Masalah dalam arsitektur adalah hal-hal yang harus dijawab dan diselesaikan melalui karya arsitektur yang telah dipertimbangkan dari segala aspek agar menjadi sebuah solusi.

Konsep adalah ide, teori atau gagasan, tetapi dalam arsitektur konsep dapat digambarkan sebagai 'pendekatan' terhadap desain. 

Saat seorang arsitek memikirkan konsep arsitektur, yang dipikirkan adalah ide abstrak, yang tidak berubah selama proses desain. Sebuah konsep pun dapat dikaitkan dengan banyak faktor dan dapat berkembang seiring dengan perkembangan desain. 

Konsep arsitektur adalah cara arsitek merespon situasi desain. Penyelesaiannya dengan menerjemahkan masalah desain non-fisik ke dalam produk bangunan fisik. Setiap proyek akan memiliki masalah kritis, tema sentral atau esensi masalah, dan masalah umum merancang bangunan yang dapat dipikirkan dengan sejumlah cara.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Laudy Clemencia Aretha -

Menurut saya, masalah adalah suatu konidisi atau situasi yang membutuhkan solusi/penyelesaian.
Dalam Arsitektur ketika akan membangun sebuah bangunan, terdapat masalah (cth: bagaimana merancang pasar tradisional yang ramah difabel) yang harus ditemukan solusinya. Masalah inilah yang akan menjadi acuan dasar dari perancangan arsitektur.

Sedangkan konsep adalah gagasan/ide yang muncul sebagai solusi dari sebuah permasalahan.
Dalam Arsitektur, konsep merupakan solusi dari problem design, misalnya pada pasar disediakan ramp sebagai akses jalan bagi difabel adalah sebuah solusi merancang pasar tradisional yang ramah difabel.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Mufidah Rohmah -

Masalah adalah suatu persoalan yang harus diselesaikan dengan mencari solusi atau esensi kebenaran dari masalah tersebut. Dalam perancangan arsitektur, masalah dapat dikenali sebagai problem design. Problem design merupakan masalah yang timbul dan dapat memberikan petunjuk dalam merancang sebuah desain.

Sedangkan konsep merupakan ide atau gagasan abstrak yang dapat mengklasifikasikan dan mengabstraksi objek-objek yang dihadapi. Konsep digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan problem design untuk selanjutnya dicari solusi untuk permasalahan tersebut.

 


In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Khairul Mukhallid -

menurut pendapat saya, dalam arsitektur

masalah merupakan suatu hal yang ada di sekitar kita, kita menyadarinya dengan rasa tidak puas, tidak aman dan nyaman, ataupun tidak menyukainya dalam lingkup sebagian kelompok maupun individu yang menerima hal tersebut. masalah tentu memiliki penyebabnya, sebab dari masalah tersebut dapat diidentifikasi menjadi latar belakang permasalahan

sedangkan konsep merupakan metode penyelesaian masalah atau solusi permasalahan. konsep dicapai melalui beberapa prosedur yakni analisis. permasalahan yang teridentifikasi dipecahkan melalui proses yang terstruktur mulai dari pengumpulan data, tinjauan pustaka, analisis data, hingga analisis konsep menuju konsep. konsep yang dipaparkan nantinya harus mampu menjawab setiap masalah yang ada sehingga dalam membuat konsep tidak perlu membuat hal yang bukan menjadi fokus permasalahan

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Fuad Ega -

Masalah menurut saya merupakan suatu hal yang mengganjal dan perlu untuk dicari solusinya. Dalam konteks arsitektur masalah dapat dijumpai ketika akan melakuka proses perencanaan dan perancangan. Pada umumnya saat ingin mendesain akan dijumapi 3 masalah, yaitu tapak, ruang, dan bentuk. masalah itu dapat ditemukan dengan cara wawancara dan survei lapangan.

Konsep menurut saya merupakan suatu gagasan yang dijadikan sebagai pedoman.Dalam arsitektur dalam melakukan proses perencanaan dan perancangan membutuhkan sebuah konsep agar dalam mendesain sesuai dengan yang diharapkan dan tidak keluar dari jalannya. Konsep ini di dapat dengan melakukan analisis mengenahai permasalahan yang ditemukan dan setelah melakuakn proses pengolahan lalu diterapkan pada proses desain.

In reply to Untung Joko Cahyono

Re: Masalah dan Konsep

by Laraswati Septyaningrum -

Masalah itu suatu hal yang tujuannya untuk dipecahkan dan masalah juga bisa menjadi sumber awal terbentuknya sebuah konsep. Dalam arsitektur suatu masalah yang di temukan di suatu lahan dapat menjadi konsep design bangunan